Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Hiburan

Inilah Gerbang Mesir Kuno Berusia 3000 Tahun Yang Akan Dipajang di Grand Egyptian Museum

Published

on

Dilansir dari dailymail.co.uk Pintu gerbang Mesir berusia 3.000 tahun yang menakjubkan dipindahkan dari Kairo ke piramida Giza untuk ditempatkan di samping makam Tutankhamun. Gerbang itu terbuat dari granit merah muda dan dibuat dalam peraturan Amenemhat IIni akan menjalani restorasi dan dipajang di Grand Egyptian Museum Di Mesir. Gerbang itu akan bergabung dengan ribuan artefak yang akan dipajang di Grand Egyptian Museum dan dijadwalkan dibuka sebagian pada tahun 2018.

Sebuah gerbang merah muda yang menakjubkan yang telah berusia hampir 3.000 tahun telah dipindahkan dari Kairo utara ke sebuah museum baru di dekat piramida terkenal di Giza. Gerbang itu terbuat dari granit merah muda dan beruang hiasan kerajaan yang mengacu pada Amenemhat I, raja pertama dinasti ke-12 di Mesir kuno. Ini akan mengalami restorasi sebelum dipajang di samping makam Tutankhamun di Museum Mesir Agung, yang pada awalnya akan dibuka pada tahun 2018. Dalam hieroglif Mesir, cartouche adalah oval dengan garis horizontal di akhir, menunjukkan bahwa teks yang dilampirkan mengacu pada kerajaan.

Amenemhet memerintah dari tahun 1991 SM sampai 1962 SM. Selama masa pemerintahannya, dia memindahkan ibu kota dari Thebes ke tempat kediaman yang lebih sentral di selatan Memphis.

Dia memulai dinasti ke-12, yang secara luas dianggap sebagai zaman keemasan di Mesir kuno. Gerbang ini akan bergabung dengan ribuan artefak kuno Mesir lainnya yang akan dipajang di museum baru. Museum yang masih belum selesai di kaki piramida akhirnya akan menampung koleksi museum penuh saat ini di alun-alun Tahrir kota.

Ini dijadwalkan dibuka pada tahun 2015, namun pembangunannya telah tertinggal karena biaya meningkat menjadi lebih dari $ 1 miliar (750 juta dolar AS) dan sekarang dijadwalkan dibuka sebagian pada tahun 2018.

Akhirnya, kompleks yang luas akan menampung lebih dari 100.000 relik termasuk 4.500 buah harta Tutankhamun yang ditemukan di Lembah Raja-raja Selatan di Luxor.

Tempat tidur berlapis emas dan kereta pemakaman dari makam Tutankhamun – ditemukan oleh arkeolog Inggris Howard Carter pada tahun 1922 – dipindahkan pada bulan Mei, dikemas dengan baik dalam wadah kayu lengkap dengan bahan untuk melindungi mereka dari panas dan getaran.

 

Kementerian Urusan Barang Antik Mesir mengatakan telah memindahkan sebuah gerbang (foto) yang berusia hampir 3.000 tahun dari utara Kairo ke sebuah museum baru di dekat piramida terkenal di Giza.

Gerbang (foto) terbuat dari granit merah muda dan berkanopi kantung kerajaan mengacu pada Amenemhat I, raja pertama dinasti ke-12 di Mesir kuno. ( image : dailymail.co. uk)

Tapi mumi firaun muda itu akan tetap berada di makamnya karena terlalu rapuh untuk diangkut. Ia meninggal pada usia 19 tahun pada tahun 1324 SM setelah masa pemerintahan sembilan tahun. Kumpulan artefak Tutankhamun yang pertama yang ditujukan untuk museum baru ini mencakup tiga tempat tidur pemakaman, lima kereta dan 57 buah tekstil.

Amenemhet I (foto) adalah raja Mesir kuno dan pendiri dinasti ke-12. Dia memerintah dari tahun 1991 SM sampai 1962 SM (Image: dailymail.co. uk)

Museum yang masih belum selesai di kaki piramida akhirnya akan menampung koleksi museum penuh saat ini di alun-alun Tahrir kota. ( Image : dailymail.co. uk)

Bas-relief dari firaun Snefru, pendiri dinasti ke-4, juga termasuk di antara 71 objek terpilih yang dipindahkan pada bulan Mei. Kompleks GEM yang besar akan mencakup lebih dari 47 hektar (116 hektar) dan berisi sekitar 24.000 meter persegi (258.300 kaki persegi) ruang pameran permanen. Ini akan menampilkan fasad alabaster, dan pembukaan akhirnya akan mengurangi tekanan pada museum nasional saat ini yang diresmikan pada tahun 1902 dan telah kehabisan ruang.

