Connect with us

Tips

Perlu Kita Ketahui , Ternyata Begini Tata Cara Pendaftaran CPNS 2018

Published

on

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil / CPNS 2018 akan segera dimulai, Sebelum mendaftar ke instansi yang kamu tuju, pastikan kamu telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran, dokumen apa saja yang diperlukan ? seperti yang disalin dari buku petunjuk pendaftaran sistem seleksi CPNS tahun 2018 yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara adapun beberapa dokumen wajib yang perlu kamu siapkan adalah

  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk ( KTP)
  3. Ijazah
  4. Transkip Nilai
  5. Pas Foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan kamu lamar

Adapun tata cara pendaftaran CPNS 2018 adalah sebagai berikut :

TATA CARA PENDAFTARAN CPNS 2018

  1. Buka Akun Portal Resmi https://sscn.bkn.go.id
  • Isi NIK,Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga
  • Isi alamat e-mail aktif, password dan pertanyaan pengaman
  • Upload pas photo min. 120 Kb Max.200 Kb
  • Cetak Kartu Informasi anda
  1. Login Ke https://sscn.bkn.go.id
  • Gunakan NIK dan Psword yang telah didaftarkan
  1. Upload Foto Selfie
  • Upload foto selfie dengan memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan tahap berikutnya
  1. Lengkapi Biodata
  • Isi Biodata
  1. Pilih Instansi, Jenis Formasi dan Jabatan
  • Pelamar hanya dapat memilih 1 Instansi, 1 Formasi dan 1 Jabatan
  1. Cek Resume
  • Pastikan bahwa data telah terisi semua dengan benar
  • Dan pastikan instansi, formasi dan jabatan yang terpilih sudah benar
  1. Kirim Data
  • Klik Simpan data yang telah dicek Resume dan pastikan data tersebut terisi dengan lengkap dan benar
  • Data yang telah di diklik Kirim TIDAK DAPAT DIUBAH DENGAN ALASAN APAPUN
  1. Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018
  • Cetak dan simpan dengan baik Kartu Pendaftaran SSCN 2018
  • Kartu Pendafataran SSCN 2018 digunakan sebagai bukti telah menyelesaikan pendaftaran melalui SSCN 2018

itulah tadi beberapa dokumen penting yang harus kamu siapkan dan tata cara pendaftaran CPNS 2018, selamat mencoba dan selamat berjuang!

Komentar

Parenting

Tips Agar Bayi Tak Rewel Saat Naik Pesawat

Published

on

Membawa bayi ketika perjalanan jauh memang dibutuhkan tenaga ekstra, karena kita tak pernah tau kapan bayi akan rewel. Mungkin tak akan masalah jika menggunakan kendaraan pribadi, namun bagaimana jika travelling tersebut menggunakan pesawat ? Tentu rasa was-was akan menghantui sebelum bepergian bersama si bayi, salah satunya cemas apabila tangisan bayi akan mengganggu penumpang lain.

img: familyeducation.com

Nah, berikut beberapa tips bagi para orang tua khususnya ibu yang ingin berpergian bersama sang buah hati menggunakan pesawat. Simak yuk!

1. Usahakan bayi tidur selama dalam pesawat

Salah satu tips jitu adalah buatlah bayi tidur sepanjang perjalanan. Ada beberapa cara untuk membuat bayi tertidur, yang pertama dengan melakukan aktivitas sebelum penerbangan agar ketika pesawat take off si bayi akan merasa lelah dan tertidur. Kedua dengan diberi makan/ susu hingga kenyang sebelum penerbangan, karena biasanya setelah kenyang bayi akan mengantuk. Namun jika terpaksanya bayi menangis di dalam pesawat, sebaiknya kamu umumkan kepada penumpang lainnya untuk memahami hal ini. Tapi jika ada penumpang yang kesal kamu bisa langsung meminta maaf.

2. Pesan kursi ekstra

Menurut ahli pediatrik dari Mercy Medical Center di Baltimore, AShanti Woods, mengatakan bahwa anak akan lebih nyaman duduk di kursinya sendiri. Untuk itu jika membutuhkan ruang lebih, kamu bisa pesan kursi ekstra.

3. Pertimbangkan posisi kursi

Sebaiknya pilih posisi kursi yang dekat dengan lorong dan di bagian depan untuk memudahkan pergerakan, misalnya untuk menenangkan bayi saat rewel.

4. Susui bayi

Memberikan ASI saat lepas landas bisa membantu, karena pergerakan menelan akan mengatasi ketidaknyamanan akibat perubahan tekanan. Selain itu ada juga yang menyarankan agar bayi disusi sebelum naik pesawat dan pastikan di bersendawa.

