Connect with us

Gadget

Fitur Baru WhatsApp , Admin Grup WhatsApp Bisa Membatasi percakapan Anggotanya

Published

on

Dikutip dari Daily Mail, Minggu (3/12/2017), fitur anyar dari whatsapp ini diberi nama ‘Restricted Group’. Nantinya, hanya admin dari grup tersebut yang dapat mengirimkan pesan, sedangkan anggota lain hanya dapat membacanya.

Keberadaan fitur ini pertama kali diketahui dari WABetaInfo yang menemukannya di versi beta WhatsApp. Tak hanya mengirim pesan teks, anggota lain juga tak dapat mengirimkan gambar, video, GIF, termasuk voice messages.

Saat fitur ini aktif, akan ada notifikasi yang muncul di percakapan. “(Nama admin) hanya mengizinkan admin yang dapat mengirim pesan di grup ini,” tulis notifikasi yang akan diterima pengguna saat fitur ini aktif.

Menurut WABetaInfo, fitur ini kemungkinan dihadirkan untuk membantu admin grup saat sedang mengumumkan atau menulis sesuatu yang penting. Dengan demikian, pesan tersebut tak akan terganggu pesan dari anggota lain.

Apabila anggota lain ingin menuliskan sesuatu di grup ini, ia dapat menghubungi admin terlebih dulu melalui tombol ‘Message’ yang sudah disediakan.

Kendati demikian, kemampuan pembatasan ini tak berlaku permanen. Seorang admin hanya dapat menyetel pembatasan hingga kurun waktu 72 jam.

Untuk sekarang, fitur ini tengah diuji coba dalam versi WhatsApp beta di iOS dan Android. Sayangnya, belum dapat dipastikan kapan aplikasi milik Facebook itu akan merilis pembaruan ini.

Celah di WhatsApp untuk Baca Kebiasaan Pengguna

Di samping itu, meski sudah mengusung fitur enkripsi, temuan terbaru software engineer bernama Robert Heaton berhasil mengungkap celah keamanan di aplikasi milik Facebook tersebut. Ia menemukan celah yang memungkinkan pihak ketiga memantau kebiasaan pengguna WhatsApp.

Lewat celah keamanan ini orang lain dapat mengetahui kebiasaan saat memakai WhatsApp dan waktu tidur mereka. Untuk melakukannya, Heaton memanfaatkan informasi status online dan last seen seseorang.

Sekadar informasi, fitur last seen memungkinkan orang lain untuk mengetahui terakhir kali pengguna WhatsApp online. Fitur ini sebenarnya dapat diatur sesuai preferensi pengguna, tapi informasi mengenai seseorang tengah online tak dapat disembunyikan.

Lantas, bagaimana informasi itu dapat diolah untuk mengetahui informasi pribadi pengguna? Pertama, Heaton membuat sebuah ekstensi di Chrome untuk mengetahui kontak WhatsApp yang sedang online.

Agar metode ini berhasil, ia cukup memanfaatkan empat baris Javascript ditambah aplikasi WhatsApp Web. Lantas, ia memantau data dari para kontaknya dan diolah untuk kemudian dibandingkan.

Komentar
Continue Reading

Gadget

“Time To Say Goodbye”, BBM Akan Tutup Layanan Pada 31 Mei 2019

Published

on

Sobat Spaneng pasti ingat memori-memori ketika mengirim pesan menggunakan BBM atau Blackberry Messenger. Aplikasi yang pernah populer sekitar 6 tahun silam tersebut pernah turut andil meramaikan aplikasi perpesanan di Indonesia. BBM menjadi aplikasi idola karena salah satunya fitur khas emoticon yang unik. Namun tak akan lama lagi hal tersebut tak bisa lagi dinikmati oleh para penggunanya. Pasalnya, aplikasi perpesanan yang khas dengan “PING!” nya  tersebut akan menutup layanannya pada 31 Mei 2019. “Time to Say GOODBYE” ujar pesan yang disampaikan kepada pengguna BBM.

img: bbm.com

Salah satu alasan diberhentikannya layanan BBM adalah karena persaingan di era saat ini. Sulitnya BBM beradaptasi dengan platform lain membuat pengguna berpindah ke layanan lain. Walaupun selama kurang lebih 3 tahun hadir di lintas platform, nyatanya BBM harus tumbang ditengah gempuran inovasi dan teknologi yang semakin berkembang saat ini. Padahal, BBM telah menambahkan beberapa fitur yang cukup menarik bukan hanya untuk sekedar berkomunikasi saja, melainkan juga dapat melakukan aneka pembayaran tagihan. Namun tampaknya hal tersebut masih belum bisa mempertahankan atau bahkan menambah jumlah pengguna barunya. Hingga pada akhirnya penggunanya justru beranjak ke platform lain seperti WhatsApp dan Line.

