Connect with us

Karir

Masih Muda Ingin Mencoba Terjun ke Dunia Politik ? Begini Tipsnya

Published

on

Dunia politik memang terbuka untuk siapa saja asalkan memenuhi syarat. Tak terkecuali bagi mereka yang berusia relatif muda, karena memang syarat untuk mencalonkan diri menjadi anggota legislatif (anggota DPR) adalah berusia minimal 21 tahun. Lalu apakah masuk ke dunia politik itu gampang ? bagaimana caranya agar bisa masuk ke dunia politik ? Untuk kamu yang masih relatif muda, hal-hal berikut harus kamu perhatikan sebelum benar-benar mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

  1. Mempunyai kemampuan public speaking yang baik.

    https://orgsync.com

    Sebelum benar-benar mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif, hendaknya kamu belajar mengasah kemampuan public speaking atau berbicara dihadapan banyak orang. Karena mau tidak mau, ketika masa kampanye sudah tiba, kamu akan dituntut untuk berbicara dihadapan banyak orang guna mempromosikan dirimu. Seperti halnya pedagang, jika ia pandai merayu, maka dagangannya akan laris.

  2. Pengalamanmu berorganisasi akan sangat penting.

    img: smansara.com

    Jikalau dulu semasa sekolah kamu adalah anggota OSIS atau organisasi yang lain, maka itu merupakan bekal yang cukup penting untuk membawa diri kamu menjadi seorang pemimpin/ wakil rakyat yang hebat. Karena kamu tidak perlu lagi canggung untuk berbicara dihadapan banyak orang, tidak kaget lagi dengan segudang admistrasi, tidak bingung lagi bagaimana caranya menjalin kerjasama, dll.

  3. Sering berperan dalam kegiatan masyarakat.

    https://news.okezone.com

    Untuk mengambil hati masyarakat luas tentu salah satu caranya adalah dengan terjun langsung di masyarakat dan melihat permasalahan apa yang terjadi di sana. Jangan lupa untuk bersikap selalu santun dan ramah, serta sering menjalin silaturahmi. Dengan kapandaian kamu mengambil hati ini, maka tak menutup kemungkinan jika ketika masa pemilihan tiba, kamu akan terpilih menjadi anggota legistatif.

  4. Luaskan jaringan untuk menarik massa.

    http://matasulsel.com

    Agar terpilih menjadi anggota legistatif, tentunya kamu membutuhkan massa yang banyak. Untuk itu, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk menjalankan program tertentu dalam masa kampanye ataupun mengikuti berbagai komunitas agar memperluas jaringan juga perlu dilakukan agar semakin banyak yang mengenalmu.

  5. Desain promosi yang menarik.

    https://www.merdeka.com

    Ketika masa kampanye tiba, hal yang tak boleh terlewatkan adalah menyebar spanduk, pamflet, dan sejenisnya. Untuk urusan ini, kamu harus bisa mencuri perhatian masyarakat dengan desain yang menarik, kata-kata yang unik dan mudah diingat serta beda dari yang lain. Karena bisa jadi masyarakat yang tak mengenal kamu secara langsung malah akan memilihmu sebagai anggota legislatif karena melihat desain  promosimu yang menarik.

  6. Untuk tahun pertama, sebaiknya masuk di komunitas untuk sekedar mengenal dan mempelajari terlebih dahulu.

    https://geotimes.co.id

    Jikalau takut ‘kaget’ dalam mengikuti pesta demokrasi, hendaknya untuk tahun pertama terjun dalam dunia politik jangan langsung mencalonkan diri terlebih dahulu namun sebaiknya masuk dulu sebagai kader partai atau posisi ‘lebih ringan’ yang lain. Hal ini cukup penting mengingat kamu perlu mengenal lebih dalam dulu sebelum benar-benar mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Jika nanti sudah dirasa cukup mengenal dan paham akan ‘celah-celah’ atau peluang, maka kamu bisa dengan mantap mencalonkan diri.

  7. Uang bukanlah segalanya, namun segalanya butuh uang.

    https://geotimes.co.id/

    Tak bisa dipungkiri jika pada proses mencalonkan diri sebagai anggota legislatif ini perlu dana yang tidak sedikit, bisa berjuta-juta bahkan bermilyar-milyar. Uang disini akan banyak dikeluarkan untuk keperluan kampanye seperti mencetak media promosi, mengadakan sosialisasi, mendanai tim sukses, dll. Jadi, selain hal-hal yang bersifat ‘skill’ di atas, persiapkan juga dana yang tidak sedikit.

 

Komentar
Continue Reading

Karir

Resmi Dibuka 11 November 2019! Inilah Daftar Formasi Lengkap Rekruitmen CPNS 2019

Published

on

By

Setelah sempat mundur karena adanya pergantian menteri di Kementerian PAN-RB, akhirnya jadwal penerimaan CPNS 2019 secara resmi telah ditetapkan akan dibuka mulai tanggal 11 November 2019 mendatang. Pengumuman itu disampaikan oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo lewat Pengumuman No: B/1069 /M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah.

