Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

DIY

Ini Dia Berbagai Menu Sarapan Simpel Selain Roti Tawar, Wajib Dicoba !

Published

on

Sarapan identik dengan menu-menu yang simpel, karena pagi adalah waktu yang lumayan ribet bagi mereka yang bekerja ataupun bagi ibu rumah tangga yang harus mempersiapkan berbagai kebutuhan anggota keluarga. Menurut pantauan hitsbanget, menu sarapan yang paling sering digunakan adalah olahan roti tawar. Baik itu roti tawar yang diberi selai/meses, ataupun roti tawar yang dibakar. Nah, ternyata selain roti tawar ada banyak sekali pilihan menu sarapan yang bisa dijadikan alternatif, simpel dan mengenyangkan! Apa saja itu? Berikut selengkapnya

1.Pisang Goreng

Tahukan kamu jika pisang mengandung karbohidrat yang tinggi? Salah satu menu sarapan yang paling simpel adalah olahan pisang, dan yang paling favorit adalah pisang goreng. Apalagi jika dipadukan dengan teh manis hangat. Hmm… tambah semangat kan untuk memulai aktivitas ?

img: id.pinterest.com

2. Roti Maryam

Roti yang biasa disebut dengan maryam/ cane/ prata ini juga bisa menjadi alternatif menu sarapan kamu lho! Agar lebih hemat waktu, kamu bisa membuat roti ini beberapa hari sebelumnya dan menyimpan dalam freezer. Ketika waktu sarapan tiba, tinggal panggang. So simple !

Bahan roti maryam:

200 gr tepung terigu

80 ml air hangat

30 gr margarin

2 butir kuning telur

1/4 sdt garam

Cara membuat :

  1. Uleni semua bahan tersebut hingga kalis
  2. Bagi adonan menjadi 5 bagian, dan bentuk menjadi bulatan. Olesi atasnya dengan margarin, tutup dengan plastik dan diamkan selama 1 jam
  3. Ambil satu bulatan adonan, pipihkan hingga tipis dan olesi atasny adengan margarin cair
  4. Gulung memanjang lalu bentuk seperti konde, kemudian pipihkan
  5. Panggang di atas teflon hingga matang
  6. Untuk penyajian, bisa dengan menambahkan topping meses, selai, kuah kari, atau apapun sesuai selera.

Selamat mencoba !

img: instagram.com/djuragan.maryam

3. Pancake

Sama seperti roti maryam diatas, kamu bisa membuat adonan pancake di hari sebelumnya sehingga ketika waktu sarapan tiba tinggal dieksekusi diatas teflon. Cukup simpel bukan ?

Bahan :
  1. 250 gr tepung terigu
  2. 2 butir telur
  3. 4 sdt margarin, cairkan
  4. 4 sdm gula pasir
  5. 1 gelas susu cair
  6. 1 gelas air bersih
  7. 1/2 sdt baking powder
Cara membuat :
  1. Campukan terigu, gula putih, telur, susu cair, baking powder juga margarin yang telah cair. Aduk sampai merata
  2. Masukan air pada adonan sambil diaduk sampai adonan menjadi encer dan tidak terbentuk gumpalan
  3. Tuangkan adonan sebanyak satu sendok sayur kedalam teflon yang sudah dipanaskan, buat adonan berbentuk bulat agak tipis
  4. Jika pada bagian atas telah terbentuk gelembung kecil, artinya ini sudah matang. Lakukan tahap ini hingga adonan habis
  5. Untuk penyajian, pancake bisa diberi topping sesuai selera misalnya messes, keju, selai atau sesuai selera

Selamat mencoba !

img: id.pinterest.com

4. Martabak Daun Bawang

Menu yang tak kalah simpel adalah martabak daun bawang. Bagi kamu yang kurang suka dengan rasa manis, menu ini bisa dijadikan salah satu pilihan. Cara membuatnya pun sangat mudah. Hanya dengan mencampur potongan daun bawang dan telur kemudian dilipat dalam kulit lumpia/ martabak, menu ini siap digoreng dan dinikmati bersama potongan cabai rawit dan teh hangat. Hmm yummy !

