Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Tips

5 Tips Buat Kamu Agar Sukses Daftar SNMPTN 2018

Published

on

Untuk kamu yang masih berstatus pelajar mungkin kamu sebentar lagi lulus dari SMA/SMK dan masuk perguruan tinggi negeri jadi satu hal yang kamu impikan saat ini. Sudah banyak siswa menyibukan diri untuk ikut berbagai seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi yang mereka idam-idamkan. Tahapan ujian atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) sebelumnya telah melalui proses pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa ( PDSS ) dan verivikasi data, untuk saat ini SNMPTN memasuki babak baru yaitu tahap proses pendaftaran. Jika kamu siswa kelas XII kamu diberi kesempatan mendaftar mulai tanggal 21 Februari hingga 06 maret 2018.

Sudah siapkah kamu? Jika sudah siap maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika kamu ingin lolos proses pendaftaran SNMPTN seperti yang dikutip dari berbagai sumber berikut

  1. Pencapaian Nilai yang sesuai dengan jurusan kamu
    Nilai rapor dari smester 1 sampai smester 5 menjadi pertimbangan jika kamu ingin lolos SNMPTN. Nilai rapor harus stabil dan meningkat, namun nilai mata pelajaran yang relevan dengan jurusan juga jadi bahan pertimbangan hlo, sehingga kamu perlu berjuang sepenuhnya. Mapel Matematika,Bahasa Indonesia Bahasa Inggris sudah jadi tuntutan bagi semua jurusan,akan tetapi masing masing memiliki mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan.
    Misalnya untuk jurusan IPA mata pelajaran yang relevan adalah Biologi,Fisika dan Kimia. Untuk jurusan IPS mapel yang relevan adalah Geografi,Ekonomi dan Sosiologi,sedangkan untuk Jurusan Bahasa pelajaran Sastra Indonesia,Antropologi dan satu bahasa asing. Untuk kamu yang SMK nilai baik dituntut untuk kompetensi keahlian yang kamu ambil.
  1. Prestasi Sesuai Jurusan
    Selain memiliki nilai yang bagus, pendaftar SNMPTN kamu juga dituntut memiliki prestasi yang bagus pula. Prestasi yang kamu peroleh akan menjadi nilai tambah saat kamu mendaftar SNMPTN misalnya , kamu adalah siswa jurusan IPA dan memiliki prestasi dalam ajang olimpiade sains. Kamu juga perlu memperhatikan petunjuk teknis terkait portofolio,karena portofilo ini bisa meliputi berbagai bidang termasuk bidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga,bidang teater dan seni pertunjukan, serta bidang Musik dan Karawitan untuk selengkapnya kamu bisa mengkases situs resmi SNMPTN 2018
  1. Pemilihan Prodi Yang tepat
    Agar tidak terjebak pada pemilihan program studi di universitas yang kamu tuju, langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah eksplorasi berbagai program studi dan PTN yang tersedia. Dilansir dari kelembagaan Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Tinggi, Kemenristekdikti, pendaftar diharapkan tidak mengambil program studi yang menyimpang dari jurusan. Jika menyimpang, misal jurusan IPA kemudian mengambil prodi dari bidang sosial, maka kesempatan lolos akan semakin tipis. Saat pendaftaran, individu dapat memilih maksimal 3 prodi dan maksimal 2 kampus. Satu kampus maksimal dua prodi. Jika memilih dua kampus, maka salah satunya harus di provinsi yang sama dengan asal sekolah. Berbeda jika hanya memilih satu kampus, maka tak ada ketentuan lokasi.
  1. Mencari Informasi dari Senior
    Jika kamu masih bingung coba kamu konsultasi dengan senior senior kamu yang sukses masuk perguruan tinggi yang sudah sukses masuk dengan jalur SNMPTN . kamu bisa mencari tahu beratnya dan meminta tips & trik mereka , agar kamu bisa mengikuti jejaknya.
  1. Tetap Semangat

    “Jangan pernah menyerah mengejar cita cita, jika kamu mulai menyerah ingat satu hal, sudah terlalu banyak orang tua membiayai sekolah kamu dan tidak sedikit orang diluar sana yang tidak seberuntung kamu, tetap semangat dan percayalah pada pilihanmu sendiri”

