Connect with us

Hobi

Tips Menghemat BBM ala Hitsbanget.com

Published

on

Di tanggal se tua ini satu-satunya jalan untuk bertahan hidup adalah dengan berhemat. Segala sesuatu yang ada hubungannya dengan uang harus dihitung sejeli mungkin. Salah sedikit saja bisa-bisa harus ninggal ktp di warung makan karena tak mampu bayar.

Salah satu sektor yang harus dihemat adalah pengeluaran untuk BBM. Bukan…bukan BBM yang dulu sangat famous dengan update status dan suara “ting-tung ting-tung” itu. Tapi BBM untuk kendaraan yang biasa kamu gunakan wira-wiri ke sekolah, kampus ataupun antar jemput gebetan.

Iya sih motor ataupun mobil kebanyakan sekarang sudah didesain ramah lingkungan dan irit BBM. Tapi kan kalau satu liter bisa bertahan satu minggu kan lumayan. Anggaran buat BBM bisa dialihkan untuk sektor lain. Seperti banyak sodaqoh biar pahalanya makin banyak.

Dan setelah melalui sejumlah penelitian bertahun-tahun, akhirnya tim otomotif Hitsbanget.com berhasil merumuskan beberapa tips untuk menghemat BBM.

  1. Perbanyak nebeng teman

images: catatanmini.com

Bersihkan dulu kendaraan kamu lalu simpan rapi. Setelah itu tinggal hubungi saja teman kamu yang punya tujuan searah. Jangan pernah malu untuk bilang,”aku nebeng yoo”. Rasa malu hanya akan membuat rencana penghematanmu sia-sia. Dengan metode ini dijamin BBM kamu akan awet lama banget. Kecuali ada temanmu yang diam-diam mencurinya dari tangki. Kalau terjadi hal demikian anggap saja itu sodaqoh.

2. Matikan mesin di turunan

images: kompas.com

Cara ini direkomendasikan untuk sepeda motor. Saat menemukan jalan menurun langsung saja matikan mesin motor kamu. Eh tapi kan jadi boros kanvas rem? Mas…mbak tolong dibaca judul artikelnya! Ini cara untuk menghemat BBM, bukan menghemat kanvas rem. Namun cara ini tidak direkomendasikan untuk pengguna mobil karena sistemnya berbeda. Kecuali kamu terampil menggunakan rem parkir maka silahkan saja dicoba. Resiko tanggung sendiri yaa.

3. Dorong saat jalan menanjak

images: klimg.com

Saat jalan menanjak, tenaga yang dibutuhkan mesin jelas lebih besar. Karena itu secara otomatis konsumsi BBM juga semakin besar. Untuk menghematnya kamu tinggal matikan mesin lalu dorong sampai ke atas. Selain menghemat BBM, kalori dalam tubuh kamu juga akan ikut terbakar. Jadi tak perlu susah-susah nge gym. Anggap saja kamu sedang latihan fisik.

4. Naik kendaraan umum

images: http://cdn2.tstatic.net

Selain menghemat BBM, kamu juga turut serta mengurangi angka kemacetan akibat melonjaknya jumlah kendaraan pribadi di jalanan. Iya sih kamu jadinya harus keluar ongkos ekstra untuk bayar bis atau angkot. Cuma ya kembali lagi, BBM kendaraan kamu tetap utuh kan???

5. Jalan kaki atau naik sepeda

images: beritajatim.com

Kalau tujuanmu dekat, tak perlu lah naik motor. Cukup dengan berjalan kaki saja. Toh orang jaman dulu mampu berjalan kaki puluhan kilometer sehari. Bahkan di desa-desa terpencil sana masih banyak orang yang sudah lanjut usia mampu berjalan jauh untuk pergi ke sawah ataupun pasar. Masak kamu yang masih muda gak bisa? Kalau jalan kaki tidak sanggup, ya kamu tinggal naik sepeda. Badan sehat dan bisa menghemat.

Jadi mau pilih yang mana nih gaes and girls? Kalau gak ada yang dipilih ya tidak apa-apa. Sebab artikel diatas bukanlah soal pilihan ganda yang harus dipilih satu jawaban yang paling benar.