img: id.pinterest.com

5. Martabak Mie Instant

Menu yang terakhir ini biasanya disukai anak-anak karena rasanya yang lezat. Cara membuat martabak mie ini juga cukup mudah. langkah pertama rendam mie dalam air panas hingga lunak. Kemudian campur mie dengan telur, bumbu mie instant, bisa juga ditambahkan dengan sosis, daun bawang, atau apapun sesuai selera. Terakhir, tuang dalam cetakan martabak mini atau ke dalam teflon. Setelah matang, sajikan dengan saus sambal.

img: id.pinterest.com

Komentar

DIY

Kurangi Limbah Dengan Pembuatan Kompos Organik! Berikut Langkah-langkahnya

Published

on

Sampah seringkali menjadi masalah rumah tangga karena baunya yang cukup menganggu. Selain itu pengolahan sampah yang kurang tepat juga dapat mencemari tanah. Hal itu disebabkan karena ada beberapa jenis sampah yang tidak dapat terurai dengan tanah walaupun sudah dikubur bertahun-tahun lamanya, misalnya sampah plastik dan kaca. Sampah-sampah yang tidak dapat diuraikan tersebut disebut sampah anorganik, sedangkan sampah yang dapat diuraikan disebut sampah organik.

img: liputan6.com

Berbagai macam penanganan sampah selain dikubur/ dibakar adalah dengan diolah menjadi pupuk kompos. Namun, untuk pembuatan pupuk kompos sampah yang bisa dimanfaatkan adalah jenis sampah organik misalnya sampah sayuran, sisa makanan, kertas, dedaunan, hingga kotoran hewan.

Nah, daripada sampah organik dibuang begitu saja, mending dibuat kompos yang tentu saja ramah lingkungan. Dan berikut langkah-langkah pembuatan kompos dari sampah organik:

  1. Siapkan sampah organik misalnya dedaunan, kertas, sampah sayuran, dan sebagainya.
  2. Siapkan wadah berukuran besar, isi dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.
  3. Siram permukaan tanah tersebut menggunakan air secukupnya.
  4. Masukkan sampah organik ke lapisan di atas tanah tadi.
  5. Pastikan sampah disimpan secara merata. Sebisa mungkin ketebalan sampah setara dengan ketebalan tanah.
  6. Masukkan lagi tanah ke dalam wadah sebagai penutup kompos.
  7. Tutup wadah dengan rapat dan diamkan kurang lebih tiga-empat minggu.

Itulah langkah-langkah membuat kompos organik, mudah bukan untuk membuatnya? Selamat mencoba Sobat Spaneng!

Komentar
Continue Reading

DIY

Seniman Ini Dapat ‘Menyulap’ Roti Tawar Menjadi Lukisan yang Artistik

Published

on

Siapa yang tak kenal roti tawar ? Makanan yang lezat dinikmati dengan berbagai cara, dimakan langsung, dibuat sandwich, puding, dan sebagainya. Namun bagaimana jadinya jika roti tawar dijadikan sebuah lukisan unik ? Ya,¬†ditangan seorang wanita terampil asal Jepang yang bernama Eiko Mori, roti tawar dapat disulap menjadi lukisan indah yang sangat artistik. Melalui akun Instagramnya @estyle1010, Eiko Mori sering membagikan potret kreatifitas dalam ‘menyulap’ roti tawar menjadi karya seni yang luar biasa.

Untuk membuat suatu lukisan roti tawar yang estetik, seniman asal Jepang ini biasanya menambahkan bahan-bahan seperti keju, nori, selai, dll. Karya seni lukisannya pun beraneka ragam, ada yang berbentuk hewan, makanan, karakter animasi, cake dan bentuk lucu lainnya.

