Connect with us

Kesehatan

Bius Epidural, Solusi Tepat Buat Kamu yang Tak Ingin Kesakitan Saat Melahirkan

Published

on

images: destinationsante.com

Proses melahirkan merupakan salah satu fase paling krusial dalam hidup seorang perempuan. Saat itu seluruh kemampuan akan dikerahkan demi melahirkan dedek bayi yang selama ini dinanti. Sebagian perempuan menganggap hal itu merupakan suatu anugerah sekaligus kebanggaan, tapi tak sedikit juga yang merasa ketakutan. Sebab di beberapa kasus, melahirkan itu adalah suatu proses yang melelahkan bahkan terkadang menyakitkan. Tapi kamu tidak perlu khawatir dengan hal itu karena saat ini sudah ada bius epidural.

Bius epidural adalah salah satu bentuk bius lokal yang digunakan untuk membuat bagian tertentu di tubuh kamu menjadi mati rasa. Epidural tidak akan membuat kamu hilang kesadaran sepenuhnya, karena fungsinya hanya untuk menawarkan rasa sakit (analgesia). Dengan adanya bius epidural ini, ketakutan akan rasa sakit saat melahirkan akan teratasi.

Lantas bagaimana cara kerja bius epidural? Dikutip dari hellosehat.com, bius epidural ini bekerja dengan menghentikan impuls-impuls saraf sensoris tulang belakang. Saraf sensoris ini bertugas untuk mengirimkan berbagai sinyal pada otak, salah satunya adalah rasa sakit. Namun rasa sakit disini bukan berarti rasa sakit hati karena ditolak calon mertua atau ditikung sahabat lho!

Akibatnya, sensasi atau rasa sakit yang seharusnya kamu rasakan pada bagian bawah torso, lebih tepatnya di rahim, leher rahim, dan bagian atas vagina akan berkurang. Namun, saraf motoris kamu masih akan bekerja dengan baik sehingga otak masih bisa mengirimkan perintah bagi panggul dan bagian-bagian tubuh lainnya untuk berkontraksi dan bekerja sesuai kebutuhan. Jadi jangan khawatir kamu tak bisa melakukan kontraksi untuk mengeluarkan si dedek bayi.

Kelebihan bius epidural

images: http://www.fratz.at

Ada banyak manfaat yang akan kamu peroleh jika menggunakan bius epidural saat proses persalinan nanti. Otot-otot tubuh kamu akan melemas yang nantinya akan mempermudah proses kontraksi. Apabila proses persalinan berjalan lambat, kamu juga bisa mengatur tempo untuk beristirahat karena tidak merasakan kesakitan.

Buat kamu yang memiliki darah tinggi, bius epidural ini juga bisa menurunkan tekanan darahmu sehingga menjadi normal. Sedangkan untuk kamu yang melakukan operasi cesar, bius epidural juga akan membuat kamu mampu mengikuti jalannya operasi dan mengurangi rasa sakit pasca melahirkan.

Kekurangan bius epidural

images: babycentre.co.uk

Segala sesuatu pasti memiliki kekurangan, termasuk bius epidural ini. Untuk kamu yang memiliki darah rendah, penggunaan bius epidural ini cukup berbahaya karena akan menurunkan tekanan darahmu. Di beberapa kasus penggunaan bius ini juga membuat si ibu kesulitan kontraksi karena rasa bebas dari sakit yang ditimbulkannya. Akibatnya untuk mendorong bayi keluar diperlukan bantuan alat pemicu kontraksi.

Penggunaan bius epidural juga beresiko membuat kantung kemih mati rasa sehingga cukup sulit untuk buang air kecil. Meski tidak semua terkena efek samping, tapi ada beberapa ibu yang mengalami rasa nyeri di punggung, telinga berdengung, ataupun sakit kepala saat diberikan bius epidural.

Saat yang tepat untuk memberikan bius epidural

images: http://res.cloudinary.com

Tidak semua perempuan takut untuk melahirkan, tapi tak sedikit juga yang khawatir akan rasa sakitnya. Oleh karena itu penggunaan bius epidural bukanlah suatu prosedur wajib yang harus dilakukan. Semua keputusan mutlak ada di tangan kamu sendiri, sebab kamu yang akan menjalaninya.

Biasanya bius epidural akan diberikan ketika si ibu telah mencapai bukaan 4 (5cm). Kalau sudah memasuki bukaan 5 maka tidak dianjurkan lagi karena itu pertanda bahwa si bayi sudah siap untuk dilahirkan. Sedangkan dalam proses operasi cesar, bius epidural ini akan diberikan sesaat sebelum operasi dimulai.

Mau memberikan bius epidural atau menjalani proses persalinan secara normal itu sebuah pilihan. Hanya kamu sendiri yang paling berhak untuk menentukannya. Tapi sebelum mengambil keputusan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Bagaimanapun juga dokter tentu lebih berpengalaman dalam menangani proses persalinan, terutama buat kamu yang baru akan melahirkan anak pertama.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Badan Tetap Fit Walau Sering Begadang Karena Kerjaan

Published

on

By

Idealnya manusia melakukan istirahat selama 8 jam dimalam hari untuk menjaga agar kerja tubuh tetap optimal. Namun sayangnya karena satu dan berbagai hal membuat hal itu terkadang sulit untuk dilakukan. Misalnya saja karena faktor pekerjaan. Selain lembur, ada beberapa pekerjaan yang mengharuskan pekerjanya harus begadang saat malam hari dan baru bisa istirahat di siang hari.

