Connect with us

Karir

Masih Muda Ingin Mencoba Terjun ke Dunia Politik ? Begini Tipsnya

Published

on

Dunia politik memang terbuka untuk siapa saja asalkan memenuhi syarat. Tak terkecuali bagi mereka yang berusia relatif muda, karena memang syarat untuk mencalonkan diri menjadi anggota legislatif (anggota DPR) adalah berusia minimal 21 tahun. Lalu apakah masuk ke dunia politik itu gampang ? bagaimana caranya agar bisa masuk ke dunia politik ? Untuk kamu yang masih relatif muda, hal-hal berikut harus kamu perhatikan sebelum benar-benar mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

  1. Mempunyai kemampuan public speaking yang baik.

    https://orgsync.com

    Sebelum benar-benar mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif, hendaknya kamu belajar mengasah kemampuan public speaking atau berbicara dihadapan banyak orang. Karena mau tidak mau, ketika masa kampanye sudah tiba, kamu akan dituntut untuk berbicara dihadapan banyak orang guna mempromosikan dirimu. Seperti halnya pedagang, jika ia pandai merayu, maka dagangannya akan laris.

  2. Pengalamanmu berorganisasi akan sangat penting.

    img: smansara.com

    Jikalau dulu semasa sekolah kamu adalah anggota OSIS atau organisasi yang lain, maka itu merupakan bekal yang cukup penting untuk membawa diri kamu menjadi seorang pemimpin/ wakil rakyat yang hebat. Karena kamu tidak perlu lagi canggung untuk berbicara dihadapan banyak orang, tidak kaget lagi dengan segudang admistrasi, tidak bingung lagi bagaimana caranya menjalin kerjasama, dll.

  3. Sering berperan dalam kegiatan masyarakat.

    https://news.okezone.com

    Untuk mengambil hati masyarakat luas tentu salah satu caranya adalah dengan terjun langsung di masyarakat dan melihat permasalahan apa yang terjadi di sana. Jangan lupa untuk bersikap selalu santun dan ramah, serta sering menjalin silaturahmi. Dengan kapandaian kamu mengambil hati ini, maka tak menutup kemungkinan jika ketika masa pemilihan tiba, kamu akan terpilih menjadi anggota legistatif.

  4. Luaskan jaringan untuk menarik massa.

    http://matasulsel.com

    Agar terpilih menjadi anggota legistatif, tentunya kamu membutuhkan massa yang banyak. Untuk itu, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk menjalankan program tertentu dalam masa kampanye ataupun mengikuti berbagai komunitas agar memperluas jaringan juga perlu dilakukan agar semakin banyak yang mengenalmu.

  5. Desain promosi yang menarik.

    https://www.merdeka.com

    Ketika masa kampanye tiba, hal yang tak boleh terlewatkan adalah menyebar spanduk, pamflet, dan sejenisnya. Untuk urusan ini, kamu harus bisa mencuri perhatian masyarakat dengan desain yang menarik, kata-kata yang unik dan mudah diingat serta beda dari yang lain. Karena bisa jadi masyarakat yang tak mengenal kamu secara langsung malah akan memilihmu sebagai anggota legislatif karena melihat desain  promosimu yang menarik.

  6. Untuk tahun pertama, sebaiknya masuk di komunitas untuk sekedar mengenal dan mempelajari terlebih dahulu.

    https://geotimes.co.id

    Jikalau takut ‘kaget’ dalam mengikuti pesta demokrasi, hendaknya untuk tahun pertama terjun dalam dunia politik jangan langsung mencalonkan diri terlebih dahulu namun sebaiknya masuk dulu sebagai kader partai atau posisi ‘lebih ringan’ yang lain. Hal ini cukup penting mengingat kamu perlu mengenal lebih dalam dulu sebelum benar-benar mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Jika nanti sudah dirasa cukup mengenal dan paham akan ‘celah-celah’ atau peluang, maka kamu bisa dengan mantap mencalonkan diri.

  7. Uang bukanlah segalanya, namun segalanya butuh uang.

    https://geotimes.co.id/

    Tak bisa dipungkiri jika pada proses mencalonkan diri sebagai anggota legislatif ini perlu dana yang tidak sedikit, bisa berjuta-juta bahkan bermilyar-milyar. Uang disini akan banyak dikeluarkan untuk keperluan kampanye seperti mencetak media promosi, mengadakan sosialisasi, mendanai tim sukses, dll. Jadi, selain hal-hal yang bersifat ‘skill’ di atas, persiapkan juga dana yang tidak sedikit.

 

Komentar
Continue Reading

Karir

Mengintip Gaji Staff Khusus Presiden Joko Widodo

Published

on

By

Beberapa hari yang lalu Presiden Joko Widodo telah menunjuk 14 orang yang terpilih sebagai anggota Staff Khusus (Stafsus) Kepresidenan. Dari nama-nama yang disebutkan, hampir setengahnya tergolong dalam generasi milenial.

Mereka adalah Adamas Belva Syah Devara (29) – Founder dan CEO Ruang Guru, Putri Tanjung (23) – Founder dan CEO Creativepreneur, Andi Taufan Garuda Putra (32) – Founder dan CEO Amartha, Ayu Kartika Dewi (36) – Pendiri Gerakan Sabang Merauke, Gracia Billy Mambrasar (31) – Pendiri Yayasan Kitong Bisa, Duta Pembangunan Berkelanjutan Indonesia, Angkie Yudistia (32) – Pendiri Thisable Enterprise, dan Aminuddin Maruf (33) – Mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Indonesia (PMII).

