Connect with us

Tips

Perlu Kita Ketahui , Ternyata Begini Tata Cara Pendaftaran CPNS 2018

Published

on

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil / CPNS 2018 akan segera dimulai, Sebelum mendaftar ke instansi yang kamu tuju, pastikan kamu telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran, dokumen apa saja yang diperlukan ? seperti yang disalin dari buku petunjuk pendaftaran sistem seleksi CPNS tahun 2018 yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara adapun beberapa dokumen wajib yang perlu kamu siapkan adalah

  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk ( KTP)
  3. Ijazah
  4. Transkip Nilai
  5. Pas Foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan kamu lamar

Adapun tata cara pendaftaran CPNS 2018 adalah sebagai berikut :

TATA CARA PENDAFTARAN CPNS 2018

  1. Buka Akun Portal Resmi https://sscn.bkn.go.id
  • Isi NIK,Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga
  • Isi alamat e-mail aktif, password dan pertanyaan pengaman
  • Upload pas photo min. 120 Kb Max.200 Kb
  • Cetak Kartu Informasi anda
  1. Login Ke https://sscn.bkn.go.id
  • Gunakan NIK dan Psword yang telah didaftarkan
  1. Upload Foto Selfie
  • Upload foto selfie dengan memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan tahap berikutnya
  1. Lengkapi Biodata
  • Isi Biodata
  1. Pilih Instansi, Jenis Formasi dan Jabatan
  • Pelamar hanya dapat memilih 1 Instansi, 1 Formasi dan 1 Jabatan
  1. Cek Resume
  • Pastikan bahwa data telah terisi semua dengan benar
  • Dan pastikan instansi, formasi dan jabatan yang terpilih sudah benar
  1. Kirim Data
  • Klik Simpan data yang telah dicek Resume dan pastikan data tersebut terisi dengan lengkap dan benar
  • Data yang telah di diklik Kirim TIDAK DAPAT DIUBAH DENGAN ALASAN APAPUN
  1. Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018
  • Cetak dan simpan dengan baik Kartu Pendaftaran SSCN 2018
  • Kartu Pendafataran SSCN 2018 digunakan sebagai bukti telah menyelesaikan pendaftaran melalui SSCN 2018

itulah tadi beberapa dokumen penting yang harus kamu siapkan dan tata cara pendaftaran CPNS 2018, selamat mencoba dan selamat berjuang!

Komentar

Kesehatan

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Badan Tetap Fit Walau Sering Begadang Karena Kerjaan

Published

on

By

Idealnya manusia melakukan istirahat selama 8 jam dimalam hari untuk menjaga agar kerja tubuh tetap optimal. Namun sayangnya karena satu dan berbagai hal membuat hal itu terkadang sulit untuk dilakukan. Misalnya saja karena faktor pekerjaan. Selain lembur, ada beberapa pekerjaan yang mengharuskan pekerjanya harus begadang saat malam hari dan baru bisa istirahat di siang hari.

Padahal mengganti waktu tidur malam dengan tidur disiang hari memiliki efek yang berbeda bagi tubuh. Kalau tidak pintar mensiasati, tubuh manusia yang sering begadang akan lebih mudah terserang penyakit daripada mereka yang memiliki jam istirahat teratur.

Tapi kamu jangan khawatir, coba lakukan hal-hal berikut ini agar kesehatanmu tetap terjaga meskipun harus sering begadang tiap malam.

  1. Sempatkan Olah Raga

images: clubnutricia.co.id

Salah satu cara untuk mengimbangi pola hidup tidak sehat karena sering begadang tiap malam adalah dengan olah raga. Kamu harus membuat jadwal khusus untuk olah raga. Racun dalam tubuhmu perlu dikeluarkan lewat tetesan keringat yang mengucur setelah berolah raga. Apalagi untuk kamu yang begadang sambil ditemani kopi, rokok dan camilan. Olah raga adalah penebusan yang wajib untuk semua itu.

Biar lebih enak, lakukan saja olah raga yang kamu sukai seperti sepak bola, basket, joging, ataupun senam. Apapun itu yang penting kamu bisa berkeringat secara sehat. Otot-otot tubuhmu yang tegang karena sering begadang juga butuh peregangan.

2. Atur Pola Makan

images: 3.bp.blogspot.com

Sudah begadang, makan tidak beraturan pula. Kalau sudah begitu siap-siap saja untuk jadi penghuni rumah sakit karena typus. Dengan makan teratur kebutuhan tubuh akan gizi pasti akan tetap terjaga. Selain itu, perut yang kenyang jelas akan semakin mendukung agar kinerjamu tetap maksimal dalam menjalankan berbagai aktifitas. Apalagi dimalam hari, jika kamu telat makan, maka bahaya masuk angin bisa datang kapan saja!