Pihak BBM mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, mitra serta karyawan BBM yang pernah menjadi bagian dari BBM. Dan untuk kamu yang ingin mengunduh data, obrolan, video, dan dokumen penting, BBM memberikan waktu paling lambat 7 hari setelah penghentian operasi. Proses penghapusan data dari infrastuktur Cloud perusahaan akan memakan waktu hingga 180 hari.

Jadi buat kamu yang punya banyak kenangan di BBM, segera unduh data-data penting tersebut !

Komentar
Continue Reading

Aplikasi

Mau Baca Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus ? Begini Triknya !

Published

on

Salah satu fitur WhatsApp, yaitu fitur penarikan pesan atau menghapus pesan yang sudah dikirim terbukti sangat membantu penggunanya. Namun terkadang penerima yang tidak sempat membaca akan merasa penasaran dengan isi pesan tersebut.

Nah untuk membantu kamu membaca pesan yang dihapus pengirim di WhatsApp, sepertinya bisa mencoba aplikasi WhatsRemoved berikut ini. Cara menggunakannya pun sangat mudah.
Pertama-tama download aplikasi WhatsRemoved dan install seperti biasa di Android. Saat pertama kali dibuka, berikan izin mengakses notifikasi dan file agar aplikasinya bekerja tanpa hambatan.

www.apkmonk.com

Jika sudah, secara otomatis aplikasi berjalan dibackground. Saat ada pengirim yang menghapus pesannya di WhatsApp akan muncul sebuah notifikasi di WhatsRemoved. Kamu juga dapat membaca pesan yang sudah dihapus tersebut.

Bagaimana sangat mudah dan nggak bikin spaneng kan ?

Komentar
Continue Reading

Gadget

Murah Tapi Gak Murahan! Beberapa Smartphone yang Cocok Untuk Anak-anak

Published

on

By

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan smartphone bukan lagi barang mewah. Berbagai lapisan masyarakat kini bisa dengan mudah memilikinya. Tak terkecuali dengan anak-anak.

Dengan melihat kedua orang tuanya menggunakan smartphone untuk keperluan sehari-hari, cepat atau lambat seorang anak pasti akan mengikutinya juga. Tak perlu menunggu bangku sekolah, bahkan kini tak jarang kita melihat seorang anak berusia tiga tahun sibuk dengan smartphone orang tuanya.

Agar tidak mengganggu keperluan orang tua, ada baiknya juga membelikan smartphone tersendiri untuk anak. Tak perlu yang mahal, asalkan bisa memenuhi keperluannya. Berikut ini kami berikan beberapa rekomendasi smartphone yang cocok untuk anak-anak. Meskipun berharga murah, tapi kualitasnya gak murahan.

  1. Samsung Galaxy Express 3

images: pdevice.com

Ponsel ini dilengkapi dengan layar HD 5 inci 720p, prosesor Samsung Exynos 7 Quad 7570, penyimpanan 16GB dengan ekspansi hingga 400GB melalui microSD, 2GB RAM dan removable baterai 2.600mAh. Kamera pada Express 3 dilengkapi sensor belakang 8MP dan kamera depan 5MP. Sudah menjalankan sistem operasi Android 8.0 Oreo. Harganya pun terbilang murah, yakni sekitar 1 jutaan saja.

2. LG K30

images: pcmag.com

Harga LG K30 juga berkisar di angka 2 jutaan saja. LG K30 merupakan smartphone entry level. Meskipun demikian,  ponsel ini sudah cukup bagus dengan layar 720p 5,3 inci, prosesor Qualcomm Snapdragon 425, RAM 2GB, dan penyimpanan internal 16GB, dengan slot kartu microSD untuk menambah penyimpanan hingga 2TB.

3. ZTE Tempo Go

images: i1.wp.com

ZTE Tempo Go memiliki layar 5 inci dengan resolusi 480 x 854, menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 210, 1GB RAM, 8GB penyimpanan internal dan slot kartu microSD. Ada juga kamera belakang 5MP, kamera depan 2MP, dan baterai 2.200 mAh. Harganya cukup murah, yakni sekitar 1,1 juta rupiah saja.

4. Moto E5 Play

images: oketekno.com

Smartphone keluaran pabrikan Motorola ini dibanderol harga sekitar 1,8 juta rupiah. Moto E5 Play memiliki layar 5,2 inci, 2GB RAM dan 16GB penyimpanan internal. Menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 425. E5 Play memiliki kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP dan dengan baterai 2.800 mAh.

Nah cukup terjangkau bukan harga-harga diatas? Namun meskipun memiliki smartphone sendiri, bukan berarti sebagai orang tua kamu akan melepas begitu saja kepada anak. Pastikan mereka menggunakannya dengan benar. Jangan sampai karena lengahnya pengawasan membuat mereka jadi melakukan sesuatu yang tidak baik.

Komentar
Continue Reading

Trending