Otomotif

Pahami ‘Blind Spot’ untuk Keselamatan Berkendara di Jalan

Mungkin kamu belum tahu apa itu Blind Spot. Padahal pemahaman tentang blind spot sangat bermanfaat bagi keselamatan berkendara di jalan raya. Blind Spot adalah titik yang tidak terlihat saat kita berkendara. Bisa karena terhalang pilar kendaraan, keterbatasan jangkauan spion, terhalang muatan yang dibawa, dan lain sebagainya.

blind spot berkendara
blind spot berkendara

Ilustrasinya seperti gambar di atas. Mobil merah sedang berada di area blindspot mobil biru karena sudah tidak terlihat dari spion tengah dan tidak terjangkau spion samping. Kejadian tersebut tentu berbahaya jika mobil biru tiba2 berpindah jalur atau berbelok. Dan akan lebih berbahaya lagi jika yang berada di area blindspot tersebut adalah sepeda motor karena lebih kecil sehingga sulit terlihat dan juga mudah kehilangan keseimbangan.

Blind Spot tiap kendaraan berbeda-beda. Blind Spot paling banyak biasanya ada pada kendaraan besar seperti Bus, truk muatan, truk tangki, dll. Oleh karena itu sering terjadi kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar yang tak jarang juga memakan korban jiwa.

Sebenarnya bahaya yang ditimbulkan oleh area blind spot dapat dihindari dengan tips berikut.

Untuk Motor:

blindspot area berkendara
blindspot (img: newsflare.com)
  • Usahakan jangan terlalu lama berada di samping Mobil atau kendaraan besar lainnya karena besar kemungkinan si pengemudi tersebut tidak mengetahui keberadaan kamu. Kamu bisa melihat spion Mobil tersebut, jika kamu bisa melihat si pengemudi dan dia sedang memperhatikan, kamu sedikit beruntung. Tapi, jika hal itu tidak terjadi segeralah menyingkir dari zona itu.
  • Beri tanda saat hendak mendahului. Bisa menggunakan klakson atau lampu high beam (dim) dibarengi lampu sein tentunya dan pastikan si pengemudi yang didahului mengetahui keberadaan kamu.
  • Jangan pernah beranggapan pengemudi mobil atau kendaraan besar lainnya dapat melihat kamu. Kamu bisa melihat mereka, tapi belum tentu mereka bisa melihat kamu.

Untuk Mobil dan Kendaran Besar Lainnya:

blindspot area berkendara
blindspot (img: youtube.com)
  • Sebelum belok atau pindah jalur, pastikan tidak ada kendaraan lain di samping kendaraan kamu. Untuk memastikannya, setelah melihat spion bisa langsung menoleh ke area yang tidak terjangkau spion sejenak.
  • Memasang BlindSpot Mirror untuk melebarkan jangkauan pandangan spion kamu.

Yang terpenting adalah tetap hati-hati dan waspada, karena kesalahan kecil saja di jalan bisa berakibat fatal. Semoga tips di atas bermanfaat, salam otomotif.

Comments

comments