Kesehatan

Pembuluh Darah Terlihat Menonjol Pada Tangan dan Kaki, Bahayakah?

pembuluh darah terlihat jelas di tangan
Pembuluh Darah yang Terlihat Jelas dan Menonjol di Tangan (img: techno.okezone.com)

Pembuluh darah merupakan bagian penting dalam tubuh kita, karena berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Ada kesalahan sedikit saja pada pembuluh darah akan berdampak buruk bagi aliran darah, yang tentunya juga berpengaruh pada kesehatan kita.

Jika kamu termasuk orang yang kurus, mungkin kamu melihat keanehan pada pembuluh darah kamu dibanding orang yang lebih gemuk. Pembuluh darah pada orang kurus biasanya terlihat lebih jelas dan cenderung menonjol.

Lalu apakah pembuluh darah pada tangan dan kaki yang terlihat jelas berbahaya? Berikut penjelasan dr. Puspita Komala Sari yang kami dapat dari klikdokter.com

Pada orang yang kurus, memang urat (vena/pembuluh darah balik) lebih jelas terlihat di permukaan karena jaringan lemak yang tipis. Terdapat suatu kondisi di mana urat-urat menjadi lebar dan berkelok-kelok yang disebut dengan varises, dan pada umumnya terjadi di tungkai, dan jarang terjadi di bagian tangan. Selain itu, faktor yang dapat mempengaruhi adalah penggunaan otot pada orang yang banyak melakukan aktivitas fisik pada otot tersebut. Jadi, bila otot terkait memang banyak digunakan, pembuluh darah vena di dekat otot tersebut kemungkinan besar akan menonjol sehingga makin terlihat. Namun hal tersebut tidaklah membahayakan.

Itulah penjelasan dr. Puspita Komala Sari mengenai pembuluh darah yang menonjol pada orang kurus. Intinya pembuluh darah pada orang kurus pada umumnya memang terlihat jelas terutama pada tangan dan kaki, dan hal tersebut tidaklah berbahaya.

Walaupun tidak berbahaya, dr. Puspita Komala Sari menyarankan untuk berkonsultasi ke dokter secara langsung jika keluhan tersebut dirasa mengganggu.

Comments

comments