Connect with us

Otomotif

Pahami ‘Blind Spot’ untuk Keselamatan Berkendara di Jalan

Published

on

blind spot berkendara

Mungkin kamu belum tahu apa itu Blind Spot. Padahal pemahaman tentang blind spot sangat bermanfaat bagi keselamatan berkendara di jalan raya. Blind Spot adalah titik yang tidak terlihat saat kita berkendara. Bisa karena terhalang pilar kendaraan, keterbatasan jangkauan spion, terhalang muatan yang dibawa, dan lain sebagainya.

blind spot berkendara

blind spot berkendara

Ilustrasinya seperti gambar di atas. Mobil merah sedang berada di area blindspot mobil biru karena sudah tidak terlihat dari spion tengah dan tidak terjangkau spion samping. Kejadian tersebut tentu berbahaya jika mobil biru tiba2 berpindah jalur atau berbelok. Dan akan lebih berbahaya lagi jika yang berada di area blindspot tersebut adalah sepeda motor karena lebih kecil sehingga sulit terlihat dan juga mudah kehilangan keseimbangan.

Blind Spot tiap kendaraan berbeda-beda. Blind Spot paling banyak biasanya ada pada kendaraan besar seperti Bus, truk muatan, truk tangki, dll. Oleh karena itu sering terjadi kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar yang tak jarang juga memakan korban jiwa.

Sebenarnya bahaya yang ditimbulkan oleh area blind spot dapat dihindari dengan tips berikut.

Untuk Motor:

blindspot area berkendara

blindspot (img: newsflare.com)

  • Usahakan jangan terlalu lama berada di samping Mobil atau kendaraan besar lainnya karena besar kemungkinan si pengemudi tersebut tidak mengetahui keberadaan kamu. Kamu bisa melihat spion Mobil tersebut, jika kamu bisa melihat si pengemudi dan dia sedang memperhatikan, kamu sedikit beruntung. Tapi, jika hal itu tidak terjadi segeralah menyingkir dari zona itu.
  • Beri tanda saat hendak mendahului. Bisa menggunakan klakson atau lampu high beam (dim) dibarengi lampu sein tentunya dan pastikan si pengemudi yang didahului mengetahui keberadaan kamu.
  • Jangan pernah beranggapan pengemudi mobil atau kendaraan besar lainnya dapat melihat kamu. Kamu bisa melihat mereka, tapi belum tentu mereka bisa melihat kamu.

Untuk Mobil dan Kendaran Besar Lainnya:

blindspot area berkendara

blindspot (img: youtube.com)

  • Sebelum belok atau pindah jalur, pastikan tidak ada kendaraan lain di samping kendaraan kamu. Untuk memastikannya, setelah melihat spion bisa langsung menoleh ke area yang tidak terjangkau spion sejenak.
  • Memasang BlindSpot Mirror untuk melebarkan jangkauan pandangan spion kamu.

Yang terpenting adalah tetap hati-hati dan waspada, karena kesalahan kecil saja di jalan bisa berakibat fatal. Semoga tips di atas bermanfaat, salam otomotif.

Komentar

Hobi

Ingin Nostalgia Dengan Honda Super Cub “Pitung”? Beli Saja Versi Barunya, Super Cub C125!

Published

on

By

images: republika.co.id

Untuk kamu yang menikmati masa kanak-kanak di medio 90an pasti sangat familier dengan sepeda motor keluaran Honda ini. Ya, Honda Super Cub C70 atau lebih dikenal sebagai Honda Pitung. Nama Pitung sendiri merupakan plesetan dari bahasa jawa pitung puluh yang merujuk pada nama kendaraan ini yakni C70.

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 1958, Honda Super Cub telah diproduksi sebanyak 87 juta unit. Hal itu menjadikan kendaraan ini sebagai produk sepeda motor terlaris sepanjang masa. Selain C70 masih ada varian lain yaitu C50, C100, C90, C100EX dan C70 Passport.

Alasan itu juga yang kemudian membuat Honda membuat Super Cub versi terbaru. Versi terbaru ini diberi nama Honda Super Cub 125. Berbeda dari para pendahulunya yang menggunakan sistem karburasi, C125 sudah menggunakan sistem injeksi.

