Connect with us

DIY

Sering Stres Di Ruang Kerja, Coba Atasi Dengan Tanaman Hias Berikut Ini

Published

on

Kamu seorang pekerja kantoran, pasti tidak asing dengan jam kerja dan juga suasana ruang kerja yang itu itu saja, apalagi kalau kerjaan kamu monoton di dalam sebuah ruangan setiap harinya, pasti rasa jenuh dan bosan terkadang timbul karena pemandangan yang monoton dan pastinya akan mempengaruhi mood kerja kamu.

Bekerja di dalam sebuah ruangan memang memiliki sisi positif dan negatif tentunya, di sisi positifnya seorang yang bekerja di dalam ruangan pasti berhubungan dengan ruangan yang pasti dan juga jam kerja yang tepat, tapi di sisi negatifnya seorang yang bekerja di dalam ruangan akan lebih muda jenuh dan bosan karena suasana dan pemandangan yang itu itu saja, belum tentang pekerjaan yang memiliki tanggungjawab besar, maka tidak sedikit seorang pekerja yang menghabiskan waktu di dalam ruangan terkadang stress dan bad mood.

Dikutip dari laman Independent. co .uk  ada satu cara sederhana untuk mengatasi stres di tempat kerja. Menurut studi terbaru dari Australia, mengisi ruang kerja dengan tanaman hias mampu menurunkan tingkat stres.

“Salah satu cara efektif untuk mencegah penyakit dan stres di tempat kerja, bisa dengan mengisi ruangan dengan tanaman, karena idealnya tanaman ini akan ‘membersihkan’ udara dari patogen (bakteri yang sebabkan penyakit)” ungkap tim peneliti, Eddie van Etten dan Pierre Horwitz pada The Conversation baru-baru ini.

keduanya menjelaskan, tanaman hias mampu membersihkan udara dari substansi berbahaya pada beberapa furnitur kantor. Di antaranya, formaldehida (zat kimia gas tak berwarna yang bisa menyebabkan kanker), benzena (senyawa kimia cair), etilbenzena (ditemukan pada penguapan pernis yang bisa memicu masalah pernapasan), dan amonia yang berasal dari produk pembersih.
Ruang kantor bisa jadi sarang perkembangbiakan bakteri penyebab penyakit. Namun, dengan kehadiran tanaman hias yang berasosiasi dengan bakteri, ini bisa baik untuk ruangan. Ia mampu mencegah mewabahnya patogen dengan menyeimbangkan ekosistem.

Sebelumnya, sebuah studi dari NASA  juga mengungkapkan temuan serupa. Dilaporkan, NASA melakukan tes pada tanaman hias di dalam ruangan untuk menyaring polutan di udara. Hasilnya, tanaman hias ternyata sangat efektif untuk menyaring berbagai jenis senyawa organik dari udara.

Untuk hasil terbaik, sebaiknya satu tanaman hias berukuran medium diletakkan setiap 2,2 meter persegi ruangan. Pilih tanaman dengan daun berukuran lebar. Semakin lebar daun, semakin efisien ia menyaring udara.

Image : Pinterest

Tanaman hias yang dinilai mampu menyaring udara antara lain,

palem kuning (Chrysalidocarpus lutescens)

Image : Pinterest

lidah buaya

Image : Pinterest

 

English ivy (Hedera helix)

Image : Pinterest

Pakis Boston atau Boston fern

Image : Pinterest

Peace lily (Spathiphyllum cochlearispathum)

Image : Pinterest

Beringin (Ficus benjamina l)

Image : Pinterest

Etten dan Horwitz juga menambahkan, semakin banyak dan beragam tanaman hias maka stres dapat berkurang. Studi membuktikan ruang hijau dan alami bisa membantu relaksasi dan ketenangan di ruang kerja kamu hlo.