3. Konsumsi Multivitamin

images: brilio.net

Berkurangnya waktu istirahat dimalam hari tentu akan berpengaruh terhadap daya tahan tubuh kamu. Untuk menjaga performa tubuh, terkadang makan teratur saja belum cukup. Kamu perlu mengkonsumsi multivitamin untuk melengkapinya. Kalau takut akan efek sampingnya, kamu bisa mengakali dengan mengkonsumsinya ketika merasa kondisi badan mulai drop biar gak kebablasan jatuh sakit.

4. Jangan Lupa Minum Air Putih

images: amazonaws.com

Begadang sangat akrab dengan kopi. Minuman yang nikmat karena rasa pahitnya itu dianggap bisa mengurangi rasa kantuk. Ketika mengkonsumsinya secara wajar, maka kopi bisa menyehatkan. Namun kalau berlebihan, pasti akan ada efek sampingnya. Biasanya mereka yang gemar mengkonsumsi kopi sebagai teman begadang akan menjadi lupa dengan kewajibannya untuk minum air putih. Bahkan tidak jarang juga yang sampai lupa makan karena sudah merasa kenyang dengan minum kopi.

Saat itulah bahaya mulai mengintai. Kamu yang kekurangan minum air putih bisa terkena penyakit infeksi saluran kemih. Ginjal pun akan bekerja lebih ekstra dari biasanya. Untuk meminimalisir resiko itu, jawabannya cuma satu, kamu jangan lupa minum air putih!

5. Istirahat Sejenak

images: http://cdn2.tstatic.net

Saat kamu mulai lelah dan jenuh, maka istirahat sejenak adalah solusinya. Apalagi jika kamu bekerja dalam ruangan. Kamu harus menyempatkan diri untuk menghirup udara segar dimalam hari yang relatif lebih bersih dari pencemaran. Kalaupun ngantuk tapi dikejar deadline, sempatkan saja tidur walau sebentar. Badan kamu akan relatif lebih segar daripada terus memaksakan diri untuk bekerja.

Komentar
Continue Reading

Inspirasi

Sebelum Melakukan Operasi Plastik, Sebaiknya Perhatikan Dulu Hal-hal Berikut

Published

on

Salah satu operasi yang populer di dunia kecantikan adalah operasi plastik. Banyak kaum hawa yang rela merogoh kocek untuk operasi plastik demi memperoleh bentuk wajah yang diidamkan. Namun apakah operasi plastik hanya seputar mempercantik diri saja? Nah sebetulnya operasi plastik terdiri dari dua macam yakni operasi plastik rekonstruksi dan operasi plastik estetik.

Operasi plastik rekonstruksi bertujuan untuk mengembalikan bentuk bagian tubuh yang rusak seperti memperbaiki bibir sumbing, atau wajah yang rusak karena kecelakaan. Sedangkan operasi plastik etestika bertujuan untuk memperbaiki bentuk wajah atau tubuh dengan maksud memperindah penampilan agar lebih menarik.

Nah bagi kamu yang menginginkan operasi plastik estetika (kecantikan), ada baiknya perhatikan hal-hal berikut terlebih dahulu

