Connect with us

Hits Banget

72 Tahun Mengabdi, Inilah Deretan Alutsista Terbaru yang Dimiliki TNI

Published

on

images : kompas.com

5 Oktober 1945  Wakil Presiden RI yang pertama Moh Hatta memerintahkan seorang mantan perwira KNIL, Oerip Soemoharjo untuk membentuk organisasi ketentaraan. Degan menggabungkan berbagai unsur laskar-laskar yang ada serta ditambah dengan bekas anggota KNIL dan PETA, terbentuklah Tentara Keselamatan Rakyat. Dikemudian hari, TKR berubah nama sehingga saat ini  kita mengenalnya  sebagai Tentara Nasional Indonesia.

Pagi tadi TNI memperingati ulang tahunnya yang ke-72 di Pelabuhan Indah Kiat Cilegon. Dalam upacara yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo itu, TNI juga memamerkan sejumlah alutsista terbarunya. Ingin tahu apa saja alutsista terbaru TNI tersebut? Dilansir dari Tirto.id, berikut kami paparkan beberapa diantaranya.

  1. Kapal Selam KRI 403 Nagapasa

images : dimasbagus.web.id

Nama kapal selam ini diambil dari nama senjata tokoh pewayangan Raden Indrajit, yaitu panah sakti Nagapasa. Dengan panjang 61,3 meter kapal selam ini mampu menampung 40 kru dan berlari dengan kecepatan 21 knot di dalam air. Kapal selam buatan Korea Selatan ini juga dilengkapi dengan torpedo Black Shark yang merupakan torpedo tercanggih dan serbaguna. Nantinya KRI 403 Nagapasa akan memperkuat jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur.

  1. Helikopter AH-64E Apache Guardian

images : wikimedia.org

Helikopter produksi Lockheed  Martin Amerika Serikat ini lebih canggih daripada helikopter Apache milik Singapura. Kecepatannya bisa mencapai 180 mil/jam. Dengan kecepatan itu diharapkan helikopter ini akan mencapai sasaran lebih cepat. Helikopter ini akan bertugas di Pusat Penerbangan TNI-AD.

  1. Tank Kaplan

images : 3.bp.blogspot.com

Tank kelas medium ini adalah hasil kerjasama antara  PT Pindad dengan perusahaan FNSS Savunma Sistemleri dari Turki. Dengan bobot 35 ton, tank ini akan sanggup berlari sampai kecepatan 70 km/jam dan mampu menempuh jarak sampai dengan 450 km. Setelah diproduksi secara massal pada tahun 2018 nanti, tank ini akan menjadi andalan TNI-AD kedepannya.

  1. APC Pandur II 8×8

images : jakartagreater.com

Panser amfibi yang digunakan untuk operasi di pantai ini didatangkan dari Rep. Ceko dengan harga 39 juta dollar. Meskipun bertipe amfibi, panser ini nantinya tidak untuk digunakan korps Marinir, melainkan untuk memperkuat satuan Kavaleri dan Infanteri Mekanis TNI-AD.

  1. Helikopter Anti Kapal Selam AS565 MBe Panther

images : http://www.indomiliter.com

Helikopter ini diproduksi oleh Airbus, namun dirakit oleh PT Dirgantara Indonesia. Nantinya helikopter ini akan digunakan oleh TNI-AL untuk patroli kemaritiman, untuk mengantisipasi kapal selam musuh. Helikopter ini sanggup mencapai kecepatan hingga 308 km/jam dengan daya jelajah 780 km.

Ancaman perang  global yang bisa datang kapan saja mau tidak mau harus membuat TNI selalu memperbaharui alutsista yang dimilikinya. Selain itu pertunjukan alutsista terbaru ini juga merupakan bentuk pertanggungjawaban TNI kepada rakyat. Sebab alutsista yang dibeli dengan harga puluhan juta dollar itu menggunakan dana APBN yang uangnya hasil dari pajak yang dibayar masyarakat. Dirgahayu TNI yang ke-72, semoga selalu bisa menjaga NKRI dengan segala keterbatasan dan kelebihannya!

Komentar

Hits Banget

Peraturan Baru, Instagram Akan Hapus Postingan Iklan Pelangsing Badan!

Published

on

Mungkin Sobat Spaneng udah gak asing lagi sama maraknya iklan yang lalu-lalang di Instagram, mulai dari produk diet, kosmetik, hingga alat pembesar payudara pemancung hidung. Iklan-iklan tersebut biasanya diposting oleh para selebriti karena tuntutan endorse suatu produk.

img: instagram kyliejenner

Sebagai pengguna, mungkin kamu merasa kurang nyaman adanya iklan-iklan ini. Karena kemunculannya seakan langsung menutup komen-komen utama. Dan merespon adanya ketidaknyamanan tersebut, ternyata baru-baru ini Instagram baru aja ngumumin sebuah kebijakan baru nih. Pihak Instagram mengatakan jika unggahan yang mempromosikan produk penurun berat badan akan disembunyikan atau bahkan di hapus lho!