Sama seperti pada rekrutmen tahun sebelumnya, pendaftaran rekrutmen CPNS tahun ini juga dilakukan pada website SSCASN BKN (sscasn.bkn.go.id). Satu orang pelamar hanya boleh mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian/lembaga/pemda. Jadi tidak ada ceritanya seorang pelamar akan diterima di dua instansi sekaligus.

Selain akan membingungkan, hal tersebut juga berpotensi menimbulkan iri hati dan dengki bagi mereka yang tidak lolos. Sehingga panitia menetapkan bahwa satu pelamar hanya bisa mengisi satu formasi jabatan dan satu instansi saja sebagai tempat yang dituju untuk menggantungkan masa depannya.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada rekrutmen CPNS 2019 juga tetap akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang telah terbukti menekan angka kecurangan dan percaloan. Rencananya, SKD akan dilakukan pada Februari 2020 dan dilanjutkan dengan Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) pada Maret 2020.

Kamu yang gagal di CPNS 2018 masih ingat kan bagaimana membingungkannya soal-soal di test ini??? Semoga tim pembuat soalnya tak seperti tahun lalu yaa..

Dilansir dari detik.com (28/10/2019), berikut susunan lengkap formasi CPNS 2019. Selamat memilah dan memilih. Semoga tepat dan akurat.

Komentar
Continue Reading

Karir

Efek Pergantian Menteri, Pengumuman Pendaftaran Seleksi CPNS 2019 Mundur

Published

on

By

Sobat pencari kerja idaman calon mertua dimanapun kalian berada, ada baiknya bagi kalian untuk beli stok kesabaran di toko terdekat. Pengumuman pendaftaran seleksi CPNS 2019 yang seharusnya dilakukan hari ini batal terlaksana.

Hal itu merupakan efek dari adanya pergantian menteri di Kementerian PAN-RB. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan mengatakan pengumuman seleksi kemungkinan diundur.

“Nampaknya begitu. Belum ada pengumuman dari Pak Menpan RB,” kata Ridwan yang dilansir dari detik.com (25/06/2019).

Meskipun demikian, Ridwan juga menyampaikan bahwa Bulan Oktober ini masih ada satu minggu lagi. Jadi kalaupun mundur, pengumuman pendaftaran seleksi CPNS 2019 ada kemungkinan masih tetap di bulan Oktober. Panitia seleksi tampaknya perlu koordinasi terlebih dahulu dengan MenPAN-RB yang baru.

Kejadian semacam ini juga terjadi dalam seleksi CPNS 2018 lalu. Adanya pergantian menteri di Kementerian PAN-RB membuat jadwal penerimaan CPNS 2018 diundur. Walaupun begitu, dengan segala suka dukanya, seleksi CPNS 2018 akhirnya dapat terlaksana juga dengan menyisakan kalian yang belum berhasil dan masih menabur harap di seleksi tahun ini.

Mau diundur satu hari, satu minggu, ataupun satu bulan, sebenarnya hal itu bukan suatu penghalang. Anggap saja itu sebagai ujian pertama dalam seleksi CPNS tahun ini. Ya itu, ujian kesabaran. Lagian sebelum ujian tertulis dimulai, ujian kesabaran kalian masih akan terus berlanjut dengan susahnya login ke situs BKN.

Tapi tentunya kita semua berharap hal seperti itu tak terulang lagi tahun ini. Ketikkan amin di kolom komentar…..

Komentar
Continue Reading

Karir

Pendaftaran Dibuka 25 Oktober, Waktu Pelaksanaan Tes CPNS 2019 Masih Belum Pasti

Published

on

By

Kabar gembira datang bagi para pencari kerja. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tak lama lagi akan segera dibuka. Ini akan menjadi seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) kedua tahun ini setelah sebelumnya diselenggarakan tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap I pada 23-24 Februari kemarin.

Berita ini jelas menjadi kabar yang menyejukkan, khususnya buat kamu yang tahun kemarin gagal lolos dalam seleksi CPNS 2018. Penantian dan kesabaranmu tak lama lagi akan terbayar.

Hanya saja, mengenai waktu pelaksanaan tesnya sampai saat ini masih belum bisa dipastikan. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dirinya masih harus membicarakan itu bersama pihak terkait lainnya.

Walaupun demikian, beliau juga menyatakan bahwa hal ini sama sekali tak terkait dengan proses pelantikan presiden pada tanggal 20 Oktober mendatang. Menteri baru dan program perekrutan ini tidak saling terkait lantaran sudah menjadi program pemerintah.

Sementara itu MenPAN-RB Syafruddin  menginformasikan bahwa penerimaan CPNS 2019 bakal menerima kurang lebih 100 ribu formasi. Dari 100 ribu formasi tersebut, kebanyakan merupakan tenaga pendidikan dan kesehatan.

Daripada penasaran dengan waktu pelaksanaan tes, ada baiknya waktu yang ada kamu gunakan untuk mempersiapkan segala administrasi yang diperlukan untuk pendaftaran nanti. Jadi tidak kebingungan saat mengisi form pendaftaran.

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu berlatih soal ujian CPNS. Soal-soal semacam itu bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko-toko buku ataupun internet. Banyak berlatih akan membuat kemungkinanmu untuk lolos seleksi semakin besar.

Komentar
Continue Reading

Trending