Hits Banget

72 Tahun Mengabdi, Inilah Deretan Alutsista Terbaru yang Dimiliki TNI

images : kompas.com

5 Oktober 1945  Wakil Presiden RI yang pertama Moh Hatta memerintahkan seorang mantan perwira KNIL, Oerip Soemoharjo untuk membentuk organisasi ketentaraan. Degan menggabungkan berbagai unsur laskar-laskar yang ada serta ditambah dengan bekas anggota KNIL dan PETA, terbentuklah Tentara Keselamatan Rakyat. Dikemudian hari, TKR berubah nama sehingga saat ini  kita mengenalnya  sebagai Tentara Nasional Indonesia.

Pagi tadi TNI memperingati ulang tahunnya yang ke-72 di Pelabuhan Indah Kiat Cilegon. Dalam upacara yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo itu, TNI juga memamerkan sejumlah alutsista terbarunya. Ingin tahu apa saja alutsista terbaru TNI tersebut? Dilansir dari Tirto.id, berikut kami paparkan beberapa diantaranya.

  1. Kapal Selam KRI 403 Nagapasa
images : dimasbagus.web.id

Nama kapal selam ini diambil dari nama senjata tokoh pewayangan Raden Indrajit, yaitu panah sakti Nagapasa. Dengan panjang 61,3 meter kapal selam ini mampu menampung 40 kru dan berlari dengan kecepatan 21 knot di dalam air. Kapal selam buatan Korea Selatan ini juga dilengkapi dengan torpedo Black Shark yang merupakan torpedo tercanggih dan serbaguna. Nantinya KRI 403 Nagapasa akan memperkuat jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur.

  1. Helikopter AH-64E Apache Guardian
images : wikimedia.org

Helikopter produksi Lockheed  Martin Amerika Serikat ini lebih canggih daripada helikopter Apache milik Singapura. Kecepatannya bisa mencapai 180 mil/jam. Dengan kecepatan itu diharapkan helikopter ini akan mencapai sasaran lebih cepat. Helikopter ini akan bertugas di Pusat Penerbangan TNI-AD.

  1. Tank Kaplan
images : 3.bp.blogspot.com

Tank kelas medium ini adalah hasil kerjasama antara  PT Pindad dengan perusahaan FNSS Savunma Sistemleri dari Turki. Dengan bobot 35 ton, tank ini akan sanggup berlari sampai kecepatan 70 km/jam dan mampu menempuh jarak sampai dengan 450 km. Setelah diproduksi secara massal pada tahun 2018 nanti, tank ini akan menjadi andalan TNI-AD kedepannya.

  1. APC Pandur II 8×8
images : jakartagreater.com

Panser amfibi yang digunakan untuk operasi di pantai ini didatangkan dari Rep. Ceko dengan harga 39 juta dollar. Meskipun bertipe amfibi, panser ini nantinya tidak untuk digunakan korps Marinir, melainkan untuk memperkuat satuan Kavaleri dan Infanteri Mekanis TNI-AD.

  1. Helikopter Anti Kapal Selam AS565 MBe Panther
images : http://www.indomiliter.com

Helikopter ini diproduksi oleh Airbus, namun dirakit oleh PT Dirgantara Indonesia. Nantinya helikopter ini akan digunakan oleh TNI-AL untuk patroli kemaritiman, untuk mengantisipasi kapal selam musuh. Helikopter ini sanggup mencapai kecepatan hingga 308 km/jam dengan daya jelajah 780 km.

Ancaman perang  global yang bisa datang kapan saja mau tidak mau harus membuat TNI selalu memperbaharui alutsista yang dimilikinya. Selain itu pertunjukan alutsista terbaru ini juga merupakan bentuk pertanggungjawaban TNI kepada rakyat. Sebab alutsista yang dibeli dengan harga puluhan juta dollar itu menggunakan dana APBN yang uangnya hasil dari pajak yang dibayar masyarakat. Dirgahayu TNI yang ke-72, semoga selalu bisa menjaga NKRI dengan segala keterbatasan dan kelebihannya!

Comments

comments