Hits Banget, Musik

Pengen Cover Lagunya Virgoun ” Bukti ” ? Baiknya Baca ini Dulu

Setelah sukses di lagu single pertama project solo yang berjudul “Surat Cinta Untuk Starla” di Penghujung September ini, Virgoun mengunggah video lirik dari lagu  terbarunya di akun youtube @LASTCHILD berjudul “ Bukti”. single ke-2 dari project  solo vokalis lastchild ini cukup banyak mendapat respon dari penggemarnya dilihat di kolom komentar akun youtube, akan tetapi ada sedikit berbeda jika kita baca di deskripsi Video yang berjudul “Bukti”.Terlihat ungkapan Virgoun untuk musisi yang suka mengocver lagu lagunya Virgoun. Terbaca jelas perjuangan seorang musisi ( Virgoun ) dalam penciptaan sebuah karya.

Proses perjalanan bikin lagu itu gak gampang. Asli, gak gampang. Dan waktu lagu udah jadi, dan akhirnya di publikasiin, lagu itu terikat dengan hak cipta/ hak kekayaan intelektual/ copyrights dari si pencipta lagunya, untuk lirik, dan notasinya”.

 

Dalam keterangn video tersebut virgoun juga menyinggung tentang beberapa aturan bagi siapa saja yang ingin mengcover lagunya

“Nah, sekarang ngobrolin cover lagu. Silahkan aja, tapi yang harus lw pahami, lw gak seharusnya nge-monetize lagu cover-an lw, karena ini akan langsung di CLAIM komposisi lagunya oleh musisi lewat publisher/ collecting society yang ditunjuk. Klo lw ngecover DAN pgn lw monetize, maka minta izin dulu ke si penciptanya”.

Ada syarat & ketentuan yang lw harus penuhi untuk ini, beda-beda, tergantung si musisinya. Buat lagu-lagu gw/ Last Child, e-mail ke [email protected] dengan subject email: izin cover lagu VIRGOUN – BUKTI / lagu lainnya, untuk tau proses & syarat-syaratnya gimana. Gue simpelin ye. Lirik sama notasi lagu-lagu gw itu kaya bahan utama dari lagu gw. Lw minta izin cover, berarti lw minta izin untuk pake lirik sama notasi tadi. Kalau gw udah ngasih persetujuan, dari bahan utama tadi lw mau ubah jadi komposisi apapun, terserah lw. Mau jadi versi rock/ reggae/ bahkan ke koplo sekalipun, bebas.

image | Official Youtube Lastchild

Dalam tulisanya Virgoun juga mengungkapkan keberatan jika lagunya dicover ulang dalam bentuk parodi, karena buat virgoun itu suatu bentuk yang sudah kelewatan

 

“TAPI, itu tadi, bahan utama lagunya harus ada persetujuan dari gw dulu. Gak bisa main langsung cover aja, apalagi di monetize sendiri. Terus nih, tentang parodi lagu. Gw sih keberatan. Karena buat gw gak sepantasnya karya orang dibuat jadi lucu-lucuan. Gw gak tau dengan musisi lain, tapi gw, melalui publisher yang gw tunjuk, gw akan men-take down video-video parodi dari lagu-lagu gw. Salah satu contohnya, ‘Surat Yasin Untuk Starla’, ini sih kelewatan”.

Dan Virgoun pun berpesan untuk seluruh penikmat musik di Indonesia maupun musisi yang suka mengcover lagu orang lain dan di monetize untuk keuntungan pribadi nih….

“Ada banyak cara untuk bisa mensupport musisi idola lw, dan menurut gw, parodi bukan salah satunya. Gw harap, setelah baca ini, kalian bisa jauh lebih paham tentang copyrights ya; dari mata seorang musisi. Hargai dan support musisi sepantasnya, dan pahami batasannya.Bukti-kan bahwa lw memang bagian dari generasi pintar 🙂 Maju terus musisi, penikmat musik dan musik Indonesia!”

 

Nah itu tadi beberapa pernyataan Virgoun untuk kalian yang akan mengcover lagu nya Virgoun baca baik-baik ya, jangan sampai ribet di kemudian hari

Selamat berkarya

Comments

comments