Connect with us

Karir

Masih Muda Ingin Mencoba Terjun ke Dunia Politik ? Begini Tipsnya

Published

on

Dunia politik memang terbuka untuk siapa saja asalkan memenuhi syarat. Tak terkecuali bagi mereka yang berusia relatif muda, karena memang syarat untuk mencalonkan diri menjadi anggota legislatif (anggota DPR) adalah berusia minimal 21 tahun. Lalu apakah masuk ke dunia politik itu gampang ? bagaimana caranya agar bisa masuk ke dunia politik ? Untuk kamu yang masih relatif muda, hal-hal berikut harus kamu perhatikan sebelum benar-benar mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

  1. Mempunyai kemampuan public speaking yang baik.

    https://orgsync.com

    Sebelum benar-benar mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif, hendaknya kamu belajar mengasah kemampuan public speaking atau berbicara dihadapan banyak orang. Karena mau tidak mau, ketika masa kampanye sudah tiba, kamu akan dituntut untuk berbicara dihadapan banyak orang guna mempromosikan dirimu. Seperti halnya pedagang, jika ia pandai merayu, maka dagangannya akan laris.

  2. Pengalamanmu berorganisasi akan sangat penting.

    img: smansara.com

    Jikalau dulu semasa sekolah kamu adalah anggota OSIS atau organisasi yang lain, maka itu merupakan bekal yang cukup penting untuk membawa diri kamu menjadi seorang pemimpin/ wakil rakyat yang hebat. Karena kamu tidak perlu lagi canggung untuk berbicara dihadapan banyak orang, tidak kaget lagi dengan segudang admistrasi, tidak bingung lagi bagaimana caranya menjalin kerjasama, dll.

  3. Sering berperan dalam kegiatan masyarakat.

    https://news.okezone.com

    Untuk mengambil hati masyarakat luas tentu salah satu caranya adalah dengan terjun langsung di masyarakat dan melihat permasalahan apa yang terjadi di sana. Jangan lupa untuk bersikap selalu santun dan ramah, serta sering menjalin silaturahmi. Dengan kapandaian kamu mengambil hati ini, maka tak menutup kemungkinan jika ketika masa pemilihan tiba, kamu akan terpilih menjadi anggota legistatif.

  4. Luaskan jaringan untuk menarik massa.

    http://matasulsel.com

    Agar terpilih menjadi anggota legistatif, tentunya kamu membutuhkan massa yang banyak. Untuk itu, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk menjalankan program tertentu dalam masa kampanye ataupun mengikuti berbagai komunitas agar memperluas jaringan juga perlu dilakukan agar semakin banyak yang mengenalmu.

  5. Desain promosi yang menarik.

    https://www.merdeka.com

    Ketika masa kampanye tiba, hal yang tak boleh terlewatkan adalah menyebar spanduk, pamflet, dan sejenisnya. Untuk urusan ini, kamu harus bisa mencuri perhatian masyarakat dengan desain yang menarik, kata-kata yang unik dan mudah diingat serta beda dari yang lain. Karena bisa jadi masyarakat yang tak mengenal kamu secara langsung malah akan memilihmu sebagai anggota legislatif karena melihat desain  promosimu yang menarik.

  6. Untuk tahun pertama, sebaiknya masuk di komunitas untuk sekedar mengenal dan mempelajari terlebih dahulu.

    https://geotimes.co.id

    Jikalau takut ‘kaget’ dalam mengikuti pesta demokrasi, hendaknya untuk tahun pertama terjun dalam dunia politik jangan langsung mencalonkan diri terlebih dahulu namun sebaiknya masuk dulu sebagai kader partai atau posisi ‘lebih ringan’ yang lain. Hal ini cukup penting mengingat kamu perlu mengenal lebih dalam dulu sebelum benar-benar mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Jika nanti sudah dirasa cukup mengenal dan paham akan ‘celah-celah’ atau peluang, maka kamu bisa dengan mantap mencalonkan diri.

  7. Uang bukanlah segalanya, namun segalanya butuh uang.

    https://geotimes.co.id/

    Tak bisa dipungkiri jika pada proses mencalonkan diri sebagai anggota legislatif ini perlu dana yang tidak sedikit, bisa berjuta-juta bahkan bermilyar-milyar. Uang disini akan banyak dikeluarkan untuk keperluan kampanye seperti mencetak media promosi, mengadakan sosialisasi, mendanai tim sukses, dll. Jadi, selain hal-hal yang bersifat ‘skill’ di atas, persiapkan juga dana yang tidak sedikit.

 

Komentar
Continue Reading

Karir

Pernah Diminta Menggambar Pohon Ketika Psikotest ? Ini Dia Triknya

Published

on

Jika kamu pernah mengikuti psikotest/ test IQ/ atau tes CPNS pasti sudah tak asing dengan perintah menggambar sebuah pohon. Kira-kira apa maksudnya ya ? Nah ternyata tes menggambar pohon atau tes BAUM bertujuan untuk menilai karakter seseorang dengan cara menganalisis gambar yang dibuat peserta tes. Si pencipta test, Emil Jucker memilih pohon sebagai objek gambar dengan alasan pohon selalu tumbuh dan berkembang. Serta hasil penelitian menunjukkan bahwa pohon memiliki makna penting bagi manusia dan pohon dianggap mewakili manusia. 

