Bola, Olahraga

Mohamed Salah dan Torehan Rekor yang Dibuatnya Musim Ini

images: http://www.squawka.com

Memang tidak salah Liverpool merekrut Mohammed Salah musim ini. Pemain yang didatangkan dari AS Roma dengan mahar senilai “hanya” 42 juta euro ini tampil brilian sepanjang musim ini dengan torehan 32 gol di Liga Inggris. Dengan penampilannya yang luar biasa selama musim ini, ia telah membuat rekor baru.

Sejak Liga Inggris dimainkan dalam 38 pertandingan, Salah mampu menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak 32 gol dalam satu musim. Itu berarti saat ini pemain asal Mesir tersebut telah melampaui rekor yang dibuat oleh Alan Shearer (1995-1996), Cristiano Ronaldo (2007-2008) dan Luis Suarez (2013-2014) yang mencetak 31 gol.

Satu golnya ke gawang Brighton di laga terakhir Liga Inggris tadi malam memastikan langkahnya menjadi top skor Liga Inggris musim ini karena Kane hanya mampu mencetak 2 gol ke gawang Leicester City. Itu berarti perolehan gol Kane hanya 30 gol. Kegagalan itu membuat Kane tidak bisa mempertahankan predikat yang diperolehnya musim lalu.

images: www.thisisanfield.com

Penghargaan sebagai top skor Liga Inggris tersebut melengkapi beberapa penghargaan yang telah diterima Salah musim ini. Seperti pemain terbaik Liverpool versi pemain dan fans, PFA player of the year, dan pemain terbaik Liga Inggris versi jurnalis. Selain itu Salah juga mengukir rekor sebagai player of the month Liverpool sebanyak 7 kali dalam musim ini.

Berkat penampilan apik Salah, Liverpool berhasil memastikan satu tempat di Liga Champions musim depan karena finish di peringkat 4 klasemen akhir. Sementara itu wakil Inggris lainnya adalah Man City, Man United dan Tottenham Hotspurs.

Sedangkan untuk Europa League, Inggris akan diwakili oleh duo London, Chelsea dan Arsenal serta Burnley yang melalui fase kualifikasi. Kesuksesan Liverpool menembus Liga Champions musim depan adalah kedua kalinya secara berturut-turut di era Klopp.

images: cloudfront.net

Musim ini bisa jadi merupakan musim terbaik Salah sepanjang karirnya. Di timnas Mesir ia sukses membawa negeri piramida itu melenggang ke piala dunia. Kesuksesan itu tentunya akan semakin lengkap jika Salah mampu membawa Liverpool juara Liga Champions pada final yang akan dihelat di Kiev tanggal 26 Mei mendatang.

Dengan torehan 8 gol di Liga Champions musim ini dan catatan Liverpool sebagai tim paling produktif sepanjang sejarah dalam satu musim di Liga Champions, juara bertahan 2 musim Real Madrid patut waspada. Lengah sedikit saja maka the reds akan membawa pulang trofi Liga Champions ke enam mereka.

Comments

comments