Inspirasi, Motivasi

Tak Ada yang Tak Mungkin, Jessica Cox Menjadi Pilot Pertama Tanpa Lengan

Keterbatasan fisik tak berarti membatasi ruang gerak kita. Itulah kalimat yang pantas disematkan kepada Jessica Fox, wanita cantik keturunan Filipina. Jessica Fox dilahirkan cacat tanpa lengan karena kelainan bawaan dari janin yang disebut “anomali kongenital”. Namun walaupun menjadi seorang penyandang disabilitas tak menyurutkan niatnya untuk terus berprestasi, terbukti Jessica tercatat di Guinness Book of Record sebagai orang pertama punya lisensi pilot tanpa lengan. Wanita kelahiran 2 Februari 1983 pun juga punya dua ban hitam Taekwondo.

img: pesandunia.com

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa wanita yang dilahirkan tidak sempurna bisa melakukan semua itu? Jessica pun menuturkan bahwa semangatnya tersebut lahir dari ejekan orang lain. Lahir cacat, tentu saja mengundang banyak komentar dari orang sekitar, bahkan tak jarang yang meremehkan, merendahkan, hingga mengucilkan. Namun rupanya Jessica malah terpecut untuk membuktikan pada mereka bahwa dia BISA.

Dalam usia 14 tahun dia sudah meraih sabuk hitam karate, usia 15 dia berkompetisi renang, dan pada usia 26 tahun Jessica mulai belajar berselancar.

img: detik.com

Pada 2005, Sarjana Psikologi Universitas Arizona ini mulai belajar menjadi pilot. Dia kini memiliki lisensi menerbangkan pesawat ringan untuk ketinggian hingga 3.050 meter. Selain menjadi pilot, Jessica adalah seorang olahragawan bela diri, penyelam, surfer, berkuda, pesenam dan penari tap. Pada 2013 ia diakui sebagai salah satu “10 Pilot Terbaik” dari majalah Plane and Pilot.

“Terbang adalah salah satu kegiatan yang membuat saya merasa benar-benar bebas dan bangga terhadap diri saya sendiri. Saya membuktikan semua bisa terwujud jika kita yakin terhadap diri sendiri,” kata Jessica.

Comments

comments