Connect with us

Hobi

Tips Menghemat BBM ala Hitsbanget.com

Published

on

Di tanggal se tua ini satu-satunya jalan untuk bertahan hidup adalah dengan berhemat. Segala sesuatu yang ada hubungannya dengan uang harus dihitung sejeli mungkin. Salah sedikit saja bisa-bisa harus ninggal ktp di warung makan karena tak mampu bayar.

Salah satu sektor yang harus dihemat adalah pengeluaran untuk BBM. Bukan…bukan BBM yang dulu sangat famous dengan update status dan suara “ting-tung ting-tung” itu. Tapi BBM untuk kendaraan yang biasa kamu gunakan wira-wiri ke sekolah, kampus ataupun antar jemput gebetan.

Iya sih motor ataupun mobil kebanyakan sekarang sudah didesain ramah lingkungan dan irit BBM. Tapi kan kalau satu liter bisa bertahan satu minggu kan lumayan. Anggaran buat BBM bisa dialihkan untuk sektor lain. Seperti banyak sodaqoh biar pahalanya makin banyak.

Dan setelah melalui sejumlah penelitian bertahun-tahun, akhirnya tim otomotif Hitsbanget.com berhasil merumuskan beberapa tips untuk menghemat BBM.

  1. Perbanyak nebeng teman

images: catatanmini.com

Bersihkan dulu kendaraan kamu lalu simpan rapi. Setelah itu tinggal hubungi saja teman kamu yang punya tujuan searah. Jangan pernah malu untuk bilang,”aku nebeng yoo”. Rasa malu hanya akan membuat rencana penghematanmu sia-sia. Dengan metode ini dijamin BBM kamu akan awet lama banget. Kecuali ada temanmu yang diam-diam mencurinya dari tangki. Kalau terjadi hal demikian anggap saja itu sodaqoh.

2. Matikan mesin di turunan

images: kompas.com

Cara ini direkomendasikan untuk sepeda motor. Saat menemukan jalan menurun langsung saja matikan mesin motor kamu. Eh tapi kan jadi boros kanvas rem? Mas…mbak tolong dibaca judul artikelnya! Ini cara untuk menghemat BBM, bukan menghemat kanvas rem. Namun cara ini tidak direkomendasikan untuk pengguna mobil karena sistemnya berbeda. Kecuali kamu terampil menggunakan rem parkir maka silahkan saja dicoba. Resiko tanggung sendiri yaa.

3. Dorong saat jalan menanjak

images: klimg.com

Saat jalan menanjak, tenaga yang dibutuhkan mesin jelas lebih besar. Karena itu secara otomatis konsumsi BBM juga semakin besar. Untuk menghematnya kamu tinggal matikan mesin lalu dorong sampai ke atas. Selain menghemat BBM, kalori dalam tubuh kamu juga akan ikut terbakar. Jadi tak perlu susah-susah nge gym. Anggap saja kamu sedang latihan fisik.

4. Naik kendaraan umum

images: http://cdn2.tstatic.net

Selain menghemat BBM, kamu juga turut serta mengurangi angka kemacetan akibat melonjaknya jumlah kendaraan pribadi di jalanan. Iya sih kamu jadinya harus keluar ongkos ekstra untuk bayar bis atau angkot. Cuma ya kembali lagi, BBM kendaraan kamu tetap utuh kan???

5. Jalan kaki atau naik sepeda

images: beritajatim.com

Kalau tujuanmu dekat, tak perlu lah naik motor. Cukup dengan berjalan kaki saja. Toh orang jaman dulu mampu berjalan kaki puluhan kilometer sehari. Bahkan di desa-desa terpencil sana masih banyak orang yang sudah lanjut usia mampu berjalan jauh untuk pergi ke sawah ataupun pasar. Masak kamu yang masih muda gak bisa? Kalau jalan kaki tidak sanggup, ya kamu tinggal naik sepeda. Badan sehat dan bisa menghemat.

Jadi mau pilih yang mana nih gaes and girls? Kalau gak ada yang dipilih ya tidak apa-apa. Sebab artikel diatas bukanlah soal pilihan ganda yang harus dipilih satu jawaban yang paling benar.

 

Komentar
Continue Reading

Fotografi

Harga dan Keunggulan Instax SQ20, Kamera Terbaru Keluaran Fujifilm

Published

on

By

Instax SQ20 akhirnya diluncurkan di Indonesia. Seri kamera terbaru dari Fujifilm ini memiliki sejumlah keunggulan dan lebih menarik daripada seri pendahulunya, Instax SQ10.

