Connect with us

Desain Rumah

Walaupun Sempit, Dapurmu Akan Terlihat Lebih Menawan Dengan Dekorasi Gaya Scandinavian

Published

on

Dekorasi suatu ruangan bisa jadi menggambarkan karakteristik yang menempatinya. Orang yang simpel cenderung menyukai dekorasi minimalis misalnya, sedangkan orang yang cheerful cenderung menyukai dekorasi yang colorful atau yang bernuansa shabby chic. Beberapa tahun belakangan, perkembangan jenis desain interior begitu pesat. Ada lebih dari 20 jenis desain interior yang bisa kita pilih, dan masing-masing mempunyai karakteristik yang khas. Namun ada belakangan yang banyak dicari adalah desain yang cocok untuk rumah dengan lahan sempit, dan salah satu desain yang mencuri perhatian adalah dekorasi a la scandinavian.

Apakah Dekorasi Scandinavian itu ?

Dekorasi Scandinavian adalah model desain interior yang sebernarnya sudah ada sejak tahun 1950 dan diprakarsai oleh negara-negara Nordic seperti Swedia, Norwegia, Finlandia, Islandia dan Denmark.

img : decoist.com

Apakah Ciri Khas Dari Dekorasi Scandinavian ?

Dekorasi a la Scandinavian mempunyai karakteristik sederhana, minimalis, dan fungsional. Dalam hal pemilihan warna, jenis dekorasi ini lebih ke warna-warna netral seperti putih, krem, abu-abu, atau hitam. Pemilihan material pun juga didominasi oleh material yang natural seperti kayu dan besi.

Bagaimana Cara Mendekor Dapur A La Scandinavian?

  1. Pilih warna furniture yang senada dengan warna dinding. Hal ini dapat membuat kesan dapurmu lebih terlihat luas

img : home-designing.com

2. Agar terlihat lebih luas, hilangkan sekat antara meja makan dan dapur

 

img : tinyme.com

3. Gunakan rak yang diletakkan menempel di dinding agar dapurmu kelihatan lebih lega. Jangan lupa taruh tanaman hidup di rak dapur agar nuansa terkesan lebih segar

img : id.pinterest.com

4. Dalam hal penerangan, gunakan lampu dengan material unik dan kabel yang menjulur panjang

img : vintagelawas.com

5. Agar kelihatan scandinavian banget, pilih kursi meja makan dengan kaki yang panjang.

img : bgdenvil.com

 

Komentar
Continue Reading

Desain Rumah

Menanam Markisa, Solusi Untuk Mempunyai Halaman Rimbun Dalam Waktu Singkat !

Published

on

Bagi ibu rumah tangga, salah satu cara untuk mengusir kejenuhan adalah dengan berkebun (gardening). Berbagai macam ide bisa diterapkan dalam berkebun, misalnya apakah mau memanfaatkan lahan dengan tanaman hias, tanaman obat keluarga (Toga), ataupun sayur-sayuran. Dengan melihat pertumbuhan tanaman kita setiap hari tentunya rasa jenuh lama kelamaan akan terkikis dengan kegiatan mengasyikkan tersebut.

Bagi kamu yang masih awam dalam hal berkebun namun ingin memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah, ada baiknya memulai dengan tanaman tangguh yang cocok di segala kondisi. Salah satunya Buah Markisa. Ya, tanaman merambat ini sangat cocok untuk dibudidayakan di berbagai lahan karena mudahnya dalam perawatan serta cocok di segala musim.

Selain cocok di segala kondisi, Buah Markisa pun kaya akan manfaat seperti penjelasan berikut ini

  1. Sumber serat untuk tubuh

Buah markisa kaya akan vitamin C dan mempunyai kandungan serat yang tinggi dimana sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, sehingga terhindar dari sembelit.

  1. Mengandung banyak antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Dan antioksidan banyak ditemukan pada buah dengan kandungan vitamin C tinggi. Selain itu buah Markisa mengandung beta-karoten, dan polifenol yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari peradangan kronis, penyakit jantung dan kanker.

  1. Menurunkan berat badan

Markisa dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan dan minuman, salah satunya jus markisa. Jus markisa dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori (97 kalori per 100 gr). Selain itu, markisa kaya akan karbohidrat dan gula alami sehingga mampu menurunkan kolesterol.

  1. Membantu tidur lebih nyenyak

Selain itu, jus markisa juga memiliki efek menenangkan saraf sehingga mampu merelaksasikan pikiran kamu. Hal semacam ini tentunya sangat membantu para penderita insomnia atau mereka yang tidak bisa tidur pulas. Oleh karena itu, segelas jus markisa sebelum tidur bisa membuat para penderita insomnia tidur lebih nyenyak.

Lalu, bagaimana cara menanam buah Markisa ? Berikut langkah-langkahnya

  • Siapkan bibit. Oh iya, buah Markisa memiliki berbagai varian ya. Ada yang kuning, ungu kemerahan ataupun markisa jumbo. Nah konon kabarnya yang merah keunguan ini yang paling manis lho !

    img: deherba.com

  • Siapkan media untuk merambat. Media rambat umumnya dibuat dari bamboo yang dianyam, bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari bentuk lengkung, mendatar, ataupun vertikal.

    media rambat bentuk lengkung

  • Tanam bibit dalam tanam yang dicampur dengan pupuk kendang.
  • Disiram secukupnya.