Komentar
Continue Reading

DIY

Tak Hanya Dipakai Untuk Gosok Gigi, Ini Dia 5 Manfaat Lain dari Pasta Gigi/ Odol

Published

on

Selain digunakan untuk sikat gigi, ternyata ada banyak manfaat lain dari odol/ pasta gigi lho ! Berikut 5 manfaat lain dari pasta gigi yang bisa kamu manfaatkan

  1. Tembok rumah kotor kena corat-coret crayon si anak ? Jangan takut, bersihkan dengan pasta gigi dan cliinggg tembok rumahmu akan kembali bersih !

    oflifeandlisa.com

  2. Permukaan setrika berwarna coklat karena hangus ? Pasta gigi solusinya !

    id. pinterest.com

  3. Sepatu yang sudah kusam pun bisa kembali seperti baru dengan pasta gigi lho !

    www.shughal.com

  4. Perhiasan yang sudah terlihat lama pun akan kembali berkilau dengan disikat menggunakan pasta gigi, wow ajaib ya !

    oflifeandlisa.com

  5. Berbagai perkakas dapur/ kamar mandi akan kembali berkilau dengan dibersihkan menggunakan pasta gigi

    www.shughal.com

    Selamat mencoba !

Komentar
Continue Reading

DIY

DIY: Mudahnya Membuat Mojito, Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa

Published

on

Mojito adalah minuman tradisional bersoda khas Kuba dengan ciri khas perpaduan rasa asam dan segar. Karena minum minuman beralkohol tak lazim di negara timur seperti Indonesia, maka mojito kini divariasi dengan cara mengganti alkohol dengan air soda. Lalu bagaimana cara membuatnya ? berikut selengkapnya

Bahan:

  • Jeruk nipis / lemon. Atau buah-buahan lain yang memiliki rasa asam segar seperti strawbery, kiwi, atau leci.
  • Air soda (pepsi/sprite/ dll)
  • Biji selasih
  • Simple syrup
  • Daun mint segar
  • Es batu.

Cara membuat:

  • Masukkan perasan air jeruk ke dalam gelas, beri beberapa lembar daun mint. Tumbuk-tumbuk sebentar tapi jangan sampai halus agar aroma dan sari dari daun mint keluar.
  • Selanjutnya tambahkan simple syrup, air soda, biji selasih, dan es batu secukupnya. Hias dengan potongan jeruk nipis dan daun mint segar
  • Kalau menggunakan bahan buah, seperti strawberry, kiwi, atau leci, jangan lupa untuk menumbuknya sebentar di gelas bersama daun mint agar aroma dan sari buahnya keluar.

Bagaimana, mudah sekali bukan cara membuatnya ? Cocok sekali ya untuk hidangan berbuka puasa !

Komentar
Continue Reading

DIY

DIY: Menyambut Lebaran, Ini Dia Tutorial Membuat Amplop Astor Kekinian. Wajib Dicoba Nih !

Published

on

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah moment sakral yang paling ditunggu setiap tahun bagi umat muslim. Sanak saudara akan berkumpul, bergembira dan saling bermaaf-maafan. Dan salah satu tradisi ungkapan syukur pada moment Lebaran adalah berbagi rezeki untuk sanak saudara, terutama para anak-anak/ keponakan. Jika sebelum-sebelumnya untuk berbagi rezeki pada anak-anak diberikan hanya menggunakan ‘tangan telanjang’, kini sudah ada berbagai cara unik untuk mengemas tradisi tersebut, salah satunya dengan amplop astor kekinian. Nah daripada beli, ini dia tutorial membuat amplop astor kekinian yang wajib kamu coba

youtube.com

Alat dan Bahan sebagai berikut :

  1. Kain flanel
  2. Pita Satin 0,7 cm
  3. Pulpen
  4. Pensil
  5. Gunting
  6. Lem tembak

Cara Membuat Amplop Astor :

  1. Potong kain flanel dengan ukuran 7 x 7,5 cm
  2. Gulung pensil dengan kain flanel hingga panjang astor 7 cm
  3. Rekatkan ujungnya dengan lem tembak
  4. Tarik pensil, dan rapikan ujung-ujungnya dengan gunting
  5. Potong pita dengan panjang 25 cm dan lilitkan pada kain flanel hingga menyerupai astor
  6. Rekatkan ujung-ujung pita dengan lem tembak.
  7. Gulung uang dan masukkan ke dalam astor
  8. Angpao astor kekinian pun siap digunakan

Agar lebih jelas, berikut video tutorialnya

Bagaimana, mudah bukan untuk membuatnya? Bisa sekalian untuk bisnis lho !

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.