Dengan isi silinder 125 cc dan transmisi 4-tak, Super Cub C125 ini mampu mengeluarkan tenaga mencapai 9,5 dk pada 7.000 rpm dan torsi maksimumnya 10,4 Nm di 5.250 rpm. Sepeda motor ini juga memiliki transmisi 4 kecepatan dengan kopling otomatis.

Sekalipun ini seperti edisi “nostalgia”, namun Honda tetap memberikan fitur yang lengkap seperti sepeda motor masa kini lainnya. Contohnya adalah penggunaan velg racing, smart key, digital instrument dan lampu LED.

Sementara itu untuk urusan bahan bakar, Super Cub C125 bisa dibilang sangat irit karena dengan 1 liter bensin mampu digunakan untuk menempuh jarak 66,7 km. Sedangkan kapasitas total bahan bakarnya adalah 3,7 liter. Untuk pilihan warna, pihak Honda menyediakan 3 pilihan warna, yakni Pearl Niltava Blue, Pearl Nebula Red dan Pearl Shining Black yang dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) DKI Jakarta Rp. 55.000.000.

Namun untuk sementara waktu hanya disediakan 40 unit saja di Indonesia. Terlihat cukup mahal memang, akan tetapi dengan adanya nilai “nostalgia” ditambah fitur-fitur kekinian yang ada pada Super Cub C125 seakan membuat harga segitu cukup sepadan.

Tampaknya para pengguna Super Cub “pitung” di masa mudanya yang kini telah sukses sudah siap-siap nih merogoh kocek buat beli Super Cub C125. Kamu yang masih muda juga tetep keren kok kalau pakai motor ini. Anggap saja kamu sedang napak tilas perjuangan orang tuamu dulu di waktu mereka muda dan masih berbahaya.

 

Komentar
Continue Reading

Hobi

Cuma Seharga 12 M, Begini Penampakan Lamborghini Huracan Avio yang Cuma Ada Satu Unit di Indonesia.

Published

on

youtube.com

Importir mobil sport Prestige Image Motorcars kembali menghadirkan mobil mewah dan limited edition ke Indonesia. Mobil yang hanya ada 250 unit di seluruh dunia ini adalah Lamborghini Huracan Avio, dan Indonesia hanya mendapatkan jatah satu unit saja lho ! Supercar yang satu ini diklaim akan membuat pengemudinya serasa menjadi seorang pilot, bukan hanya pengemudi mobil. Sebetulnya Huracan merupakan penerus Gallardo, spesies Lamborghini paling laris. Namun kali ini Huracan dihadirkan dengan jumlah yang sangat terbatas, hal ini dilakukan karena memang merupakan salah satu trik untuk meningkatkan penjualan dengan membuat pemiliknya merasa eksklusif.

Lantas, berapa harga Sportcar yang melambangkan skadron pesawat tempur di Italia itu ? Dilansir dari oto.com harga Lamborghini Huracan Avio dibanderol sebesar 12 Miliar. Harga yang selangit tersebut disebabkan karena Lambo termasuk mobil mewah sehingga pajak untuk masuk ke Indonesia pun sudah sangat mahal.

Adapun yang membuat mobil ini spesial adalah pertama, warna eksteriornya. Huracan Avio disajikan dengan kelir bertemakan angkatan udara Italia. Warna yang ada di Indonesia, hijau army dengan aksentuasi kuning. Warna untuk Indonesia ini salah satu dari tiga warna yang disajikan Lamborghini untuk Avio: hijau army, biru, dan hitam.

Selain Avio, Prestige Image Motorcars juga membawa Lamborghini Huracan Spyder yang dibanderol Rp 11 miliar. Apa kamu tertarik membelinya? Tapi, harga ini masih harga dasar lho. Jika kamu akan melakukan kustomisasi, maka harganya tentu saja akan meningkat lagi.

Bagaimana, tertarik untuk meminang mobil mewah yang sangat limited ini  ?

