Connect with us

Hits Banget

#YangGajiKamuSiapa Jadi Trending, Inilah Sumber Dana Gaji PNS yang Sebenarnya

Published

on

Jumat 01/02/2019 sepertinya menjadi awal bulan yang cukup berat bagi Menkominfo Rudiantara. Bukan karena melakukan pengunduran pemberian gaji pegawainya seperti yang dilakukan direksi PT Pos Indonesia, tetapi hanya karena ucapan yang terlontar dari orang nomer 1 di Kominfo tersebut.

Dalam acara Kominfo Next yang diadakan di Hall Senayan Jakarta, Rudiantara meminta pendapat kepada PNS Kominfo tentang stiker mana yang akan dipilih untuk sosialisasi pemilu 2019 yang akan ditempel di kompleks kementerian. Salah seorang PNS diminta maju oleh Rudiantara. Saat ditanya pilih yang mana, ia pilih yang nomor dua.

Kebetulan pilihan stiker yang ditawarkan hanya berjumlah 2, mirip dengan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden yang akan bertarung di Pilpres mendatang. PNS yang ditanya kemudian menjawab memilih nomor 2.

Disinilah awal mula terjadinya kesalahpahaman yang kemudian menjadi trending topik dunia di jagat sosmed Twitter ini. Saat ditanya kenapa memilih no 2, PNS tersebut menjelaskan bahwa ia tertarik dengan visi-misi paslon Capres no 2.

“Mungkin terkait keyakinan saja, pak. Keyakinan atas visi-misi yang disampaikan oleh nomor dua,” kata dia.

Mendengar jawaban tersebut, Rudiantara terlihat kurang setuju. Ia kembali menekankan bahwa pemilihan stiker ini tak ada kaitannya dengan Pilpres. Hanya sekedar memilih desain saja. Rudiantara lantas memanggil perwakilan dari PNS yang memilih desain nomer 1.

Saat ditanya, perwakilan tersebut menjelaskan bahwa alasan memilih desain nomer 1 adalah karena warnanya yang lebih cerah dan berwarna. Rudiantara tampak setuju dengan pendapat yang dikemukakan. Setelah itu kedua PNS tersebut diminta untuk kembali ke tempat duduknya.

Disaat perjalanan kembali ke tempat duduknya, PNS yang memilih desain no 2 dipanggil lagi oleh Rudiantara.

“Bu! Bu! Yang bayar gaji ibu siapa sekarang? Pemerintah atau siapa? Hah?” Kata Rudiantara.

Setelah mendengar jawaban, Rudiantara kembali berkata, “Bukan yang keyakinan ibu? (nomor 02) Ya sudah makasih,” kata Rudiantara.

Video itupun lantas menjadi viral dan mendapat banyak tanggapan. Plt Kepala Biro Humas Kominfo kemudian memberikan klarifikasi atas ucapan Rudiantara. Sayangnya, netizen Indonesia selalu mahabenar dengan komentarnya. Tagar #YangGajiKamuSiapa pun jadi mendunia.

Sebenarnya yang bayar gaji PNS siapa sih?

Sebelum membahas tentang siapa yang menggaji PNS, tentu ada baiknya diluruskan terlebih dahulu soal duduk perkara permasalahan tersebut. Bicara siapa yang salah, tentu saja semua salah. PNS yang ditanya pilih desain nomor berapa seharusnya tidak menghubungkannya dengan paslon Capres-Cawapres nomor 2. Cukup dijawab dengan semisal, warnanya bagus dan gak norak saja sebenarnya sudah pas.

Rudiantara juga tidak sepenuhnya benar. Perlu diketahui bahwa yang sumber dana yang dipakai untuk menggaji PNS berasal dari berbagai sumber, bukan dari pemerintah. Dan netizen, juga salah kaprah kalau kemudian memberi tanggapan membabi buta dengan asal mengetik di kolom komentar tanpa tahu dasarnya.

Gaji PNS didapatkan dari APBN. Dalam Pasal 11 ayat (3) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan negara, disebutkan kalau pendapatan negara berasal dari tiga hal: pajak, bukan pajak, hibah, baik dari dalam atau luar negeri.

Membayar pajak kendaraan, pajak bumi dan bangunan, pajak penghasilan dan lain-lain adalah bukti nyata kontribusi masyarakat untuk keuangan negara yang salah satu pos pengeluarannya adalah untuk menggaji para PNS. Sedangkan hibah atau pemberian sukarela bisa berasal dari luar atau dalam negeri; bisa dalam bentuk pinjaman program atau proyek. Sementara itu untuk pendapatan bukan dari pajak berasal dari berbagai sumber, salah satunya dari BUMN.

