Connect with us

Bola

Berkenalan Dengan Islandia, Negara Terkecil yang Lolos ke Piala Dunia

Published

on

images : http://offside.co.id

Masih ingat dengan selebrasi thunderclap saat Islandia mengalahkan Inggris di babak 16 besar Piala Eropa tahun lalu? Rasa-rasanya baru tahun kemarin G.Sigurdsson dkk mengejutkan Eropa dengan mencapai perempatfinal Piala Eropa. Namun saat ini mereka memberikan kejutan yang lebih besar yakni dengan lolos ke piala dunia untuk pertama kalinya.

Islandia memastikan tempatnya di Rusia tahun depan setelah tampil sebagai juara grup 1 zona Eropa, unggul atas nama-nama besar seperti Kroasia, Ukraina, serta Turki. Selama kualifikasi, Islandia mencatatkan rekor 7 kali menang, 2 kali imbang dan hanya 1 kali menelan kekalahan.

Mengembangkan sepakbola di cuaca ekstrem

images : i.ytimg.com

Letak geografis Islandia yang dekat dengan kutub utara membuat negara tersebut memiliki cuaca yang ekstrem. Saat musim dingin suhu di Islandia berada di kisaran 0 sampai -10 derajat celcius. Bahkan di bulan Desember suhu itu akan turun lagi hingga mencapai -25 derajat celcius. Dengan cuaca seperti itu, hampir mustahil sepakbola bisa dimainkan disana sepanjang tahun.

Namun hal itu tidak menyurutkan langkah pemerintah untuk memajukan sepakbola. Federasi sepakbola Islandia KSI diberikan program jangka panjang agar negara kecil itu sanggup berbicara di ajang sepakbola. Hal pertama yang dilakukan pun adalah memperbaiki sarana serta prasarana pendukung sepakbola.

Sejak tahun 2003, pemerintah Islandia telah membangun setidaknya 6 lapangan indoor dengan kualitas terbaik. Ditambah lagi dengan 20 lapangan buatan serta 130 lapangan mini untuk sekolah-sekolah perlahan tapi pasti membuat sepakbola menjadi olahraga yang sangat digemari di Islandia.

Untuk menghasilkan pemain berkualitas, maka dibutuhkanlah pelatih berkualitas. Karena itu sejak tahun 2003 KSI bekerjasama dengan UEFA mengadakan pelatihan lisensi untuk pelatih-pelatih di Islandia. Hasilnya Islandia memiliki setidaknya 165 pelatih berlisensi UEFA A dan 520 pelatih berlisensi UEFA B.

Mempermudah transfer pemain

images : dailystar.co.uk

Merasa bahwa liganya masih kurang berkualitas, Islandia pun membuat kebijakan dengan kontrak jangka pendek untuk pemain-pemainnya. Hal ini dimaksudkan agar tidak menyulitkan si pemain kalau ingin pindah ke klub ataupun liga lain yang lebih besar.

Dulu mungkin kita hanya mengenal nama Eidur Gudjonsen, yang malang melintang bersama Chelsea dan Barcelona. Namun saat ini, kita tentu tak asing dengan nama-nama yang berakhiran –son di liga-liga eropa. Ya, mereka adalah orang Islandia. Sebut saja contohnya adalah G. Sigurdsson yang bermain untuk Everton ataupun Emil Halfredsson yang membela Udinese.

Semakin banyak pemain yang bergabung dengan liga-liga Eropa di luar Islandia, akan semakin bagus pula untuk timnas Islandia itu sendiri. Setidaknya dengan kompetisi yang berkualitas akan melahirkan pula pemain yang berkualitas.

Mengejutkan Eropa

images : theweek.co.uk

Dengan populasi penduduk yang hanya 350.000 jiwa, membuat negara ini termasuk salah satu negara terkecil di dunia. Penduduk yang sedikit ditambah lagi dengan cuaca yang ekstrem tampaknya tidak menurunkan semangat negara ini untuk mengukir sejarahnya di dunia, khususnya di ajang sepakbola.

Sebenarnya Islandia nyaris tampil di Brasil 2014 lalu. Sayangnya di babak play-off zona Eropa, anak asuh Lars Lagerback ini harus takluk dari Kroasia dengan agregat 2-0. Meski gagal, setidaknya hal itu sudah membuktikan bahwa persepakbolaan negeri es itu tengah dalam proses kebangkitan. Dan itu mereka buktikan dengan keberhasilannya lolos di Piala Eropa 2016.

