Connect with us

Desain Rumah

Dengan Tanaman Rambat Ini, Rumah Sederhana Kamu Akan Terlihat Lebih Mewah

Published

on

Terdapat banyak sekali jenis tanaman hias, salah satunya tanaman rambat. Tanaman hias yang merambat tidak semata-mata hanya diaplikasikan pada media rambat lho, namun ada juga yang bisa diaplikasikan pada dinding, atap rumah bahkan sebagai pemanis di dalam ruangan. Simak beberapa tanaman hias berikut yang akan semakin menambah kesan mewah hunian kamu.

  1. Lee Kwan Yew. Jika kamu melihat gedung-gedung ataupun hotel berdinding tinggi, maka tak jarang dijumpai tanaman Lee Kwan Yew pada rooftopnya. Ya, tanaman ini memang banyak diminati untuk rumah-rumah beratapkan tinggi sebagai hiasan serta untuk menutup dinding dari paparan sinar matahari. Selain itu, Lee Kwan Yew juga dapat tumbuh dengan cepat dan tidak merusak cat.

    img: id.pinterest.com

     

  2. Tanaman Dollar Rambat. Merupakan jenis tanaman merambat di dinding, cocok sebagai wall covering agar rumahmu tampak sejuk dan mempunyai nilai artistik lebih.

    img: id.pinterest.com

     

  3. Morning Glory. Tanaman yang satu ini memiliki karakteristik sesuai dengan namanya yaitu bunganya akan mekar pada pagi hari dan mengeluarkan aroma yang wangi. Perawatan yang cukup mudah membuat tanaman ini digemari banyak orang.

    img: id.pinterest.com

     

  4. Wisteria. Untuk tanaman yang satu ini kamu harus merogoh kocek dalam-dalam karena jenis tanaman Wisteria adalah salah satu tanaman eksklusif subtropis yang cukup susah dibudidayakan di Indonesia. Namun untuk hasilnya sangat memukau, dengan bunga ungu menjuntai Wisteria siap menghiasi halaman rumah kamu.

    img: id.pinterest.com

     

  5. Sirih Gading. Tanaman jenis ini mulai dari sirih gading, sirih belanda hingga sirih merah juga sering diburu penikmat home decor untuk ditanam di dalam rumah. Bentuknya yang menjuntai dan perawatannya yang cenderung mudah membuat sirih gading mudah diaplikasikan pada interior apa saja.

    img: id.pinterest.com

Komentar
Continue Reading

Desain Rumah

5 Ide Workspace Unik Biar Makin Betah di Kantor

Published

on

Banyak faktor yang memengaruhi kualitas kerja seseorang, salah satunya adalah mood atau suasana hati. Dan mood yang bagus bisa saja tercipta karena suasana ruangan yang nyaman. Nah buat Sahabat Spaneng yang bekerja di kantor swasta bernuansa semi formal ada baiknya keluar dari zona nyaman dan mencoba beberapa inovasi penataan ruangan seperti berikut, biar kerja nggak tambah Spaneng!

  1. Penataan workspace yang monoton bisa jadi akan memengaruhi mood, dan semangat kerja seseorang. Oleh karena itu sebisa mungkin workspace dibuat senyaman mungkin, seperti gambar berikut. Dengan konsep ruangan berbentuk bilik-bilik semi tertutup seperti ini tetap memungkinkan pegawai menjaga privasinya.

    id.pinterest.com

  2. Kamu merasa terlalu formil bekerja dengan menggunakan meja dan kursi? Nah mungkin solusi berikut bisa menjadi alternatif. Seperti workspace yang terdapat di Philadelphia ini, bukan menggunakan kursi dan meja melainkan para karyawan bekerja secara lesehan lengkap bantal dan alas yang empuk.

    id.pinterest.com

  3. Berbeda lagi dengan workspace berikut, masih dengan konsep yang santai ide yang satu ini juga bisa dijadikan referensi lho!

    id.pinterest.com

  4. Sering merasa tak fokus jika bekerja secara beramai-ramai dalam satu ruangan ? Nah konsep berikut bisa kamu coba, workspace yang di desain seperti warnet! hihihi

    id.pinterest.com

  5. Konsep unik yang lain adalah seperti berikut, workspace dibuat di ruang terbuka dengan konsep natural lengkap dengan pepohonan di tengah-tengahnya. Suasana kebersamaan pun akan tercipta ketika sedang bekerja namun juga tak meninggalkan kesan sejuk.

    id.pinterest.com

Komentar
Continue Reading

Desain Rumah

Mengintip Konstruksi RISHA, Rumah Tahan Gempa ala Kementerian PUPR

Published

on

Bencana alam tidak bisa diprediksi kapan datangnya, salah satunya adalah gempa bumi. Gempa bumi yang melanda Lombok beberapa waktu kemarin contohnya, kota wisata tersebut diguncang gempa 7 SR yang berakibat bangunan-bangunan roboh. Salah satu upaya untuk meminimalisir akibat yang timbul akibat gempa bumi, pemerintah lewat kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) berinovasi membuat konsep rumah tahan gempa dengan nama RISHA (Rumah Instan Sederhana & Sehat).

http://eproduklitbang.pu.go.id/risha/

Apa itu RISHA?