Sejak jaman dahulu, Fujifilm sudah terkenal di dunia fotografi. Kamu pasti pernah mengalami saat ikut piknik SD atau SMP, teman-temanmu menggunakan kamera dengan merk Fujifilm untuk mengabadikan momen kala itu. Di medio 90an, nama-nama seperti Sony ataupun Canon belum terlalu familiar di Indonesia. Saat dunia fotografi beralih ke digital, Fujifilm ternyata juga mampu beradaptasi dengan mengeluarkan kamera-kamera andalannya.

Hari ini Fujifilm telah resmi merilis kamera seri terbarunya yakni Instax SQ20. Kamera ini memiliki desain menarik dan ergonomis sehingga diharapkan mampu menarik minat generasi muda yang enerjik serta kreatif. Selama ini pengguna Fujifilm kebanyakan adalah anak muda.

images: photorumors.com

Instax SQ20 merupakan kamera instan hybrid dengan sensor gambar digital. Dengan demikian, pengguna bisa memilih foto, meng-edit, menghiasnya dengan filter, lalu langsung mencetak foto tersebut. Adanya fitur motion grab memungkinkan penggunanya dapat menangkap obyek bergerak sehingga bisa mendapatkan momen terbaiknya untuk diabadikan dalam sebuah foto tanpa terlewat sedikitpun.

Dengan adanya fitur motion grab, pengguna dapat merekam video singkat dengan maksimal durasi 15 detik, dan setelahnya mereka dapat memilih frame foto terbaik dari video yang bisa dicetak langsung. Sangat mudah sekali bukan? Tinggal rekam saja dan kamu bisa memilih frame mana yang pas untuk kamu ambil lalu cetak.

Selain itu, terdapat juga fitur Time Shift Collage yang memungkinkan penggunanya dapat mengambil 4 gambar berbeda dalam rentang waktu tertentu yang nantinya dapat digabungkan dalam satu foto. Pada kamera digital fitur ini dikenal sebagai burst.

Agar foto yang dihasilkan memiliki kesan lebih hidup, dramatis, dan nyata, instax SQ20  dilengkapi dengan filter sequence sehingga pengguna dapat menambahkan efek dinamis pada foto dengan adanya bayangan pada gerakan obyek. Kamu doyan berswafoto? Jangan khawatir, sebab kamu bisa memanfaatkan kaca refleksi yang terletak di samping lensa.

Lensa instax SQ20 sendiri dibekali dengan 4x digital zoom. Kamera ini hadir dengan dua warna yakni hitam matte dan beige. Lantas berapa harga Instax SQ20? Dengan budget kurang lebih 3 jutaan, kamu sudah bisa membawa pulang kamera ini. Cukup terjangkau bukan?

 

 

 

Komentar
Continue Reading

Hobi

5 Hal Sederhana yang Membuatmu Boros Saat Liburan Tiba

Published

on

By

Tanpa terasa bulan Oktober sudah memasuki minggu terakhir. Dan tanpa terasa pula ini sudah memasuki akhir pekan. Itu berarti sudah waktunya untuk merencanakan mau menghabiskan akhir pekan dimana, ngapain aja, dan sama siapa.

Bekerja ataupun belajar dari hari Senin sampai dengan Jumat pastilah sangat melelahkan. Apalagi buat kamu yang saat ini sedang mengikuti seleksi CPNS 2018, tentu rasa jenuh itu sudah mencapai titik yang tertinggi. Oleh karena itu, liburan bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kejenuhan tersebut.

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat hendak melakukan liburan adalah budget. Seandainya kamu termasuk anggota keluarga Bakrie atau masih punya hubungan dengan Jack Ma, mungkin persoalan budgetting saat liburan tak terlalu jadi masalah. Lain halnya kalau kamu termasuk orang-orang yang masih doyan menjadikan mie instan berbagai rasa sebagai makanan pokok saat tanggal tua.

Biar budgetmu gak membengkak saat liburan dan membuat kamu jadi pusing kemudian, perlu kamu perhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Rencanakan dengan baik liburanmu!

images: squarespace.com

Agar nyaman dalam perjalanan dan bisa menikmati liburan dengan paripurna, alangkah baiknya kamu rencanakan dulu liburanmu jauh-jauh hari. Segala hal yang berhubungan dengan pengeluaran harus kamu hitung sedetail mungkin. Mulai dari akomodasi, penginapan, makan, sampai objek mana saja yang akan kamu tuju.

