Connect with us

Piknik

Bukan Hanya Tentang Sepakbola, Tapi Barcelona Juga Terkenal Karena Eksotisme dan Romantisme di Tiap Sudut Kotanya

Published

on

images : pernikdunia.com

Mendengar kata Barcelona, tentu yang terbayang di pikiran kita adalah klub sepakbola FC Barcelona dengan mega bintangnya Lionel Messi.  Apalagi dibumbui dengan aroma El Classico melawan Real Madrid yang diperkuat Cristiano Ronaldo, seolah membuat kita lupa bahwa banyak hal menarik tentang kota yang berada di pantai timur Spanyol itu.

Barcelona adalah ibukota dari wilayah otonom Catalonia. Beberapa waktu yang lalu ramai diberitakan bahwa Catalonia akan menggelar referendum, yang nantinya akan menentukan apakah wilayah itu akan merdeka penuh ataukah tetap menjadi bagian dari pemerintahan Spanyol. Namun wacana menggelar referendum itu ditolak oleh pemerintah pusat di Madrid.

Kira-kira apa sih penyebabnya kenapa otoritas  Spanyol sampai tidak mau melepaskan Barcelona? Selain sepakbola, hal yang menonjol dari kota ini adalah keindahan tata kotanya. Suasana pesisir laut yang hangat membuat setiap orang di Eropa berkeinginan untuk berlibur disana. Predikat sebagai salah satu kota paling romantis di Eropa pun tersemat di kota ini.

Lalu sudut-sudut manakah di kota Barcelona yang eksotis dan romantis itu ? nih beberapa diantaranya :

Montjuic

images : www.adaptnetwork.com

Kalau kamu penikmat senja, maka Montjuic adalah tempat yang pas untuk menikmati romantika matahari terbenam . Diiringi alunan musik dan cahaya lampu kota yag mulai menyala akan semakin menambah suasana syahdu mengiringi kembalinya matahari ke peraduannya.

Taman Guell

images : www.globo-rojo.com

Mahakarya Antoni Gaudi ini merupakan salah satu ikon kota Barcelona. Keindahannya terletak pada keramiknya yang warna-warni dan berbagai macam batu yang digunakan untuk menyusun taman tersebut. Karena luasnya, mungkin kamu butuh waktu setengah hari untuk mengelilinginya.

Las Ramblas

images : d1bv4heaa2n05k.cloudfront.net

Kalau kamu ingin mencari souvenir, barang antik, makanan serta berbagai pernak-pernik tentang Barcelona, maka kamu wajib mengunjungi Las Ramblas. Selain itu ada juga hiburan semacam karnaval kostum dengan atribut yang menarik untuk para wisatawan.

Tibidabo

images : http://barcelonanavigator.i5me33nlgv.maxcdn-edge.com

Tibidabo adalah salah satu gunung yang paling sulit didaki di Barcelona. Namun segala kesulitan itu akan terbayar ketika sudah sampai di puncak. Dipuncaknya terdapat gereja tua yang akan membangkitkan nostalgia masa lalu dan taman bermain dengan aero plane-nya.

El Born

images : http://barcelona-home.com

Kalau Jakarta punya kota tua, maka Barcelona juga memilikinya di El Born. Bangunan-bangunan dikota ini sudah berumur ratusan tahun dan terlihat sangat eksotis. Karena itulah banyak pasangan yang melamar kekasihnya di sudut kota ini.

Barceloneta

images : www.welove-barcelona.com

Barceloneta merupakan salah satu pantai yang paling ramai dikunjungi di Barcelona. Selain dekat dari pusat kota, banyaknya acara hiburan yang ditawarkan ke wisatawan juga membuat pantai ini menarik untuk dikunjungi. Apalagi di kala senja, kerlap-kerlip lampu gedung-gedung tinggi di sekitar pantai akan semakin membuat kita tak mau beranjak dari Barceloneta.

Museum  Seni Catalonia

images : http://barcelona-home.com

Bagi kamu penggemar seni, adalah suatu kewajiban untuk mengunjungi Museu Nacional D’Art De Catalunya. Dibuka pada tahun 1934, museum ini telah memiliki kurang lebih 290 ribu objek. Yang terkenal adalah koleksi lukisan-lukisan gereja Katolik Roma yang dibuat pada abad ke 19 serta lukisan Gothic yang dibuat pada abad ke 13.

