Artis, Hiburan

Transformasi Syamsir Alam, Dari Rising Star Sepak Bola Hingga Menjadi Host MTMA

Nama Syamsir Alam sempat digadang-gadang akan menjadi bintang sepakbola masa depan Indonesia. Bakatnya sebagai seorang pesepakbola mulai terlihat sejak usia 9 tahun. Hal itu pula yang membawanya bergabung ke timnas U-14. Tidak lama berselang, Syamsir turut serta dalam proyek SAD Uruguay yang dilakukan oleh PSSI untuk mengembangkan bakat pemain muda potensial.

Kesempatan tersebut tidak disia-siakan oleh Syamsir Alam. Pada tahun 2008 ia sempat menjadi top skor tim SAD Indonesia di kompetisi U-17 Uruguay. Setelah itu ia dipinjam oleh Penarol, salah satu klub yang memiliki reputasi cukup hebat di Liga Uruguay.

Pasca tim SAD dibubarkan, karir Syamsir Alam terlihat semakin terang tatkala CS Vise yang berlaga di divisi 2 Liga Belgia merekrutnya. Meski berlaga di divisi 2, namun semua orang tahu bahwa Liga Belgia adalah tempat yang pas untuk para pemain muda. Apabila sukses di sana bukan tidak mungkin klub-klub Liga Inggris atau Spanyol akan merekrutnya.

Dua tahun di Belgia ternyata tak membuat karir Syamsir Alam berkembang karena lebih sering duduk di bangku cadangan. Hal itu juga yang membuatnya gagal bergabung dengan skuat Sea Games 2013. Namun anehnya justru pada tahun itu pula ia bergabung dengan salah satu klub peserta MLS DC United. Bergabungnya Syamsir ke klub tersebut tak lepas dari pengaruh Erick Thohir yang menjadi pemiliknya.

Sayang kesempatan bermain di Amerika Serikat itu tak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Syamsir Alam. Ia lebih sering ikut latihan tapi tak pernah masuk dalam line up. Mungkin hanya satu saja sisi positifnya, yaitu popularitasnya meningkat tajam. Ditambah lagi dengan wajahnya yang rupawan, membuat daya jual Syamsir semakin besar. Sejak saat itu pengikutnya di media sosial semakin bertambah, begitu juga jobnya di luar sepakbola.

Tidak mau terus menerus menjadi pemain cadangan, pemuda asal Sumatera Barat ini akhirnya memutuskan untuk pulang kampung pada tahun 2014. Tercatat ia sudah pernah membela Sriwijaya FC, PBR, dan Persiba Balikpapan. Seperti halnya di DC United, di ketiga klub itu Syamsir lebih sering duduk di bangku cadangan. Isu tawaran kontrak dari Persijap Jepara di tahun 2016 pun hanya sebatas isu saja karena ia tak pernah bergabung dengan klub itu.

Meski karirnya di sepakbola profesional terus merosot, popularitas dan pesona Syamsir Alam tetaplah stabil. Bahkan ia pernah dikabarkan dekat dengan beberapa selebritis seperti Tyas Mirasih, Aura Kasih dan Anggita Sari. Mungkin hal itu juga yang pada akhirnya mengantarkan Syamsir Alam ke profesi barunya, yaitu presenter.

Yah, Syamsir Alam sekarang masih bisa kita temui di televisi. Tapi bukan di ajang Liga Indonesia atau berita olahraga, melainkan di acara My Trip My Adventure yang ditayangkan oleh Trans Tv. Setiap hari Sabtu dan Minggu kamu bisa menyaksikan wajah tampannya sambil menikmati keindahan alam Indonesia yang tidak ada habisnya.

Lantas bagaimana penampilan Syamsir Alam saat ini? tidak perlu bertanya-tanya karena kami telah mengumpulkan beberapa foto kecenya yang bikin ciwik-ciwik meleleh dari akun instagramnya @syamsir11alam.

selamat datang di dunia petualangan kak 🙂

 

ini Indonesia lho kak, bukan Eropa atau Amerika…

 

pasir putih, langit yang biru dan laut yang tenang…indah kan kak?

 

stay clean = jangan buang sampah sembarangan *intinya gitu

 

ngadem dulu, biar pikiran tenang…

 

anggap saja naik kapal pesiar 😀

 

kayaknya sih lagi mikirin masa depan..

 

dimanapun tempatnya, bola adalah teman…jadi ingat kaptain tsubasa…

 

suatu saat nanti akan kembali lagi ke lapangan hijau *hanya kak Syamsir dan Tuhan yang tau…

Jadi gimana gaes? Bagus jadi pemain sepakbola atau presenter? Ahh kalau menurut saya sih orang ganteng mau ditaruh mana aja tetap bagus…Tapi apapun itu, semoga pilihan Syamsir Alam akan menjadi pilihan yang terbaik buat dirinya. Oh iya buat para cewek-cewek sudah meleleh belum?

Comments

comments