Connect with us

Tips

Perlu Kita Ketahui , Ternyata Begini Tata Cara Pendaftaran CPNS 2018

Published

on

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil / CPNS 2018 akan segera dimulai, Sebelum mendaftar ke instansi yang kamu tuju, pastikan kamu telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran, dokumen apa saja yang diperlukan ? seperti yang disalin dari buku petunjuk pendaftaran sistem seleksi CPNS tahun 2018 yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara adapun beberapa dokumen wajib yang perlu kamu siapkan adalah

  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk ( KTP)
  3. Ijazah
  4. Transkip Nilai
  5. Pas Foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan kamu lamar

Adapun tata cara pendaftaran CPNS 2018 adalah sebagai berikut :

TATA CARA PENDAFTARAN CPNS 2018

  1. Buka Akun Portal Resmi https://sscn.bkn.go.id
  • Isi NIK,Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga
  • Isi alamat e-mail aktif, password dan pertanyaan pengaman
  • Upload pas photo min. 120 Kb Max.200 Kb
  • Cetak Kartu Informasi anda
  1. Login Ke https://sscn.bkn.go.id
  • Gunakan NIK dan Psword yang telah didaftarkan
  1. Upload Foto Selfie
  • Upload foto selfie dengan memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan tahap berikutnya
  1. Lengkapi Biodata
  • Isi Biodata
  1. Pilih Instansi, Jenis Formasi dan Jabatan
  • Pelamar hanya dapat memilih 1 Instansi, 1 Formasi dan 1 Jabatan
  1. Cek Resume
  • Pastikan bahwa data telah terisi semua dengan benar
  • Dan pastikan instansi, formasi dan jabatan yang terpilih sudah benar
  1. Kirim Data
  • Klik Simpan data yang telah dicek Resume dan pastikan data tersebut terisi dengan lengkap dan benar
  • Data yang telah di diklik Kirim TIDAK DAPAT DIUBAH DENGAN ALASAN APAPUN
  1. Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018
  • Cetak dan simpan dengan baik Kartu Pendaftaran SSCN 2018
  • Kartu Pendafataran SSCN 2018 digunakan sebagai bukti telah menyelesaikan pendaftaran melalui SSCN 2018

itulah tadi beberapa dokumen penting yang harus kamu siapkan dan tata cara pendaftaran CPNS 2018, selamat mencoba dan selamat berjuang!

Komentar

Karir

Pendaftaran Dibuka 25 Oktober, Waktu Pelaksanaan Tes CPNS 2019 Masih Belum Pasti

Published

on

By

Kabar gembira datang bagi para pencari kerja. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tak lama lagi akan segera dibuka. Ini akan menjadi seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) kedua tahun ini setelah sebelumnya diselenggarakan tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap I pada 23-24 Februari kemarin.

Berita ini jelas menjadi kabar yang menyejukkan, khususnya buat kamu yang tahun kemarin gagal lolos dalam seleksi CPNS 2018. Penantian dan kesabaranmu tak lama lagi akan terbayar.

Hanya saja, mengenai waktu pelaksanaan tesnya sampai saat ini masih belum bisa dipastikan. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dirinya masih harus membicarakan itu bersama pihak terkait lainnya.

Walaupun demikian, beliau juga menyatakan bahwa hal ini sama sekali tak terkait dengan proses pelantikan presiden pada tanggal 20 Oktober mendatang. Menteri baru dan program perekrutan ini tidak saling terkait lantaran sudah menjadi program pemerintah.

Sementara itu MenPAN-RB Syafruddin  menginformasikan bahwa penerimaan CPNS 2019 bakal menerima kurang lebih 100 ribu formasi. Dari 100 ribu formasi tersebut, kebanyakan merupakan tenaga pendidikan dan kesehatan.

Daripada penasaran dengan waktu pelaksanaan tes, ada baiknya waktu yang ada kamu gunakan untuk mempersiapkan segala administrasi yang diperlukan untuk pendaftaran nanti. Jadi tidak kebingungan saat mengisi form pendaftaran.

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu berlatih soal ujian CPNS. Soal-soal semacam itu bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko-toko buku ataupun internet. Banyak berlatih akan membuat kemungkinanmu untuk lolos seleksi semakin besar.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Tak Ingin Cepat Keriput? Hindari Kebiasaan Buruk Berikut ini

Published

on

By

Memiki wajah berseri-seri dan “awet muda” merupakan impian bagi sebagian orang. Untuk mendapatkannya, tak jarang ada yang sampai mengeluarkan budget hingga jutaan rupiah dengan melakukan perawatan kulit. Sedangkan cara yang paling sederhana dan hemat biaya adalah dengan mencuci muka di mata air yang “konon” berkhasiat membuat awet muda.

Sayangnya, tanpa kita sadari, beberapa kebiasaan yang dilakukan sehari-hari justru bisa membuat kulit menjadi cepat keriput sehingga perawatan yang telah dilakukan bisa sia-sia.

