Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Kuliner

5 Menu Sahur Cepat Saji Untuk Anak Kost, Mudah Dibuat dan Bikin Puasa Kuat!

Published

on

Tinggal menghitung hari, kita akan bertemu lagi dengan bulan ramadhan. Kamu yang sedang hidup di perantauan dan jadi anak kost, pasti akan menemui beberapa kesulitan ketika makan sahur.

Sudah susah buat bangun, kamu juga akan kelimpungan ketika harus menyiapkan menu makan untuk sahur. Lain cerita ketika masih tinggal dengan orang tua. Kamu bangun ada yang membangunkan, udah gitu makan tinggal makan saja karena sudah disiapkan.

Tapi kamu jangan khawatir, karena ada beberapa menu makan sahur cepat saji yang bisa bikin puasa kamu kuat sepanjang hari.

  1. Martabak mie

images: fastly.net

Cukup dengan mengocok telur lalu mencampurkannya dengan mie instan, kamu sudah bisa membuat martabak mie. Dengan porsi yang bisa kamu tentukan sendiri, kamu sudah bisa memberikan asupan kepada tubuhmu untuk bertahan dari kelaparan selama menjalankan ibadah puasa.

2. Tahu telur sambal kecap

images: global.cpcdn.com

Dari judulnya saja sudah terlihat kelezatannya. Kamu tinggal memotong tahu menjadi kotak-kotak kecil, lalu campur dengan kocokan telur kemudian goreng dengan minyak panas. Sajikan bersama dengan kecap dan irisan cabai yang ditambah dengan potongan bawang merah. Semangat sahurmu pasti akan meningkat dengan menu lezat semacam itu.

3. Sayur bening

images: http://www.tokomesin.com

Kalau ingin menu yang berkuah, maka salah satu cara termudah adalah dengan membuat sayur bening. Caranya mudah, kamu iris tipis bawang merah dan bawang putih, masukkan ke dalam air mendidih bersama satu ruas jari temu kunci. Tambahkan gula dan garam hingga rasanya pas, kemudian masukkan sayur bayam. Panaskan selama maksimal satu menit. Tambahkan juga sayuran lain seperti jagung manis, wortel ataupun tomat. Mudah bukan?

4. Capcay

images: ytimg.com

Makanan yang berisi berbagai sayuran ini juga tak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Kamu mulai dengan tumis bawang putih dan bawang bombai hingga wangi, lalu tuang air secukupnya. Lalu masukkan sayuran seperti wortel, sawi, dan kubis, kemudian tambahkan kecap asin, garam, dan minyak wijen secukupnya. Perkirakan aromanya sudah pas, baru matikan kompor. Setelah itu, selamat menikmati makan sahur ala chef darurat.

5. Cah kangkung

images: akamaized.net

Tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang merah, daun salam, dan lengkuas. Setelah itu, tambahkan tomat serta cabai merah dan tumis sampai wangi. Selanjutnya tambahkan tauco, sedikit air, garam, dan gula. Masukkan kangkung beserta daging kalau punya. Setelah diperkirakan matang, barulah kamu bisa mematikan kompor untuk kemudian menyajikan cah kangkung tersebut.

Menu-menu diatas cukup simpel bukan? Jadi tak ada alasan untuk tidak puasa karena malas makan sahur lagi yaa.

Komentar

Hobi

Resep Nugget Pisang Kekinian Anti Gagal

Published

on

Biasanya, pisang hanya disajikan dalam variasi direbus atau digoreng saja sebagai sajian pendamping saat minum kopi atau teh. Tapi agar semakin nikmat, tak ada salahnya untuk mencoba membuat olahan nugget pisang berikut ini.

img: beautynesia

Bahan-bahan:

  • 10 buah pisang kepok
  • 1 bungkus tepung pisang goreng
  • air es secukupnya
  • tepung roti secukupnya
  • 1 bungkus cokelat untuk topping

img: manaberita.com

Cara membuat:

  • Kupas pisang, belah menjadi 2 atau 4 bagian.
  • Buat adonan tepung dari tepung pisang goreng siap saji, beri air es secukupnya, dan usahakan kental.
  • Gulingkan pisang goreng ke dalam adonan tepung, kemudian gantian ke tepung roti. Tekan-tekan supaya tepung roti menempel dengan baik.
  • Masukkan pisang ke kulkas selama 15 menit, supaya adonan menempel sempurna.
  • Goreng pisang sampai matang hingga warnanya kuning keemasan.

Bagaimana, mudah bukan untuk membuatnya?

Komentar
Continue Reading

Kuliner

Berbagai Resiko Kesehatan Dibalik Nikmatnya Kol Goreng

Published

on

Buat kamu yang hobi kuliner di warung tenda kaki lima pasti tak asing lagi dengan sajian kol goreng. Ya, selain disajikan sebagai lalapan, ternyata sebagian orang lebih suka jika kol digoreng dahulu. Mungkin terdengar aneh, namun rasanya tak kalah enak bahkan akan lebih nikmat bila di campur sambal.

Pada dasarnya, kol mempunyai banyak manfaat bagi tubuh karena banyaknya zat di dalamnya. Contohnya saja kol punya zat anti kanker yang dapat menurunkan resiko kanker, seperti kanker payudara. Namun manfaat tersebut akan berbanding terbalik ketika kol digoreng di suhu yang sangat panas, karena justru akan merusak zat baik dan malah menghasilkan beragam risiko bagi kesehatan tubuh.

