Connect with us

Tips

Siap-siap !! Ini Dia 4 Tips Jitu Agar Dapat Lolos Ujian CPNS

Published

on

Hingga kini, PNS (Pegawai Negeri Sipil) terbukti masih menjadi pekerjaan primadona bagi mereka para pencari kerja. Dengan pekerjaan dan gaji yang pasti, jaminan karir cemerlang, hingga kesempatan mendapatkan calon mertua idaman beasiswa di luar negeri terbuka lebar, siapa yang bisa menolak ??

Terbukti 2,4 juta orang berjuang melamar sebagai CPNS pada tahun 2017, dan pada tahun 2018 diperkirakan jumlahnya akan semakin bertambah. Nah pada tahun 2018 ini, pemerintah telah resmi mengumumkan penerimaan pendaftaran pada 19 September 2018 lewat laman resmi http://sscn.bkn.go.id. Ratusan ribu formasi dipersiapkan untuk mereka pelamar dari mulai tenaga pendidik, tenaga kesehatan, tenaga teknis, dll. Seperti tahun-tahun sebelumnya, rekrutmen CPNS tahun ini juga menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dimana semua proses dari mulai proses pendaftaran hingga proses seleksi menggunakan sistem online (komputerisasi).

Lantas syarat apa saja yang harus dipersiapkan untuk melamar CPNS ? Berikut syarat-syaratnya

  1. Memiliki email aktif beserta passwordnya dan kata pengaman yang mudah diingat
  2. KTP
  3. Scan ijazah
  4. Scan transkrip nilai
  5. Scan akreditasi jurusan dari BAN-PT
  6. File pass foto ukuran max 200kb

Apakah kamu sudah mempersiapkan berkas-berkas di atas? jika belum, segera ya!

Nah sebelum kamu mulai mendaftar dan mengikuti tes, ada baiknya kamu simak tips-tips jitu di bawah ini agar bisa memperoleh nilai maksimal dan diterima sebagai PNS. Berikut selengkapnya

  1. Persiapkan syarat-syarat dari jauh-jauh hari. Jangan sampai ketika waktu pendaftaran tiba, kamu kebingungan mencari KTP atau bahkan belum mencari sertifikat akreditasi jurusan ya! Bisa fatal!
  2. Pelajari langkah-langkah pendaftarannya lewat youtube. Nggak ada salahnya kamu coba-coba buka tutorial di youtube tentang apa itu sistem CAT serta bagaimana cara mendaftar lewat laman yang tersedia. Karena setiap formasi yang sudah dipilih oleh pelamar tidak bisa dibatalkan atau diganti, maka hati-hatilah!
  3. Sering-sering tryout sendiri di rumah, terutama soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan). Perlu kamu ketahui jika SKD (Seleksi Kompetensi Bidang) terdiri dari TIU (Tes Intelegensi Umum), TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) serta TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Dan dari tes-tes tersebut, TWK disebut-sebut sebagai tes yang paling sulit karena menguji pengetahuan tentang pancasila, undang-undang, politik, sejarah, dsb. Maka dari itu, belajarlah banyak-banyak tentang TWK !
  4. Pandai-pandai berlatih strategi menjawab, terutama dalam manajemen waktu. Dalam ujian CAT kamu dituntut mengerjakan soal sebanyak 100 soal selama 90 menit saja, maka dari itu pandai-pandailah mengatur waktu. Pilihlah soal yang paling mudah terlebih dahulu jangan melulu memikirkan soal yang dianggap susah. Dan juga perhatikan passing grade atau nilai ambang batas masing-masing tipe soal, jadi jangan sampai kamu maksimalkan misalnya di TIU sedangkan TWK masih kosong. Lebih baik kamu kerjakan secara merata karena jika tidak melewati passing grade maka otomatis kamu akan gugur di medan perang.

Semoga sukses, selamat mencoba!

