Inspirasi, Kecantikan

Ingin Punya Bibir Merah Merekah? Lakukan Saja Kebiasaan Sehat Berikut Ini

Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang mendukung aspek penampilan seorang perempuan. Agar terlihat menawan, seorang perempuan pasti menggunakan lipstik untuk membuat tampilan bibir menjadi merah merekah. Namun seringkali bergonta-ganti lipstik yang mengandung banyak bahan kimia tentu saja cukup beresiko bagi kesehatan.

Untuk mengurangi resiko itu, ada baiknya kamu menggunakan bahan-bahan alami berikut ini untuk membuat bibir kamu menjadi merah merekah tanpa harus mencoba berbagai jenis lipstik.

  1. Aloe Vera
images: medicalnewstoday.com

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan gel aloe vera di toko-toko kosmetik. Caranya cukup mudah, yakni secara rutin mengoleskannya ke bibir. Namun yang lebih baik lagi adalah dengan memotong lidah buaya lalu mengoleskan gelnya ke bibir. Kandungan vitamin yang terdapat pada aloe vera akan menjaga kelembapan kulit dan membantu meremajakannya.

2. Delima dan Wortel

images: nusantaranews.co

Buah delima terkenal sebagai buah yang memiliki antioksidan tinggi, vitamin A, vitamin C, dan zat besi. Karena itulah buah delima mampu menangkal pengaruh radikal bebas. Sedangkan wortel mengandung beta karoten yang mampu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Selain mencerahkan bibir, campuran antara jus wortel dan jus delima berfungsi untuk melembabkan bibir. Caranya pun cukup sederhana yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan jus wortel dan 1 sendok makan jus delima lalu oleskan ke bibir kamu saat malam hari. Lakukan saja kebiasaan itu secara rutin dan kamu akan melihat hasilnya.

3. Gula dan Lemon

images: carasehat.net

Lemon lebih dikenal untuk menghilangkan flek hitam yang sulit dibasmi dan menodai kemulusan kulit wajah. Akan tetapi, manfaat lemon untuk bibir ternyata juga tidak kalah berkhasiat. Cara menggunakan lemon untuk merawat bibir agar menjadi merah alami yaitu menggabungkannya dengan gula. Caranya adalah dengan menaburkan gula ke atas irisan lemon, lalu oleskan ke bibir. Biarkan beberapa saat lalu bilas dengan air.

4. Minyak Zaitun

images: desakabut.com

Minyak zaitun berfungsi untuk mencegah terjadinya bibir pecah-pecah, menjaga kelembapan serta kesehatan permukaan bibir. Sebelum mengoleskan minyak zaitun ke bibir, kamu harus membersihkan bibir terlebih dahulu dengan air. Setelah itu keringkan, baru kemudian oleskan minyak zaitun sambil melakukan pijatan lembut ke bibir. Biarkan minyak zaitun menempel di bibir selama beberapa jam. Kegiatan ini akan lebih efektif kalau dilakukan saat malam hari.

5. Air Mawar

images: cdn.shopify.com

Sejak zaman dahulu bunga mawar dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk memerahkan bibir. Kamu tinggal merendam bunga mawar ke dalam air lalu oleskan air rendaman bunga mawar tersebut ke bibir. Asalkan dilakukan secara rutin, maka bibir kamu akan merah merekah secara alami.

6. Lemon dan Madu

images: i0.wp.com

Bukan madu dan racun, tapi perpaduan antara lemon dan madu. Kamu bisa menambahkan beberapa tetes madu ke dalam satu sendok teh cairan lemon, lalu setelah tercampur tinggal kamu oleskan ke bibir. Madu akan menjaga kelembapan kulit bibir dan lemon akan mencerahkannya.

7. Kunyit

images: sehatly.com

Jangan kamu kira kunyit hanya bermanfaat untuk memasak. Sebagai salah satu pewarna alami, ternyata kulit juga bisa digunakan sebagai tanaman kecantikan. Kamu tinggal menghaluskan kunyit, lalu oleskan ke bibir. Biarkan selama 20 menit. Lakukan kegiatan itu selama 2 kali sehari secara rutin.

8. Daun Ketumbar

images: necturajuice.com

Seperti halnya kunyit, ketumbar juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Kalau bijinya digunakan untuk memasak, maka daun ketumbar bisa dimanfaatkan untuk memerahkan bibir. Caranya yaitu dengan menghaluskan daun ketumbar, lalu campurkan dengan sedikit air dan aduk rata. Setelah itu, oleskan ke kulit bibir secara merata dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat dan lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap hari.

Itulah beberapa cara alami untuk menjaga kelembapan kulit bibir dan membuatnya merah merekah. Meski lebih cepat menggunakan lipstik, tidak ada salahnya kamu coba cara-cara diatas. Seandainya rutin dan kemudian berhasil, kamu tak perlu lagi membuang uang untuk beli lipstik. Yah, setidaknya anggaran untuk beli lipstik bisa kamu alihkan ke pos pengeluaran lain misal jalan-jalan, beli susu anak, atau mencicil kendaraan.

Comments

comments