Otomotif, Tips

Ingin Ganti Ban Kendaraan? Pelajari Kode-Kode Pada Ban Berikut Agar Tidak Salah Pilih

Ban merupakan komponen yang sangat vital bagi sebuah kendaraan. Komponen yang satu ini sering terabaikan dari perawatan bahkan banyak orang yang baru mengganti ban saat benar-benar botak atau mengganti ban yang tidak sesuai spesifikasinya. Padahal jika dilihat dengan teliti , perancang ban sudah mencantumkan kode-kode spesifikasi bahkan tanda saat ban tersebut harus diganti.

Berikut adalah arti dari kode-kode yang ada di ban kendaraan.

Arti Kode Ban
img: youtube/otodriver

Angka 205 disini adalah ukuran lebar tapak ban dalam satuan milimeter. Sedangkan 45 adalah rasio tinggi sidewall atau tebal ban terhadap lebar tapak ban. Jadi kalau 205/45 berarti ban tersebut memiliki lebar 205 mm dan tebal atau tinggi sidewall sebesar 45% dari 205 yaitu 92,25 mm.

Huruf ZR pada ban ini menunjukkan bahwa ban ini adalah ban high performance yang mampu dipacu hingga lebih dari 240 km/jam. Namun jika ban yang kamu punya bukan tipe high performance, biasanya akan tertulis huruf R saja yang menandakan bahwa ban tersebut adalah tipe radial.

Angka 17 pada ban ini menunjukkan diameter ban dalam satuan inch. Yang berarti ban ini memiliki diameter 17 inch.

beban dan batas kecepatan ban
img: youtube/otodriver

Selanjutnya kode 88W dimana 88 adalah index beban maksimal yang mampu ditopang ban ini. 88 disini bukan berarti yang mampu ditopang ban ini hingga 88 kg, 88 disini adalah index atau kode yang berat dalam arti sesungguhnya sudah ditentukan yaitu 560 kg . Untuk lengkapnya bisa dilihat di tabel berikut.

arti kode ban
img: banbagus.com

Nah, untuk huruf W adalah kode kecepatan maksimal yang direkomendasikan untuk ban ini. Seperti kode 88 tadi, kode huruf W juga memiliki arti tersendiri dimana kode W menunjukkan kecepatan maksimal yang direkomendasikan adalah 270 km/jam. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di table berikut.

Arti Kode ban
img: banbagus.com
Arti Kode ban
img: youtube/otodriver

Selanjutnya adalah kode DOT. Tidak hanya di ban, kode DOT juga sering kita jumpai di barang-barang lain, seperti helm. DOT adalah singkatan dari Department of Transportation yaitu departemen transportasi di Amerika Serikat. Jadi, barang yang sudah ada kode DOT berarti sudah memenuhi standar dari departemen transportasi Amerika Serikat.

kode produksi ban
img: youtube/otodriver

Angka 4616 menunjukkan kapan ban ini diproduksi. 46 menunjukkan minggu ke 46, sedangkan 16 menunjukkan tahun 2016. Berarti ban ini diproduksi pada minggu ke 46 tahun 2016.

Arti Kode Ban
img: youtube/otodriver

Pernahkah kamu memperhatikan alur ban? Biasanya di dalam alur ban ada garis menonjol horizontal. Garis tersebut adalah TWI (Tread Wear Indicator) yang berfungsi sebagai penanda bahwa ban sudah harus diganti. Ban sebaiknya diganti setelah TWI menyentuh aspal yang menandakan alur ban tinggal sedalam 1,6 mm atau bahkan kurang. Tapi ada juga ban motor yang mengaplikasikan TWI berbentuk segitiga di tepi ban. Fungsinya juga tetap sama yaitu penanda saat waktunya ganti ban.

Nah, itu adalah arti dari kode pada ban kendaraan kamu. Untuk ban mobil dan motor pada dasarnya sama, mungkin nilai dan letaknya saja yang berbeda. Jangan sampai telat dan salah pilih spesifikasi ban, utamakan keselamatan di jalan.

Comments

comments