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Wajib Tahu! 5 Macam Obat Herbal yang Diklaim Mampu Mencegah Virus Corona

Published

on

Untuk mencegah virus corona yang kini sedang mewabah, tanaman herbal berperan sebagai booster sistem imunitas tubuh. Sejauh ini, ada beberapa tanaman yang dipercaya mampu tingkatkan sistem imunitas tubuh untuk melawan infeksi. Berikut selengkapnya

  1. Jahe Merah

    sumber: https: //www.jpnn.com

Selain untuk menghangatkan tubuh, jahe juga dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan tinggi yang ada dalam jahe menjadi alasan mengapa sistem imun tubuh bisa meningkat setelah mengonsumsi obat herbal ini. Tak hanya itu, jahe juga memiliki kandungan anti mikrobakteri, anti inflamasi, dan antibiotik. Dengan mengonsumsi jahe secara rutin, maka akan meminimalisir infeksi virus covid-19.

  1. Kunyit

    sumber: https://lemonilo.com

Siapa yang tak kenal dengan tanaman herbal berwarna kuning ini? Selain sebagai pewarna alami makanan, kunyit juga berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Curcumin yang terkandung dalam kunyit mampu mengaktifkan sel darah putih dalam tubuh sehingga sistem imun tubuh menjadi bertambah.

  1. Daun Kelor

    sumber: https://www.sehatq.com

Daun kelor merupakan tanaman yang sudah tak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain dikonsumsi sebagai sayuran, daun kelor juga dimanfaatkan untuk obat berbagai macam penyakit seperti kanker, takanan darah tinggi, dan kolesterol. Namun, khasiat daun kelor ternyata tak cukup sampai disitu. Menurut penelitian, daun kelor juga mengandung senyawa yang bersifat antijamur, anti virus, anti depresan, serta asnti inflamasi.

Kandungan asam amino dan antioksidan di dalamnya pun dipercaya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

  1. Temulawak

    https://www.halodoc.com

Tanaman herbal selanjutnya adalah temulawak. Sekilas penampilannya mirip dengan kunyit bahkan temulawak juga memiliki peran yang sama dengan kunyit dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh. Dengan mengonsumsi tanaman herbal yang satu ini secara rutin mampu mencegah tubuh terserang virus karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya

  1. Cengkeh

    sumber: https: //www.rumah.com

Dikenal sebagai bumbu pelengkap masakan, cengkeh ternyata juga mampu membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kuncup bunga pada cengkeh disinyalir mengandung senyawa yang dapat meningkatkan jumlah sel darah, serta ampuh dalam membersihkan racun berbahaya dalam tubuh.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

5 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Published

on

Seorang ibu hamil wajib hukumnya untuk menjaga kesehatan. Bukan hanya untuk dirinya saja, tapi juga untuk janin yang dikandungnya. Oleh karena itu, seorang ibu hamil biasanya akan lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas ataupun mengkonsumsi makanan.

Salah sedikit saja bisa berakibat fatal bagi dirinya maupun janin yang dikandungnya. Kesehatan ibu serta tumbuh kembang janin rawan terganggu. Berikut akan kami berikan beberapa tips menjaga kesehatan bagi ibu hamil agar tidak mudah terkena penyakit yang bisa membahayakan dirinya sendiri maupun janin yang dikandungnya.

1. Perbanyak minum air putih dan istirahat yang cukup

Dalam masa kehamilan, volume darah ibu akan meningkat sebanyak 30% dan volume plasmanya juga akan meningkat sebanyak 40%. Untuk itulah diperlukan setidaknya 12 gelas air putih perhari agar terhindar dari dehidrasi sehingga plasenta dan organ lain akan bekerja secara normal.

2. Lakukan olahraga ringan secara rutin

Tak ada yang melarang orang hamil untuk berolah raga. Tapi tentunya olahraga yang sifatnya ringan. Selain menjaga kesehatan, olahraga ringan selama hamil juga bisa mempermudah proses persalinan.

3. Jaga jarak dengan orang sakit

Meskipun hanya sebatas sakit ringan, tapi akan lebih baik lagi jika ibu hamil menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit. Jadi dengan begitu diharapkan resiko untuk terkena penyakit juga akan berkurang.

