Connect with us

Hits Banget

#YangGajiKamuSiapa Jadi Trending, Inilah Sumber Dana Gaji PNS yang Sebenarnya

Published

on

Jumat 01/02/2019 sepertinya menjadi awal bulan yang cukup berat bagi Menkominfo Rudiantara. Bukan karena melakukan pengunduran pemberian gaji pegawainya seperti yang dilakukan direksi PT Pos Indonesia, tetapi hanya karena ucapan yang terlontar dari orang nomer 1 di Kominfo tersebut.

Dalam acara Kominfo Next yang diadakan di Hall Senayan Jakarta, Rudiantara meminta pendapat kepada PNS Kominfo tentang stiker mana yang akan dipilih untuk sosialisasi pemilu 2019 yang akan ditempel di kompleks kementerian. Salah seorang PNS diminta maju oleh Rudiantara. Saat ditanya pilih yang mana, ia pilih yang nomor dua.

Kebetulan pilihan stiker yang ditawarkan hanya berjumlah 2, mirip dengan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden yang akan bertarung di Pilpres mendatang. PNS yang ditanya kemudian menjawab memilih nomor 2.

Disinilah awal mula terjadinya kesalahpahaman yang kemudian menjadi trending topik dunia di jagat sosmed Twitter ini. Saat ditanya kenapa memilih no 2, PNS tersebut menjelaskan bahwa ia tertarik dengan visi-misi paslon Capres no 2.

“Mungkin terkait keyakinan saja, pak. Keyakinan atas visi-misi yang disampaikan oleh nomor dua,” kata dia.

Mendengar jawaban tersebut, Rudiantara terlihat kurang setuju. Ia kembali menekankan bahwa pemilihan stiker ini tak ada kaitannya dengan Pilpres. Hanya sekedar memilih desain saja. Rudiantara lantas memanggil perwakilan dari PNS yang memilih desain nomer 1.

Saat ditanya, perwakilan tersebut menjelaskan bahwa alasan memilih desain nomer 1 adalah karena warnanya yang lebih cerah dan berwarna. Rudiantara tampak setuju dengan pendapat yang dikemukakan. Setelah itu kedua PNS tersebut diminta untuk kembali ke tempat duduknya.

Disaat perjalanan kembali ke tempat duduknya, PNS yang memilih desain no 2 dipanggil lagi oleh Rudiantara.

“Bu! Bu! Yang bayar gaji ibu siapa sekarang? Pemerintah atau siapa? Hah?” Kata Rudiantara.

Setelah mendengar jawaban, Rudiantara kembali berkata, “Bukan yang keyakinan ibu? (nomor 02) Ya sudah makasih,” kata Rudiantara.

Video itupun lantas menjadi viral dan mendapat banyak tanggapan. Plt Kepala Biro Humas Kominfo kemudian memberikan klarifikasi atas ucapan Rudiantara. Sayangnya, netizen Indonesia selalu mahabenar dengan komentarnya. Tagar #YangGajiKamuSiapa pun jadi mendunia.

Sebenarnya yang bayar gaji PNS siapa sih?

Sebelum membahas tentang siapa yang menggaji PNS, tentu ada baiknya diluruskan terlebih dahulu soal duduk perkara permasalahan tersebut. Bicara siapa yang salah, tentu saja semua salah. PNS yang ditanya pilih desain nomor berapa seharusnya tidak menghubungkannya dengan paslon Capres-Cawapres nomor 2. Cukup dijawab dengan semisal, warnanya bagus dan gak norak saja sebenarnya sudah pas.

Rudiantara juga tidak sepenuhnya benar. Perlu diketahui bahwa yang sumber dana yang dipakai untuk menggaji PNS berasal dari berbagai sumber, bukan dari pemerintah. Dan netizen, juga salah kaprah kalau kemudian memberi tanggapan membabi buta dengan asal mengetik di kolom komentar tanpa tahu dasarnya.

