Hits Banget, Kuliner

Berkenalan Dengan Sate Kere, Kuliner Khas Solo yang Jadi Hidangan di Pernikahan Kahiyang Ayu

Kalau kamu datang ke resepsi pernikahan maka salah satu menu yang ditawarkan adalah sate, bisa sate ayam, sate sapi, sate kambing, sate kelinci bahkan sate kuda. Namun untuk hajatan putri Presiden Jokowi Kahiyang Ayu 08 November mendatang, menu yang disajikan adalah sate kere. Yah, sate kere adalah kuliner khas dari kota Solo.

Berbeda dari sate yang kebanyakan terbuat dari daging, sate kere ini terbuat dari bahan dasar tempe gembus (ampas tahu). Dinamakan sate kere karena dulunya sate yang berbahan dasar daging hanya mampu dinikmati oleh orang kaya. Karena itulah mereka yang tidak mampu lantas mengolah ampas tahu hinga berbentuk menyerupai daging lalu membentuknya seperti sate.

Setelah dibakar kemudian diberi campuran bumbu kacang, jadilah ampas tahu itu berasa seperti sate pada umumnya. Seiring berkembangnya zaman, kuliner ini lantas bertambah populer. Untuk menambah variasi, beberapa pedagang sate kere lantas menambahkan jeroan seperti hati dan usus.

Untuk pernikahan Kahiyang, Presiden Joko Widodo memesan setidaknya 4000 porsi sate kere dari seorang pedagang bernama yu Ngatmi dan yu Tugiyem yang merupakan warung langganan keluarga Jokowi sejak menjadi walikota Surakarta. Jangan kamu bayangkan warung itu berbentuk bangunan besar seperti rumah makan atau restoran yang berada di pinggir jalan utama. Warung yang terletak di kawasan Jebres Solo itu  bentuknya hanyalah gerobak seperti pedagang kaki lima pada umumnya.

Meskipun demikian warung sate yu Ngatmi itu selalu ramai pembeli. Untuk pernikahan Kahiyang nanti, yu Ngatmi akan menyajikan 2000 porsi untuk acara di pagi hari dan 2000 porsi lagi untuk acara di malam hari. Tiap porsinya akan berisi 7 tusuk sate yang berisikan daging sapi, tempe gembus, tempe kedelai, serta jeroan yang dipadukan dengan lontong dan dicampuri dengan bumbu kacang.

bahan-bahan via borobudurnews.com
sedang dipanggang via akurat.co
siap dinikmati via http://mbokrumi.blogspot.co.id

Nampak lezat bukan? Harga per porsi sate ini Rp 25.000. Kalau kamu berminat jangan lupa mampir ke warung yu Ngatmi kalau sedang berkunjung ke Solo dan rasakan kelezatan sate kere ini.

Comments

comments