Perlu dipahami bahwa konteks negara dan pemerintah merupakan dua hal yang berbeda. Pemerintah adalah elemen yang menggerakkan negara, bersama elemen lain tentunya. Jadi PNS ini dibayar dengan uang negara, bukan uang pemerintah. Mau pemerintah berganti berkali-kali, gaji PNS tetap akan terbayar selama keuangan negara masih terisi.

Sampai disini sudah paham kan luurr??? Semoga bisa dipahami yaa. Hati boleh panas, tapi kepala harus tetap dingin agar otak bisa dipakai untuk berfikir sejernih mungkin.

 

Komentar

Hits Banget

Kenali Tanda-Tanda Kanker Darah Seperti yang Dialami Ibu Ani

Published

on

Kabar kurang sedap datang dari keluarga Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Pasalnya, Ibu Kristiani Herrawati atau yang akrab disapa Ibu Ani Bambang Yudhoyono kini tengah dirawat di National University Hospital, Singapura. Wanita yang menggemari fotografi tersebut divonis dokter mengidap penyakit Kanker Darah (Blood Cancer). 
Kabar ini pun langsung menuai perhatian masyarakat di tanah air, tak terkecuali Presiden Joko Widodo yang langsung mengirimkan dokter kepresidenan ke Singapura.
Lantas, apa itu penyakit kanker darah yang mengidap Ibu Ani ?
Kanker darah atau bisa disebut juga kanker hematologi, adalah kanker yang memengaruhi produksi dan fungsi sel darah. Sebagian besar kanker darah dimulai dari sumsum tulang di mana darah diproduksi. Nah, sel-sel kanker mencegah sel-sel darah normal untuk menjalankan fungsi mereka.
Dan apa saja gejala penyakit tersebut ? Gejala kanker darah berbeda-beda tergantung jenisnya. Berikut beberapa gejala kanker darah yang paling khas berdasarkan jenisnya:

1. Gejala kanker darah leukimia

Gejala leukimia pada dasarnya sulit untuk dikenali kerena tidak memiliki ciri-ciri yang khas. Meski begitu, leukimia memiliki banyak gejala yang dapat membantu mendeteksi penyakit ini ini, seperti:

  • Anemia
  • Darah sukar membeku
  • Sering mengalami perdarahan seperti mimisan, gusi berdarah, atau memar
  • Rentan terkena infeksi
  • Nyeri pada persendiannya atau di bagian tulang belakang
  • Sakit kepala yang intens
  • Nafsu makan menurun
  • Mengalami penurunan berat badan secara drastis
  • Muncul keringat berlebih di malam hari

2. Gejala kanker darah limfoma

Tanda-tanda dan gejala kanker darah limfoma yang umum adalah:

  • Adanya tonjolan di bawah kulit, biasanya di selangkangan, leher, atau ketiak
  • Demam dan menggigil
  • Batuk yang tak kunjung sembuh dan membaik
  • Sesak napas dan nyeri di dada
  • Gatal-gatal di seluruh tubuh
  • Keringat berlebih di malam hari
  • Sakit perut, punggung, atau nyeri tulang
  • Selalu merasa lemah, lesu, dan tidak bersemangat
  • Berat badan turun drastis tanpa alasan yang jelas
  • Nafsu makan menurun
  • Gangguan saraf
  • Muncul darah dalam tinja atau muntah
  • Haid dengan volume darah yang berlebihan

3. Gejala kanker darah myeloma

Karena myeloma memengaruhi sistem imun, penyakit ini bisa menyebabkan banyak gejala di dalam tubuh. Namun, terdapat beberapa gejala kanker darah myeloma yang khas, di antaranya:

  • Anemia
  • Sering mengalami perdarahan dan memar
  • Gangguan tulang dan kalsium sehingga menyebabkan tulang mudah patah
  • Rentan mengalami infeksi
  • Gangguan atau kerusakan ginjal
  • Kaki bengkak

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala kanker darah yang tidak disebutkan di atas. Jika kamu memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala kanker darah tertentu, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

