Bola, Olahraga

Choirul Huda dan Mereka yang Meregang Nyawa di Lapangan Sepakbola

images : instagram @perselafc

Kabar duka kembali datang dari dunia sepakbola. Kiper sekaligus kapten kesebelasan Persela Lamongan Choirul Huda meninggal dunia setelah sempat tak sadarkan diri usai berbenturan dengan rekan setimnya Ramon Rodrigues dan penyerang Semen Padang Marcel Sacramento dalam lanjutan kompetisi Liga 1 di stadion Surajaya Lamongan Minggu 15/10/2017.

Insiden itu terjadi ketika pertandingan memasuki menit ke 44 saat kedudukan 1-0 untuk Persela. Bermaksud untuk menghalau bola yang mengarah ke gawangnya, Choirul Huda justru bertabrakan dengan Ramon Rodrigues yang tengah mengawal pergerakan Marcel Sacramento. Benturan pun tak dapat dihindari. Sesaat kemudian tim medis pun memasuki lapangan untuk memberikan pertolongan.

Bantuan pernafasan melalui tabung oksigen pun segera diberikan oleh tim medis. Namun sayang, begitu sampai di rumah sakit dr Soegiri Lamongan, Choirul Huda menghembuskan nafas terakhirnya. Dari pihak rumah sakit menyatakan bahwa penyebab meninggalnya Choirul karena mengalami benturan di kepala dan leher. Melalui akun instagramnya, pihak klub pun menyatakan duka cita atas meninggalnya kapten kesebelasannya itu.

Meninggalnya Choirul Huda menambah daftar pesepakbola yang meregang nyawa di lapangan sepakbola. Berikut adalah beberapa pemain yang meninggal dunia di lapangan hijau, baik ketika bertanding maupun saat berlatih.

  1. Marc-Vivien Foe/Man City-Kamerun

 

images : http://www.thematamatabus.com

Piala Konfederasi 2003 menjadi turnamen sepakbola terakhir bagi Marc-Vivien Foe. Gelandang timnas Kamerun itu meninggal dunia usai tak sadarkan diri saat Kamerun menghadapi Kolombia di partai semifinal. Sebagai bentuk penghargaan, para pemain timnas Prancis yang menjuarai Piala Konfederasi mengajak para pemain Kamerun (runner-up) untuk bersama-sama mengangkat piala tersebut. Klub Foe saat itu, Man City juga mempensiunkan nomor punggung 23 miliknya.

  1. Miklos Feher/Benfica-Hungaria
images : www.pippalaukka.fi

Striker Benfica ini meninggal dunia akibat serangan jantung ketika membela Benfica di ajang Liga Portugal. Masuk sebagai pemain pengganti di menit ke 60, Feher mendapat kartu kuning di penghujung laga. Ia hanya tersenyum, tertunduk lalu terjatuh. Feher pun akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya usai mendapat beberapa pertolongan.

  1. Antonio Puerta/Sevilla-Spanyol
images : gazzettaobjects.it

Laga perdana La Liga 2007/2008 menjadi kali terakhir Antonio Puerta membela Sevilla. Dalam pertandingan melawan Getafe Puerta mengalami serangan jantung kemudian dilarikan ke rumah sakit. Setelah 3 hari menjalani perawatan, nyawa Puerta tak tertolong lagi dan dinyatakan meninggal dunia.

     4. Piermario Morosini/Livorno-Italia

images : i.cbc.ca

Kejadian yang menyedihkan ini juga pernah terjadi di Liga Italia. Tepatnya di pertandingan Seri B yang mempertemukan Livorno melawan Pescara. Gelandang Livorno Morosini tak sadarkan diri ketika pertandingan memasuki menit ke 31. Dalam perjalanan ke rumah sakit, pemain muda itupun menghembuskan nafas terakhirnya.

  1. Akli Fairuz/Persiraja-Indonesia
images : http://sidomi.com

Tiga tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2014 pemain Persiraja Aceh meninggal dunia usai bertabrakan dengan kiper PSAP Sigli Agus Rohman di lanjutan kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia. Kejadian ini bahkan sampai diberitakan oleh media-media internasional seperti La Gazzeta Dello Sport dan Marca yang pada intinya menyebutkan bahwa tekel brutal kiper PSAP tersebut memakan korban jiwa.

  1. Cheick Tiote/Beijing Enterprises-Pantai Gading
images : skysports.com

Mantan gelandang bertahan Newcastle United itu meninggal dunia saat berlatih bersama klubnya Beijing Enterprises. Tiote mendadak tak sadarkan diri. Ia pun segera dilarikan ke rumah sakit. Sayangnya nyawa pemain Pantai Gading ini tak tertolong lagi.

Urusan maut memang hanya Tuhan yang tahu kapan dan dimana datangnya. Selamat jalan Choirul Huda, kapten kebanggaan Persela Lamongan..

Comments

comments