Pergi liburan secara mendadak juga bisa sih, hanya saja kamu harus siap-siap menguras isi tabungan seandainya budget liburanmu hanya terbatas. Kamu tidak bisa mencari tiket yang murah, penginapan terjangkau, bahkan bisa jadi hanya akan mendapat objek-objek wisata mainstream. Bukan apa-apa, biasanya di tempat wisata yang sudah terkenal, apa-apa yang dijual disitu harganya relatif lebih mahal.

2. Malu bergaya ala backpacker

images: backpackertravel.org

Piknik dan travelling ala backpacker memang berbeda. Tapi tak ada salahnya juga jika kamu mengambil beberapa kelebihan dari masing-masing cara dalam berlibur itu. Misalnya saja dalam hal penghematan budget ala backpacker. Kamu pasti tahu kalau modal yang dikeluarkan oleh seorang bacpacker itu pastilah sangat terbatas. Oleh karena itu mereka mencari yang serba murah, yang penting sampai ditempat tujuan.

Nah, kamu yang hanya punya modal tipis tapi tetap pengen liburan, tidak ada salahnya untuk mencoba cara-cara yang dilakukan oleh backpacker ini. Jangan malu untuk mengobrol dengan warga lokal atau sebisa mungkin cari kenalan baru. Dengan begitu siapa tahu kamu akan memperoleh makan gratis atau tumpangan gratis. Rejeki kan gak ada yang tahu!

Jika kamu gengsi, padahal dompet tipis, siap-siap saja untuk merana begitu pulang dari liburan nanti. Bukannya fresh, tapi justru pusing karena uang habis.

3. Terlalu banyak membeli pernak-pernik

images: http://javawisata.com

Sebenarnya, di era sosial media seperti saat ini, adakah yang lebih keren dari foto-foto di spot wisata yang sedang hits? Kalau begitu, sebenarnya tak perlu lagi membeli beragam pernak-pernik khas tempat wisata yang kamu datangi. Cukup satu atau dua saja setidaknya itu sudah mewakili. Lain cerita kalau kamu hendak menjualnya kembali, seperti kain batik semisal kamu sedang berlibur ke Jogja.

Udah tak perlu membohongi diri sendiri, dengan check in di Facebook atau upload foto di Instagram ketika kamu sedang liburan, perasaan kamu pasti sudah puas kan? Jadi lebih baik uang yang ada kamu sisihkan saja untuk edisi liburan selanjutnya.

4. Pergi di saat musim liburan

images: http://ijalfauzi.com

Saat musim liburan tiba, biasanya harga-harga akan membubung tinggi. Bukan hanya sembako saja, tapi juga tiket, biaya restribusi, parkir, makanan, serta penginapan. Karena itulah lebih baik kamu liburan disaat orang lain sedang tidak libur. Lhoh gimana caranya?

Ya atur waktu cuti kamu lah. Masa gitu aja gak bisa! Waktu-waktu seperti libur lebaran, libur kenaikan kelas dan libur akhir tahun harus kamu hindari. Kamu bisa memanfaatkan waktu di sela-sela itu, tinggal koordinasikan saja dengan rekanmu. Ribet? Ya bisa dibilang begitu, kecuali kamu siap liburan dengan budget yang besar.

5. Malu membawa bekal makanan

images: akamaized.net

Salah satu pengeluaran terbesar saat liburan adalah sektor makanan. Harga-harga makanan di tempat wisata relatif lebih mahal daripada di luar. Kamu bisa mensiasatinya dengan tidak makan di tempat itu. Tapi kalau kamu ingin makan disitu atau bahkan menginap, maka tak ada salahnya kalau membawa bekal makanan seperlunya.

Tidak perlu malu dengan mereka yang makan di resto atau warung sekitar tempatmu berlibur. Esensinya yang penting perut kenyang dan kamu bisa lanjut senang-senang.

Komentar
Continue Reading

Hobi

Tempat-tempat Eksotis yang Harus Kamu Datangi Ketika Berkunjung ke Morotai

Published

on

By

Apa yang pertama kali tersirat di pikiranmu ketika mendengar kata Morotai? Pasti yang terbayang adalah sisa-sisa peninggalan perang dunia ke-2 yang tercecer di berbagai tempat di pulau itu. Anggapan tersebut tidak salah karena Morotai memang menjadi salah satu medan pertempuran antara tentara Jepang dengan tentara Sekutu. Namun dibalik sejarah panjangnya, Morotai memiliki banyak tempat eksotis untuk dikunjungi.