Ketika psikotest akan dimulai, petugas akan membagikan kertas HVS putih dan kamu diberi kebebasan dalam menggambar pohon. Hasilnya gambarmu nanti akan dianalisis dan bisa dijadikan acuan untuk menilai karakter dan kepribadianmu.

Nah agar nantinya hasil testmu memuaskan, berikut beberapa point rahasia yang harus kamu perhatikan

  1. Pilihlah gambar pohon yang memiliki daun yang rindang, mempunyai kayu, ranting dan cabang, dan akan lebih bagus apabila kamu melengkapinya dengan bunga, buah, hingga akar.
  2. Pilihlah gambar pohon yang berkambium seperti pohon mangga, durian, jambu, atau pohon rambutan.
  3. Jangan menggambar pohon yang tidak berkambium dan tidak sempurna sesuai dengan poin nomor dua. Pohon-pohon yang perlu dihindari yaitu pohon bambu, pohon pisang, pohon pepaya, pohon cemara, pohon kelapa, pohon beringin atau pohon yang tidak berkambium lainnya.
  4. Berusahalah untuk menggambar dengan tidak terlalu banyak dihapus, hal ini akan menjadi penilaian oleh pihak HRD, karena hasil gambar yang rapi dan tidak terlalu banyak koreksi menunjukkan kamu sebagi pribadi yang tegas dengan karakter psikologi yang kuat dan stabil.
  5. Jangan terlalu kreatif dalam tahap menggambar pohon ini, apa maksudnya? yaitu menggambarlah tepat di tengah kertas yang kosong, jangan menggambar pada bagian pojok kanan atas, pojok kanan bawah, pojok kiri atas, ataupun pojok kiri bawah.
  6. Berilah judul sesuai dengan gambar pohon yang telah kamu buat, sehingga hal ini akan mempermudah penyeleksi menerjemahkan maksud gambar pohon yang kamu buat.

Agar lebih jelas, berikut contoh cara menggambar pohon yang tepat

 

Komentar
Continue Reading

Karir

Beberapa Alternatif Pekerjaan Freelance Sembari Menunggu Panggilan Kerja. Anak Fresh Graduate Wajib Tau Nih!

Published

on

Setelah lulus kuliah mau ngapain? Mungkin itu adalah salah satu pertanyaan yang sudah ditanyakan sebanyak 3456 kali kepada kamu yang hampir lulus kuliah. Memang benar, dengan wisuda kamu akan bebas dari cengkeraman dosen pembimbing skripsi namun disisi lain kamu juga akan memulai babak baru yaitu seorang Job Seeker atau pencari kerja. Sembari menunggu panggilan kerja tentunya akan lebih baik jika kamu mencoba pekerjaan freelance untuk mengisi waktu. Berikut berbagai pekerjaan freelance yang bisa kamu coba!

  1. Driver online. Dengan adanya aplikasi ojek/ taksi online kini profesi supir/ tukang ojek tak lagi dipandang sebelah mata. Bahkan banyak generasi muda yang mempunyai waktu luang mulai menjajal profesi ini dan ternyata hasilnya cukup menggiurkan lho! Tak heran sekarang profesi driver online termasuk yang paling banyak diincar kaum pengangguran. Kamu berminat ?

    genmuda.com

  2. Pemandu wisata. Jika kamu mempunyai kemampuan berbicara yang cukup baik dan berwawasan luas tentang kepariwisataan, tak ada salahnya lho mengisi waktu luangmu dengan menjadi seorang guide! Piknik tapi digaji, siapa yang bisa nolak coba?

    source: see antalya

  3. Guru les privat. Apapun jurusan kuliahnya, jika sekedar mengajar privat anak SD pasti bisa kan? Coba kalau sehari 3 siswa, kalau seminggu full bisa 21 siswa dikalikan Rp 30.000 setiap anak, seminggu Rp 630.000. Sebulan bisa Rp 1.890.000! Banyak juga ya?

    sejasa.com

  4. Fotografer/ videografer. Daripada punya kamera tapi dianggurin, lebih baik dimanfaatkan untuk mencari rezeki. Semisal foto acara ulang tahun, hajatan, atau bahkan pre wedding. Agar job mu semakin bertambah banyak, sering-seringlah ikut meet up komunitas fotografi. Selain bertambah kenalan, tentunya ilmu seputar fotografimu semakin bertambah.

    jawaban.com

  5. Berjualan online. Pekerjaan ini adalah yang paling simpel, karena kamu hanya bermodalkan smartphone dan paket internet. Sekarang ini berjualan online ada banyak sekali macamnya, kamu bisa berjualan lewat media sosial ataupun melalui marketplace seperti bukalapak, tokopedia, dll. Tanpa modal besar, tidak repot mengirimkan paket & menghasilkan uang. Kamu mau?
  6. Penulis. Jika kamu memiliki talenta dalam menulis, jangan sia-siakan begitu saja karena itu salah satu lahan rezeki! Karena ternyata penulis lepas adalah salah satu profesi yang paling banyak dicari lho. Untuk info lowongan pekerjaan yang satu ini kamu bisa cari lowongan lewat internet, salah satunya lewat forum jual beli online dan forum menulis disana akan ada banyak lowongan untukmu.
Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.