Bola, Olahraga

Chelsea Juara Piala FA dan Akhir Musim yang Pahit Untuk Mourinho

images: standard.co.uk

Dengan digelarnya final Piala FA, seluruh kompetisi di Inggris musim ini secara resmi telah berakhir. Chelsea berhasil menjadi juara usai mengalahkan Manchester United dengan skor 1-0. Satu-satunya gol yang tercipta dicetak oleh Eden Hazard pada menit ke 22 melalui titik putih.

Meskipun pertandingan ini mempertemukan dua kesebelasan yang terkenal dengan strategi parkir busnya, namun jalannya pertandingan tetaplah menarik. Hal ini disebabkan karena trofi Piala FA menjadi gelar terakhir yang bisa mereka dapatkan kalau tidak ingin puasa gelar musim ini.

Duel menarik ini juga mempertontonkan ketangguhan dua penjaga gawang kedua kesebelasan, David de Gea dan Thibaout Courtois. Keduanya sama-sama melakukan penyelamatan penting. De Gea menghentikan tendangan Hazard yang lolos dari kawalan Phil Jones dengan kakinya di awal pertandingan. Begitu juga tendangan jarak dekat Alonso pada babak kedua sukses dihentikan De Gea.

Sedangkan Courtois berulang kali menepis tendangan maupun sundulan dari pemain MU. Seperti yang dilakukan Rashford dan Phil Jones pada pertengahan babak kedua. Di babak kedua gawang Chelsea sempat kebobolan oleh gol Alexis Sanchez, sayang gol tersebut dianulir oleh wasit karena Sanchez telah terlebih dahulu offside.

images: instagram @bola_gila

Tendangan penalti yang menghasilkan satu-satunya gol di pertandingan itu didapatkan Chelsea pada menit ke 22. Saat itu Eden Hazard mencoba melakukan penetrasi ke kotak penalti MU. Bermaksud melakukan takel kepada Hazard, Jones justru tertinggal satu langkah. Kakinya pun mengenai kaki Hazard yang menyebabkannya terjatuh.

Meski sempat diprotes, wasit Michael Olivier tetap menunjuk titik putih. Dengan mudah Hazard menceploskan bola ke gawang De Gea. 1-0 untuk Chelsea dan itu bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

images: [email protected]

Untuk Chelsea gelar ini bisa dijadikan sebagai hiburan karena gagal mempertahankan gelar Liga Inggris yang mereka raih musim lalu. Di ajang Liga Champions sendiri anak asuh Antonio Conte ini hanya sanggup melangkah sampai babak 16 besar. Yang lebih menyedihkan lagi, Eden Hazard dkk hanya akan bermain di Liga Eropa musim depan karena hanya duduk di peringkat ke 5 di klasemen akhir.

images: instagram @officialchelseaindia

Sementara itu bagi Mourinho, kegagalan meraih trofi Piala FA menjadikan musim ini sebagai musim tanpa gelar bagi MU dan dirinya. Padahal biasanya Mourinho selalu memberikan kesuksesan pada setiap klub yang dilatihnya setidaknya pada musim kedua. Seperti yang dilakukannya di Chelsea (2014-2015) dan Real Madrid (2011-2012).

Dengan belanja yang dilakukannya awal musim lalu, rasanya cukup sia-sia kalau hanya menghasilkan Community Shield dan finish di peringkat kedua Liga Inggris. Namun meski tak bisa memberikan gelar kepada MU, setidaknya rumor pemecatan Mourinho tak begitu santer terdengar bila dibandingkan dengan rumor pemecatan Antonio Conte. Ah…mungkin masih rejekimu kali mblo…eh Mou..

Comments

comments