Komentar
Continue Reading

Tips

6 Tips Agar Perjalanan Mudik Tak Membosankan

Published

on

Mudik adalah hal acara yang paling ditunggu-tunggu oleh seorang perantau. Perjalanan panjang ke kampung halaman rasanya terbayarkan dengan bertemu sanak saudara setelah berbulan-bulan tak berjumpa. Namun apakah perjalanan mudik akan selamanya menyenangkan ? Tentu saja tidak, tetap ada saja hal-hal yang kurang berkenan di hati yang membuat perjalanannya terasa sedikit membosankan. Misalnya saja seperti kemacetan yang parah, yang membuat perjalanan mudik menjadi lebih lama.

Nah untuk menghindari ‘badmood’ karena bosan, kamu bisa mencoba tips menghilangkan kebosanan perjalanan mudik. Berikut selengkapnya

  1. Main game. Jangan lupa untuk mengisi full baterai hp kamu, dan install berbagai macam game sabagai ‘amunisi’ untuk menghilangkan kejenuhan di jalan.

    img: jalantikus

     

  2. Mampir kuliner. Jika bosan diperjalanan, jangan sungkan untuk berhenti di spot-spot wisata kuliner. Selain untuk mengisi perut, kamu juga bisa menghilangkan kejenuhan dengan sedikit merebahkan badan sambil menikmati udara segar.

    img: mysweetescapediary.com

     

  3. Bawa buku bacaan. Buat kamu yang hobi membaca, membawa buku juga salah satu solusi menghilangkan kejenuhan lho ! Tapi hati-hati dengan mata, karena jika terlalu lama bisa-bisa kepala kamu bisa pusing.

    img: autocar.co.uk

     

  4. Menonton film. Salah satu cara ampuh untuk menghilangkah kejenuhan adalah dengan menonton film. Jangan lupa untuk membawa stok film yang banyak agar perjalananmu semakin menyenangkan.

    multimedia-era.blogspot.com

     

  5. Stok cemilan yang banyak. Ngemil di dalam mobil juga merupakan salah satu tips jitu lho untuk mengilangkan kebosanan ! Untuk kamu yang mudik dan tidak melewati toko camilan, ada baiknya membawa bekal camilan yang banyak dari rumah.

    img: grid-oto.com

     

  6. Playlist musik kesukaan. Tips terakhir adalah siapkan stok playlist musik favorit kamu, jadi jikalau macet melanda kamu bisa menikmatinya sambil bernyanyi di dalam mobil, bahkan kalau memungkinkan bawa juga microphone khusus karaoke. Seru kan !

    img: philkotse.com

 

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

4 Cara Mudah Meracik Kopi Hitam Biasa Menjadi Istimewa

Published

on

By

Para penikmat kopi apa kabar? Semoga bulan puasa yang penuh berkah ini tidak mengurangi kenikmatan serta kekhidmatan dalam menyeruput kopi yang dalam satu bulan ini hanya bisa dilakukan di malam hari.

Ada dua golongan penikmat kopi di dunia ini. Golongan yang pertama adalah penikmat kopi sachet. Sedangkan golongan yang kedua adalah aliran garis keras  yang hanya mau meminum kopi tumbukan langsung, entah itu dari petani langsung ataupun dari mesin di cafe-cafe.

Tapi diantara dua golongan itu masih ada mereka yang berdiri di garis tengah. Yakni orang-orang yang berjuang membuat racikan kopi biasa ala kadarnya menjadi kopi yang istimewa seperti yang biasa kamu lihat di cafe-cafe kekinian. Padahal bahan-bahan yang digunakan tidaklah mahal dan mudah didapatkan.

Golongan inilah yang harus mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya. Dengan modal ala kadarnya, mereka mampu menciptakan racikan yang luar biasa enaknya. Kamu pun bisa mencoba melakukannya dengan mempraktekkan 4 cara berikut ini.

  1. Kopi Keju

images: republika.co.id

Biasanya kamu mengkonsumsi keju bersamaan dengan roti. Usai memakannya barulah minum kopi yang diberi campuran dengan gula. Tapi cobalah untuk keluar dari zona nyaman dengan mencampurkan kopi tanpa gula dan mengganti kedudukan gula tersebut dengan keju. Campuran rasanya dijamin akan bikin kamu ketagihan.