Pekerja memindahkan gerbang yang terbuat dari granit yang sudah berusia hampir 3.000 tahun dari utara Kairo ke sebuah museum baru di dekat piramida terkenal di Giza. ( image : dailymail.co. uk)

Pembangunan museum fasilitas arkeologi baru-baru ini diumumkan pada tahun 2002. Selama pemberontakan, penjarah memasuki gedung dan beberapa harta kuno rusak atau dicuri. Daya tariknya yang terkenal di dunia – secara harfiah wajah museum – adalah topeng pemakaman emas Tutankhamun yang berisi lebih dari 10 kilogram emas dan batu mulia.

Kereta anak laki-laki Mesir kuno Tutankhamun terungkap setelah dikirim ke rumah barunya, Museum Grand Mesir, pada tanggal 23 Mei 2017 ( image : dailymail.co. uk)

Ahli sejarah Mesir Jepang dan lokal memeriksa sebuah kereta King Tutankhamun di sebuah museum di Kairo pada tanggal 28 Maret 2017, sebelum memindahkan barang penguburan raja ke museum baru di bulan Mei ( image : dailymail.co. uk)

Pengunjung melihat topeng emas King Tutankhamun dalam kotak kaca, di museum Mesir di Kairo, Mesir, Kamis, 14 Juli 2016. ( image : dailymail.co. uk)

Pembukaannya telah ditunda beberapa kali, termasuk karena ketidakstabilan politik yang telah mengguncang negara. Museum mawar merah muda saat ini dengan fasad neo-klasiknya menjadi sorotan turis sebelum pemberontakan Januari 2011 yang menggulingkan Hosni Mubarak, melepaskan tahun-tahun kekacauan politik yang menyebabkan jumlah turis terjerembab. Ini juga berisi begitu banyak barang yang banyak disimpan di gudang dan tidak pernah dilihat oleh publik.

Seorang turis melihat patung Mitri, salah satu tokoh terkemuka di Dinasti ke-6, kerajaan lama 2465-2150 SM, di museum Mesir di Kairo, Mesir, Kamis, 14 Juli 2016( image : dailymail.co. uk)

Seorang pengunjung melihat salah satu papirus tertua dalam sejarah tulisan Mesir di antara koleksi papirus Raja Khufu yang ditemukan di pelabuhan Wadi El-Jarf, karena dipajang untuk pertama kalinya di museum Mesir di Kairo, Mesir, Kamis, 14 Juli 2016 ( image : dailymail.co. uk)

Sebuah lembaran emas Mesir Kuno yang menggambarkan Tutankhamun membawa seorang tahanan Nubia di hadapan Ratu Ankhesenamun, ditampilkan dalam sebuah kotak kaca saat pembukaan pameran bertajuk Tutankhamun’s Unseen Treasures di museum. ( image : dailymail.co. uk)

Artefak yang dipindahkan pada bulan Mei dilengkapi dengan baik untuk transportasi dalam wadah kayu lengkap dengan bahan untuk melindungi mereka dari panas dan getaran. dailymail.co. uk)

 

Museum Mesir yang terkenal di dunia ini memiliki 160.000 artefak yang tak ternilai harganya yang dijejalkan ke lorong dan ruang pameran bangunan dua lantai abad ke-19 di Lapangan Tahrir Kairo.( image : dailymail.co. uk)

Komentar
Continue Reading

Artis

Fakta-fakta Tentang Karen Vendela, Tunangan Boy William

Published

on

Pasangan Boy William dan Karen Vendela tak lama lagi akan mengakhiri masa lajang. Hal tersebut terbukti dari prosesi tunangan yang baru saja mereka selenggarakan didampingi kedua keluarga besar. Nama Karen Vendela jarang tersorot media karena memang bukan dari kalangan selebriti. Lantas siapa sebenarnya sosok Karen Vendela? Berikut beberapa fakta tentang calon istri Boy William ini.

  1. Merupakan putri keluarga konglomerat

    img: instagram/karbearv

    Ayahnya, Hartono Hosea, merupakan seorang konglomerat pemimpin perusahaan Sun Motor Group yang menaungi berbagai bidang usaha mulai dari mall, hotel, otomotif, hingga real estate. Sedang ibunya, Margaret Vivi, merupakan pengusaha di bidang kecantikan yaitu Jean Yip.

  2. Berparas oriental bak artis Korea

    img: instagram/karbearv

    Berasal dari keturunan Tionghoa, membuat Karen mempunyai wajah oriental bak artis korea. Maka tak jarang setiap kali menggunggah potret selfienya, selalui menuai pujian warganet.

  3. Berpendidikan tinggi

    img: instagram/karbearv

    Karen merupakan lulusan dari The Fashion Institute of Design & Merchandising (FIDM) Amerika Serikat. Ia lulus pada bulan Juni 2018. Karena menyukai dunia seni dan desain, maka tak jarang Karen memposting karya-karyanya di akun instagramnya.

  4. Masih berusia 22 tahun

    img: instagram/karbearv

    Rupanya pasangan ini terpaut usia 6 tahun, Boy berusia 28 tahun sedangkan Karen masih berusia 22 tahun.