 

Komentar
Continue Reading

Kuliner

Masih Tentang Idul Adha, Berikut Resep Tengkleng Kambing Lezat, Gurih, Pedas dan Anti Gagal!

Published

on

Hidangan seputar Hari raya Idul Adha tentunya tak jauh-jauh dari olahan daging sapi atau kambing, misalnya sate, gulai, dan tongseng. Namun ternyata masih banyak olahan lain dari daging kambing maupun sapi yang tak kalah menggugah selera, salah satunya tengkleng kambing. Dengan rasa pedas, manis dan gurih membuat siapaun yang mencicipinya pertama kali langsung terbayang selalu akan citarasa khasnya.

Belum lagi cara makannya yang agak ribet namun mengasyikkan! Ya, menu tengkleng kambing adalah sajian berbahan dasar balungan atau tulang kambing yang diolah dengan berbagai rempah pilihan sehingga menghasilkan rasa yang begitu sempurna. Seperti halnya gulai, tengkleng juga diolah dengan menggunakan santan. Hanya saja untuk tengkleng diolah dengan santan encer, tidak terlalu kental seperti halnya saat mengolah gulai.

www.kaskus.co.id

Resep Tengkleng Kambing Anti Gagal

Bahan-Bahan :

500 gr Iga kambing, di potong-potong sesuai selera
500 gr usus kambing, jeroan, lidah, telinga kambing, dipotong-potong kecil
Tulang rusuk kambing secukupnya

Bumbu Halus :

12 siung Bawang merah
6 siung Bawang putih
6 cm Kunyit
6 butir Kemiri sangrai
1 butir Pala

Bumbu yang Dimemarkan :

4 cm Lengkuas
4 cm Jahe
2 batang Serai

Bumbu Pelengkap :

2 lembar Daun salam
4 lembar Daun jeruk
3 cm Kayu manis
6 butir Cengkeh
Garam, secukupnya
Kecap manis,secukupnya
1 liter Air matang
10 butir cabe rawit merah (sesuai selera)

4 sdm Minyak goreng

Tata Cara Membuat Tengkleng Kambing :

  1. Cuci bersih daging, tulang dan juga jeroan.
  2. Panaskan air dan rebus daging kurang lebih 3 menit sampai mengeluarkan busa-busa dan kotoran.
  3. Buang air rebusan tadi dan kembali rebus untuk usus, jeroan, telinga, lidah kambing.
  4. Panaskan minyak didalam wajan, tumis bumbu-bumbu yg dimemarkan, kemudian bumbu halus dan bahan lainnya kecuali air matang , santan dan iga kambing , hingga harum.
  5. Masukkan iga kambing, kemudian aduk-aduk hingga terbalut bumbu merata.
  6. Tambahkan air matang kedalamnya, dan biarkan mendidih, kemudian kecilkan api dan masak iga kambing hingga menjadi empuk.
  7. Tambahkan garam dan kecap manis.
  8. Terakhir taburkan bawang goreng, dan tengkleng kambing siap untuk dihidangkan.
Komentar
Continue Reading

Hobi

Ingin Nostalgia Dengan Honda Super Cub “Pitung”? Beli Saja Versi Barunya, Super Cub C125!

Published

on

By

images: republika.co.id

Untuk kamu yang menikmati masa kanak-kanak di medio 90an pasti sangat familier dengan sepeda motor keluaran Honda ini. Ya, Honda Super Cub C70 atau lebih dikenal sebagai Honda Pitung. Nama Pitung sendiri merupakan plesetan dari bahasa jawa pitung puluh yang merujuk pada nama kendaraan ini yakni C70.

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 1958, Honda Super Cub telah diproduksi sebanyak 87 juta unit. Hal itu menjadikan kendaraan ini sebagai produk sepeda motor terlaris sepanjang masa. Selain C70 masih ada varian lain yaitu C50, C100, C90, C100EX dan C70 Passport.

Alasan itu juga yang kemudian membuat Honda membuat Super Cub versi terbaru. Versi terbaru ini diberi nama Honda Super Cub 125. Berbeda dari para pendahulunya yang menggunakan sistem karburasi, C125 sudah menggunakan sistem injeksi.