Pulau yang terletak di Provinsi Maluku Utara itu dianugerahi keindahan alam yang mempesona. Sangatlah rugi apabila kamu sedang berwisata ke kawasan Indonesia Timur tapi tidak menyempatkan waktu untuk mampir ke Morotai. Nah biar kamu memiliki gambaran tentang pulau cantik di Maluku Utara ini, nih kami kasih beberapa tempat yang wajib kamu datangi ketika berkunjung ke Pulau Morotai nanti.

  1. Museum Perang Dunia ke-2

images: tagpariwisata.com

Kalau kamu ingin mencari jejak-jejak peninggalan salah satu perang terbesar di abad ke-20 yang terjadi di pulau ini, maka kamu harus datang ke Museum Perang Dunia II. Posisi Morotai yang strategis membuat Jepang menjadikannya sebagai salah satu pangkalan militernya di kawasan Asia Tenggara. Hal itu jugalah yang pada akhirnya membuat pulau ini menjadi salah satu target tentara Sekutu di masa akhir perang dunia ke-2.

Di museum ini kamu bisa menemukan berbagai pernak-pernik peninggalan perang dunia ke-2. Mulai dari barang-barang kecil seperti dogtag, amunisi peluru, tempat makan sampai barang-barang besar semacam senapan ataupun sepeda untuk tentara.

Beberapa dari barang itu ditemukan dengan cara digali. Wajar sih, mungkin para tentara mengubur benda-benda itu untuk menghilangkan jejak agar tidak diketahui pihak lawan. Saat ini banyak turis dari Australia, Jepang ataupun Amerika Serikat yang datang ke museum ini. Beberapa dari mereka adalah keturunan dari tentara Sekutu dan Jepang yang ingin melihat langsung bekas medan pertempuran keluarganya dulu.

2. Monumen Trikora

images: http://infojakarta.net

Selain perang dunia ke-2, ada satu lagi peristiwa penting di Morotai yaitu Operasi Trikora. Dalam upayanya mengembalikan Papua ke Indonesia, Presiden Soekarno melakukan operasi militer untuk menyerang kedudukan Belanda di Papua yang saat itu diberi nama Irian Barat. Operasi militer itu diberi nama Trikora (tiga komando rakyat).

Morotai merupakan pulau yang dijadikan basis pangkalan militer oleh TNI. Proses pendaratan TNI di Morotai dalam rangka pembebasan Irian Barat kini diabadikan dalam bentuk monumen yang didirikan di Wawama. Monumen tersebut diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2012.

Jika kamu pernah melihat poster film flag of our father, maka bentuk monumen ini hampir mirip dengan itu. Cukup ikonik jika kamu akan foto di monumen ini sebagai kenang-kenangan pernah singgah di Morotai dan mengenang jasa para pahlawan.

3. Air Terjun Raja

images: [email protected]_bai

Air terjun ini terletak di Desa Raja, Morotai, Maluku Utara. Entah kenapa banyak juga yang menyebutnya air terjun bobo. Tapi satu hal yang pasti, air terjun ini akan membuat betah setiap pengunjung yang sedang menenangkan diri dengan bermain air disana. Dengan bentuk yang unik, air terjun ini juga sangat cocok untuk kamu yang hobi fotografi. Kamu bisa mengambil gambar dari berbagai sudut karena setiap sudut dari air terjun ini sangatlah eksotis.

4. Lapangan Pante

images: travelingyuk.com

Eits jangan salah paham dulu, kami tidak sedang mengajak untuk bermain sepakbola, tapi diving. Yah, Lapangan Pante adalah salah satu spot diving paling unik di Morotai. Berlokasi dekat dengan bekas landasan pacu yang digunakan untuk perang dunia ke-2, di spot diving ini kamu bisa menemukan sisa-sisa puing peperangan. Mobil, tank, bahkan pesawat dapat kamu temui di kedalaman 35 meter di bawah permukaan laut dan kini jadi terumbu karang yang sangat eksotis.

5. Pulau Dodola

images: instagram @exploremorotai

Keunikan dari pulau ini adalah keduanya menjadi satu tatkala air laut surut dan kembali terpisah saat air laut pasang. Hampir mirip sih sama hubunganmu dengan dia, putus nyambung. Hamparan pasir putih yang terbentang diantara Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola kecil tampak sangat menawan ketika air laut sedang surut. Tak heran jika pulau ini menjadi destinasi favorit ketika para wisatawan datang ke Morotai.

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.