Connect with us

Hiburan

Ternyata Ini Belati Milik FiraunTutankhamun ,Yang Terbuat dari Batu Meteorit

Published

on

Jika pada penelitian sebelumnya diketahui bahwa beberapa benda dari Zaman Perunggu terbuat dari logam besi meteor. Dikutip dari sciencealert.com seperti salah satu belati yang dikuburkan bersama Raja Tutankhamun — studi terbaru ini menjawab pertanyaan tentang seberapa luasnya praktek tersebut dilakukan.

Image : rarehistoricalphotos .com

Image : sciencealert. com

Albert Jambon, dari National Centre for Scientific Research (CNRS) di Prancis, menganalisa artefak museum dari Mesir, Turki, Suriah dan Tiongkok, menggunakan X-Ray Fluorescence Spectrometer untuk menemukan apakah mereka semua berasal dari material yang sama.

“Hasil terkini menunjukkan bahwa sebagian besar logam besi di Zaman Perunggu berasal dari meteorit,” kata Albert. “Langkah selanjutnya akan menentukan di mana dan kapan peleburan logam terestrial itu terjadi.”

 

Besi di Zaman Perunggu?

Sesuai dengan nama masanya, perunggu merupakan logam pilihan yang dipakai untuk membuat peralatan, senjata, dan perhiasan di Zaman Perunggu pada 3300 BCE. Bahannya tahan lama dan mudah didapat. Mereka meleburkan tembaga dan mencampurnya bersama timah serta logam lainnya.

Sementara itu, Zaman Besi yang dimulai 2000 tahun berikutnya, mendapat namanya ketika manusia mulai mempelajari cara melebur besi dari batu mineral.

Oleh sebab itu, para sejarawan sempat bingung dengan temuan peralatan dan senjata yang berbahan besi di Zaman Perunggu. Padahal, besi sangat langka pada masa itu dan belum ada yang menggunakannya. Lalu, darimana datangnya material besi tersebut?

Kunci dari pertanyaan di atas adalah fakta bahwa besi dari meteorit yang jatuh ke bumi, mengandung banyak nikel. Ini tidak dimiliki oleh besi yang ada di bumi.

Artefak dari logam meteorit

Dengan bantuan X-Ray Fluorescence Spectrometer, yang menggunakan sinar X untuk menganalisa komposisi senyawa pada setiap obyek tanpa menyentuhnya, Albert mempelajari barang-barang yang ada di museum. Termasuk manik-manik, belati dan sandaran kepala.

Tentu saja, logam besi meteorit yang kaya akan nikel, ditemukan pada benda-benda antik tersebut. Bahkan, logam besinya sudah siap digunakan tanpa harus melelehkannya terlebih dahulu.

Ini bukan sekadar cerita isapan jempol belaka dari Zaman Perunggu. Adanya analisa ini membantu mempersempit pilihan sehingga dapat membantu menemukan kapan dan di mana manusia mulai mengembangkan pengetahuan teknologi untuk memproduksi besi.

“Studi ini menekankan pentingnya metode analisis untuk mempelajari evolusi penggunaan logam di masa lalu,” pungkas Albert.

 

Komentar
Continue Reading

Hiburan

Tutorial Dance Blackpink Versi Bahasa Jawa, Bikin Ngakak

Published

on

Girlband asal Korea Blackpink kini tengah naik daun. Grup yang dibentuk tahun 2016 oleh YG Entertainment ini terdiri dari empat wanita cantik : Jisoo, Jennie, Rosé dan Lisa. Keempatnya secara resmi debut pada 8 Agustus 2016 dengan album singel mereka, Square One. Namun selain single tersebut, salah satu lagu mereka berjudul “Ddu-du ddu-du” yang saat ini sedang hits berhasil mencuri perhatian publik karena koreografinya yang menarik.

Bahkan beberapa akun instagram sempat membuat parodi koreografi lagu Dududu tersebut, salah satunya akun @goizza berikut ini. Pria yang diketahui seorang k-popers ini membuat tutorial dance Blackpink namun dengan bahasa daerah sehari-hari. Dengan instruksi yang nyentrik dan nyleneh, pria ini menciptakan istilah-istilah lucu seperti “gluget-gluget-gluget” yang artinya meliuk-liuk seperti ulat, kemudian “sigar-sigar-sigar” yang merupakan istilah bahasa jawa artinya “dibelah”, dan masih banyak lagi.

Nah biar kamu ndak spaneng, mending ikutan tutorial dance Blackpink sepertii berikut

Video tersebut tentu mengundang berbagai reaksi kocaak netizen, seperti akun-akun berikut

@niassyahdaa “Akuuuu ngakak guling guling💞👍”

@evi_eriana “Kluget kluget raup raup sigar sigar ngakak parah 😂 “

@nabilaindianaa_ “Akhirnya aku bisa mempraktekan dance blackpink dengan mudah,kwkww”

Bagaimana, sudah kamu coba? Jika sudah bisa, ada baiknya jika kamu ikuti koreografi dance Blackpink yang sesungguhnya sebagai berikut. Tapi jangan mencari-cari istilah yang aneh-aneh lagi, karena ini agak serius. Serius deh.

Bagaimana, mantul bukan?