Islandia berada satu grup dengan Portugal, Austria, dan Hungaria. Sebuah kejutan, mereka berhasil finish di posisi kedua dan memastikan tempatnya di babak 16 besar. Lawan yang mereka hadapi adalah Inggris. Negara tempat dimana sepakbola pertama kali dimainkan, home of football.

Sempat tertinggal oleh gol Wayney Rooney, Islandia akhirnya berhasil membalikkan keadaan setelah Ragnar Sigurdsson dan Kolbein Sigthorsson bergantian menjebol gawang Joe Hart. Islandia pun melaju ke perempatfinal, tentu saja setelah selebrasi thunderclap yang terkenal itu. Sayangnya keperkasaan armada viking ini harus berakhir ditangan tuan rumah Prancis. Aron Gunnarsson dkk harus takluk dengan skor 5-2.

Pasca Piala Eropa, Lars Lagerback memutuskan untuk pensiun. Estafet pelatih Islandia pun diberikan kepada asistennya Halgrimsson. Dengan metode kepelatihan yang tidak jauh berbeda dengan Lagerback, kini Halgrimsson telah membawa Islandia ke sejarah barunya, tampil di Piala Dunia 2018.

Hasil tidak akan mengkhianati sebuah proses. Kini negara dengan populasi sedikit itu akan mendengarkan lagu kebangsaannya dikumandangkan di ajang sepakbola terbesar di seluruh dunia tahun depan nanti. Kita nantikan saja apakah thunderclap akan tersaji di Rusia nanti.

Komentar

Bola

5 Pemain Sepak Bola Berikut Jajal Peruntungan Jadi Youtuber

Published

on

Pekerjaan sebagai youtuber atau content creator kini tak dapat dipandang sebelah mata, karena mereka bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah yang tak sedikit dari konten-konten didalamnya . Terlebih jika jumlah viewer dan subscriber yang menembus angka jutaan atau bahkan puluhan juta, maka bisa dipastikan kamu sudah menjadi jutawan dadakan!

Di Indonesia sendiri, menjajal kemampuan sebagai seorang youtuber kini tak hanya digandrungi para selebriti saja melainkan juga para pemain sepak bola lho. Lantas, siapa saja mereka ? berikut selengkpnya

  1. Atep Ahmad Rizal.

    img: www.youtube.com

    Mantan gelandang Persib, Atep Ahmad Rizal mulai jajal kemampuannya menjadi seorang youtuber sejak dua tahun silam. Melalui channelnya yang diberi nama Atep TV, pemain yang kini membela Mitra Kukar tersebut kerap membagikan kegiatan kesehariannya baik tentang sepakbola atau kesibukan yang lain.Karena termasuk konsisten dalam mengunggah konten, channel Atep TV kini sudah berhasil meraih sebanyak lebih dari 75 ribu subscriber.

  2. Hamka Hamzah.

    img: www.youtube.com

     Kapten klub bola Arema FC, Hamka Hamzah pun tengah menikmati profesi barunya sebagai youtuber. Lewat channel youtube-nya yang diberi nama Hamka Story 23, Hamka kerap berbagi pengalaman dan kesehariannya sebagai pemain bola termasuk kebiasaannya sebelum bertanding.Hingga saat ini channel Hamka Story 23 telah memiliki hampir 100 ribu subscribers dari puluhan video yang telah dia unggah.

  3. Kurnia Meiga.

    img: www.youtube.com

    Tak mau kalah dengan senior-seniornya, kiper timnas inipun juga menjajal peruntungan menjadi seorang youtuber sejak 2017 silam. Meskipun terbilang baru, pemain klub Arema ini sudah memiliki lebih dari 36 ribu subscribers dari 8 video yang diunggahnya.Lewat channel miliknya itu, Kurnia Meiga sering membagikan vlog mengenai kehidupan pribadi serta kesehariannya sebagai pemain sepakbola.

  4. Rio Ferdinand.

    img: www.youtube.com

    Tak hanya dari dalam negeri, pemain Internasional sekelas Rio Ferdinand pun juga turut meramaikan jagad per-YouTube-an bahkan sejak 2009 silam, maka tak heran jika Rio sudah memiliki hampir 600ribu subscriber.Sesuai dengan profesinya, channel yang diberi nama Rio Ferdinand Presents FIVE ini sering mengunggah konten video seputar dunia sepak bola.

