Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

DIY

Sering Stres Di Ruang Kerja, Coba Atasi Dengan Tanaman Hias Berikut Ini

Published

on

Kamu seorang pekerja kantoran, pasti tidak asing dengan jam kerja dan juga suasana ruang kerja yang itu itu saja, apalagi kalau kerjaan kamu monoton di dalam sebuah ruangan setiap harinya, pasti rasa jenuh dan bosan terkadang timbul karena pemandangan yang monoton dan pastinya akan mempengaruhi mood kerja kamu.

Bekerja di dalam sebuah ruangan memang memiliki sisi positif dan negatif tentunya, di sisi positifnya seorang yang bekerja di dalam ruangan pasti berhubungan dengan ruangan yang pasti dan juga jam kerja yang tepat, tapi di sisi negatifnya seorang yang bekerja di dalam ruangan akan lebih muda jenuh dan bosan karena suasana dan pemandangan yang itu itu saja, belum tentang pekerjaan yang memiliki tanggungjawab besar, maka tidak sedikit seorang pekerja yang menghabiskan waktu di dalam ruangan terkadang stress dan bad mood.

Dikutip dari laman Independent. co .uk  ada satu cara sederhana untuk mengatasi stres di tempat kerja. Menurut studi terbaru dari Australia, mengisi ruang kerja dengan tanaman hias mampu menurunkan tingkat stres.

“Salah satu cara efektif untuk mencegah penyakit dan stres di tempat kerja, bisa dengan mengisi ruangan dengan tanaman, karena idealnya tanaman ini akan ‘membersihkan’ udara dari patogen (bakteri yang sebabkan penyakit)” ungkap tim peneliti, Eddie van Etten dan Pierre Horwitz pada The Conversation baru-baru ini.

keduanya menjelaskan, tanaman hias mampu membersihkan udara dari substansi berbahaya pada beberapa furnitur kantor. Di antaranya, formaldehida (zat kimia gas tak berwarna yang bisa menyebabkan kanker), benzena (senyawa kimia cair), etilbenzena (ditemukan pada penguapan pernis yang bisa memicu masalah pernapasan), dan amonia yang berasal dari produk pembersih.
Ruang kantor bisa jadi sarang perkembangbiakan bakteri penyebab penyakit. Namun, dengan kehadiran tanaman hias yang berasosiasi dengan bakteri, ini bisa baik untuk ruangan. Ia mampu mencegah mewabahnya patogen dengan menyeimbangkan ekosistem.

Sebelumnya, sebuah studi dari NASA  juga mengungkapkan temuan serupa. Dilaporkan, NASA melakukan tes pada tanaman hias di dalam ruangan untuk menyaring polutan di udara. Hasilnya, tanaman hias ternyata sangat efektif untuk menyaring berbagai jenis senyawa organik dari udara.

Untuk hasil terbaik, sebaiknya satu tanaman hias berukuran medium diletakkan setiap 2,2 meter persegi ruangan. Pilih tanaman dengan daun berukuran lebar. Semakin lebar daun, semakin efisien ia menyaring udara.

Image : Pinterest

Tanaman hias yang dinilai mampu menyaring udara antara lain,

palem kuning (Chrysalidocarpus lutescens)

Image : Pinterest

lidah buaya

Image : Pinterest

 

English ivy (Hedera helix)

Image : Pinterest

Pakis Boston atau Boston fern

Image : Pinterest

Peace lily (Spathiphyllum cochlearispathum)

Image : Pinterest

Beringin (Ficus benjamina l)

Image : Pinterest

Etten dan Horwitz juga menambahkan, semakin banyak dan beragam tanaman hias maka stres dapat berkurang. Studi membuktikan ruang hijau dan alami bisa membantu relaksasi dan ketenangan di ruang kerja kamu hlo.

Komentar
Continue Reading

DIY

Kurangi Limbah Dengan Pembuatan Kompos Organik! Berikut Langkah-langkahnya

Published

on

Sampah seringkali menjadi masalah rumah tangga karena baunya yang cukup menganggu. Selain itu pengolahan sampah yang kurang tepat juga dapat mencemari tanah. Hal itu disebabkan karena ada beberapa jenis sampah yang tidak dapat terurai dengan tanah walaupun sudah dikubur bertahun-tahun lamanya, misalnya sampah plastik dan kaca. Sampah-sampah yang tidak dapat diuraikan tersebut disebut sampah anorganik, sedangkan sampah yang dapat diuraikan disebut sampah organik.

img: liputan6.com

Berbagai macam penanganan sampah selain dikubur/ dibakar adalah dengan diolah menjadi pupuk kompos. Namun, untuk pembuatan pupuk kompos sampah yang bisa dimanfaatkan adalah jenis sampah organik misalnya sampah sayuran, sisa makanan, kertas, dedaunan, hingga kotoran hewan.

Nah, daripada sampah organik dibuang begitu saja, mending dibuat kompos yang tentu saja ramah lingkungan. Dan berikut langkah-langkah pembuatan kompos dari sampah organik:

  1. Siapkan sampah organik misalnya dedaunan, kertas, sampah sayuran, dan sebagainya.
  2. Siapkan wadah berukuran besar, isi dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.
  3. Siram permukaan tanah tersebut menggunakan air secukupnya.
  4. Masukkan sampah organik ke lapisan di atas tanah tadi.
  5. Pastikan sampah disimpan secara merata. Sebisa mungkin ketebalan sampah setara dengan ketebalan tanah.
  6. Masukkan lagi tanah ke dalam wadah sebagai penutup kompos.
  7. Tutup wadah dengan rapat dan diamkan kurang lebih tiga-empat minggu.