Padahal mengganti waktu tidur malam dengan tidur disiang hari memiliki efek yang berbeda bagi tubuh. Kalau tidak pintar mensiasati, tubuh manusia yang sering begadang akan lebih mudah terserang penyakit daripada mereka yang memiliki jam istirahat teratur.

Tapi kamu jangan khawatir, coba lakukan hal-hal berikut ini agar kesehatanmu tetap terjaga meskipun harus sering begadang tiap malam.

  1. Sempatkan Olah Raga

images: clubnutricia.co.id

Salah satu cara untuk mengimbangi pola hidup tidak sehat karena sering begadang tiap malam adalah dengan olah raga. Kamu harus membuat jadwal khusus untuk olah raga. Racun dalam tubuhmu perlu dikeluarkan lewat tetesan keringat yang mengucur setelah berolah raga. Apalagi untuk kamu yang begadang sambil ditemani kopi, rokok dan camilan. Olah raga adalah penebusan yang wajib untuk semua itu.

Biar lebih enak, lakukan saja olah raga yang kamu sukai seperti sepak bola, basket, joging, ataupun senam. Apapun itu yang penting kamu bisa berkeringat secara sehat. Otot-otot tubuhmu yang tegang karena sering begadang juga butuh peregangan.

2. Atur Pola Makan

images: 3.bp.blogspot.com

Sudah begadang, makan tidak beraturan pula. Kalau sudah begitu siap-siap saja untuk jadi penghuni rumah sakit karena typus. Dengan makan teratur kebutuhan tubuh akan gizi pasti akan tetap terjaga. Selain itu, perut yang kenyang jelas akan semakin mendukung agar kinerjamu tetap maksimal dalam menjalankan berbagai aktifitas. Apalagi dimalam hari, jika kamu telat makan, maka bahaya masuk angin bisa datang kapan saja!

3. Konsumsi Multivitamin

images: brilio.net

Berkurangnya waktu istirahat dimalam hari tentu akan berpengaruh terhadap daya tahan tubuh kamu. Untuk menjaga performa tubuh, terkadang makan teratur saja belum cukup. Kamu perlu mengkonsumsi multivitamin untuk melengkapinya. Kalau takut akan efek sampingnya, kamu bisa mengakali dengan mengkonsumsinya ketika merasa kondisi badan mulai drop biar gak kebablasan jatuh sakit.

4. Jangan Lupa Minum Air Putih

images: amazonaws.com

Begadang sangat akrab dengan kopi. Minuman yang nikmat karena rasa pahitnya itu dianggap bisa mengurangi rasa kantuk. Ketika mengkonsumsinya secara wajar, maka kopi bisa menyehatkan. Namun kalau berlebihan, pasti akan ada efek sampingnya. Biasanya mereka yang gemar mengkonsumsi kopi sebagai teman begadang akan menjadi lupa dengan kewajibannya untuk minum air putih. Bahkan tidak jarang juga yang sampai lupa makan karena sudah merasa kenyang dengan minum kopi.

Saat itulah bahaya mulai mengintai. Kamu yang kekurangan minum air putih bisa terkena penyakit infeksi saluran kemih. Ginjal pun akan bekerja lebih ekstra dari biasanya. Untuk meminimalisir resiko itu, jawabannya cuma satu, kamu jangan lupa minum air putih!

5. Istirahat Sejenak

images: http://cdn2.tstatic.net

Saat kamu mulai lelah dan jenuh, maka istirahat sejenak adalah solusinya. Apalagi jika kamu bekerja dalam ruangan. Kamu harus menyempatkan diri untuk menghirup udara segar dimalam hari yang relatif lebih bersih dari pencemaran. Kalaupun ngantuk tapi dikejar deadline, sempatkan saja tidur walau sebentar. Badan kamu akan relatif lebih segar daripada terus memaksakan diri untuk bekerja.

Komentar
Continue Reading

Inspirasi

Sebelum Melakukan Operasi Plastik, Sebaiknya Perhatikan Dulu Hal-hal Berikut

Published

on

Salah satu operasi yang populer di dunia kecantikan adalah operasi plastik. Banyak kaum hawa yang rela merogoh kocek untuk operasi plastik demi memperoleh bentuk wajah yang diidamkan. Namun apakah operasi plastik hanya seputar mempercantik diri saja? Nah sebetulnya operasi plastik terdiri dari dua macam yakni operasi plastik rekonstruksi dan operasi plastik estetik.

Operasi plastik rekonstruksi bertujuan untuk mengembalikan bentuk bagian tubuh yang rusak seperti memperbaiki bibir sumbing, atau wajah yang rusak karena kecelakaan. Sedangkan operasi plastik etestika bertujuan untuk memperbaiki bentuk wajah atau tubuh dengan maksud memperindah penampilan agar lebih menarik.

