Kesehatan, Tips

Jangan Lakukan 3 Hal Ini Ketika Perut Kosong Di Pagi Hari, Karena Tidak Baik Buat kesehatan Kamu.

Apakah kamu seorang pekerja keras yang sering diburu dateline, atau seorang mahasiswa yang sedang dikejar tugas, pastinya kamu sering mengabaikan masalah perut kosong di pagi hari , karena sering diburu waktu dan tidak memperhatikan pola makan. Bahaya hlo jika kamu bekerja atau berfikir pada saat perut kosong di pagi hari biasanya kamu nggak bakal bisa fokus dalam bekerja atau berfikir karena lapar yang menyerang. Tidak sedikit bagi mereka tetap nekat melakukan aktivitas walaupun perut kosong dan hanya menyantap atau meminum minuman yang cepat saji yang bisa menunda rasa kantuk saja.

Dilansir dari Step to Health, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak melakukan hal-hal berikut ini saat perut berada dalam kondisi kosong.

  1. Mengkonsumsi Kopi
    Image Unsplash @drewcoffman

Banyak orang setelah bangun pagi tidak sempat mengonsumsi sarapan karena tak lagi memiliki waktu untuk memasak atau makan. Sayangnya, demi menghilangkan rasa kantuk, mereka justru memilih untuk mengonsumsi kopi. Meskipun memiliki rasa yang nikmat dan bisa membuat tubuh tak lagi mengantuk, kebiasaan minum kopi saat perut masih kosong bisa memicu gangguan asam lambung. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi teh atau smoothie yang lebih nyaman bagi perut. Namun, jika kita memang sangat bergantung dengan kopi untuk “membangunkan” tubuh, konsumsilah dengan tambahan krim atau susu yang bisa menurunkan efek samping pada perut.

  1. Mengunyah permen karet
    Image Unsplah @quinten149

Jika kita mengunyah permen karet saat perut masih dalam kondisi kosong, maka tubuh akan melepaskan senyawa bernama asam hidroklorik yang bisa memberikan efek samping berupa iritasi pada lapisan perut. Hal ini juga bisa memicu masalah gastritis yang sangat tidak nyaman.

Jika kita suka mengunyah permen karet, ada baiknya kita menghindari permen karet dengan kandungan gula, aspartame, atau cyclamate. Pilihlah yang memiliki kandungan pemanis alami dan jangan sampai mengunyahnya lebih dari 10 menit.

  1. Berolahraga dengan intens
    Image Unsplah @scottwebb

Banyak orang yang memilih untuk berolahraga dengan intens di pagi hari saat perut masih dalam kondisi kosong karena dianggap mampu membakar kalori lebih banyak. Padahal, menurut pakar kesehatan, hal ini hanyalah akan menurunkan massa otot dan membuat tubuh lebih lelah karena menggunakan energi cadangan demi melakukan aktivitas fisik.

Waspadai dampak kesehatan ini. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk berolahraga ringan saja saat perut masih kosong dan konsumsilah setidaknya satu buah segar sebelum melakukannya.Jika memang perut dalam kondisi kosong dan mulai lapar, konsumsilah makanan yang sehat dengan kadar gizi seimbang.

Comments

comments