Berikut alasan yang dirangkum hitsbanget.

img: health.detik.com

1. Merusak kandungan dalam kol.
Dibalik rasa yang enak dan lezat, ternyata kol yang digoreng justru dapat menghancurkan berbagai jenis vitamin yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin A, B, C, dan K. Kalau sudah merusak vitamin dan juga kandungan dalam zat, percuma juga ya makan kol yang sebenarnya punya manfaat dalam tubuh. Alih-alih mendapatkan manfaat nutrisi, yang ada malah menumbuhkan penyakit.

2. Dapat memicu kanker.
Dengan menggoreng kol di suhu panas bahkan melakukan di minyak yang sudah digunakan berkali-kali tentunya kol menjadi sangat tidak baik bagi tubuh kita. Minyak yang sudah digunakan berkali-kali mengandung radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh. Selain itu, kol goreng tersebut akan merangsang munculnya senyawa amina heterosiklik yang bersifat karsinogenik. Senyawa inilah yang kemudian bisa menjadi pemicu kanker.

3. Menyebabkan obesitas dan serangan Jantung
Sesungguhnya kol mempunyai segudang manfaat terutama untuk kesehatan jantung, namun hal tersebut akan berbeda jika kol diolah secara digoreng karena malah berubah menjadi sangat berbahaya. Kol akan menyerap minyak sehingga kandungan lemak jenuh dan kolesterol dalam minyak goreng akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti obesitas dan serangan jantung. Wah, bahaya banget ya.

Itulah beberapa resiko kesehatan yang akan timbul jika kamu mengkonsumsi kol goreng. Walaupun enak harus dipikirkan lagi ya! Hayo siapa nih yang suka makan kol goreng?

Komentar
Continue Reading

Kuliner

Resep Mudah Membuat Coffee Bun (Rotiboy) Anti Gagal

Published

on

Siapa yang tak kenal dengan Coffe Bun/ Rotiboy? Jika kamu pergi ke pusat perbelanjaan/ mall biasanya jajanan khas Malaysia ini akan menjadi salah satu yang ramai dikunjungi pembeli. Karena selain karena aromanya yang khas, rasanya pun juga lembut dan lezat. Harganya pun juga ramah dikantong, yakni hanya kisaran 10-15ribu saja. Namun, jika kamu ingin menikmati sepuasnya Coffe Bun tanpa harus keluar banyak biaya dan jauh-jauh ke mall, maka tak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri Coffe Bun di rumah. Berikut bahan dan cara membuatnya, simak yuk!

img: yellowpages.co.id

Bahan Biang

1/4 gelas tepung terigu

1/2 gelas air

 

Bahan Ragi

1/2 gelas air hangat kuku

2 sdm gula pasir

11 gram ragi instan

 

Bahan Topping Kopi

100 gram gula pasir

75 gram margarin atau 2 sdm margarin

28 gram kopi instant rasa moka

1 sdt kopi hitam, di larutkan dengan 1 sdm air

1 butir telur

2 sdm susu bubuk

75 gram tepung terigu

 

Bahan Roti

400 gram tepung terigu

75 gram margarin atau 2 sdm margarin

1 butir telur

100 gram tepung terigu untuk menguleni

140 gram margarin, di potong-potong lalu di bekukan di kulkas

 

Cara Membuat

  1. Siapkan bahan biang: masak tepung terigu dicampur air sampai lembut dan sedikit berwarna kuning, angkat dan dinginkan
  2. Siapkan bahan ragi: campur 1/2 gelas air hangat kuku bersama 2 sdm gula pasir, aduk hingga gula larut dan tambahkan 11 gr ragi instan, aduk-aduk dan diamkan hingga ragi mengembang
  3. Siapkan bahan topping kopi: campurkan gula pasir, margarin, kopi instan rasa moka, larutan 1 sdt kopi hitam dengan 1 butir telur. Mixer dengan kecepatan rendah. Setelah benar-benar tercampur rata naikkan kecepatan mixer dan tambahkan 2 sdm susu bubuk dan 75 gram tepung terigu, mixer lagi sampai halus dan lembut
  4. Masukkan bahan topping kopi ke dalam plastik segitiga atau piping bag lalu simpan di dalam kulkas
  5. Membuat roti : Masukkan 400 gram tepung terigu ke dalam wadah baskom yang besar, masukkan bahan biang, 1 butir telur yang sudah dikocok terlebih dahulu & bahan ragi lalu aduk hingga tercampur rata
  6. Uleni bahan roti di atas permukaan meja yang rata sambil di taburi tepung terigu sedikit demi sedikit, tambahkan 2 sdm margarin secara bertahap lalu uleni roti hingga benar-benar kalis. Tutup dan diamkan selama 30 menit sampai 1 jam hingga adonan roti mengembang
  7. Setelah mengembang, bentuk bulat lalu beri isian margarin beku di tengahnya
  8. Panaskan oven sampai suhu 160 derajat celcius, beri topping kopi diatas roti secara melingkar sampai setengah bagian roti tertutupi
  9. Panggang roti selama kurang lebih 25 menit hingga bagian topping mengering
  10. Angkat dan sajikan selagi hangat

Bagaimana, mudah bukan untuk membuatnya? Selamat mencoba!

Komentar
Continue Reading

Trending