Komentar
Continue Reading

Hobi

Tips Menghemat BBM ala Hitsbanget.com

Published

on

By

Di tanggal se tua ini satu-satunya jalan untuk bertahan hidup adalah dengan berhemat. Segala sesuatu yang ada hubungannya dengan uang harus dihitung sejeli mungkin. Salah sedikit saja bisa-bisa harus ninggal ktp di warung makan karena tak mampu bayar.

Salah satu sektor yang harus dihemat adalah pengeluaran untuk BBM. Bukan…bukan BBM yang dulu sangat famous dengan update status dan suara “ting-tung ting-tung” itu. Tapi BBM untuk kendaraan yang biasa kamu gunakan wira-wiri ke sekolah, kampus ataupun antar jemput gebetan.

Iya sih motor ataupun mobil kebanyakan sekarang sudah didesain ramah lingkungan dan irit BBM. Tapi kan kalau satu liter bisa bertahan satu minggu kan lumayan. Anggaran buat BBM bisa dialihkan untuk sektor lain. Seperti banyak sodaqoh biar pahalanya makin banyak.

Dan setelah melalui sejumlah penelitian bertahun-tahun, akhirnya tim otomotif Hitsbanget.com berhasil merumuskan beberapa tips untuk menghemat BBM.

  1. Perbanyak nebeng teman

images: catatanmini.com

Bersihkan dulu kendaraan kamu lalu simpan rapi. Setelah itu tinggal hubungi saja teman kamu yang punya tujuan searah. Jangan pernah malu untuk bilang,”aku nebeng yoo”. Rasa malu hanya akan membuat rencana penghematanmu sia-sia. Dengan metode ini dijamin BBM kamu akan awet lama banget. Kecuali ada temanmu yang diam-diam mencurinya dari tangki. Kalau terjadi hal demikian anggap saja itu sodaqoh.

2. Matikan mesin di turunan

images: kompas.com

Cara ini direkomendasikan untuk sepeda motor. Saat menemukan jalan menurun langsung saja matikan mesin motor kamu. Eh tapi kan jadi boros kanvas rem? Mas…mbak tolong dibaca judul artikelnya! Ini cara untuk menghemat BBM, bukan menghemat kanvas rem. Namun cara ini tidak direkomendasikan untuk pengguna mobil karena sistemnya berbeda. Kecuali kamu terampil menggunakan rem parkir maka silahkan saja dicoba. Resiko tanggung sendiri yaa.

3. Dorong saat jalan menanjak

images: klimg.com

Saat jalan menanjak, tenaga yang dibutuhkan mesin jelas lebih besar. Karena itu secara otomatis konsumsi BBM juga semakin besar. Untuk menghematnya kamu tinggal matikan mesin lalu dorong sampai ke atas. Selain menghemat BBM, kalori dalam tubuh kamu juga akan ikut terbakar. Jadi tak perlu susah-susah nge gym. Anggap saja kamu sedang latihan fisik.

4. Naik kendaraan umum

images: http://cdn2.tstatic.net

Selain menghemat BBM, kamu juga turut serta mengurangi angka kemacetan akibat melonjaknya jumlah kendaraan pribadi di jalanan. Iya sih kamu jadinya harus keluar ongkos ekstra untuk bayar bis atau angkot. Cuma ya kembali lagi, BBM kendaraan kamu tetap utuh kan???

5. Jalan kaki atau naik sepeda

images: beritajatim.com

Kalau tujuanmu dekat, tak perlu lah naik motor. Cukup dengan berjalan kaki saja. Toh orang jaman dulu mampu berjalan kaki puluhan kilometer sehari. Bahkan di desa-desa terpencil sana masih banyak orang yang sudah lanjut usia mampu berjalan jauh untuk pergi ke sawah ataupun pasar. Masak kamu yang masih muda gak bisa? Kalau jalan kaki tidak sanggup, ya kamu tinggal naik sepeda. Badan sehat dan bisa menghemat.

Jadi mau pilih yang mana nih gaes and girls? Kalau gak ada yang dipilih ya tidak apa-apa. Sebab artikel diatas bukanlah soal pilihan ganda yang harus dipilih satu jawaban yang paling benar.

 

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.