RISHA merupakan kependekan dari Rumah Instan Sederhana & Sehat. Sesuai dengan namanya, RISHA adalah konsep bangunan yang dibangun dalam waktu yang jauh lebih cepat daripada bangunan rumah pada umumnya. RISHA menggunakan konsep knock down, di mana proses pembangunannya tidak membutuhkan semen dan bata, melainkan dengan menggabungkan panel-panel beton dengan baut.

Berikut panel-panel RISHA.

Walaupun dibangun dengan singkat dan serba instan, ada satu keunggulan RISHA yang tak dimiliki bangunan lain yakni tahan gempa. Terbukti dengan terjadinya gempa di Lombok beberapa waktu lalu, beberapa bangunan RISHA disana tetap kokoh berdiri. Selain itu beberapa keunggulan lain dari sistem konstruksi ini.

1. Selain sebagai solusi rumah yang tahan gempa, RISHA mudah dikembangkan tanpa harus mengubah bangunan awal.

2. RISHA hanya mengkonsumsi sekitar 60 persen bahan bangunan dibandingkan dengan teknologi konvensional.

3. Ketiga, waktu pembangunan instalasi RISHA lebih cepat serta jumlah tenaga kerja untuk merakit teknologi ini cukup 3 orang saja.

4. RISHA menjamin kemudahan penjaminan mutu karena terukur dan terkosentrasi proses produksinya.

 

Berikut info grafik tentang RISHA

https://ofisofyangumelar.wordpress.com

Untuk sementara, RISHA sudah dibangun di beberapa wilayah seperti Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jawa Barat, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, serta Jambi.

Selanjutnya akan dikembangkan di daerah Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Bali, NTT dan NTB.

Lantas, berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membangun sebuah RISHA? Dilansir dari website PUPR, satu buah RISHA type 36 hanya membutuhkan dana sebesar 50 juta lho! Dan itu sudah lengkap dengan kamar mandinya. Hemat sekali bukan?

Berikut contoh RISHA yang sudah kokoh berdiri

housingestate.com

Komentar
Continue Reading

Desain Rumah

Tips Penataan Rumah Sempit Tipe 36 Agar Terlihat Lebih Luas

Published

on

id.pinterest.com

Rumah tipe 36 umumnya terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi. 1 dapur, serta ruang tamu & keluarga yang digabung jadi satu. Meskipun juga tak sedikit mereka yang mempunyai rumah tipe 36 mempunyai ruangan yang lebih leluasa karena memodifikasi lahan tambahan di samping/ belakang rumah. Mempunyai rumah sempit tipe 36 terkadang menimbulkan persepsi bahwa nantinya kita tidak bisa mendekorasi dengan leluasa, dan tentunya dengan ukuran yang sempit barang-barang yang disimpan pun harus benar-benar tepat agar tak menimbulkan kesan sumpek. Lantas bagaimana cara mensiasati agar rumah tipe 36 tampak lebih luas dan nyaman untuk ditempati ? berikut tips selengkapnya

  1. Manfaatkan celah-celah untuk menyimpan barang. Misalnya celah di di bawah tempat tidur. Sedikit menghemat tempat bukan ?

    id.pinterest.com

     

  2. Satu tempat namun dobel fungsi, mengapa tidak ?

    id.pinterest.com

     

  3. Pasang cermin agar ruangan terlihat lebih luas.

    id.pinterest.com

     

  4. Balik pintu juga tempat yang cocok untuk menyimpan berbagai barang lho !

    id.pinterest.com

     

  5. Lebih baik menggunakan satu furniture berukuran besar daripada banyak furniture namun berukuran kecil-kecil. Malah terkesan ramai & penuh lho !

    id.pinterest.com

     

  6. Gunakan warna-warna cerah seperti putih atau krem. Itu akan menampilkan kesan ruangan menjadi lebih luas, selain itu cahaya juga akan terpantul dengan baik.

    id.pinterest.com

     

  7. Peletakan rak di dinding juga menambah kesan rumah tampak lebih luas lho daripada ditaruh di lantai!

    id.pinterest.com

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.