5. Pastikan popok bersih dan baju bayi nyaman

Saat membawa anak berpergian, khususnya naik pesawat selalu pastikan popok dalam keadaan bersih dan baju yang digunakan bayi harus nyaman dan mudah untuk diganti. Selain itu menurut para ahli memakai pakaian yang lucu juga akan membuat penumpang lain cenderung disayangi penumpang lain.

6. Bawa kantong plastik

Seorang pramugari dari Devon, Pa, Amerika Serikat menganjurkan untuk membawa kantong plastik yang bisa di tutup. Ketika selesai mengganti popok sebaiknya masukan popok ke dalam kantong plastik.

Intinya, buat suasana senyaman mungkin agar bayi betah selama perjalanan. Selamat Mencoba !

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Buat Kamu yang Suka Begadang, Ini Dia 5 Tips Jitu Mengatasi Mata Panda

Published

on

Buat kamu yang sering begadang, tak jarang memiliki permasalahan mata panda yaitu area yangmenghitam disekitar mata. Masalah pada lingkaran mata ini tentu sangat mengganggu penampilan, sehingga perlu dilakukan perawatan agar lingkaran di bawah mata bisa hilang. Biasanya perawatan yang dilakukan adalah dengan menggunakan krim mata, namun ternyata ada cara lain yang bisa mengatasi lingkaran hitam di bawah mata yaitu dengan kebiasaan-kebiasaan sederhana ini. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini

1. Meletakkan sendok stainless yang sudah didinginkan di area kelopak mata

img: kitamuda.id

Cara menggunakannya sangat mudah sekali lho, kamu tinggal masukan dua buah sendok kedalam kulkas lebih kurang selama 1 jam. Kemudian bagian belakang sendok yang cembung letakkan di kelopak mata dan diamkan selama 5-10 menit. Untuk mendapatkan hasil yang optimal kamu bisa melakukanya setiap hari.

2. Biasakan tidur dengan waktu yang cukup

img: telegraph.co.uk

kelihatannya memang sepele, namun ternyata kebiasaan tidur dengan waktu yang cukup akan membantu mengurangi masalah mata panda. Sehingga penting bagi kamu untuk selalu mengatur waktu tidurmu.

3. Hindari sinar matahari secara langsung

img: famiele.com

Terpapar sinar matahari secara langsung akan membuat kulit lebih gelap, hal ini karena matahari dapat meningkatkan kadar melanin. Sehingga jika sedang beraktivitas yang menyebabkan kulitmu terpapar sinar matahari langsung sebaiknya gunakan sunblock pada wajah dan juga area mata. Namun kamu juga bisa mengatasinya dengan menggunakan kacamata.

4. Meminum air mineral dan mengkonsumsi makanan yang mengandung air

img: daily express

Kulit wajah juga membutuhkan air yang cukup, karena jika kulit kekurangan air wajah akan terlihat kusam. Hal ini akan terlihat jelas area lingkaran bawah mata. Sehingga penting untuk kamu meminum air mineral dengan cukup dan konsumsi makanan yang mengandung air.

5. Hindari konsumsi garam yang berlebihan

Mengonsumsi garam secara berlebihan juga dapat memicu pembengkakan pada mata. Untuk itu agar perlu untuk menghindari mengonsumsi garam secara berlebihan.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Hati-hati ! Cemas dan Stress Berlebih Bisa Memicu Radang Otak

Published

on

Buat kamu yang sering stress atau cemas berlebih sebaiknya mulai sekarang hati-hati, karena ternyata stress adalah salah satu pemicu penyakit yang sangat berbahaya yaitu radang otak.

Radang otak atau ensefalitis merupakan peradangan akut otak yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri (misalnya meningitis). Penyakit ini termasuk jenis penyakit berbahaya dan mematikan karena berkaitan dengan organ paling penting dalam tubuh manusia yakni otak.

img: ozhealthpharma.com.au

Penyakit radang otak dipicu oleh beberapa faktor, antara lain gaya hidup, pola makan, dan juga stress jangka panjang. Selain karena hal-hal tersebut, radang otak juga dapat disebabkan oleh masalah pada sistem kekebalan tubuh. Normalnya, sistem kekebalan tubuh akan berusaha melawan virus atau bakteri yang masuk ke tubuh supaya tidak menyebabkan penyakit yang serius. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, namun anak-anak serta lansia memiliki risiko tertinggi karena sistem kekebalan tubuh mereka yang cenderung lebih lemah.

Selain itu, penyebab lain radang otak yang sering kita alami adalah stress. Dimana stress juga dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang otak mereka sendiri dan akhirnya terjadi peradangan otak. Para peneliti juga mengungkapkan bahwa peradangan otak yang terjadi di belakang efek neurologis disebabkan oleh stres berat atau stres akut. Stres, kecemasan, dan depresi bisa menjadi pemicu seseorang menderita radang otak atau memperburuknya jika memang ia sudah berstatus penderita.

Komentar
Continue Reading

Trending