Estadio Camp Nou

imaes : http://4.bp.blogspot.com

Tidak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Barcelona tanpa singgah di salah satu tempat paling ikonik  ini. Yah, stadion ini adalah kandang kesebelasan FC Barcelona yang merupakan salah satu stadion terbesar didunia.  Ada berbagai fasilitas di stadion ini. Selain itu pihak klub juga menyediakan layanan tour stadion, agar kita lebih tahu tentang segala hal yang berhubungan dengan FC Barcelona.

Nah guys, tertarik untuk berlibur ke Barcelona ? kalau tertarik siapkan uang dulu yaa. Sebab berlibur ke luar negeri tentu butuh banyak biaya yang harus disiapkan. Kalau budget kamu pas-pasan jangan khawatir, di artikel selanjutnya hitsbanget.com akan berbagi tentang destinasi wisata dengan harga terjangkau.

Komentar

Hobi

Resep Praktis Membuat Mie Goreng Aceh Di Rumah

Published

on

Begitu luasnya Kepulauan Indonesia menjadikan negara ini kaya akan berbagai macam kuliner. Dari Aceh sampai Papua mempunyai sajian makanan khas yang tentunya unik dan menggugah selera. Dan salah satu kuliner nusantara yang terkenal akan kelezatannya adalah Mie Aceh, sajian berbahan dasar mie yang begitu kaya akan bumbu rempah. Bagaimana cara membuatnya ?

Berikut resepnya

img: bekasi.transjakarta.id

Bahan-bahan:

– 400 gram mi basah/kuning
– 150 gram daging kambing/sapi, potong dadu
– 750 ml kaldu sapi
– 150 gram udang basah
– 1 buah tomat, potong dadu
– 4 siung bawang putih
– 3 siung bawang merah
– 1 sdt cuka
– 2 sdm kecap manis
– 1 batang daun bawang
– 60 gram tauge
– 100 gram kol
– 1 sdm seledri
– 2 sdt garam.
– 3 sdm makan minyak goreng.

Bumbu halus:

– 5 buah bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 4 buah cabai merah
– 1 sdt jinten
– 4 butir kapulaga
– 1/2 sdm bubuk kunyit
– 1 sdt lada butir

Pelengkap:

– Kerupuk Udang
– Acar mentimun

img: craftlog

Cara membuat:

– Siapkan wajan dan panaskan sedikit minyak. Tumis bawang merah, bawang putih, dan bumbu halus lainnya hingga baunya harum.
– Masukkan daging kambing/sapi. Masak hingga berubah warna. Baru kemudian masukkan udang dan tomat. Aduk hingga rata.
– Masukkan kaldu, seledri, daun bawang, garam, dan cuka.
– Masukkan kol dan tauge. Aduk hingga rata. Lalu masukkan mie dan kecap manis.
– Aduk semuanya hingga mie matang sempurna.

Dan voillaaa !! Mi aceh sudah siap disajikan di atas piring. Selamat mencoba, ya!

Komentar
Continue Reading

Kuliner

Tips Agar Adonan Donat Cepat Kalis

Published

on

Buat kamu yang pernah membuat adonan donat pasti merasa jika proses menguleni adalah bagian terberat. Ya, agar donat bisa empuk maksimal maka kamu harus menguleni adonan donat hingga kalis/ tidak lengket. Menguleni adonan sampai kalis kadang cukup bikin tangan kita pegal, namun ternyata ada teknik mudah yang bisa dicoba lho ! Berikut beberapa tipsnya

img: resepkoki.id

  1. Tuangkan air sedikit demi sedikit pada adonan agar hasilnya tidak terlalu lembek.
  2. Gunakan teknik seperti mencuci baju setelah semua adonan tercampur rata. Layaknya seperti sedang mencuci baju dengan menggunakan tangan, kamu bisa menarik adonan lalu lipat ke arah kita beberapa kali.
  3. Selain itu adonan bisa juga dibanting-banting atau ditonjok-tonjok. Membuat adonan donat dengan teknik seperti ini cukup populer dalam membantu proses adonan bisa cepat kalis dan mulus.