Berikut selengkapnya

  1. Hanya dengan bahan tambahan berupa coklat dan cream, roti tawar ini menjelma menjadi sebuah bentuk laba-laba lengkap dengan sarangnya.

    img: www.instagram.com/estyle1010

     

  2. Coba tebak karakter siapa yang diciptakan pada selembar roti tawar berikut ? Jika kamu penggemar serial Doraemon pasti tak asing lagi dengan wajah di bawah ini. Ya! benar, jawabannya adalah Giant si badan besar.

    img: www.instagram.com/estyle1010

     

  3. Bahkan Eiko juka begitu detail dalam melukiskan peta dunia ke sebuah roti tawar lho !

    img: www.instagram.com/estyle1010

     

  4. Karakter hewan pun juga tak ketinggalan dalam proses penciptaan karya seninya.

    img: www.instagram.com/estyle1010

     

  5. Karakter wajah yang begitu nyata dan detail, hmm jadi sayang banget nih kalau dimakan !

    img: www.instagram.com/estyle1010

     

  6. Segelas ice cream buah-buahan dalam sebuah roti tawar ! Kreatif sekali bukan ?

    img: www.instagram.com/estyle1010

     

  7. Tak cukup dari karakter animasi, hewan, dan buah-buahan, kali ini Eiko mencoba membuat bentuk bangunan. Amazing !

    img: www.instagram.com/estyle1010

     

  8. Permainan mahjong pun bisa juga lho divisualisasikan dari sebuah roti tawar !

    img: www.instagram.com/estyle1010

     

  9. Segelas minuman kopi ini terlihat begitu nyata ya !

    img: www.instagram.com/estyle1010

    Warna lukisan yang menarik mata dan detail yang bagus semakin membuat orang takjub melihatnya, dan pastinya sayang untuk dimakan

    Bagaimana, kamu berminat membuatnya juga ?

Komentar
Continue Reading

DIY

Kreatif!! Barang-barang Ini Dibuat dari Bekas Banner Caleg Lho!

Published

on

Rakyat Indonesia sedang mempunyai hajat besar, yakni pesta demokrasi Pemilu serentak 2019. Para wakil rakyat periode 2019-2024 akan dipilih untuk menyalurkan aspirasi rakyat yakni DPRD, DPR Propinsi, DPR RI, DPD, hingga pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Hajat besar ini tentu saja membuat pemandangan di jalanan menjadi penuh akan banner-banner gambar calon wakil rakyat tersebut. Dan jika Pemilu sidah usai, maka banner-banner tersebut tentunya akan menumpuk tak terpakai. Nah daripada cuma menjadi sampah, berikut beberapa inspirasi pemanfaatan banner bekas

  1. . Tas dan dompet

    img: greeners.co

    Daripada dibuang, banner-banner bekas mending diolah menjadi tas dan dompet seperti diatas. Lumayan kan bisa buat tas belanja ke pasar ?

  2. APE (Alat Permainan Edukatif) PAUD

    img: duniapaud

    Guru Paud memang dituntut harus kreatif dan inovatif, dan gambar diatas adalah salah satu contoh pemanfaatan banner untuk dijadikan media ular tangga raksasa. Kreatif banget ya !

  3. Kolam Ikan

    img: tamadamunetaka.blogspot.com

    Tanpa diolah menjadi apapun, banner caleg bekas pun juga bisa langsung bermanfaat sebagai kolam ikan lho. Murah meriah, tanpa harus memakai beton !

  4. Hiasan Ulang Tahun

    img: youtube

    Siapa sangka jika hiasan ulang tahun di atas terbuat dari banner bekas yang dibalik sisinya ? Ya ! Daripada membuang atau bahkan membakar plastik, lebih baik di manfaatkan bukan ?

  5. Baju Fashion Show

    img: solopos.com

    Kreativitas tanpa batas, mungkin kalimat itulah yang cocok untuk disematkan pada gambar di atas. Sekilas terlihat tak ada yang aneh, namun ternyata gaun fashion show unik tersebut terbuat dari banner bekas lho !

Bagaimana, kamu tertarik mencoba ?

Komentar
Continue Reading

Trending