Kesehatan, Kuliner

Durian Banyak Mengandung Kolesterol, Benarkah?

Durian
img: beritadaily.com

Siapa yang tak kenal durian. Buah dengan bentuk bulat dilapisi kulit keras berduri ini sering menuai ‘kontroversi‘. Bagaimana tidak? Baunya yang tajam seakan menjadi bau paling ‘menjijikkan’ untuk orang yang tidak suka. Tapi sebaliknya, bau khas durian bisa sangat menggugah selera bagi orang yang hobi menyantapnya.

Ada juga kontroversi mengenai kandungan kolesterol pada durian. Banyak yang beranggapan bahwa durian mengandung banyak kolesterol sehingga tidak sehat untuk dikonsumsi. Tapi hal tersebut ternyata tidaklah benar. Menurut data yang kami dapat dari United States Department of Agriculture, ternyata durian tidak mengandung kolesterol sama sekali.

tabel nutrisi durian
img: USDA

Dari table nutrisi diatas, dapat dipastikan bahwa durian tidak mengandung kolesterol sama sekali (0 mg). Buah durian justru banyak mengandung vitamin C, Vitamin B-6, Magnesium, Zat Besi, Potasium, hingga lemak. Lemak yang terkandung dalam buah durian pun juga bukan lemak jenuh, yang justru baik untuk tubuh karena membantu menurunkan kadar lemak jahat.

Vitamin C yang terkandung dalam daging durian lumayan besar. Dalam 100 gram daging durian, terkandung vitamin C yang setara 32% kebutuhan vitamin C orang dewasa.

Kalori yang terkandung dalam buah durian ternyata juga besar, yaitu 147 kkal per 100 gram daging durian. Jumlah tersebut setara dengan satu porsi nasi. Oleh karena itu, para ahli gizi menyarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi durian. Takaran yang pas untuk satu kali makan adalah 100 gram daging durian atau sekitar dua bulatan kecil.

Yang patut waspada saat menyantap buah durian adalah orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan mengingat kalori dalam durian cukup banyak. Orang yang menderita Maag atau asam lambung tinggi juga wajib waspada saat menyantap durian karena di dalam lambung, durian akan mengalami fermentasi dan menghasilkan alkohol tinggi sehingga akan berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Itu dia penjelasan mengenai kandungan nutrisi dari buah kontroversial, durian. Walaupun durian ternyata banyak mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat, alangkah baiknya jika kita tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena apapun makanannya, jika dikonsumsi secara berlebihan tetap tidak sehat.

Comments

comments