  1. Seberapa penting kebutuhan operasi yang akan kamu lakukan. Setiap orang yang ingin operasi plastik tentu dengan tujuan masing-masing, salah satunya untuk tujuan estetika/ kecantikan. Contoh konkritnya misalnya ingin implan dagu, hidung, pipi, atau payudara. Untuk memperbaiki tulang hidung biasanya digunakan implan dari tulang rawan atau bagian tubuh lain, sedangkan untuk implan payudara biasanya menggunakan silikon berbentuk gel. Namun resikonya silikon ini mudah berkerut dan bocor. Nah hal-hal tersebut tentunya juga harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum gegabah operasi, jika bentuk hidung/payudara nggak parah-parah amat lebih baik tindakan operasi ini tidak dilakukan.
  2. Bandingkan antara klinik/RS satu dengan yang lainnya untuk mencari tempat operasi yang terbaik. Sebelum melakukan operasi, bandingkan dulu kualitas klinik tempat kamu akan operasi antara satu dengan yang lainnya. Termasuk soal biaya, rekam jejak klinik, review orang-orang yang sudah operasi di tempat tersebut, kalau perlu cari-cari referensinya di internet agar lebih meyakinkan.
  3. Ketahui rekam jejak si dokter. Perlu kamu ketahui bagaimana track record atau rekam jejak si dokter yang akan menanganimu. Info ini bisa kamu peroleh dari internet, review orang-orang sekitar, atau info kawan/kerabat yang bekerja di klinik tempat dokter tersebut praktek. Jangan sampai kamu kena mal praktek karena si dokter reputasinya meragukan !
  4. Seberapa besar resiko pasca operasi ? Semua operasi pasti mempunyai resiko, termasuk operasi plastik. Sebelum melakukannya, kamu harus benar-benar mengerti tentang resiko atau kemungkinan terburuk yang terjadi. Jika memang terlalu beresiko, lebih baik mengurungkan untuk melakukannya. Karena tak sedikit mereka yang melakukan operasi plastik estetika namun hasilnya malah kurang memuaskan dan jauh dari kata cantik.
  5. Ketahui jenis bius yang akan digunakan oleh si dokter.
  • Bius umum. Dilakukan guna menekan sistem saraf pusat yang membuatmu tidak sadar selama operasi berlangsung. Bius ini umumnya disuntikkan ke tubuh, atau lewat gas yang dimasukkan dalam saluran pernapasan.
  • Bius regional. Bius ini disuntikkan di sekitar saraf pusat untuk menghilangkan rasa di area tubuh tertentu. Sedangkan di bagian tubuh lainnya kamu akan tetap sadar. Masih terbagi dua jenis lagi pada bius jenis ini, yaitu bius spinal yang disuntik ke tulang belakang pasien dan bius epidural.
  • Bius lokal. Disuntik ke bagian tubuh tertentu. Fungsinya untuk menghilangkan sensasi pada bagian yang ingin dibedah. Umumnya, pasien akan tetap tersadar setelah dibius dengan bius lokal.

Bagaimana ? Masih berniat untuk operasi plastik ?

Komentar
Continue Reading

Karir

Pernah Diminta Menggambar Pohon Ketika Psikotest ? Ini Dia Triknya

Published

on

Jika kamu pernah mengikuti psikotest/ test IQ/ atau tes CPNS pasti sudah tak asing dengan perintah menggambar sebuah pohon. Kira-kira apa maksudnya ya ? Nah ternyata tes menggambar pohon atau tes BAUM bertujuan untuk menilai karakter seseorang dengan cara menganalisis gambar yang dibuat peserta tes. Si pencipta test, Emil Jucker memilih pohon sebagai objek gambar dengan alasan pohon selalu tumbuh dan berkembang. Serta hasil penelitian menunjukkan bahwa pohon memiliki makna penting bagi manusia dan pohon dianggap mewakili manusia. 

Ketika psikotest akan dimulai, petugas akan membagikan kertas HVS putih dan kamu diberi kebebasan dalam menggambar pohon. Hasilnya gambarmu nanti akan dianalisis dan bisa dijadikan acuan untuk menilai karakter dan kepribadianmu.

Nah agar nantinya hasil testmu memuaskan, berikut beberapa point rahasia yang harus kamu perhatikan

  1. Pilihlah gambar pohon yang memiliki daun yang rindang, mempunyai kayu, ranting dan cabang, dan akan lebih bagus apabila kamu melengkapinya dengan bunga, buah, hingga akar.
  2. Pilihlah gambar pohon yang berkambium seperti pohon mangga, durian, jambu, atau pohon rambutan.
  3. Jangan menggambar pohon yang tidak berkambium dan tidak sempurna sesuai dengan poin nomor dua. Pohon-pohon yang perlu dihindari yaitu pohon bambu, pohon pisang, pohon pepaya, pohon cemara, pohon kelapa, pohon beringin atau pohon yang tidak berkambium lainnya.
  4. Berusahalah untuk menggambar dengan tidak terlalu banyak dihapus, hal ini akan menjadi penilaian oleh pihak HRD, karena hasil gambar yang rapi dan tidak terlalu banyak koreksi menunjukkan kamu sebagi pribadi yang tegas dengan karakter psikologi yang kuat dan stabil.
  5. Jangan terlalu kreatif dalam tahap menggambar pohon ini, apa maksudnya? yaitu menggambarlah tepat di tengah kertas yang kosong, jangan menggambar pada bagian pojok kanan atas, pojok kanan bawah, pojok kiri atas, ataupun pojok kiri bawah.
  6. Berilah judul sesuai dengan gambar pohon yang telah kamu buat, sehingga hal ini akan mempermudah penyeleksi menerjemahkan maksud gambar pohon yang kamu buat.

Agar lebih jelas, berikut contoh cara menggambar pohon yang tepat

 

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.