2. Es Kopi+Air Kelapa

images: liputan6.com

Cara membuatnya sangatlah mudah. Kamu tinggal mencampur bubuk kopi dengan air dingin lalu simpan dalam kulkas selama beberapa jam. Setelah itu saring dan campurkan dengan es kelapa muda. Kamu yang sedang mengantuk pasca makan siang pasti bisa langsung segar kembali setelah menikmati campuran minuman penuh kesegaran ini.

3. Kopi Mentega

images: hellosehat.com

Seduh bubuk kopi dengan air panas lalu campurkan 1 sendok makan minyak kelapa dan 2 sendok makan mentega. Selain memberikan rasa yang unik, campuran minuman ini juga bisa menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan mengenyangkan perut yang sedang kelaparan.

4. Kopi+teh+susu kental manis

images: liputan6.com

Cara yang keempat ini sangatlah sederhana. Kamu tinggal mencampurkan kopi panas dengan teh dan susu kental manis. Atur sendiri takaran sesuai kebutuhan. Sensasinya akan memberikan kesegaran dan membuat semangat bekerjamu akan tumbuh lagi setelah kelelahan.

 

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi Saat Buka Puasa, Gak Cuma Kurma Aja Lho!

Published

on

By

Berbukalah dengan yang manis! Begitulah ungkapan yang beberapa tahun belakangan ini banyak diplesetkan menjadi “berbukalah dengan yang ada, karena yang manis belum tentu ada” ataupun “berbukalah dengan yang mau, karena yang manis belum tentu mau”. Apapun itu plesetannya, memang dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis.

Salah satu yang manis untuk berbuka puasa adalah buah kurma. Ya, ramadan tanpa kurma ibarat makan bakso tanpa pakai garpu. Kelihatan sepele namun berasa aneh saja. Seperti ada bagian yang kurang.

Lagian memakan kurma saat berbuka juga merupakan sunah Nabi Muhammad SAW. Sudah manis dan lezat, dapat pahala juga. Keuntungan berlipat ganda tentunya.

Tapi bagaimana jika tidak suka atau tidak memiliki kurma? Tenang, hasil riset dari pakar buah-buahan menyatakan bahwa bukan hanya kurma saja yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

  1. Pisang. Buah yang sangat digemari monyet ini akan membuat perutmu segera berasa kenyang karena kandungan karbohidratnya. Selain itu, pisang juga dapat memperlancar pencernaan.

images: http://cdn2.tstatic.net

2. Apel. Buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin A, B, dan C. Apel juga bisa mengurangi nafsu liar makan dan minum kamu saat berbuka. Otomatis kamu tak perlu tersiksa ketika sholat taraweh hanya karena kebanyakan makan saat berbuka.

images: hellosehat.com

3. Blewah. Sering tergoda dengan buah ini ketika memasuki sepertiga akhir puasa? Sabar, tinggal merem aja udah buka kok. Buah yang sering menjadi penyempurna es buah ini bisa mengatasi rasa mual yang diakibatkan dari asam lambung.

images: cloudinary.com

4. Anggur. Walaupun harganya relatif mahal, tapi anggur ternyata sangat bermanfaat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama menjalankan ibadah puasa.

images: bogor.net

5. Pepaya. Demi tetap lancarnya pencernaanmu selama bulan ramadan, maka sebaiknya kamu mengkonsumsi pepaya saat berbuka puasa. Oh iya, lebih nikmat lagi kalau disajikan dingin-dingin baru keluar dari lemari es.

images: idnews.co.id

6. Melon. Buah yang didominasi warna hijau ini juga cukup baik untuk pencernaan karena tinggi serat. Selain itu melon juga kaya akan kandungan vitamin C, kalium, dan beta karoten.

images: halloyahya.com

7. Semangka. Rasa hausmu akan langsung hilang ketika mengkonsumsi buah yang didalamnya terkandung 91% air ini. Semangka juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

images: brilio.net

Jadi tak usah khawatir yaa kalau berbuka tanpa kurma. Kamu tinggal pilih salah satu dari buah-buahan di atas. Setidaknya itu akan cukup membantu kamu dalam menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Komentar
Continue Reading

Trending