Connect with us

Uncategorized

Beberapa Alternatif Pekerjaan Freelance Sembari Menunggu Panggilan Kerja. Anak Fresh Graduate Wajib Tau Nih!

Published

on

Setelah lulus kuliah mau ngapain? Mungkin itu adalah salah satu pertanyaan yang sudah ditanyakan sebanyak 3456 kali kepada kamu yang hampir lulus kuliah. Memang benar, dengan wisuda kamu akan bebas dari cengkeraman dosen pembimbing skripsi namun disisi lain kamu juga akan memulai babak baru yaitu seorang Job Seeker atau pencari kerja. Sembari menunggu panggilan kerja tentunya akan lebih baik jika kamu mencoba pekerjaan freelance untuk mengisi waktu. Berikut berbagai pekerjaan freelance yang bisa kamu coba!

  1. Driver online. Dengan adanya aplikasi ojek/ taksi online kini profesi supir/ tukang ojek tak lagi dipandang sebelah mata. Bahkan banyak generasi muda yang mempunyai waktu luang mulai menjajal profesi ini dan ternyata hasilnya cukup menggiurkan lho! Tak heran sekarang profesi driver online termasuk yang paling banyak diincar kaum pengangguran. Kamu berminat ?

    genmuda.com

  2. Pemandu wisata. Jika kamu mempunyai kemampuan berbicara yang cukup baik dan berwawasan luas tentang kepariwisataan, tak ada salahnya lho mengisi waktu luangmu dengan menjadi seorang guide! Piknik tapi digaji, siapa yang bisa nolak coba?

    source: see antalya

  3. Guru les privat. Apapun jurusan kuliahnya, jika sekedar mengajar privat anak SD pasti bisa kan? Coba kalau sehari 3 siswa, kalau seminggu full bisa 21 siswa dikalikan Rp 30.000 setiap anak, seminggu Rp 630.000. Sebulan bisa Rp 1.890.000! Banyak juga ya?

    sejasa.com

  4. Fotografer/ videografer. Daripada punya kamera tapi dianggurin, lebih baik dimanfaatkan untuk mencari rezeki. Semisal foto acara ulang tahun, hajatan, atau bahkan pre wedding. Agar job mu semakin bertambah banyak, sering-seringlah ikut meet up komunitas fotografi. Selain bertambah kenalan, tentunya ilmu seputar fotografimu semakin bertambah.

    jawaban.com

  5. Berjualan online. Pekerjaan ini adalah yang paling simpel, karena kamu hanya bermodalkan smartphone dan paket internet. Sekarang ini berjualan online ada banyak sekali macamnya, kamu bisa berjualan lewat media sosial ataupun melalui marketplace seperti bukalapak, tokopedia, dll. Tanpa modal besar, tidak repot mengirimkan paket & menghasilkan uang. Kamu mau?
  6. Penulis. Jika kamu memiliki talenta dalam menulis, jangan sia-siakan begitu saja karena itu salah satu lahan rezeki! Karena ternyata penulis lepas adalah salah satu profesi yang paling banyak dicari lho. Untuk info lowongan pekerjaan yang satu ini kamu bisa cari lowongan lewat internet, salah satunya lewat forum jual beli online dan forum menulis disana akan ada banyak lowongan untukmu.
Komentar
Continue Reading

Uncategorized

Persiapkan Dengan Baik! Pemerintah Umumkan Rekrutmen CPNS 2018

Published

on

By

Pemerintah akan melaksanakan pengadaan CPNS Tahun 2018 dengan rincian  alokasi 238.015 lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Kebutuhan terbagi menjadi untuk instansi pusat (51.721 lowongan) dan instansi daerah (186.744 lowongan). Seperti yang dikutip dari menpan.go. id

“Proporsi terbesar formasi CPNS tahun ini adalah untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis yang saat ini masih kurang, antara lain tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, serta tenaga yang memiliki kualifikasi teknis di bidang infrastruktur sesuai dengan program Nawacita,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin, pada acara Rapat Koordinasi Penyampaian Rincian Penetapan Kebutuhan Formasi PNS dan Persiapan Pengadaan CPNS Tahun 2018 di Komplek Bidakara, Jakarta, Kamis (06/09).