  5. Sudah berpacaran dengan Boy William sejak tiga tahun silam

    img: instagram/karbearv

     

  6. Sebelum melangsungkan pernikahan, keduanya melangsungkan pertunangan mewah didampingi kedua keluarga besar

    https://www.instagram.com/karbearv/

    Setelah menjalin asmara selama tiga tahun, akhirnya pasangan ini memutuskan untuk segera menuju ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan. Belum diketahui kapan tanggal pastinya, namun pastinya dalam waktu dekat. Selamat ya Boy-Karen!

 

Komentar
Continue Reading

Artis

Inspirasi Foto Prewedding A La Boy William-Karen Vendela

Published

on

Host dan penyanyi berwajah oriental Boy William sebentar lagi akan mengakhiri masa lajang bersama Karen Vendela, kekasihnya. Melalui akun instagram masing-masing, pasangan yang jarang tersorot media ini membagikan momen tunangan bersama kedua keluarga besar. Sebelumnya, Boy dan Karen juga telah melakukan sesi foto prewedding hingga ke berbagai belahan dunia.

Nah buat kamu yang sedang bingung akan memilih konsep foto prewedding seperti apa, mungkin foto-foto Boy dan Karen berikut bisa menjadi inspirasi. Yuk simak!

  1. Boy dan Karen memilih stasiun sebagai salah satu spot prewedding mereka. Kesan artistik sangat kental dalam foto berikut. Dan jika biasanya foto prewedding di stasiun identik dengan rel kereta, maka pasangan ini memilih gerbong kereta barang sebagai spot utama. Unik ya!

    https://www.instagram.com/karbearv/

     

    https://www.instagram.com/karbearv/

     

  2. Boy dan Karen juga memilih konsep kasual dalam pemotretan mereka. Kali ini Kota Paris, Perancis dipilih sebagai spot yang memang terkenal romantis.

    https://www.instagram.com/karbearv/

     

  3. Ingin konsep foto prewed yang unik? Foto dengan pose memanjat tiang berikut juga bisa kamu coba lho! Ditambah dengan latar belakang gedung di Paris yang menambah kesan ‘Eropa banget’.

    https://www.instagram.com/karbearv/

     

  4. Prewedding di Paris tak lengkap rasanya jika tak berfoto dengan latar belakang Menara Eiffel. Romantis banget!

    https://www.instagram.com/karbearv/

     

  5. Foto prewedding tak melulu di studio atau hanya berdua lho, kamu juga bisa foto dengan konsep berdua di tengah keramaian seperti berikut.

    https://www.instagram.com/karbearv/

    Itulah berbagai potret foto prewedding Boy William dan Karen Vendela, semoga menginspirasi!

Komentar
Continue Reading

Artis

Klarifikasi Agnez Mo: Nonton Video Jangan Setengah-Setengah

Published

on

Pernyataan Agenz Mo dalam talk show di akun YouTube Build Series NYC by Yahoo! menuai kontroversi dan membuat gempar media sosial. Dalam talk show yang dipandu oleh Kevan Kenney tersebut, penyanyi kelahiran 1 Juli 1986 tersebut mengatakan bahwa tak mempunyai darah Indonesia.

img: instagram @agnezmo

“Ya, karena… Saya sebenarnya campuran Jerman, Jepang, dan Chinese. Saya hanya lahir di Indonesia. Saya juga beragama Kristen, dan di Indonesia mayoritas adalah Muslim. Saya tidak bilang saya tidak berasal dari sana, karena saya merasa diterima. Tetapi saya merasa tidak seperti yang lain,” Ujar Agnez Mo dalam cuplikan video tersebut.

Pernyataan tersebut sontak menuai kontroversi warganet. Banyak yang menghujat namun tak sedikit juga yang mendukung. Dilansir dari kompas TV, berikut video yang viral tersebut

Pernyataan Agnez Mo tersebut semakin viral lantaran Nikita Mirzani, selebriti yang penuh dengan sensasi tersebut pun juga angkat bicara dalam akun instagramnya. Ibu 3 anak yang akrab disapa Nyai tersebut begitu menyayangkan pernyataan Agnez Mo.

Karena viralnya video tersebut, Agnez pun mengklarifikasi lewat akun instagramnya

Bahwa intinya adalah walaupun seorang minoritas di Indonesia, Agnez merasa diterima dengan baik ditengah keberagaman yang ada. Saya tidak bisa memilih darah atau DNA saya, tetapi saya selalu berdiri untuk negara saya, saya selalu memiliki, dan tidak ada yang bisa mengambilnya dari saya. Belajarlah untuk menonton semuanya alih-alih mengeluarkan hal-hal di luar konteks” ujarnya.

So, buat kamu yang hobi nonton berita yang sedang viral, biasakan untuk nonton video secara utuh ya! Agar pemahamanmu juga nggak sepotong-sepotong.

Komentar
Continue Reading

Trending