Connect with us

Hits Banget

#YangGajiKamuSiapa Jadi Trending, Inilah Sumber Dana Gaji PNS yang Sebenarnya

Published

on

Jumat 01/02/2019 sepertinya menjadi awal bulan yang cukup berat bagi Menkominfo Rudiantara. Bukan karena melakukan pengunduran pemberian gaji pegawainya seperti yang dilakukan direksi PT Pos Indonesia, tetapi hanya karena ucapan yang terlontar dari orang nomer 1 di Kominfo tersebut.

Dalam acara Kominfo Next yang diadakan di Hall Senayan Jakarta, Rudiantara meminta pendapat kepada PNS Kominfo tentang stiker mana yang akan dipilih untuk sosialisasi pemilu 2019 yang akan ditempel di kompleks kementerian. Salah seorang PNS diminta maju oleh Rudiantara. Saat ditanya pilih yang mana, ia pilih yang nomor dua.

Kebetulan pilihan stiker yang ditawarkan hanya berjumlah 2, mirip dengan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden yang akan bertarung di Pilpres mendatang. PNS yang ditanya kemudian menjawab memilih nomor 2.

Disinilah awal mula terjadinya kesalahpahaman yang kemudian menjadi trending topik dunia di jagat sosmed Twitter ini. Saat ditanya kenapa memilih no 2, PNS tersebut menjelaskan bahwa ia tertarik dengan visi-misi paslon Capres no 2.

“Mungkin terkait keyakinan saja, pak. Keyakinan atas visi-misi yang disampaikan oleh nomor dua,” kata dia.

Mendengar jawaban tersebut, Rudiantara terlihat kurang setuju. Ia kembali menekankan bahwa pemilihan stiker ini tak ada kaitannya dengan Pilpres. Hanya sekedar memilih desain saja. Rudiantara lantas memanggil perwakilan dari PNS yang memilih desain nomer 1.

Saat ditanya, perwakilan tersebut menjelaskan bahwa alasan memilih desain nomer 1 adalah karena warnanya yang lebih cerah dan berwarna. Rudiantara tampak setuju dengan pendapat yang dikemukakan. Setelah itu kedua PNS tersebut diminta untuk kembali ke tempat duduknya.

Disaat perjalanan kembali ke tempat duduknya, PNS yang memilih desain no 2 dipanggil lagi oleh Rudiantara.

“Bu! Bu! Yang bayar gaji ibu siapa sekarang? Pemerintah atau siapa? Hah?” Kata Rudiantara.

Setelah mendengar jawaban, Rudiantara kembali berkata, “Bukan yang keyakinan ibu? (nomor 02) Ya sudah makasih,” kata Rudiantara.

Video itupun lantas menjadi viral dan mendapat banyak tanggapan. Plt Kepala Biro Humas Kominfo kemudian memberikan klarifikasi atas ucapan Rudiantara. Sayangnya, netizen Indonesia selalu mahabenar dengan komentarnya. Tagar #YangGajiKamuSiapa pun jadi mendunia.

Sebenarnya yang bayar gaji PNS siapa sih?

Sebelum membahas tentang siapa yang menggaji PNS, tentu ada baiknya diluruskan terlebih dahulu soal duduk perkara permasalahan tersebut. Bicara siapa yang salah, tentu saja semua salah. PNS yang ditanya pilih desain nomor berapa seharusnya tidak menghubungkannya dengan paslon Capres-Cawapres nomor 2. Cukup dijawab dengan semisal, warnanya bagus dan gak norak saja sebenarnya sudah pas.

Rudiantara juga tidak sepenuhnya benar. Perlu diketahui bahwa yang sumber dana yang dipakai untuk menggaji PNS berasal dari berbagai sumber, bukan dari pemerintah. Dan netizen, juga salah kaprah kalau kemudian memberi tanggapan membabi buta dengan asal mengetik di kolom komentar tanpa tahu dasarnya.

Gaji PNS didapatkan dari APBN. Dalam Pasal 11 ayat (3) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan negara, disebutkan kalau pendapatan negara berasal dari tiga hal: pajak, bukan pajak, hibah, baik dari dalam atau luar negeri.

Membayar pajak kendaraan, pajak bumi dan bangunan, pajak penghasilan dan lain-lain adalah bukti nyata kontribusi masyarakat untuk keuangan negara yang salah satu pos pengeluarannya adalah untuk menggaji para PNS. Sedangkan hibah atau pemberian sukarela bisa berasal dari luar atau dalam negeri; bisa dalam bentuk pinjaman program atau proyek. Sementara itu untuk pendapatan bukan dari pajak berasal dari berbagai sumber, salah satunya dari BUMN.

Perlu dipahami bahwa konteks negara dan pemerintah merupakan dua hal yang berbeda. Pemerintah adalah elemen yang menggerakkan negara, bersama elemen lain tentunya. Jadi PNS ini dibayar dengan uang negara, bukan uang pemerintah. Mau pemerintah berganti berkali-kali, gaji PNS tetap akan terbayar selama keuangan negara masih terisi.

Sampai disini sudah paham kan luurr??? Semoga bisa dipahami yaa. Hati boleh panas, tapi kepala harus tetap dingin agar otak bisa dipakai untuk berfikir sejernih mungkin.

 

Komentar

Hits Banget

Koopssus, Pasukan Elit TNI Penangkal Terorisme di Dalam dan Luar Negeri

Published

on

By

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto baru saja meresmikan Komando Operasi Khusus TNI (Koopssus) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Koopssus ini nantinya akan bekerja secara berdampingan dengan Densus 88 dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk melawan ancaman terorisme.