Pengadaan CPNS Tahun 2018 ini direncanakan akan membuka 238.015 formasi. 51.271 formasi untuk instansi Pemerintah Pusat  (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda)

Peruntukan instansi Pemerintah Pusat terdiri dari :

  1. Jabatan Inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi
  2. Guru Madrasah Kementerian Agama yang bertugas di Kabupaten/Kota sebanyak 12.000 formasi
  3. Dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi.

Adapun peruntukan instansi Pemerintah Daerah terdiri dari :

  1. Guru Kelas dan Mata Pelajaran sebanyak 88.000 formasi
  2. Guru Agama sebanyak 8.000 formasi
  3. Tenaga Kesehatan sebanyak 60.315 formasi
  4. (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, dan Tenaga Medis/Paramedis)
  5. Tenaga Teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi.

Penetapan formasi khusus pengadaan CPNS Tahun 2018 terdiri dari Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS.

Untuk persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh setiap calon pelamar disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Teknis pendaftarannya dilakukan serentak secara daring/online oleh Panitia Seleksi Nasional yang secara teknis dikoordinasikan oleh Badan Kepegawaian Negara melalui portal pendaftaran daring/online (sscn.bkn.go.id). Calon pelamar hanya diperbolehkan mendaftar pada satu instansi pemerintah dan satu formasi jabatan.

Jadwal pelaksanaan pengadaan CPNS Tahun 2018 direncanakan mulai bulan September 2018. Diawali dengan tahap pengumuman, pendaftaran dan verifikasi administrasi pada minggu kedua September sampai dengan minggu kedua Oktober 2018. Pelaksanaan seleksi pada minggu ketiga Oktober 2018 (SKD dan SKB). Pengumuman kelulusan pada minggu keempat November 2018. Sedangkan tahap pemberkasan dimulai pada bulan Desember 2018.

Masyarakat diminta memantau informasi mengenai rekrutmen CPNS ini melalui situs Kementerian PANRB yakni

  1. go.id
  2. http://www.bkn.go.id/
  3. bkn.go.id.
Komentar
Continue Reading

Uncategorized

Siapkan Lensamu! Gerhana Bulan Total Akan Sambangi Indonesia di Penghujung Bulan Juli

Published

on

By

images: rilitas.com

Untuk kamu yang hobi berburu foto ataupun video gerhana, tampaknya kamu harus mulai menyiapkan lensamu. Sebab di penghujung bulan Juli nanti Indonesia akan disambangi gerhana bulan total. Tidak tanggung-tanggung, gerhana bulan total yang akan terjadi tanggal 28 Juli nanti diprediksi akan mencapai durasi yang sangat lama, yakni 6 jam 14 menit.

Gerhana bulan total akhir Juli nanti merupakan yang kedua terjadi pada tahun ini. Sebelumnya pada tanggal 31 Januari 2018 lalu negara kita juga mengalami gerhana bulan total.

Namun terdapat perbedaan antara keduanya. GBT yang terjadi di akhir Januari lalu disebut sebagai super blue blood moon. Sedangkan yang akan terjadi di akhir Juli nanti akan disebut sebagai minimoon.

images: uzone.id

Lantas apa perbedaan spesifiknya? Secara mudah supermoon terjadi karena Bulan akan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi (perigee), sehingga tampak 14% lebih besar dan 30% lebih terang dari biasanya. Sedangkan minimoon terjadi ketika bulan berada pada titik terjauh (apogee) dari bumi, sehingga akan terlihat lebih kecil dari biasanya.