Komentar
Continue Reading

Artis

#SaveGempi , Berikut Beberapa Tingkah Lucu Gempita yang Membuat Netizen Iba

Published

on

Rumah tangga pasangan selebriti Gading Marten dan Gisella Anastasia kini tengah berada di ujung tanduk. Selama lima tahun menikah dan jarang diterpa gossip miring, diam-diam Gisel telah mendaftarkan gugatan cerai kepada Gading. Selama ini pasangan yang telah dikaruniai seorang anak cantik bernama Gempita Nora Marten tersebut terlihat begitu harmonis dan kompak. Terbukti dengan berbagai unggahan kebersamaan mereka mulai dari keseharian hingga liburan ke luar negeri.

Kabar ini pun seketika menggemparkan jagat maya, bahkan hashtag #savegempi pun sempat menjadi trending topic di twitter. Netizen sangat menyayangkan kabar sedih ini dan berharap keluarga ini tak berpisah, “family goals banget” begitu ucap salah satu netizen. Mereka menyayangkan dan iba akan Gempi jika kedua orangtuanya berpisah. Seperti diketahui, Gempi memang salah satu anak artis yang mempunyai banyak penggemar karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan.

Berikut beberapa tingkah lucu Gempi yang membuat iba para netizen

  1. Gempi ternyata pinter banget lho bahasa Inggrisnya
  2. Keakraban Gempi dengan Rafathar ketika lagi main bareng
  3. Walaupun sering ditinggal ke luar kota, tapi Mama Icel dan Gempi selalu video call lho. Tingkahnya di video call nggemesin banget kan ?
  4. Ternyata Gempi juga salah satu penggemar Blackpink lho !
  5. Gempi mau berangkat sekolah nih !

    www.instagram.com/gisel_la

     

  6. Kalau anak kecil dikucir dua begini siapa yang nggak gemes coba ?

    www.instagram.com/gisel_la

     

  7. Sim salabim….. Gempi jadi pesulap nih !

    www.instagram.com/gisel_la

Well terlepas dari apapun keputusan mereka, kamu sebagai nitijen yang mungkin punya rasa julid  ingin tahu yang besar sebaiknya tak langsung menghakimi dengan berbagai spekulasi ya. Karena tentunya selebriti juga manusia biasa yang tak luput dari kesalahan.

Salam !

Komentar
Continue Reading

Artis

Gisel Gugat Cerai Gading, Mengingat Kembali Momen-momen Keharmonisan Mereka Saat Liburan

Published

on

Kabar mengejutkan datang dari pasangan Gading Marten dan Gisella Anastasia. Selalu terlihat romantis dan harmonis serta tak pernah diterpa isu miring seputar kehidupan rumah tangga, orang tua dari Gempita Nora Marten ini dikabarkan akan bercerai. Hingga saat ini belum ada klarifikasi ataupun press conference dari keduanya, namun kuasa hukum Gisel membenarkan bahwa kliennya tersebut telah menggugat cerai Gading. Untuk alasan mereka bercerai, kuasa hukum Gisel enggan membeberkan karena merupakan etika profesi.

Kabar ini pun seketika menggemparkan jagat maya, bahkan hashtag #savegempi pun sempat menjadi trending topic di twitter. Netizen sangat menyayangkan kabar sedih ini dan berharap keluarga ini tak berpisah. Beberapa potret keharmonisan keluarga ini juga terlihat di postingan instagram Gisel dan Gading yang sering liburan ke luar negeri. Berikut momen-momen tersebut selengkapnya

  1. Kebersamaan Gading, Gisel, dan Gempi saat berlibur di Ola Beach Club, Singapura

    www.instagram.com/gisel_la

     

  2. Masih di Singapura, keluarga 3G selalu tampil kompak dalam mengasuh Gempi buah hati mereka. Kali ini Gading dan Gisel mengunjungi salah satu restoran di Singapura sebelum melihat Lion King Show di Marina Bay Sands

    www.instagram.com/gisel_la

     

  3. Tak tanggung-tanggung, Gading dan Gisel juga menyempatkan liburan bersama Gempi ke negara pizza Italia.

    www.instagram.com/gisel_la

     

  4. Liburan Gempi bersama kedua orang tuanya di Kapal Pesiar Singapura

    www.instagram.com/gisel_la

     

  5. Keharmonisan Gisel, Gading, dan Gempi saat merayakan valentine

    www.instagram.com/gisel_la

     

  6. Sesaat sebelum kabar mengejutkan ini muncul, Gading sempat mengunggah kebersamaan mereka bertiga saat merayakan ulang tahun Gisel. Dalam foto tersebut Gisel dan Gading terlihat bermata sembab. Gading mengungkapkan jika mata mereka sembab sebab bangun tidur, namun netizen menyangka jika hal tersebut diakibatkan habis menangis.

    www.instagram.com/gisel_la

    Well terlepas dari apapun keputusan mereka, kamu sebagai nitijen yang mungkin punya rasa julid  ingin tahu yang besar sebaiknya tak langsung menghakimi dengan berbagai spekulasi ya. Karena tentunya selebriti juga manusia biasa yang tak luput dari kesalahan.

    Salam !

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.