1. Terlalu banyak mengkonsumsi gula

images: https://cdn2.tstatic.net

Kehidupan yang terkadang pahit membuat gula menjadi terasa nikmat. Baik dalam bentuk makanan ataupun minuman. Namun jika mengkonsumsinya secara berlebihan, maka bisa berefek kurang baik. Gula berlebih yang tidak dapat diserap tubuh akan berubah menjadi advanced glycation end product (AGE). Ini adalah zat yang akan merusak kolagen dan elastin sehingga kulit akan keriput dan mengendur.

2. Keseringan terpapar sinar UV

images: https://www.go-dok.com

Tak usah bergaya macam turis dengan berjemur disiang hari. Perlu kamu ketahui bahwa ultraviolet dalam sinar matahari dapat mempercepat timbulnya keriput, pengenduran, dan spot hitam. Selain itu, dalam jangka panjang, hal ini juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Kalau ingin menikmati cahaya matahari, baiknya saat pagi atau sore hari saja.

3. Kurang tidur

images: https://hellosehat.com

Sebuah studi dari The American Academy of Sleep Medicine Foundation menemukan bahwa kekurangan tidur memengaruhi munculnya keriput pada sekitar mata mulut, dan kelopak mata. Ini karena kulit kita tidak akan mendapatkan waktu untuk memulihkan diri setelah aktivitas yang padat seharian. Sel-selnya pun akan sulit untuk memperbarui diri.

4. Terlalu sering mengusap mata

images: https://merahputih.com

Kulit di sekitar mata sangat rapuh dan tipis. Ketika kita sering menggosoknya, kulit akan mengendur dan rentan untuk timbul keriput. Oleh karena itu, jika sering menangis, maka biarkan saja air mata kamu mengalir membasahi pipi. Daripada kamu mengusap mata dan beresiko cepat keriput sebelum tua.

5. Terlalu sering menatap layar gadget

images: http://www.intipesan.com

Radiasi cahaya biru yang dihasilkan oleh layar dapat merusak DNA dan kolagen di kulit kita. Jadi kalau mau menggunakan gadget itu baiknya seperlunya saja. Selain berbahaya bagi kulit, kualitas penglihatan juga bisa menurun karena terlalu sering melihat objek dalam jarak dekat.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Empat Manfaat Jambu Biji Bagi Ibu Hamil

Published

on

By

Dalam masa kehamilan, seorang perempuan yang tengah mengandung harus terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Hal itu dapat diperoleh dari asupan makanan yang dikonsumsi baik berupa buah, daging, maupun sayuran. Salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah jambu biji.

Kamu tentu tahu jambu biji bukan? Buah ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko buah ataupun rumah tetangga. Biasanya orang menikmatinya dalam bentuk jus. Tapi baik dimakan langsung atau disajikan dalam bentuk jus buah, khasiat dan manfaat buah yang terkenal manis ini tak jauh berbeda.

Usut punya usut, menurut beberapa ahli buah ini ternyata memiliki beberapa manfaat untuk ibu hamil.

  1. Mendukung perkembangan otak bayi.

images: https://www.prenagen.com

Jambu biji memiliki kandungan asam folat yang cukup baik untuk perkembangan otak bayi. Asam folat dibutuhkan tubuh untuk produksi sel darah merah sekaligus membantu perkembangan otak dan sumsum tubuh belakang. Jadi kalau ingin perkembangan otak janin yang sedang dikandung berjalan dengan baik, maka tak ada salahnya untuk sering mengkonsumsi jambu biji selama masa kehamilan.

2. Mencegah komplikasi kehamilan.

images: kumparan.com

Menurut beberapa ahli, jambu biji juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Didalam tubuh, vitamin C dan vitamin E akan bekerja sama untuk meningkatkan antioksidan sehingga mampu menghambat radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada tubuh. Itu artinya, sel-sel tubuh akan terlindungi dari berbagai macam peradangan yang mengancam ibu hamil.

3. Mengurangi resiko pegal.

images: cloudfront.net

Seorang wanita yang tengah mengandung biasanya sangat rawan dengan rasa pegal dibagian persendian dan otot. Kondisi ini disebabkan oleh adanya janin sehingga cukup memberikan beban terutama bagi tulang belakang. Selain itu, kurangnya mineral juga dapat mengakibatkan seringnya muncul rasa pegal dan kram dibagian tubuh tertentu. Konsumsi buah dan sayuran yang cukup bisa menjaga kebutuhan mineral tubuh tetap terpenuhi sebagaimana mestinya.

4. Mencegah anemia.

images: jatimtimes.com

Terdapat kandungan zat besi dalam jambu biji. Zat besi ini berguna untuk memproduksi ekstra darah untuk si bayi. Darah yang mengandung hemoglobin ini menjadi media bagi si bayi untuk mendapatkan asupan makanan dan oksigen dari sang ibu. Bila ibu hamil mengalami kurang darah atau anemia, maka bisa beresiko bayi yang dilahirkannya nanti akan mengalami kurang berat badan.

 

Komentar
Continue Reading

Trending