Kesehatan, Tips

Daging Sekitar Kuku Bengkak atau Cantengan? Inilah Sebab dan Cara Mengatasinya

cantengan bengkak jari kaki
img: vebma.com

Bengkak pada bagian daging samping kuku atau yang biasa disebut cantengan memang menyakitkan. Cantengan biasanya terjadi pada jempol kaki dan kadang baru terasa kalau sudah pegal, nyeri dan bernanah. Jangan abaikan kuku yang terkena cantengan, karena jika dibiarkan infeksinya bisa menyebar dan bisa menghambat aktifitas kamu sehari-hari.

Cantengan terjadi karena kuku menusuk dan melukai daging yang kemudian terinfeksi bakteri atau jamur. Luka yang disebabkan kuku bukan hanya karena benturan saja, tapi bisa karena selalu menerima tekanan sepatu, atau memang tumbuhnya kuku itu sendiri yang sedikit demi sedikit menusuk ke daging. Cantengan yang sudah parah akan berisi nanah dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bahkan tidak sedikit orang yang kesulitan berjalan jika cantengan yang dialami sudah parah.

Sebenarnya Cantengan atau pembengkakan pada pojokan jari bisa dicegah. Cara mencegahnya juga tidak terlalu sulit, yaitu hanya dengan menjaga kebersihan dan kerapian kuku kamu.

Selalu bersihkan sela-sela kuku kamu, jangan sampai ada kotoran di dalamnya. Selain mencegah cantengan, membersihkan kuku secara rutin juga bisa menjaga kaki agar tidak bau.

Menjaga kerapian kuku juga wajib dilakukan. Jangan sampai ada kuku yang masuk dan menusuk ke dalam daging karena jika dibiarkan akan terus menusuk dan melukai daging.

Untuk yang sudah terlanjur mengalami yang pembengkakan, bisa mengatasinya dengan cara berikut.

Rendam Kaki dengan Air Hangat dan Garam.

Garam akan membantu membunuh kuman yang ada di kaki, ditambah air hangat akan memberikan efek rileks. Garam juga dapat membantu mengurangi bau pada kaki.

Potong Kuku yang Menusuk Daging

Potong kuku yang masuk ke daging jari agar tidak memperparah infeksi. Pastikan alat yang digunakan untuk memotong kuku bersih, syukur-syukur dibersihkan dengan alkohol dulu agar steril.

Keluarkan Nanah

Jika cantengan yang kamu alami sudah parah dan berisi nanah, kamu bisa melukai sedikit bagian yang infeksi agar nanah keluar. Kalau yang ini pastikan alat yang kamu gunakan steril agar tidak memperparah keadaan. Setelah nanah keluar semua, jangan langsung menutup lukanya. Kamu bisa membersihkan bekas cantengan tadi dengan cairan rivanol dan kapas. Cara tersebut dalam istilah medis sering disebut dengan insisi dan drainase.

Beri Krim Antibiotik

Kamu juga bisa memberi krim antibiotik pada jari kamu yang mengalami infeksi. Kamu bisa membeli Gentamisin atau Klindamisin dan dioleskan ke bagian yang infeksi.

Itulah sedikit ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi cantengan. Walaupun tidak terlalu berbahaya, alangkah baiknya kita selalu mencegah agar tidak cantengan atau infeksi pada jari kaki.

Comments

comments