Nantinya, orang-orang inilah yang akan membantu tugas-tugas tertentu dari Presiden Republik Indonesia. Lantas berapa gaji yang akan mereka terima?

Gaji staf khusus presiden sendiri diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 144 Tahun 2015. Dalam aturan itu diatur besaran hak keuangan untuk staf khusus, wakil sekretaris pribadi presiden, asisten, dan pembantu asisten.

Untuk staf khusus presiden sendiri hak keuangan yang diterima mencapai Rp 51 juta. Hak keuangan sendiri terdiri dari gaji dasar, tunjangan kinerja, dan pajak penghasilan. Besaran gaji yang cukup amazing untuk ukuran generasi milenial.

Dalam kesehariannya, para anggota Stafsus ini diperbolehkan untuk memiliki 5 orang asisten yang akan membantu pelaksanaan tugasnya. Sedangkan tiap-tiap asisten sendiri diperbolehkan memiliki dua orang pembantu asisten.

Meski dari golongan milenial, karir mereka terbilang cukup mentereng. Di usia yang masih tergolong muda, rata-rata mereka telah memiliki perusahaan di bidang teknologi. Kini karir mereka akan semakin cemerlang karena sudah berada di lingkungan istana sebagai staff khususnya Presiden Republik Indonesia.

 

Komentar
Continue Reading

Karir

Dianggap Ilegal, Situs Penyedia Jasa Investasi Binomo Diblokir Pemerintah

Published

on

By

Jutaan orang saat ini tidak tahu bahwa Binomo itu ilegal. Pemerintah baru saja memblokir situs penyedia jasa investasi Binomo. Alasannya adalah karena Binomo belum memiliki izin usaha sebagai pialang berjangka.

Beberapa waktu belakangan ini iklan Binomo ramai diperrbincangkan di dunia maya. Apalagi di kanal Youtube, setiap kali membuka video yang sedang trending, selalu saja muncul wajah si “Budi Binomo”.

“Jutaan orang bahkan tak menyadari bahwa mereka bisa menghasilkan US$ 1.000 sehari tanpa meninggalkan rumah. Dan Anda adalah salah satu dari mereka,” ucap Budi dalam video.

Pria yang disebutkan bernama Budi Setiawan itu lantas mengajak orang untuk bergabung dengan Binomo. Cukup beberapa jam dalam sehari, maka uang 1000 dollar akan mengalir ke rekening pribadi. Indah betul hidup si Budi….

Sayangnya, pemerintah melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menyatakan bahwa Binomo belum legal di Indonesia. Kepala Bappebti Tjahya Widayanti menyatakan bahwa Binomo melanggar Pasal 31 ayat (1) UU No 32 Tahun 1997. Tjahya menegaskan meskipun Binomo mengklaim menjadi anggota kategori ‘A’ di salah satu institusi keuangan internasional, Binomo tetap dinilai ilegal.

Bisa dibilang, Binomo belum memiliki izin usaha secara resmi di Indonesia. Bappebti juga telah melakukan pemblokiran pada dua website Binomo yaitu binomo.com dan binomo.net. Pemblokiran tersebut bahkan telah dilakukan sejak 8 Oktober 2019.

Ahh…hilang sudah kesempatan untuk ongkang-ongkang sambil nyruput kopi lalu dapat uang 1000 dollar per hari.

Komentar
Continue Reading

Karir

Resmi Dibuka 11 November 2019! Inilah Daftar Formasi Lengkap Rekruitmen CPNS 2019

Published

on

By

Setelah sempat mundur karena adanya pergantian menteri di Kementerian PAN-RB, akhirnya jadwal penerimaan CPNS 2019 secara resmi telah ditetapkan akan dibuka mulai tanggal 11 November 2019 mendatang. Pengumuman itu disampaikan oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo lewat Pengumuman No: B/1069 /M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah.

Sama seperti pada rekrutmen tahun sebelumnya, pendaftaran rekrutmen CPNS tahun ini juga dilakukan pada website SSCASN BKN (sscasn.bkn.go.id). Satu orang pelamar hanya boleh mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian/lembaga/pemda. Jadi tidak ada ceritanya seorang pelamar akan diterima di dua instansi sekaligus.

Selain akan membingungkan, hal tersebut juga berpotensi menimbulkan iri hati dan dengki bagi mereka yang tidak lolos. Sehingga panitia menetapkan bahwa satu pelamar hanya bisa mengisi satu formasi jabatan dan satu instansi saja sebagai tempat yang dituju untuk menggantungkan masa depannya.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada rekrutmen CPNS 2019 juga tetap akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang telah terbukti menekan angka kecurangan dan percaloan. Rencananya, SKD akan dilakukan pada Februari 2020 dan dilanjutkan dengan Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) pada Maret 2020.

Kamu yang gagal di CPNS 2018 masih ingat kan bagaimana membingungkannya soal-soal di test ini??? Semoga tim pembuat soalnya tak seperti tahun lalu yaa..

Dilansir dari detik.com (28/10/2019), berikut susunan lengkap formasi CPNS 2019. Selamat memilah dan memilih. Semoga tepat dan akurat.

Komentar
Continue Reading

Trending