Gaji PNS didapatkan dari APBN. Dalam Pasal 11 ayat (3) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan negara, disebutkan kalau pendapatan negara berasal dari tiga hal: pajak, bukan pajak, hibah, baik dari dalam atau luar negeri.

Membayar pajak kendaraan, pajak bumi dan bangunan, pajak penghasilan dan lain-lain adalah bukti nyata kontribusi masyarakat untuk keuangan negara yang salah satu pos pengeluarannya adalah untuk menggaji para PNS. Sedangkan hibah atau pemberian sukarela bisa berasal dari luar atau dalam negeri; bisa dalam bentuk pinjaman program atau proyek. Sementara itu untuk pendapatan bukan dari pajak berasal dari berbagai sumber, salah satunya dari BUMN.

Perlu dipahami bahwa konteks negara dan pemerintah merupakan dua hal yang berbeda. Pemerintah adalah elemen yang menggerakkan negara, bersama elemen lain tentunya. Jadi PNS ini dibayar dengan uang negara, bukan uang pemerintah. Mau pemerintah berganti berkali-kali, gaji PNS tetap akan terbayar selama keuangan negara masih terisi.

Sampai disini sudah paham kan luurr??? Semoga bisa dipahami yaa. Hati boleh panas, tapi kepala harus tetap dingin agar otak bisa dipakai untuk berfikir sejernih mungkin.

 

Komentar

Hits Banget

Senyum Manis Bripda Kiki yang Menyejukkan Panasnya Pemilu 2019

Published

on

By

Hampir mirip dengan Pemilu 2014, pesta demokrasi tahun 2019 ini tak kalah panasnya. Khususnya di ajang pemilihan calon presiden dan wakil presiden. Rematch antara Prabowo vs Jokowi menjadi pertarungan sengit yang selalu layak diperbincangkan. Apalagi, mengulang narasi 2014 lalu, kedua kubu menyatakan “menang”.

Kubu Jokowi belum membuat keputusan resmi, tapi hasil perhitungan cepat menyatakan kubu petahana telah memenangkan pemilu. Sebaliknya, kubu Prabowo justru telah membuat pernyataan resmi soal kemenangan berdasarkan survei internal. Mana yang harus dipercaya?

Hal seperti inilah yang membuat suasana pemilu semakin memanas. Namun di tengah panasnya suasana pemilu, mendadak viral foto polwan cantik Bripda Kiki Widya Sari dengan tagar #pemiludamai2019. Dengan senyum manisnya, seolah-olah ingin mendinginkan tensi panas di arena pemilu 2019.

Postingan lewat akun instagramnya @kikiwidyass tersebut mendapat banyak tanggapan dari netizen. Sebagian diantaranya mendadak ingin “diamankan” oleh Bripda Kiki. Wajar saja, siapa juga yang gak pengen kenal lebih dekat dengan sosok manis nan kalem seperti Bripda Kiki ini.

Biar hati kalian semakin adem, nih kami berikan beberapa foto Bripda Kiki yang dilansir dari akun Instagramnya @Kikiwidyaas.

 

 

 

Dalam kesehariannya, Bripda Kiki bertugas di Divisi Teknologi Mabes Polri. Dia adalah lulusan SPN Polda Jabar tahun 2018. Banyaknya follower di akun instagramnya dimanfaatkan oleh Bripda Kiki salah satunya untuk sosialisasi program-program dari kepolisian.

Nah, dengan lihat senyum manisnya, hati cebong dan kampret pasti langsung adem kaya ubin mushola. Ya kan? Udah iyain aja lah. Saran aja buat Mabes Polri, buat pengamanan pengumuman hasil pemilu dari KPU nanti, personel seperti Bripda Kiki ini tolong diperbanyak yaa. Potensi kerusuhan pasti akan mengecil.

