Kecantikan, Kesehatan

Lutut Kamu Hitam? Coba Cerahkan dengan Cara ini!

mencerahkan lutut menghitam
img: hellosehat.com

Memiliki kulit cerah dan mulus adalah idaman semua orang, terutama kaum hawa. Banyak wanita yang rela merogoh kantong dalam-dalam untuk melakukan perawatan demi mendapatkan kondisi kulit yang mereka idam-idamkan. Tak salah memang melakukan hal tersebut, toh yang melihat juga senang-senang saja.

Walaupun sudah melakukan perawatan, kadang tetap ada bagian tubuh kita yang ‘bandel’ sehingga harus dilakukan perlakuan khusus. Misalnya pada bagian siku, mata kaki, dan lutut. Untuk orang-orang aktif, bagian-bagian tersebut biasanya berwarna lebih gelap dari bagian lain, atau bahkan menghitam. Keadaan tersebut sudah lumrah terjadi, tapi untuk yang gemar memakai pakaian pendek pasti merasa risih.

Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan lutut berwarna gelap atau menghitam, diantaranya karena faktor usia, gesekan, faktor genetika, kulit kering, atau kurang menjaga kebersihan. Nah, untuk kamu yang bagian lututnya terlanjur berwarna gelap atau menghitam, beberapa cara ini bisa membantu mencerahkan kembali.

  • Menggunakan Lemon

Kamu bisa membelah lemon menjadi 2 bagian lalu menggosokkan secara merata di bagian lutut kamu. Lakukan treatment tersebut setiap malam sebelum tidur, lalu bilas keesokan harinya. Kandungan yang ada dalam lemon akan membantu mencerahkan kulit kamu secara bertahap. Cara ini untuk kamu yang tidak memiliki luka terbuka pada bagian lutut ya.

  • Menggunakan Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini memang banyak sekali manfaatnya. Selain umum digunakan untuk rambut, lidah buaya juga bagus untuk menutrisi dan melembabkan kulit. Untuk mencerahkan bagian lutut, kamu bisa mengupas lidah buaya dan mengusapkan secara merata pada bagian lutut, bisa juga sambil memijat ringan bagian lutut untuk relaksasi. Untuk kamu yang kesulitan mendapatkan tanaman ini, sekarang sudah banyak kok produk Aloe Vera dengan kandungan mencapai 92%, kamu bisa mendapatkan dengan mudah di online shop langganan kamu.

  • Menggunakan Baking Soda dan Susu

Baking soda yang sudah terkenal efektif mencerahkan warna kulit ditambah kandungan lactid acid yang ada dalam susu merupakan kombinasi yang ampuh untuk mencerahkan lutut kamu. Kamu bisa mencampur kedua bahan ini dan mengoleskan ke bagian lutut layaknya memakai masker. Bahan tersebut bisa diaplikasikan selama kurang lebih 5 menit kemudian dibilas dengan air hangat. Lutut kamu akan menjadi cerah jika perawatan ini kamu lakukan secara rutin.

  • Menggunakan Gula dan Minyak Zaitun

Selama ini gula pasir hanya dikenal sebagai bahan pemanis. Tapi sebenarnya gula pasir juga merupakan bahan yang dapat membantu proses peremajaan kulit. Kamu bisa mencampur gula pasir dengan minyak zaitun atau minyak kelapa dan menggosokkan ke bagian lutut layaknya menggunakan scrub. Scrub dari gula pasir ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit.

Comments

comments