Bola, Olahraga

Liverpool vs Manchester City, Menebak Siapa yang Layak Mewakili Inggris di Eropa

images: www.thisisanfield.com

Manchester City melaju dengan lancar di Premier League. Mereka hanya membutuhkan dua kemenangan lagi untuk memastikan gelar juara liga. Situasi berbeda harus mereka hadapi di Liga Champions. The Citizen akan menghadapi lawan berat Liverpool di Anfield.

Pertandingan yang akan dimulai pada hari Kamis (05/04/2018) pukul 01.45 WIB itu jelas bukan merupakan laga yang ringan untuk Guardiola. Liverpool menjadi klub pertama yang mengalahkan Man. City musim ini dengan skor 4-3 di ajang Liga Inggris. Dengan kemenangan itu, anak asuh Jurgen Klopp sukses membalas kekalahan 5-0 di pertemuan pertama musim ini.

City sendiri tak pernah menang kala menghadapi Liverpool di Anfield dalam 12 pertemuan terakhir. Sebuah catatan yang tampaknya cukup sulit untuk dihentikan City. Anfield Stadium selalu bisa memberikan teror yang bisa membuat lawan tertekan.

Apalagi salah satu pemain andalan Guardiola, Raheem Sterling, telah menjadi musuh bagi fans Liverpool. Saga transfernya pada tahun 2015 lalu masih terus membekas di hati para pendukung the reds. Pasca kepindahannya ke Man. City, Sterling selalu mendapat cemoohan setiap kali City bertandang ke Anfield yang membuatnya bermain dibawah tekanan.

Sedangkan untuk rekor pertemuan kedua pelatih, Klopp masih lebih unggul dari Guardiola. Dalam 9 pertemuan terakhirnya termasuk ketika masih di Bundesliga, Klopp hanya menderita dua kekalahan dari Guardiola. Selebihnya ia meraih 5 kemenangan dan 2 kali imbang.

Dari statistik jelas terlihat bahwa pasukan Klopp selalu merepotkan anak asuh Guardiola. Di Eropa kiprah Man. City sendiri kurang begitu memuaskan.

Semenjak menjelma menjadi tim kaya, the citizen belum mampu menginjakkan kaki di partai final. Prestasi tertinggi mereka hanya sampai di babak semifinal.

Sementara itu Liverpool meski punya 5 gelar juara di ajang ini, dalam satu dekade terakhir mereka sangat jarang bermain di Liga Champions. Di Eropa sendiri prestasi terbaiknya hanya mencapai final Liga Eropa 2015-2016. Dengan kondisi seperti itu, cukup banyak pihak yang meragukan apakah Liverpool bisa melaju jauh musim ini.

Beruntungnya Liverpool punya trio lini serang yang sangat tajam pada diri Firmino, Mane dan Salah. Khususnya Mohammed Salah yang telah mencetak 39 gol musim ini. Harapan the reds bisa dibilang berada di pundak para pemain depannya. Jika mampu terus memberikan pressing tinggi, bukan tidak mungkin City akan pulang dengan tangan hampa dari Anfield.

Problem lini belakang juga sudah mulai membaik seiring meningkatnya performa Karius dibawah mistar. Ketenangan Virgil Van Dijk dalam mengontrol barisan pertahanan juga akan sangat menentukan di laga besok. Kalau semua lini Liverpool bekerja sesuai harapan, maka posession football ala Guardiola akan menemui kebuntuan seperti yang sudah mereka alami di pertemuan-pertemuan sebelumnya.

Siapapun yang akan memenangkan pertandingan besok, akan sangat membantu dalam menghadapi leg kedua minggu depan. Mereka yang akan lolos berarti adalah wakil terbaik Inggris di Liga Champions musim ini.

Entah Liverpool atau City, keduanya sama-sama menarik untuk ditonton. Jadi jangan pesimis, sebab di partai semifinal nanti tak akan ada klub yang memainkan taktik parkir bus seperti Chelsea atau MU.

Comments

comments