4. Hindari tempat-tempat ramai yang berbahaya bagi kesehatan

Apabila ibu hamil memiliki masalah dengan kekebalan tubuhnya, maka tak ada salahnya untuk menghindari tempat-tempat ramai yang beresiko menularkan virus-virus penyebab penyakit. Berada di rumah akan membuat kesehatan ibu hamil terjaga karena situasi lingkungan yang relatif stabil

5. Menjaga pola makan

Makan secara teratur dengan kandungan gizi yang seimbang sangatlah diperlukan ibu hamil. Kalau sering periksa kondisi kehamilan ke dokter, maka tak ada salahnya untuk bertanya mengenai menu makan apa yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil. Jangan karena alasan ngidam, ibu hamil jadi seenaknya saja mengkonsumsi makanan.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

6 Manfaat Minyak Tawon Untuk Kesehatan

Published

on

Meskipun bernama minyak tawon, sebenarnya ramuan herbal ini tak ada hubungannya sama sekali dengan binatang tawon ataupun lebah. Nama “minyak tawon” sebenarnya adalah nama merek minyak gosok yang dibuat dari campuran ekstrak minyak kayu putih (cajuput oil), minyak serai (citronella), kunyit, dan bawang merah.

Lantas apa saja khasiat dari minyak tawon ini? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat minyak tawon bagi kesehatan.

img: tododo.co.id

1. Untuk meredakan nyeri sendi dan nyeri otot

Kandungan cajuput oil dalam minyak tawon dapat membantu meredakan nyeri karena  cajuput oil mengandung senyawa aktif cineole. Senyawa ini dapat memengaruhi sistem saraf pusat dengan meningkatkan produksi hormon serotonin yang bisa membuat seseorang jadi lebih tenang dan senang. Efek inilah yang memungkinkan rasa sakit menjadi berkurang. Maka tak mengherankan jika setelah menjalani latihan yang berat, para prajurit akan menggunakan minyak ini untuk menghilangkan pegal di kaki.

2. Untuk minyak pijat

Jika persediaan minyak pijat/ esensial anda sedang  habis, maka minyak tawon bisa jadikan pilihan alternatif. Akan tetapi, sebaiknya hindari mengolesi area kulit yang terluka karena sensasi panasnya dapat menimbulkan perih pada beberapa orang.

3. Melegakan pernafasan saat hidung tersumbat

Dengan baunya yang khas, minyak tawon dapat melegakan hidung anda yang sedang tersumbat. Aroma cajuput oil yang bersifat aromaterapi ditambah dengan bau yang khas bawang, minyak serai, dan kunyit inilah yang melancarkan sirkulasi udara di hidung. 

4. Menghangatkan tubuh

Tak hanya membantu melegakan hidung tersumbat, kandungan cajuput oil juga mampu menghangatkan tubuh. Selain itu, kandungan bawang merah juga akan memberikan efek vasodilatasi, ketika digosokkan ke kulit. Peredaran darah pun akan menjadi lebih lancar sehingga cukup ampuh untuk mengatasi masuk angin. Jadi terkadang minyak tawon ini juga bisa digunakan sebagai minyak kerokan.

5. Mencegah gigitan nyamuk

Nyamuk ternyata tidak menyukai bau minyak tawon yang cukup menyengat dan cenderung menjauhi bau tersebut. Karena itu cukup dengan oleskan minyak tawon ke bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian, maka aktivitas anda akan terlindung dari gigitan nyamuk yang menggangu.

6. Mencegah peradangan pada kulit akibat gigitan serangga

Minyak tawon yang dibuat dari ekstrak kunyit mengandung senyawa aktif curcumin yang berpotensi menurunkan risiko peradangan di kulit. Bekas gigitan nyamuk membuat kulit terasa gatal. Bila kulit terus digaruk, kulit bisa membengkak dan meradang. Namun jika anda mengoleskan minyak tawon pada kulit yang digigit nyamuk, peradangan akan lebih cepat pulih.

Hal itu berlaku pula untuk serangga lain seperti tawon atau lebah. Peradangan yang ditimbulkan oleh gigitan lebah relatif akan lebih cepat sembuh jika segera diolesi dengan minyak tawon.

Wah ternyata minyak herbal ini banyak sekali ya kegunaannya, kamu sudah pernah mencoba?

Komentar
Continue Reading

Trending