Hits Banget, Musik

Masihkah Boleh Mengcover lagu ” Akad” ? Ini jawabanya dari Payung Teduh

image | Instagram @payungteduhofficial

statmen mengejutkan datang dari sang vokalis Payung Teduh Mohammad Istiqamah Djamad yang akrab dipanggi is, video unggahan di akun sang vokalis tersebut  langsung jadi bahan perbincangan warganet.

Statment vokalis payung teduh yang diunggah di Akun instagram sang vokalis @pusakata mengungkapkan tentang brutalnya aktifias ditigal terhadap lagu akad, video yang berdurasi 1 menit tersebut langsung menjadi viral, Is menyampaikan bahwa selama ini sudah menahan diri tentang berbagai cover lagu akad yang beredar di youtube bahkan sudah ada lagu cover yang dijual di beberapa  layanan musik streaming Online seperti spotify, I Tunes, dll

 

Memang benar, satu lagu payung teduh “ akad” nembus 102.000 video versi “akad cover” di jejaring youtube, Sejak merilis video berisi peringatan terhadap pihak yang mengkomersilkan lagu “Akad” tanpa izin, sang vokalis Is  malah menuai pro dan kontra di kalangan warganet. Pasalnya, tak sedikit dari para penggemar Payung Teduh yang salah menanggapi isi dari video tersebut. Beberapa pengguna Instagram menyangka bahwa manajemen  benar-benar melarang satu pun kemunculan video berisi lagu cover “Akad”, melihat berbagai tanggapan yang luar biasa akhirnya vokalis Payung Teduh itu pun meluruskan kembali pernyataannya lewat rekaman video pendek di Instagram @pusakata.

Dalam unggah video tersebut Is mengatakan  “Inti permasalahannya bukan soal saya melarang cover. Tidak, saya tidak pernah melarang cover. Semua band besar dunia pun pernah meng-cover lagu seseorang atau dari musisi lain,

“Tapi ketika urusannya untuk kebutuhan produksi lalu dijual, itu yang saya tekankan. Makanya harus berizin, karena kalau tidak ya pasti itu ilegal namanya. Oke?” ia menegaskan.

Is mempersilakan siapa pun yang ingin membuat video berisi cover lagu “Akad” di situs pengunggah video,namun dengan catatan bahwa pengunggah harus memberikan credit dalam videonya. Ia pun tetap mempermasalahkan mereka yang menjadikan video cover tersebut untuk kebutuhan komersial tanpa izin.

 

okesip intinya , boleh mencover asal itu bukan ntuk dikomersilkan , dan tentunya harus pake credit titlle agar lebih menghargai sang pencipta / penyanyi lagu aslinya.

Comments

comments