Apalagi kalau iklan ini ditujukan untuk anak muda yang umurnya dibawah 18 tahun. Usut punya usust, hal ini dilakukan Instagram karena adanya kekhawatiran yang meningkat atas dampak promosi produk-produk diet pada anak muda. Dan kebijakan ini tidak hanya berlaku di Instagram lho, melainkan juga berlaku untuk Facebook yang merupakan perusahaan induk dari Instagram.

Selain dampak negatif dari konsumsi obat diet itu sendiri, ternyata Instagram juga cukup memperhatikan kesehatan mental penggunanya terutama anak-anak muda ya! Jadi, Selamat tinggal iklan pelangsing badan!

Komentar
Continue Reading

Hiburan

Ini Dia Ilir7, Penyanyi Asli ‘Entah Apa yang Merasukimu’

Published

on

Berkat sosial media, lagu yang sebetulnya sudah rilis tahun 2018 silam pun bisa mendadak jadi viral. Ya, seperti lagu ‘Salah Apa Aku’ yang dipopulerkan oleh sebuah band asal Lubuk Linggau Sumatera Selatan. Jika sobat spaneng pernah melihat beberapa video parodi berikut, tentu sudah tak asing dengan lagu yang mempunyai lirik ‘Entah apa yang merasukimu’ ini

Saking viralnya di media sosial, liriknya sampai membuat netizen terngiang-ngiang. Lirik ‘entah apa yang merasukimu’ tersebut jadi terbayang-bayang karena saking seringnya terdengar. Lantas, siapa pemilik asli lagu ‘Salah Apa Aku’ tersebut ?

img: 17lirik.com

Setelah ditelusuri, ternyata pemilik lagu aslinya adalah sebuah band yang bernama ILIR 7. Meskipun lirik yang mengena adalah ‘entah apa yang merasukimu’ namun judul lagu aslinya adalah ‘Salah Apa Aku’. Lagu aslinya pun lebih slow dari lagu yang viral di media sosial. Berikut versi asli lagu ‘Salah Apa Aku’ yang dipopulerkan oleh ILIR 7

Lirik ‘Salah Apa Aku’

Aku percaya kamu
Tapi lagi-lagi kau bohongiku
Kau telah tipu aku
Aku menyayangimu
Tapi lagi-lagi kau sakitiku
Kau telah khianatiku
Tak pernah ku sangka kau telah berubah
Kau membagi cinta dengan dirinya
Aku yang terluka, sungguh aku kecewa
Entah apa yang merasukimu
Hingga kau tega mengkhianatiku
Yang tulus mencintaimu
Salah apa diriku padamu
Hingga kau tega menyakiti aku
Kau sia-siakan cintaku
Aku menyayangimu
Tapi lagi-lagi kau sakitiku
Kau telah khianatiku
Tak pernah ku sangka kau telah berubah
Kau membagi cinta dengan dirinya
Aku yang terluka, sungguh aku kecewa
Entah apa yang merasukimu
Hingga kau tega mengkhianatiku
Yang tulus mencintaimu
Salah apa diriku padamu
Hingga kau tega menyakiti aku
Kau sia-siakan cintaku
Entah apa yang merasukimu
Hingga kau tega mengkhianatiku
Yang tulus mencintaimu
Salah apa diriku padamu
Hingga kau tega menyakiti aku
Kau sia-siakan cintaku wooo
Entah apa yang merasukimu
Hingga kau tega mengkhianatiku
Yang tulus mencintaimu
Salah apa diriku padamu
Hingga kau tega menyakiti aku
Kau sia-siakan cintaku hoo
Kau sia-siakan cintaku
Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Peraturan Baru, Usia Nikah Minimal 19 Tahun

Published

on

Dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat naikkan batas minimal usia pernikahan menjadi 19 tahun dari 16 tahun. Rencana tersebut dibahas lewat revisi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

img: todayifoundout.com

Beberapa alasan mengapa pemerintah menaikkan batas minimal usia perkawinan antara lain untuk menekan angka perceraian, memberikan kesempatan lebih luas mendapatkan pendidikan dan menyelamatkan praktik perkawinan anak di bawah umur yang sangat merugikan bagi anak, keluarga, maupun negara.

Dalam pembahasan RUU, dari 10 fraksi ada dua partai yang menolak rencana tersebut. Sedangkan, delapan partai menyetujui rencana kenaikan batas minimal usia pernikahan menjadi 19 tahun.

Nantinya, aturan ini akan memuat sanksi untuk pihak yang melanggar. Namun, seperti apa sanksinya pemerintah belum bisa memberikan kejelasan secara rinci.

Keputusan tentang batas minimal usia menikah ini didukung pula oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Menurut Lukman, putusan itu memenuhi rasa keadilan di masyarakat. Karena itu, ia menilai tak perlu ada perbedaan usia minimal pernikahan untuk laki-laki maupun perempuan. Karena sebelumnya, batas minimal usia menikah perempuan adalah 16 tahun dan laki-laki 19 tahun.

Komentar
Continue Reading

Trending