 

Komentar
Continue Reading

Gadget

“Time To Say Goodbye”, BBM Akan Tutup Layanan Pada 31 Mei 2019

Published

on

Sobat Spaneng pasti ingat memori-memori ketika mengirim pesan menggunakan BBM atau Blackberry Messenger. Aplikasi yang pernah populer sekitar 6 tahun silam tersebut pernah turut andil meramaikan aplikasi perpesanan di Indonesia. BBM menjadi aplikasi idola karena salah satunya fitur khas emoticon yang unik. Namun tak akan lama lagi hal tersebut tak bisa lagi dinikmati oleh para penggunanya. Pasalnya, aplikasi perpesanan yang khas dengan “PING!” nya  tersebut akan menutup layanannya pada 31 Mei 2019. “Time to Say GOODBYE” ujar pesan yang disampaikan kepada pengguna BBM.

img: bbm.com

Salah satu alasan diberhentikannya layanan BBM adalah karena persaingan di era saat ini. Sulitnya BBM beradaptasi dengan platform lain membuat pengguna berpindah ke layanan lain. Walaupun selama kurang lebih 3 tahun hadir di lintas platform, nyatanya BBM harus tumbang ditengah gempuran inovasi dan teknologi yang semakin berkembang saat ini. Padahal, BBM telah menambahkan beberapa fitur yang cukup menarik bukan hanya untuk sekedar berkomunikasi saja, melainkan juga dapat melakukan aneka pembayaran tagihan. Namun tampaknya hal tersebut masih belum bisa mempertahankan atau bahkan menambah jumlah pengguna barunya. Hingga pada akhirnya penggunanya justru beranjak ke platform lain seperti WhatsApp dan Line.

Pihak BBM mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, mitra serta karyawan BBM yang pernah menjadi bagian dari BBM. Dan untuk kamu yang ingin mengunduh data, obrolan, video, dan dokumen penting, BBM memberikan waktu paling lambat 7 hari setelah penghentian operasi. Proses penghapusan data dari infrastuktur Cloud perusahaan akan memakan waktu hingga 180 hari.

Jadi buat kamu yang punya banyak kenangan di BBM, segera unduh data-data penting tersebut !

Komentar
Continue Reading

Artis

Selfie Pertama Nicholas Saputra Bikin Warganet Heboh

Published

on

Bersamaan dengan hari pemungutan suara pada Pemilu 2019, aktor tampan Nicholas Saputra juga membuat heboh jagat maya karena untuk pertama kalinya si “Rangga” tersebut mengunggah foto selfie di akun instagramnya. Memang semenjak membuat akun instagram beberapa tahun kebelakang, Nicholas belum pernah memposting foto selfie sama sekali. Laman instagramnya dipenuhi dengan foto-foto hasil jepretannya yang berupa pemandangan alam di berbagai belahan dunia. Ya, aktor satu ini memang mempunyai hobi travelling dan fotografi.

img: www.instagram.com/nicholassaputra

Dalam foto selfienya tersebut Nicholas menunjukkan jari kelingkingnya yang sudah dicelupkan tinta ungu dan menambahkan caption

Baiklah.. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah ikut berpartisipasi dalam pemilu 2019 
Tetap damai dan selamat merayakan demokrasi! 
PS : postingan ini akan dihapus dalam waktu 24 jam

Dan seketika foto yang diunggah siang hari setelah pemungutan suara itupun langsung banjir beragam komen dari warganet.

akun aktris Adinia Wirasti @adiniawrst berkomentar: “Hari mengcapture ig nico se Indonesia.”

akun penulis @fiersabesari pun ikut berkomentar: “Akhirnya, sejarah telah terukir. Selfie pertama seorang Nicholas Saputra”

akun @kartuposinsta: “24 jam doang???? 24 purnama donggggggggg minimal”

akun @dianpurnomo: “Pliss… Jangan dihapus, setidaknya biarkan ada satu mimpi yg jd nyataaa… Plissss”

akun @lubnaasyaa: “Aku sabar nunggu 5 tahun lagi demi foto selfiemu”

akun @ndennnn: “TEPAT DI HARI INI SETELAH 7 TAHUN TIDAK POST FOTO SELFIE AKHIRNYA YAAMPUN TERNYATA NICHOLAS SAPUTRA SETAMPAN ITU. berasa diliatin jodoh”

 

Komentar
Continue Reading

Trending