Setelah adonan kalis, kamu bisa mendiamkannya untuk proses fermentasi. Saat adonan sudah mengembang sekitar dua kali lipat besar semula, adonan bisa dibagi jadi beberapa bagian kemudian diamkan lagi sekitar 10 menit. Baru setelah itu dicetak dan digoreng.

Bagaimana, mudah sekali bukan ? Selamat mencoba !

Komentar
Continue Reading

Hobi

Empat Destinasi Wisata Menarik di Penajam Paser Utara

Published

on

Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara tengah ramai diperbincangkan warganet lantaran disebut Presiden Jokowi sebagai lokasi Ibukota yang baru. Dua kabupaten yang berada di Kalimantan Timur tersebut dianggap paling layak sebagai lokasi Ibukota yang baru antara lain karena letaknya yang strategis berada di tengah-tengan nusantara dan juga merupakan lokasi yang minim bencana.

Selain minim resiko bencana, ternyata Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) juga memiliki berbagai potensi alam yang dijadikan sebagai destinasi wisata. Berikut selengkapnya

  1. Pantai Sipakario (Nipah-Nipah)

    img: hotelkuy.id

    Pantai Sipakario disebut juga dengan “Pantai Nipah-nipah”. Pabtai ini terletak sangat strategis karena berada tepat di teluk Balikpapan sehingga pada malam hari wisatawan dapat melihat gemerlap lampu-lampu Kota Balikpapan. Dari pusat pemerintahan Pemerintahan Kabupaten Penajam Paser Utara, Pantai ini hanya berjarak 8 km. Untuk menuju Pantai Sipakario (Nipah-nipah), kamu dapat menggunakan angkot dari Terminal PPU Petung. Namun jika dari Bandara Balikpapan, perjalanan dilanjutkan ke pelabuhan Semayang Balikpapan menggunakan angkot sekitar 30 menit. Kemudian menyeberang menggunakan kapal ke pelabuhan Penajam. Setelah mendarat, dilanjutkan menggunakan angkot lagi menuju Pantai Nipah-nipah sekitar 10 menit.

    Selain terkenal dengan keindahannya, Pantai Nipah-nipah juga terkenal akan pagelaran hiburan rakyat berupa pagelaran seni budaya, Festival Layang- layang serta Festival Miniatur Perahu Layar yang dilaksanakan setiap tahun pada libur Idul Fitri.

  2. Ekowisata Mangrove Penajam

    img: kabupatensolok1997.blogspot.com

    Pulau Kalimantan terkenal dengan kekayaan vegetasinya, salah satunya adalah hutan Mangrove. Dan hutan mangrove di PPU tak hanya sebagai penjaga keseimbangan ekosistem saja, namun dikelola sebagai destinasi wisata menarik. Terletak di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Penajam, Hutan Mangrove ini memiliki sebuah jembatan yang harus dilalui pengunjung jika ingin menikmati keindahan alamnya. Dan jika beruntung, kamu bisa melihat dari dekat hewan-hewan yang hidup di sekitar kawasan mangrove.

  3. Air terjun Tembinus

    img: picgra.com

    Wisata alam lain yang tak kalah eksotis adalah air terjun Tembinus atau biasa disebut juga air terjun Niagara Tembinus. Sobat spaneng akan menikmati sejuknya air pegunungan yang tersembunyi di balik Hutan Kabupaten PPU. Untuk menuju tempat ini, kamu harus menempuh perjalanan selama 3 jam dari Kota Kabupaten, dan hanya ramai pada Sabtu dan Minggu. Selain itu, pengunjung hanya diperbolehkan untuk menikmati pesona Air Terjun Tembinus hanya sampai pukul 16.00.

  4. Penangkaran Rusa Penajam

    img: tribun kaltim

    Masih berupa wisata alam, kali ini adalah destinasi wisata bernama Penangkaran Rusa Penajam, dimana kamu bisa menyentuh dan memberi makan Rusa secara langsung. Rusa-rusa yang berada di penangkaran ini adalah jenis rusa sambar dan rusa timor. Lokasi penangkaran rusa seluas 50 hektare ini, menampung sekitar 200 ekor rusa.

Bagaimana, sobat spaneng siap mengexplore calon Ibukota yang baru ?

Komentar
Continue Reading

Trending