Untuk perawatannya cukup mudah ya, tinggal di potongi daunnya secara berkala agar tidak terlalu membenani media rambat, selain itu keindahannya pun akan terjaga. Bagi kamu yang mempunyai lahan kosong namun ingin mempunyai tumbuhan perindang dalam waktu yang relative singkat, tanaman Markisa solusinya. Karena tanaman ini akan rimbun dan berbuah hanya dalam waktu 5-9 bulan saja tergantung kesuburan tanaman. Dan selain untuk dimakan langsung, Markisa juga dapat dijadikan berbagai macam olahan yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Misalnya sirup, selai, pudding, es buah, dan sebagainya.

Jadi, banyak sekali keuntungan menanam buah tangguh ini bukan?

Komentar
Continue Reading

Desain Rumah

Berbagai Macam Inspirasi Dekorasi Kaktus yang Menyejukkan Mata

Published

on

Kaktus dikenal sebagai tanaman yang hidup di gurun pasir, oleh karena itu tanaman berduri ini disebut juga dengan tumbuhan xerofit yaitu tumbuhan yang mampu beradaptasi dengan lingkungan yang panas dan kering. Kaktus memiliki ciri khas yakni memiliki daun yang berbentuk duri dimana berfungsi untuk mengurangi penguapan. Hingga kini kaktus banyak dimanfaatkan sebagai sumber pangan, obat-obatan hingga tanaman penghias rumah. Nah bicara soal penghias rumah, berikut macam-macam inspirasi dekorasi kaktus yang bisa menyejukkan mata.

  1. Sediakan lahan khusus untuk menanam kaktus, terutama untuk kaktus berukuran besar seperti berikut. Dinding rumah yang alami belum di cat akan menambah kesan sejuk.

    id.pinterest.com

     

  2. Ide meletakkan kaktus di dalam rumah seperti gambar berikut juga keren lho ! Kamu bisa memilih kaktus yang tumbuh ke atas seperti jenis kaktus belimbing sehingga ruangan juga terkesan lebih tinggi.

    id.pinterest.com

     

  3. Ingin menaruh kaktus di dalam ruangan namun takut terkena durinya ? Tenang saja, kamu bisa melukis kaktus di tembok rumah seperti gambar berikut. Jadi, suasana kaktus tetep dapet kan ?

    id.pinterest.com

     

  4. Punya rak dinding ? Jangan lupa untuk menata kaktus di pot-pot kecil seperti berikut, untuk pemilihan pot juga pilih yang menurut kamu enak dipandang ya ! Jangan lupa untuk selalu mengecek agar kaktusmu tak mati.

    id.pinterest.com

     

  5. Manfaatkan akuarium kaca yang sudah tak terpakai untuk disulap menjadi terrarium, kamu bisa menanam di dalam wadah kaca berikut dengan berbagai macam kaktus. Jangan lupa juga tambahkan dengan batuan-batuan hias agar lebih cantik. Untuk cara membuat terrarium bisa diklik disini

    id.pinterest.com

     

  6. Selain untuk dekorasi rumah, kaktus pun juga cantik dijadikan dekorasi meja seperti berikut. Masukkan ke dalam gelas, dan lengkapi dengan bebatuan hias maka acaramu akan semakin unik dan berkesan.

    id.pinterest.com

     

  7. Kreasi kaktus kini sudah bermacam-macam, contohnya seperti gambar berikut. Kamu bisa membuat sendiri dari kain flanel dan dibentuk menyerupai kaktus sesuai seleramu.

    id.pinterest.com

Komentar
Continue Reading

Desain Rumah

5 Ide Workspace Unik Biar Makin Betah di Kantor

Published

on

Banyak faktor yang memengaruhi kualitas kerja seseorang, salah satunya adalah mood atau suasana hati. Dan mood yang bagus bisa saja tercipta karena suasana ruangan yang nyaman. Nah buat Sahabat Spaneng yang bekerja di kantor swasta bernuansa semi formal ada baiknya keluar dari zona nyaman dan mencoba beberapa inovasi penataan ruangan seperti berikut, biar kerja nggak tambah Spaneng!

  1. Penataan workspace yang monoton bisa jadi akan memengaruhi mood, dan semangat kerja seseorang. Oleh karena itu sebisa mungkin workspace dibuat senyaman mungkin, seperti gambar berikut. Dengan konsep ruangan berbentuk bilik-bilik semi tertutup seperti ini tetap memungkinkan pegawai menjaga privasinya.

    id.pinterest.com

  2. Kamu merasa terlalu formil bekerja dengan menggunakan meja dan kursi? Nah mungkin solusi berikut bisa menjadi alternatif. Seperti workspace yang terdapat di Philadelphia ini, bukan menggunakan kursi dan meja melainkan para karyawan bekerja secara lesehan lengkap bantal dan alas yang empuk.

    id.pinterest.com

  3. Berbeda lagi dengan workspace berikut, masih dengan konsep yang santai ide yang satu ini juga bisa dijadikan referensi lho!

    id.pinterest.com

  4. Sering merasa tak fokus jika bekerja secara beramai-ramai dalam satu ruangan ? Nah konsep berikut bisa kamu coba, workspace yang di desain seperti warnet! hihihi

    id.pinterest.com

  5. Konsep unik yang lain adalah seperti berikut, workspace dibuat di ruang terbuka dengan konsep natural lengkap dengan pepohonan di tengah-tengahnya. Suasana kebersamaan pun akan tercipta ketika sedang bekerja namun juga tak meninggalkan kesan sejuk.

    id.pinterest.com

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.