Berikut pernyataan resmi SBY

Kanker ini juga memiliki kecenderungan genetik. Jadi, jika keluarga terdekat kamu seperti orangtua, saudara kandung, kakek, ataupun nenek memiliki riwayat penyakit ini, maka kamu pun berisiko memilikinya juga.Selain itu, ada juga faktor-faktor lain yang bisa jadi penyebab kanker darah. Di antaranya paparan bahan kimia berbahaya, paparan radiasi, serta infeksi virus tersebut.
So, cepet sembuh yhaa Bu Ani !
Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Cuitan Lucu Seputar Hashtag Typo #ValentieBukanBudayaKita

Published

on

By

Selain pertentangan antara pendukung susu ASI dan susu Formula, pertentangan yang tak akan habis sampai akhir zaman adalah tentang perayaan hari kasih sayang atau yang biasa kita sebut dengan valentine. Bagi yang mendukung, lazimnya dia akan melakukan berbagai hal romantis untuk menunjukkan rasa cintanya kepada pasangan. Tapi bagi yang kontra, mereka akan melakukan berbagai cara untuk tidak mengakui keberadaan hari valentine.

Salah satunya adalah dengan membuat hashtag atau tagar untuk membuat topik di twitter. Entah itu sengaja ataupun tak sengaja, keinginan untuk menunjukkan bahwa valentine bukan budaya kita justru menjadi lucu ketika typo dalam penulisannya. Yah walaupun akhirnya menjadi trending, tapi tetap saja #ValentieBukanBudayaKita menjadi trending topic di twitter paling aneh di awal tahun 2019 ini.

  1. Ya…kegoblokan yang membudaya sudah semestinya kita hilangkan. 

2. Kita rubah saja menjadi harponas, hari typo nasional.

3. Jujur saja, kalian pasti pernah melakukannya meski cuma sekali dalam seumur hidup?

4. Berusaha romantis dengan modal seminim mungkin, itulah sejatinya budaya kita.

5. Orang-orang seperti ini nih yang perlu ditendang ke luar galaksi bima sakti!

6. Ya kan dua ribu lumayan, bisa buat jajan cilok.

7. Ternyata masih ada juga yang jualan jam karet.

8. Budaya yang penuh kepalsuan.

9. Kalau yang ini benar-benar antimainstream, pasti anak indie.

10. Ah, seandainya saja di online shop juga masih bisa tawar menawar, betapa indahnya hidup ini.

 

 

Komentar
Continue Reading

Artis

Raisa Telah Melahirkan Seorang Bayi Perempuan, Cantik Banget !

Published

on

Kabar gembira datang dari pasangan romantis Raisa Andriana-Hamish Daud, bahwasanya pada tanggal 12 Februari 2019 Raisa telah melahirkan anak pertamanya melalui operasi caesar. Berita yang awalnya diunggah oleh manager Hamish, Vitalia Ramona ini pun langsung menuai berbagai komentar warganet yang penasaran seperti apakah wajah cantik si bayi. Dan teka teki tersebut akhirnya terjawab melalui akun instagram @taante_reempong_officiaall, berikut potret bayi mungil Raisa

Pada caption tertulis “Welcome Zalina Rayne Wylie – putri mbak yaya dan mas hamish”. Foto lain yang beredar di jagat maya adalah ketika Raisa sedang menggendong Zalina di tempat tidur didampingi Hamish. Aura kebahagiaan tampak jelas di wajah ayah-ibu baru ini.

Seperti yang diketahui publik, Raisa dan Hamish menikah pada 3 September 2017 silam di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta. Setelah setahun menikah, akhirnya Raisa positif hamil dan video kehamilannya pun juga sempat viral di jagat maya.

Sobat spaneng, kira-kira apa arti nama anak Raisa-Hamish tersebut ?

Nah coba diuraikan satu-satu ya, ternyata arti nama Zalina Rayne Wylie adalah sebagai berikut

Zalina : cahaya

Rayne : Humanis, idealis. Penolong, penuh keyakinan. Modis dan sopan. Kreatif dan penuh ide. Menyukai petualangan dan hiburan.

Wylie : Nama belakang Hamish, yang artinya memikat

Jadi kalau digabung kira-kira artinya Wanita yang bercahaya, memikat dan serta suka menolong. Mantul !

Berikut berbagai komentar netizen

akun @handayn : “Kalo absen sekolah pasti paling akhir sama paling belakang duduknya kalo ujian”

akun @voila_hijab2 : “Sudah kutebak jdinya cantik bangetss”

akun @wiwinwirna : “Aduuh tu iduung baru lahir bisa lgsg paripurna gt ya, haha.. Ga perlu pake ritual d urut2 batang idungnya waktu mandiin ni”

 

 

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.