Itulah empat pemain sepak bola yang mempunyai YouTube Channel pribadi, jangan lupa like, subscribe, dan comment ya ! hehe

 

Komentar
Continue Reading

Bola

Jadwal Lengkap Boxing Day Liga Inggris 2019

Published

on

By

Berbeda dari kebanyakan liga-liga di Eropa yang meliburkan kompetisinya saat Natal dan Tahun Baru, Liga Inggris justru sedang “panas-panasnya” dipenghujung Desember dan awal Januari. Bahkan tepat ditanggal 26 Desember, laga-laga panas bertajuk Boxing Day akan digelar secara serentak di negeri Ratu Elizabeth itu.

Untuk laga Boxing Day Liga Inggris tahun 2019 ini, ada empat waktu kickoff yang sudah ditetapkan oleh pihak Premier League. Yang paling siang adalah pukul 12.30 waktu setempat, dilanjutkan pukul 15.00, 17.30 dan paling malam 20.00.

Berikut adalah jadwal lengkap Boxing Day Liga Inggris 2019. Waktu yang ditampilkan adalah waktu kick off di Inggris.

Kamis, 26 Desember 
Tottenham vs Brighton (12:30)
Aston Villa vs Norwich (15:00)
Bournemouth vs Arsenal (15:00)
Chelsea vs Southampton (15:00)
Crystal Palace vs West Ham (15:00)
Everton vs Burnley (15:00)
Sheffield United vs Watford (15:00)
Manchester United vs Newcastle (17:30)
Leicester vs Liverpool (20:00)

Jumat, 27 Desember 
Wolves vs Manchester City (19.45)

Meskipun tidak ada laga yang tergolong bigmatch, tapi Boxing Day tetaplah menyimpan pesona tersendiri. Pasalnya hampir seluruh perhatian penikmat bola akan tertuju ke Liga Inggris saja. Apalagi sejarah sudah membuktikan bahwa kesebelasan yang mampu melewati periode ketat saat Natal dan Tahun Baru dengan hasil positif maka kesebelasan itulah yang akan menjuarai Liga Inggris di akhir musim.

Liverpool musim lalu bisa menjadi contohnya. Banyak mendapat hasil imbang membuat selisih 7 poin dengan Manchester City berhasil dipangkas oleh David Silva dkk untuk kemudian menjadi juara di akhir musim.

 

Komentar
Continue Reading

Bola

Terancam Demo Besar-besaran, Laga El Clasico Barcelona-Real Madrid Resmi Ditunda

Published

on

By

Menurut jadwal yang sudah dirilis La Liga, Sabtu 26 Oktober 2019 mendatang Barcelona akan menjamu Real Madrid di Camp Nou. Laga El Clasico jilid pertama musim 2019-2020 ini diprediksi akan berlangsung sengit dan keras. Kedua kesebelasan tersukses di Spanyol itu saling berhimpitan di papan klasemen sementara.

Namun baik Madridista ataupun Barcelonista nampaknya harus bersabar untuk menantikan laga super bigmatch itu. Pihak federasi sepakbola Spanyol, RFEF memutuskan untuk menunda laga Barcelona vs Real Madrid karena alasan keamanan. Yah, hampir mirip dengan pelaksanaan liga di negara kita.

Adanya penahanan terhadap 9 aktivis pro kemerdekaan Catalunya menimbulkan dampak yang besar bagi kawasan yang sering mengobarkan semangat untuk terlepas dari Spanyol itu. Rencananya, dihari yang sama dengan pelaksanaan el clasico, akan diadakan demonstrasi besar-besaran di kota Barcelona.

Oleh karena itulah pihak RFEF memutuskan untuk menunda laga yang akan berlangsung di Stadion Camp Nou tersebut. Pernyataan ini diumumkan lewat akun twitter resmi RFEF.

Keputusan mengenai tanggal pengganti, diserahkan kepada pihak Barcelona dan Real Madrid sendiri. Akan tetapi apabila sampai hari Senin tanggal 21 Oktober 2019 tak ada jawaban, maka tanggal pengganti akan ditetapkan oleh pihak RFEF.

Sebelumnya pihak La Liga berencana memindahkan laga el clasico dari stadion Camp Nou ke stadion Santiago Barnebau. Baik pihak Barcelona ataupun pihak Real Madrid tidak menyetujui hal tersebut. Akhirnya RFEF selaku federasi turun tangan untuk membantu memberikan solusi atas permasalahan itu.

Harap bersabar yaa…..

Komentar
Continue Reading

Trending