Inspirasi, Wedding

Ingin Menikah Tapi Masih Kuliah? Tidak Masalah…Ikuti Saja Tips-tips Berikut Ini!!!

images : http://aeshaonline.com

Salah satu kewajiban yang harus segera ditunaikan setelah kita mampu adalah menikah. Asalkan sudah cukup umur, serta siap secara lahir maupun batin, maka sudah sewajarnya untuk segera melangsungkan pernikahan. Selain menghindari zina, menikah tentunya akan mendatangkan pahala serta keberkahan dalam hidup ini.

Namun yang menjadi persoalan adalah ketika kamu sudah siap secara batin, namun belum terlalu siap untuk urusan lahiriah. Misalnya saja kamu sudah ingin menikah, namun posisimu saat ini masih duduk di bangku kuliah. Kebetulan dari pihak pasanganmu sudah meminta untuk buru-buru diresmikan. Padahal secara materi kamu jelas belum siap. Jatah makan saja masih nunggu kiriman orang tua, masa iya mau ngasih makan anak orang?

Biasanya keadaan tersebut menimpa pihak cowok. Wajar saja, di beberapa tempat, perempuan berusia 21 tahun dan belum menikah dianggap sudah out of date alias tidak laku. Tapi kamu tidak perlu khawatir, nih kami kasih tips agar tetap bisa menikah sembari menunggu lulus kuliah.

  1. Kamu harus mendapat restu dari orang tua
images : thoughtcatalog.files.wordpress.com

Yang namanya restu dari orang tua itu tetap wajib hukumnya. Meskipun kamu dari pihak laki-laki dimana kedudukan orang tua bisa digantikan wali, namun tetap saja harus meminta restu dulu ketika hendak menikah. Walaupun  nikah di KUA itu gratis, tapi biaya syukuran serta mahar tetap harus mengeluarkan uang kan?

Kalau tanpa restu dari orang tua, rasanya akan cukup berat bagi kamu untuk menanggung semua biaya pernikahan itu seorang diri. Lagian, kamu juga tidak mau dianggap anak durhaka kan? Karena itu mintalah restu orang tuamu dulu sebelum minta restu calon mertuamu.

  1. Pastikan kamu memiliki pekerjaan sampingan
images : cdn.gobankingrates.com

Pertanyaan yang pasti akan muncul saat kamu menyatakan keinginan untuk menikah tentu saja adalah tentang pekerjaan. Hal ini sangatlah penting karena kewajiban seorang suami nantinya adalah menafkahi istri agar dapat hidup layak. Nah agar kamu tidak  gelagapan saat mendapat pertanyaan itu pastikan kamu sudah memiliki pekerjaan sampingan yang setidaknya bisa digunakan untuk bertahan hidup satu bulan.

Meskipun pekerjaanmu serabutan, asalkan hasilnya lumayan tetap jalani saja. Yang penting kamu dan istrimu nanti tidak sampai kelaparan. Lalu untuk biaya kuliah? Ah…itu tinggal pintar-pintar negosiasi saja kepada orang tua dan calon mertuamu.

  1. Buat kesepakatan pra nikah
images : http://www.maggiolawfirm.com

Bukan  cuma artis saja yang bisa membuat kesepakatan pra nikah, kamu dan pasanganmu juga bisa. Misalnya saja untuk biaya kuliah, kamu bisa saja membuat kesepakatan dengan calon istrimu bahwa siap menanggung biaya hidupnya, namun untuk biaya kuliah meminjam dari orang tua/mertua.

Ingat! meminjam bukan meminta. Saat kamu nanti sudah memiliki pekerjaan dengan gaji lebih baik berarti kamu harus mengembalikan uang pinjaman itu.

  1. Tunda dulu punya momongan
images : fthmb.tqn.com

Memiliki anak memang anugerah dari Tuhan. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk menunda mengingat kondisimu yang masih menempuh pendidikan. Ada baiknya bagi kalian nanti untuk fokus menyelesaikan pendidikan dulu sambil mencari pekerjaan yang lebih baik.

Saat semuanya sudah stabil barulah itu waktu yang pas  untuk memiliki momongan. Kalian tentu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati kalian. Dan yang terbaik itu akan bisa kalian berikan ketika kondisi keluarga kalian sudah benar-benar stabil.

  1. Usahakan kalian sama-sama bekerja
images : cdn.moneycrashers.com

Agar perekonimian keluargamu lebih stabil, ada baiknya kalau istrimu juga ikut bekerja. Selain karena belum memiliki momongan, secara finansial jelas akan terbantu. Syukur-syukur kamu bisa menyisihkan penghasilanmu tiap bulan untuk ditabung.

Dengan begitu kamu dan istrimu akan sama-sama belajar bagaimana mengelola keuangan keluarga. Akan lebih membanggakan lagi kalau dengan penghasilan yang kalian kumpulkan berdua itu, kalian jadi bisa membiayai kuliah sendiri tanpa meminjam dari orang tua. Mereka pasti akan sangat bangga.

Menikah itu seperti sebuah kewajiban. Tapi kalau menikah muda, itu sebuah pilihan. Kalau kamu sudah yakin ingin menikah muda meskipun saat ini kamu masih menempuh pendidikan dan belum berpenghasilan  tetap, lanjutkan saja keyakinanmu itu. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya, namun yakini saja kalau Tuhan selalu menyertai orang-orang yang mau berusaha.

 

Comments

comments