Itulah langkah-langkah membuat kompos organik, mudah bukan untuk membuatnya? Selamat mencoba Sobat Spaneng!

Komentar
Continue Reading

DIY

Seniman Ini Dapat ‘Menyulap’ Roti Tawar Menjadi Lukisan yang Artistik

Published

on

Siapa yang tak kenal roti tawar ? Makanan yang lezat dinikmati dengan berbagai cara, dimakan langsung, dibuat sandwich, puding, dan sebagainya. Namun bagaimana jadinya jika roti tawar dijadikan sebuah lukisan unik ? Ya,¬†ditangan seorang wanita terampil asal Jepang yang bernama Eiko Mori, roti tawar dapat disulap menjadi lukisan indah yang sangat artistik. Melalui akun Instagramnya @estyle1010, Eiko Mori sering membagikan potret kreatifitas dalam ‘menyulap’ roti tawar menjadi karya seni yang luar biasa.

Untuk membuat suatu lukisan roti tawar yang estetik, seniman asal Jepang ini biasanya menambahkan bahan-bahan seperti keju, nori, selai, dll. Karya seni lukisannya pun beraneka ragam, ada yang berbentuk hewan, makanan, karakter animasi, cake dan bentuk lucu lainnya.

Berikut selengkapnya

  1. Hanya dengan bahan tambahan berupa coklat dan cream, roti tawar ini menjelma menjadi sebuah bentuk laba-laba lengkap dengan sarangnya.

    img: www.instagram.com/estyle1010

     

  2. Coba tebak karakter siapa yang diciptakan pada selembar roti tawar berikut ? Jika kamu penggemar serial Doraemon pasti tak asing lagi dengan wajah di bawah ini. Ya! benar, jawabannya adalah Giant si badan besar.

    img: www.instagram.com/estyle1010

     

  3. Bahkan Eiko juka begitu detail dalam melukiskan peta dunia ke sebuah roti tawar lho !

    img: www.instagram.com/estyle1010

     

  4. Karakter hewan pun juga tak ketinggalan dalam proses penciptaan karya seninya.

    img: www.instagram.com/estyle1010

     

  5. Karakter wajah yang begitu nyata dan detail, hmm jadi sayang banget nih kalau dimakan !

    img: www.instagram.com/estyle1010

     

  6. Segelas ice cream buah-buahan dalam sebuah roti tawar ! Kreatif sekali bukan ?

    img: www.instagram.com/estyle1010

     

  7. Tak cukup dari karakter animasi, hewan, dan buah-buahan, kali ini Eiko mencoba membuat bentuk bangunan. Amazing !

    img: www.instagram.com/estyle1010

     

  8. Permainan mahjong pun bisa juga lho divisualisasikan dari sebuah roti tawar !

    img: www.instagram.com/estyle1010

     

  9. Segelas minuman kopi ini terlihat begitu nyata ya !

    img: www.instagram.com/estyle1010

    Warna lukisan yang menarik mata dan detail yang bagus semakin membuat orang takjub melihatnya, dan pastinya sayang untuk dimakan

    Bagaimana, kamu berminat membuatnya juga ?

Komentar
Continue Reading

DIY

Kreatif!! Barang-barang Ini Dibuat dari Bekas Banner Caleg Lho!

Published

on

Rakyat Indonesia sedang mempunyai hajat besar, yakni pesta demokrasi Pemilu serentak 2019. Para wakil rakyat periode 2019-2024 akan dipilih untuk menyalurkan aspirasi rakyat yakni DPRD, DPR Propinsi, DPR RI, DPD, hingga pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Hajat besar ini tentu saja membuat pemandangan di jalanan menjadi penuh akan banner-banner gambar calon wakil rakyat tersebut. Dan jika Pemilu sidah usai, maka banner-banner tersebut tentunya akan menumpuk tak terpakai. Nah daripada cuma menjadi sampah, berikut beberapa inspirasi pemanfaatan banner bekas

  1. . Tas dan dompet

    img: greeners.co

    Daripada dibuang, banner-banner bekas mending diolah menjadi tas dan dompet seperti diatas. Lumayan kan bisa buat tas belanja ke pasar ?

  2. APE (Alat Permainan Edukatif) PAUD

    img: duniapaud

    Guru Paud memang dituntut harus kreatif dan inovatif, dan gambar diatas adalah salah satu contoh pemanfaatan banner untuk dijadikan media ular tangga raksasa. Kreatif banget ya !

  3. Kolam Ikan

    img: tamadamunetaka.blogspot.com

    Tanpa diolah menjadi apapun, banner caleg bekas pun juga bisa langsung bermanfaat sebagai kolam ikan lho. Murah meriah, tanpa harus memakai beton !

  4. Hiasan Ulang Tahun

    img: youtube

    Siapa sangka jika hiasan ulang tahun di atas terbuat dari banner bekas yang dibalik sisinya ? Ya ! Daripada membuang atau bahkan membakar plastik, lebih baik di manfaatkan bukan ?

  5. Baju Fashion Show

    img: solopos.com

    Kreativitas tanpa batas, mungkin kalimat itulah yang cocok untuk disematkan pada gambar di atas. Sekilas terlihat tak ada yang aneh, namun ternyata gaun fashion show unik tersebut terbuat dari banner bekas lho !

Bagaimana, kamu tertarik mencoba ?

Komentar
Continue Reading

Trending