Sebenarnya, masing-masing angkatan sudah memiliki satuan tersendiri untuk menangani persoalan terorisme. Seperti Satgultor Kopassus (AD), Denbravo Paskhas (AU), dan Denjaka (AL). Akan tetapi untuk mempermudah koordinasi, maka dibentuklah Koopssus TNI yang isinya merupakan gabungan pasukan elit dari ketiga angkatan di TNI.

Koopssus TNI sebenarnya telah dibentuk di masa kepemimpinan Panglima TNI Jenderal Moeldoko pada tahun 2015. Saat itu, pasukan ini terdiri dari 90 orang yang akan bertugas dalam status operasi. Jika dibutuhkan, mereka dapat langsung diterjunkan.

Ketentuan mengenai Koopssus sendiri diatur dalam Perpres 42 Tahun 2019. Perpres ini merupakan perubahan kedua dari Perpres Nomor 10 Tahun 2010. Dalam Perpres yang baru, pemerintah menambahkan satu pasal yaitu pasal 46B.

Dalam pasal ini dijelaskan bahwa Koopssus bertugas menyelenggarakan operasi khusus dan kegiatan yang mendukung pelaksanaan operasi khusus. Operasi yang dimaksud membutuhkan kecepatan dan keberhasilan tinggi guna menyelamatkan kepentingan nasional. Baik itu di dalam maupun di luar wilayah Indonesia.

Koopssus akan dipimpin oleh perwira tinggi berpangkat bintang dua yang akan bertanggung jawab langsung kepada Panglima TNI. Ketika sedang ada operasi, maka Panglima TNI bisa langsung menggerakkan pasukan ini. Akan tetapi saat tidak ada operasi, maka pasukan ini akan selalu berada dalam kondisi siaga dan terus berlatih agar siap tempur. Selain kegiatan tempur, satuan ini nantinya juga akan mengoptimalkan fungsi intelijen untuk mendukung tugas-tugasnya.

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Siap-Siap! Pemerintah Buka 175 Ribu Formasi Untuk CPNS dan PPPK Tahun 2019

Published

on

By

Untuk kamu yang tahun kemarin gagal saat mengikuti tes CPNS 2018, tak usah berkecil hati karena masih ada harapan untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyatakan bahwa akan segera digelar seleksi penerimaan CPNS dan PPPK tahun 2019.

Menteri PANRB, Syarifudin, menyatakan bahwa tahun ini akan digelar seleksi penerimaan CPNS dan PPPK tahap II. Jumlah formasi yang disediakan juga cukup banyak yakni 175 ribu formasi. Alokasinya adalah 100 ribu untuk CPNS dan 75 ribu untuk PPPK.

Hanya saja kamu mesti harus bersabar dulu sebab pemerintah belum bisa menentukan kapan proses seleksi akan dimulai. Hal itu disebabkan karena harus ada koordinasi terlebih dahulu antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah terkait anggaran yang digunakan untuk membiayai ASN.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga membuka kemungkinan untuk membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) Tahap II dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 pada waktu yang bersamaan. Teknisnya bisa dilakukan dengan semisal tes menggunakan 5 ruangan, maka 3 ruangan akan digunakan untuk seleksi CPNS dan 2 ruangan akan digunakan untuk PPPK.

Mengingat jadwal seleksi yang belum pasti, ada baiknya bagi kamu yang berminat untuk menjadi ASN tetap mempersiapkan diri. Manfaatkan waktu yang ada untuk terus berlatih mengerjakan latihan soal CPNS. Jangan lupakan juga kelengkapan administrasi. Kamu tentu tak ingin kegagalanmu di tahun lalu terulang kembali bukan?

ASN memang masih menjadi salah satu pekerjaan idola hingga saat ini. Berkecukupan, jaminan hari tua, dan tentunya menjadi idaman bagi calon mertua (bagi yang masih lajang). Oleh sebab itu, lakukan usaha yang terbaik saja biar bisa lulus jadi ASN!

Komentar
Continue Reading

Artis

Momen Haru Pertunangan Cut Meyriska-Roger Danuarta

Published

on

Kabar bahagia datang dari bintang sinetron Roger Danuarta dan Cut Ratu Meyriska atau yang lebih akrab disapa Chika. Pasalnya, tak lama lagi pasangan selebriti ini akan menuju kursi pelaminan sebagai suami-istri. Melalui akun instagram masing-masing, keduanya berbagi momen ketika prosesi tunangan yang berkonsep outdoor pada hari Minggu (28/7/19) di Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

Simak yuk !

  1. Sempat dikabarkan tak direstui oleh ayahanda Cut Meyriska, Roger datang melamar didampingi keluarga besarnya dan juga ustadz Felix Siauw.

    www.instagram.com/diera_bachir

     

  2. Cut Meyriska tampak cantik dan anggun dengan gaun berwarna biru muda rancangan desainer Ayu Dyah Andari. Tak hanya gaun, dekorasi acara pertunangan mereka pun juga tak kalah cantik.

    www.instagram.com/diera_bachir

     

  3. Momen haru ketika Roger sungkem kepada ibunda Cut Meyriska, meminta restu untuk menikahi sang putri tercinta.

    www.instagram.com/diera_bachir

     

  4. Ustadz Felix Siauw turut hadir untuk memberikan tausiyah kepada pasangan selebriti ini. Sama seperti Roger, Ustadz Felix Siauw pun juga seorang mualaf.

    www.instagram.com/diera_bachir

     

  5. Ibunda Roger memberikan souvenir kepada ibunda Cut Meyriska

    www.instagram.com/diera_bachir

     

  6. Dan semua momen di atas diabadikan dalam sebuah video mengharukan karya fotografer langganan para selebriti, Diera Bachir.

Well, semoga berbahagia selalu ya Roger dan Chika !

Komentar
Continue Reading

Trending