Dengan isi silinder 125 cc dan transmisi 4-tak, Super Cub C125 ini mampu mengeluarkan tenaga mencapai 9,5 dk pada 7.000 rpm dan torsi maksimumnya 10,4 Nm di 5.250 rpm. Sepeda motor ini juga memiliki transmisi 4 kecepatan dengan kopling otomatis.

Sekalipun ini seperti edisi “nostalgia”, namun Honda tetap memberikan fitur yang lengkap seperti sepeda motor masa kini lainnya. Contohnya adalah penggunaan velg racing, smart key, digital instrument dan lampu LED.

Sementara itu untuk urusan bahan bakar, Super Cub C125 bisa dibilang sangat irit karena dengan 1 liter bensin mampu digunakan untuk menempuh jarak 66,7 km. Sedangkan kapasitas total bahan bakarnya adalah 3,7 liter. Untuk pilihan warna, pihak Honda menyediakan 3 pilihan warna, yakni Pearl Niltava Blue, Pearl Nebula Red dan Pearl Shining Black yang dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) DKI Jakarta Rp. 55.000.000.

Namun untuk sementara waktu hanya disediakan 40 unit saja di Indonesia. Terlihat cukup mahal memang, akan tetapi dengan adanya nilai “nostalgia” ditambah fitur-fitur kekinian yang ada pada Super Cub C125 seakan membuat harga segitu cukup sepadan.

Tampaknya para pengguna Super Cub “pitung” di masa mudanya yang kini telah sukses sudah siap-siap nih merogoh kocek buat beli Super Cub C125. Kamu yang masih muda juga tetep keren kok kalau pakai motor ini. Anggap saja kamu sedang napak tilas perjuangan orang tuamu dulu di waktu mereka muda dan masih berbahaya.

 

Komentar
Continue Reading

Hobi

Potret Cantik Dataran Tinggi Dieng yang Berselimut Salju Bak di Benua Eropa

Published

on

Beberapa pekan terakhir Indonesia diselimuti udara yang cukup dingin, bahkan di beberapa tempat suhunya mencapai minus 1 derajat celcius. Dilansir dari BMKG, suhu yang cukup ekstrim tersebut disebabkan karena tidak adanya awan di atmosfer. Angin dari Australia yang dingin dan kering ke Asia melalui Indonesia sehingga cuaca menjadi dingin di Indonesia.

Salah satu kawasan yang terkenal dengan udaranya yang dingin adalah dataran tinggi Dieng yang berada di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah. Beredar di berbagai jejaring sosial, terlihat potret kawasan Dieng yang diselimuti butiran-butiran es bak di Benua Eropa. Karena kabarnya suhu udara di Dieng mencapai minus 5 derajat celcius.

Berikut selengkapnya

  1. Kok di Eropa ada candi? Hmmm bukan! Ini adalah kompleks Candi Dieng yang menjelma menjadi taman berselimut salju bak di benua biru, Eropa.

    www.instagram.com/arifin_wonosobo

     

  2. Saking dinginnya, sampai air pun berubah jadi es batu lho! Masih berani mandi tanpa air hangat?

    www.instagram.com/hikinggoogleclub

     

  3. Tak hanya air yang berubah menjadi es, air yang menggenang di wadah pun juga membeku lho! Sampai-sampai sayuran di dalamnya juga terkurung didalamnya.

    www.instagram.com/hikinggoogleclub

     

  4. Apapun akan ‘diserang’ oleh bunga-bunga es, tak hanya tanaman namun juga bungkus rokok seperti di bawah ini.

    www.instagram.com/festivaldieng

     

  5. Cuaca seperti ini cuma setahun sekali, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk ber-swafoto berlatar belakang lautan es ya!

    www.instagram.com/tira_dieng

     

  6. Jika kamu hobi memotret, jangan lupa abadikan momen ini dalam lensa kameramu! Seperti bunga ini yang tetap terlihat cantik walaupun diselimuti es.

    www.instagram.com/festivaldieng

     

  7. Namun dibalik keindahannya, ternyata menurut kabar warga Dieng banyak tanaman yang rusak akibat cuaca ini. Terutama sayur-sayuran yang merupakan sumber pertanian di Dieng. Semoga lekas kembali normal ya!

    www.instagram.com/surgaataswan

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.