Gadget

Aplikasi ini Wajib Terinstal Di Handphone Kamu ,Saat Terjadi Bencana

Cuaca yang kurang bersahabat di Indonesia akhir kahir ini berujung pada kondisi alam yang menjadi tidak biasa, seperti hujan yang tak kunjung reda, Angin kencang bahkan banjir yang melanda. Buat kamu pengguna ponsel pintar tidak salah jika kamu memiliki beberapa aplikasi yang tentunya bisa membantu kamu lebih siap jika sewaktu waktu terjadi bencana atau menghadapi situasi alam yang kurang baik.

Beberapa aplikasi mulai dari ramalan cuaca, sumber bencana bahkan sampai pertolongan bisa kamu ketahui dari beberapa aplikasi yang tentunya bisa kamu donwload dan instal di smartphone kamu.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu unduh dan tentunya berguna di saat menghadapi cuaca yang tidak bersahabat.

  1. Aplikasi BMKG

    Image : BMKG. go .id

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika punya aplikasinya sendiri yang ditujukan ke masyarakat luas. BMKG adalah badan yang bertanggung jawab atas informasi cuaca di langit Indonesia. Dalam aplikasi mereka, terdapat beberapa fitur yang memuat informasi soal cuaca bandara, titik gempa terbaru, cuaca maritim, dan kualitas udara suatu kota.

  1. Aplikasi Siaran Radio

    Image : RRI. co.id

Informasi adalah barang penting di situasi menghadapi bencana. Radio sebagai media informasi punya kelebihan di situasi tersebut. Meskipun di penyedia aplikasi banyak berbagai aplikasi siaran radio,akan tetapi lebih dianjurkan untuk mendonwload aplikasi siaran lokal saja Misalnya Siaran RRI  , karena kamu bisa mendapat informasi resmi dari pemerintah atau badan terkait bencana yang sedang terjadi

  1. Aplikasi Siaga Bencana

    Image : BNPB. go. id

Aplikasi ini khusus untuk menghadapi berbagai macam bencana dari PMI. Aplikasi tersebut mengajak kamu untuk memahami langkah langkah sebelum dan ketika bencana sedang terjadi seperti penanggulangan, cara evakuasi dll

 

  1. Aplikasi Zello, aplikasi walkie-talkie

    Image : Google

Belajar dari  bencana badai Harvey dan Irma, Aplikasi Zello disebut-sebut sebagai aplikasi yang paling populer ketika bencana tersebut menerjang sejumlah wilayah di Amerika Serikat.
Zello memiliki beberapa fungsi, sebagai alat komunikasi seperti walkie-talkie dan sebagai radio dua arah. Aplikasi ini juga punya fitur kanal yang menjadi tempat para pengguna berbagi informasi kebencanaan yang mereka alami.

Keunggulan Aplikasi ini  dibanding alat komunikasi lainnya adalah ia tetap bisa berfungsi sekalipun sinyal ponsel melemah. Bahkan aplikasi ini diklaim dapat bekerja dengan jaringan 2G.

  1. Aplikasi First Aid

    Image : PMI.or.id

First Aid adalah aplikasi lain yang dibuat oleh PMI Palang Merah Indonesia. Di dalam aplikasi ini banyak memuat tutorial pertolongan pertama, mulai dari penanganan alergi, serangan penyakit ganguan pernafasan, pendarahan, patah tulang dll

Dalam Aplikasi First Aid memuat informasi menghadapi situasi bencana dan perlengkapan yang sebaiknya kamu siapkan.

  1. Aplikasi Peta / Maps

    Image : Google

Aplikasi Google maps merupakan aplikasi populer untuk mengakses peta dari perangkat handphone kamu. Peta merupakan salah satu kebutuhan penting ketika bencana yaitu untuk menentukan jalur evakuasi pada saat terjadi bencana. Aplikasi Google Maps punya kemampuan mengunduh peta suatu tempat ke dalam bentuk offline, sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika jaringan telekomunikasi terputus.

 

Comments

comments