Bola, Olahraga

AADC : Ada Apa Dengan Catalonia? Ketika FC Barcelona Bertanding Tanpa Penonton

images : www.ctvnews.ca

Ada yang berbeda dari matchday 7 La Liga yang berlangsung Minggu 1 Oktober 2017 kemarin. Pertandingan antara FC Barcelona melawan Las Palmas dilangsungan tanpa penonton. Mungkin banyak yang bertanya-tanya apakah Barcelona sedang menjalani sanksi disiplin dari Federasi Sepakbola Spanyol? Ataukah stadion Camp Nou sedang direnovasi? Jawabannya ternyata tidak.

Minggu 1 Oktober 2017 menjadi waktu yang sangat krusial bagi wilayah Catalonia, tempat FC Barcelona bermarkas. Sebab dihari itu pemerintah setempat akan menggelar referendum untuk menentukan apakah warga Catalonia memilih merdeka ataukah tetap menjadi bagian dari Spanyol. Sayangnya pemerintah Spanyol menyatakan bahwa referendum yang digelar pemerintah Catalunya tersebut ilegal.

Keputusan itu semakin dipertegas oleh Mahkamah Konstitusi Spanyol. Seakan tidak peduli dengan putusan pemerintah pusat, pemerintah Catalonia  tetap menyelenggarakan referendum itu. Pemerintah Spanyol pun menurunkan aparat kepolisiannya untuk membubarkan secara paksa referendum itu.

images : http://pojoksatu.id
images : http://cdn2.tstatic.net

Mengingat pertandingan dilangsungkan dihari yang sama dengan referendum, pihak Barcelona pun mengajukan untuk menunda pertandingan melawa Las Palmas. Kondisi di kota Barcelona sangat tidak kondusif untuk menggelar pertandingan. Namun pihak RFEF menolak permintaan tersebut. Kalau Barca menolak bertanding, maka akan dianggap kalah walk out dengan skor 0-3 dari Las Palmas.

images : http://www.trbimg.com

Karena tidak ingin kehilangan poin, akhirnya pihak manajemen klub memutuskan untuk tetap menggelar pertandingan. Namun sebagai  jalan tengahnya adalah pertandingan itu digelar tertutup tanpa penonton. Sebab kalau pertandingan itu digelar seperti biasanya, dikhawatirkan akan terjadi tindakan anarkis dari supporter Barcelona terkait masalah referendum yang dibubarkan paksa oleh pemerintah Spanyol itu.

Klub Barcelona sendiri selama ini telah menjadi simbol perlawanan Catalonia terhadap pemerintah Spanyol. Karena itulah derby El Clasico selalu berlangsung panas dan sarat gengsi. Berbagai atribut wilayah Catalonia sering terlihat saat Barcelona bertanding. Saking panasnya sampai-sampai para supporter tersebut tidak mau menyanyikan lagu kebangsaan Spanyol saat laga final Copa Del Rey musim lalu.

Pertandingan itupun berlangsung hening. Tidak ada gemuruh supporter ketika Sergio Busquets dan Lionel Messi mencetak gol ke gawang Las Palmas. Meski tanpa supporter, Barcelona tetap mampu memenangkan pertandingan itu dengan skor 3-0. Kini mereka semakin kokoh dipuncak klasemen sementara dengan 21 poin hasil dari 7 kali kemenangan beruntun yang mereka raih.

Comments

comments