Nah bagi kamu yang menginginkan operasi plastik estetika (kecantikan), ada baiknya perhatikan hal-hal berikut terlebih dahulu

  1. Seberapa penting kebutuhan operasi yang akan kamu lakukan. Setiap orang yang ingin operasi plastik tentu dengan tujuan masing-masing, salah satunya untuk tujuan estetika/ kecantikan. Contoh konkritnya misalnya ingin implan dagu, hidung, pipi, atau payudara. Untuk memperbaiki tulang hidung biasanya digunakan implan dari tulang rawan atau bagian tubuh lain, sedangkan untuk implan payudara biasanya menggunakan silikon berbentuk gel. Namun resikonya silikon ini mudah berkerut dan bocor. Nah hal-hal tersebut tentunya juga harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum gegabah operasi, jika bentuk hidung/payudara nggak parah-parah amat lebih baik tindakan operasi ini tidak dilakukan.
  2. Bandingkan antara klinik/RS satu dengan yang lainnya untuk mencari tempat operasi yang terbaik. Sebelum melakukan operasi, bandingkan dulu kualitas klinik tempat kamu akan operasi antara satu dengan yang lainnya. Termasuk soal biaya, rekam jejak klinik, review orang-orang yang sudah operasi di tempat tersebut, kalau perlu cari-cari referensinya di internet agar lebih meyakinkan.
  3. Ketahui rekam jejak si dokter. Perlu kamu ketahui bagaimana track record atau rekam jejak si dokter yang akan menanganimu. Info ini bisa kamu peroleh dari internet, review orang-orang sekitar, atau info kawan/kerabat yang bekerja di klinik tempat dokter tersebut praktek. Jangan sampai kamu kena mal praktek karena si dokter reputasinya meragukan !
  4. Seberapa besar resiko pasca operasi ? Semua operasi pasti mempunyai resiko, termasuk operasi plastik. Sebelum melakukannya, kamu harus benar-benar mengerti tentang resiko atau kemungkinan terburuk yang terjadi. Jika memang terlalu beresiko, lebih baik mengurungkan untuk melakukannya. Karena tak sedikit mereka yang melakukan operasi plastik estetika namun hasilnya malah kurang memuaskan dan jauh dari kata cantik.
  5. Ketahui jenis bius yang akan digunakan oleh si dokter.
  • Bius umum. Dilakukan guna menekan sistem saraf pusat yang membuatmu tidak sadar selama operasi berlangsung. Bius ini umumnya disuntikkan ke tubuh, atau lewat gas yang dimasukkan dalam saluran pernapasan.
  • Bius regional. Bius ini disuntikkan di sekitar saraf pusat untuk menghilangkan rasa di area tubuh tertentu. Sedangkan di bagian tubuh lainnya kamu akan tetap sadar. Masih terbagi dua jenis lagi pada bius jenis ini, yaitu bius spinal yang disuntik ke tulang belakang pasien dan bius epidural.
  • Bius lokal. Disuntik ke bagian tubuh tertentu. Fungsinya untuk menghilangkan sensasi pada bagian yang ingin dibedah. Umumnya, pasien akan tetap tersadar setelah dibius dengan bius lokal.

Bagaimana ? Masih berniat untuk operasi plastik ?

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Ingin Tubuh Lebih Segar Saat Bangun Pagi? Cobalah Tidur Dengan Mendengarkan Musik

Published

on

By

Musik menjadi sesuatu yang sulit dipisahkan dari kehidupan, mulai dari membangkitkan semangat, menemani saat kamu sedih dan menemani kamu beraktifitas.

Selain memiliki manfaat yang sudah kamu pahami, ternyata musik juga mampu membantu orang dewasa untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan ketika bangun seseorang yang mendengarkan musik sebelum tidur akan mendapatkan tubuh yang lebih segar.

Musik bahkan dijadikan sebagai salah satu teknik relaksasi sebelum tidur. Seperti yang dilansir dari sleep. org ternyata  mendengarkan musik sebelum tidur dapat membantu orang yang mengalami gangguan dalam hal tidur untuk meningkatkan kualitas tidurnya.

Manfaat mendengarkan musik sebelum tidur tidak langsung bisa dinikmati karena dibutuhkan waktu hingga tiga minggu untuk melihat peningkatanya. Gunakanlah lagu-lagu yang sekiranya membuat kamu tidur lebih cepat dan merasa lebih baik saat bangun di pagi hari.

 

Kenapa Kamu harus Tidur dan Mendengarkan musik?

Image Unsplash

Musik terbukti dapat membuat otak bekerja lebih tenang dan memicu penurunan detak jantung serta memperlambat pernapasan.

Jenis Musik Apakah Yang Bisa Dijadikan Pilihan?

Image Unsplash

 

Cobalah menggunakan pilihan musik yang kamu sukai, musik – musik yang memiliki irama lambat sekitar 60 -80 BPM atau kamu bias mencoba mendengarkan lagu -lagu pilihan dari kategori lagu yang menurut kamu easy listening seperti musik klasik atau music jazz.

 

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.