Parenting, Tips

Tiga Kata Ajaib ini Memiliki Efek Luar Biasa Bagi Anak ! Orang Tua Wajib Tahu

Untuk kalian yang sudah mempunyai buah hati, kadangkala sering ‘grusa-grusu’ untuk mengajarkan suatu yang belum seharusnya diajarkan pada usianya. Semisal, anak usia 2 tahun sudah diajari ca-lis-tung (baca-tulis-hitung), atau dibelikan crayon sepaket lengkap dengan harapan anak akan pandai melukis sejak dini. Ya memang tidak salah melatih motorik sejak dini, namun kadangkala orangtua malah melupakan untuk mengajarkan hal-hal sepele yang bersifat moral. Padahal, usia dini adalah waktu yang paling pas untuk menanamkan nilai-nilai moral. Salah satu cara untuk melatih anak berperilaku baik, sopan, dan berakhlaq mulia adalah dengan mengenalkan tiga kata ajaib. Apakah itu ? Berikut penjelasannya

  1. Terimakasih
    img: sheknows.com

Sebelum orang tua sibuk dengan ‘pelajaran calistung’ untuk anak –yang kadang hanya sebagai bahan untuk dishare di media sosial-, terlebih dahulu ajarkan untuk selalu mengucapkan terimakasih. Jika anak masih belum terbiasa, maka sebagai orang tua harus lebih telaten untuk mencontohkan mengucapkan terimakasih ketika diberikan sesuatu. Percayalah, dengan katanya ajaib yang pertama ini anak akan lebih mengerti arti dari menghargai orang lain.

  1. Maaf
    img: cdc.gov

Kata ajaib yang kedua adalah “Maaf”. Sering kali orang tua mendapati anaknya sedang berebut mainan den can temannya. Ketika tau si anak salah, jangan segan-segan untuk melatih anak meminta maaf dengan bersalaman dengan temannya. Sekali dua kali memang anak akan cuek, namun lama kelamaan dia pasti akan “merekam” kata ajaib ini dan nantinya dia sendiri bisa dengan reflek mengucapkan maaf apabila melakukan kesalahan. Ini sangat penting untuk masa depan anak, karena dengan meminta maaf akan meminimalisir segala macam perselisihan yang terjadi kelak.

  1. Tolong
    img: bolenreport.com

Kata ajaib yang terakhir adalah “tolong”. Biasakan sang buah hati untuk mengucapkan “tolong” ketika menginginkan sesuatu. Misalnya “tolong ambilkan mainan”, “tolong anterin ke belakang” dst. Segera ingatkan secara halus apabila si anak meminta sesuatu dengan memaksa atau berteriak. Ingat, menanamkan memori paling baik adalah pada usia dini, karena otak anak masih sangat ‘polos’ untuk menerima berbagai materi. Oleh karena itu, sebagai orang tua, janganlah bosan-bosan untuk selalu mengajarkan tiga kata ajaib ini pada anak. Karena yang terpenting sejatinya bukan hanya otak yang cerdas, melainkan budi pekerti yang luhur.

Comments

comments