Inspirasi, Wedding

6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menghemat Budget Pernikahan

Mempersiapkan pernikahan bukanlah perkara mudah. Banyak hal yang harus kamu persiapkan, mulai dari pakaian, tempat, undangan serta makanan. Segala persiapan itu kuncinya cuma satu, budget. Ya, kamu harus punya budget yang cukup untuk kelancaran proses pernikahanmu.

Di negara kita, bulan syawal, dzulqaidah dan dzulhijjah di kalender hijriyah menjadi bulan-bulan yang sering dimanfaatkan untuk menggelar acara pernikahan. Kamu bisa lihat setelah bulan ramadhan nanti, pasti banyak undangan yang masuk ke rumahmu tentang resepsi pernikahan. Atau jangan-jangan malah kamu sendiri yang merencanakan menikah di bulan-bulan itu?

Untuk kamu yang tengah mempersiapkan pernikahan, tidak ada salahnya untuk segera mulai menghitung besarnya pengeluaran nanti. Itu semua harus sesuai dengan budget yang kamu punya. Meski menikah itu sekali seumur hidup, bukan berarti kamu harus menghambur-hamburkan banyak uang bahkan sampai berhutang untuk hajatanmu nanti. Sebab kehiduan yang sebenarnya baru akan kamu jalani setelah kamu mengucap ijab qabul di depan penghulu, bukan hanya sebatas saat berdiri di pelaminan.

Seandainya budgetmu pas-pasan, tidak ada salahnya untuk melakukan hal-hal berikut ini demi penghematan anggaran.

  1. Berhematlah dalam hal dokumentasi
images: okeinfo.net

Saat menikah dokumentasi adalah hal yang penting. Tapi bukan berarti kamu harus menghabiskan banyak uang untuk sekedar merekam moment bahagiamu itu. Kamu bisa mengerahkan tenaga saudara atau teman-teman seperjuangan kamu yang bisa kamu andalkan dalam bidang fotografi dan videografi. Kamu juga tak perlu membuat konsep foto prewedding yang terlihat mewah namun boros.

Cukup lakukan sesederhana mungkin saja yang penting itu bisa menggambarkan rasa bahagiamu menuju ke pernikahan. Kalau tidak diperlukan, tak usah membuat prewedding video. Cukup diwakili dengan wedding klip saja asalkan dibuat dengan baik sudah bisa kamu jadikan kenang-kenangan yang keren untuk anak cucumu nanti.

2. Buat undangan semenarik mungkin, tapi dengan budget seminimal mungkin

images: souvenirdanundanganpernikahan.com

Apakah itu bisa? Ya bisa. Kamu tenu sering melihat undangan yang dicetak sampai beberapa halaman dan dengan kertas yang tebal. Dari jumlah halaman dan jenis kertas yang digunakan saja kamu tentu bisa memperkirakan berapa harga undangan itu. Semahal apapun kamu membuat undangan, ujung-ujungnya yang dilihat cuma waktu sama tempat pelaksanaan saja.

Karena itu lebih baik jika kamu buat undangan yang simple tapi menarik. Biarkan orang yang melihatnya menjadi tertarik oleh kreatifitas kamu. Terkadang meski kamu hanya menggunakan bahan yang murah, namun desain kamu menarik akan membuat orang lebih terkesan dan tentu akan menghemat budget kamu.

3. Beli seserahan dan mas kawin seperlunya saja, asalkan pihak perempuan mau menerimanya

images: goodminds.id

Hal ini yang cukup membuat pihak laki-laki keberatan. Ya, mas kawin dan seserahan. Padahal yang namanya mas kawin dan seserahan itu sebenarnya tak perlu mewah dan banyak, yang penting pihak perempuan dan keluarganya mau menerima dengan ikhlas. Toh itu semua nanti juga akan diberikan ke anak perempuan.

Biar kamu bisa menghemat anggaran, kamu negosiasikan saja dengan pasanganmu perihal mas kawin dan seserahan itu. Bicarakan baik-baik dengan keluarganya. Kalau dia memang benar-benar cinta, kecil kemungkinan akan membatalkan pernikahan hanya karena seserahan yang kurang. Tenang saja, kalau sudah menikah nanti dan kamu banyak rejeki, belikan saja apa yang dulu belum mampu kamu berikan untuk seserahan. Omongan tetangga? Abaikan saja, hidup kan kamu yang jalanin.

4. Meski agak ekstrim, tidak ada salahnya untuk membatasi tamu undangan

images: amazonaws.com

Mungkin ini terkesan berbeda dengan adat istiadat di kebanyakan daerah, namun tidak ada salahnya juga untuk kamu coba. Kamu bisa membatasi undangan hanya terbatas pada keluarga, teman sekampung, dan teman dekat saja. Selain budget untuk undangan bisa kamu hemat, kamu juga bisa menghemat anggaran untuk konsumsi. Yah cara ini biasanya memancing omongan tetangga sih, dianggap pelit atau ngirit. Tapi abaikan saja dan jangan terlalu diambil pusing.

5. Tentukan konsep pernikahan dengan cermat

images: fasyaulia.files.wordpress.com

Penentuan konsep pernikahan akan sangat mempengaruhi budget kamu. Seperti ketika mengikuti adat istiadat daerah kamu dan calonmu, tentu akan butuh prosesi panjang dan budget yang lebih besar. Bukannya tak mau melestarikan adat istiadat sih, tapi kalau budget pas-pasan mau gimana lagi? Kecuali budgetmu melimpah.

Kamu bisa menggantinya dengan konsep-konsep seperti resepsi outdoor dan konsep kekinian lainnya. Anggaran sewa gedung dan dekorasi yang biasanya cukup besar bisa kamu alihkan untuk keperluan lainnya.

6. Kalau bisa masak sendiri, kenapa harus catering?

images: obatrindu.com

Pokoknya selagi semua hal masih bisa dikerjakan secara gotong royong dan kekeluargaan, maka lakukan saja. Iya sih dengan memesan catering semua akan terasa serba beres dan gampang. Tapi dengan budget pas-pasan, menggunakan jasa catering untuk konsumsi jelas menjadi satu pemborosan. Ada baiknya kamu meminta tolong kerabat dan tetangga untuk memasak di acara hajatan kamu. Kamu tinggal tentukan menu yang pas saja. Untuk menu yang tak bisa mereka buat, kamu tinggal memesannya ke tempat-tempat terdekat yang biasa melayani jasa makanan untuk hajatan.

Itulah 6 hal yang bisa kamu lakukan untuk menghemat budget pernikahan kalau anggaranmu pas-pasan. Biar gak pas-pasan dan kebingungan, sebaiknya kamu rencanakan jauh-jauh hari sebelum memutuskan menikah sehingga bisa menghitung berapa uang yang kamu kumpulkan untuk menikah nanti.

Comments

comments