Biasanya jarak bumi dengan bulan diperkirakan sejauh 384.400 km. Akan tetapi saat minimoon terjadi nanti jaraknya akan menjauh menjadi 406.100 km. Selain warna bulan yang kekuningan, juga akan ada semburat warna biru dari cahaya matahari oleh molekul-molekul ozon.

Jadi bisa dibilang kita akan menyaksikan mini blue blood moon. Gerhana bulan total yang akan terjadi juga akan menjadi gerhana bulan total paling lama di abad ini.

images: budayajawa.id

Di beberapa daerah fenomena gerhana bulan sering dianggap sebagai mitos bahwa bulan sedang dimakan raksasa. Karena itu jangan heran kalau kamu yang tinggal di desa-desa akan mendengar suara kentongan dipukul berkali-kali. Harapanya sederhana, biar raksasa yang memakan bulan segera mengeluarkannya kembali.

Biasanya gerhana bulan berlangsung tidak lama. Tapi kalau nanti benar terjadi selama 6 jam 14 menit maka siap-siap saja dengar suara kentongan hampir satu malam. Yah, jangan merasa terganggu ya. Anggap saja sekalian ngeronda. Toh peristiwa gerhana bulan yang durasinya ber jam-jam juga jarang terjadi.

So….sudah siap kan kamera sama lensanya? Jangan sampai ketiduran atau kelupaan yaa.

 

Komentar
Continue Reading

Uncategorized

Pernah Mimpi Terjatuh dari Ketinggian lalu Bangun dengan Tersentak ? Ternyata Begini Penjelasannya

Published

on

Beberapa diantara kita mungkin pernah mengalami mimpi terjatuh dari ketinggian dan kemudian bangun dengan kaget tersentak. Ada yang bilang mimpi adalah bunga tidur, termasuk mimpi buruk. Namun para ilmuwan dan pakar mimpi ada masing-masing arti untuk setiap mimpi yang dialami, termasuk mimpi jatuh dari ketinggian. Lantas apa makna dari mimpi tersebut ? Berikut penjelasannya.

1. Sedang stress dan frustasi

Dalam penelitian terbarunya tentang mimpi buruk, Universitas Cardiff menemukan bahwa mimpi jatuh dari ketinggian bisa berarti seseorang sedang merasa stress dan frustrasi. Studi dalam jurnal mimpi mengemukakan bahwa dengan bantuan terapi, perasaanmu akan menjadi lebih baik dan memperbaiki mood kamu sehingga secara perlahan kamu bisa melepaskan mimpi-mimpi buruk, termasuk mimpi terjatuh.

2. Kamu takut kehilangan sesuatu

Mungkin kamu sedang berada dalam situasi yang tertekan yang lepas dari kontrol kendalimu, dan kamu tak ingin hal-hal di sekitarmu menjauh darimu. Jika kamu bisa menyelesaikan masalah ini, mimpi terjatuh tak akan terulang lagi.

3. Reaksi alami tubuh

Terkadang tubuhmu seakan terkejut sendiri seperti dalam keadaan akan terjatuh. Sontak kamu pun bangun dan tersadar dari tidur sejenak karena rasa kaget ini, tapi kemudian kamu bisa kembali tidur. Hal ini sangatlah wajar, karena dalam keadaan tidur, tubuhmu berusaha untuk rileks, terkadang otot yang sering bergerak secara spontan akan tersentak atau berkedut.

4. Butuh dukungan dari orang lain

Setiap orang pasti butuh seseorang sebagai tempat mencurahkan perasaannya. Seseorang yang menjadi pendukung di setiap situasi kehidupanmu, baik itu teman, ataupun keluarga. Kamu pun begitu, tapi sayangnya tak ada seorang pun di sampingmu sehingga kamu merasa sangat kesepian. Karena kamu tidak tahan dengan kesendirian dan kesepian ini, perasaan tersebut terbawa ke dalam mimpi.

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.