Connect with us

Karir

Sering Mengalami 5 Hal Berikut Ini, Segeralah Ambil Cuti!

Published

on

Bekerja keras sepanjang hari tentu akan sangat menjenuhkan. Belum lagi ketika sedang dikejar deadline, waktu akhir pekan pun bisa hilang karena harus buru-buru kejar target. Tapi kantor tempatmu bekerja sudah menyiapkan solusi untuk semua kejenuhanmu itu. Ya, setiap kantor pasti memberikan jatah cuti kepada setiap karyawannya.

Peraturan cuti setiap perusahaan tentunya berbeda-beda. Ada yang memberlakukan sistem 12 hari kerja selama satu tahun. Ada yang memberikan 6 hari kerja dalam satu semester. Ada yang memotong uang makan saat si karyawan cuti. Bahkan ada pula yang mengganti dengan uang lemburan ketika si karyawan memutuskan untuk tidak mengambil jatah cutinya pada tahun tersebut.

Apapun alasannya, cuti adalah hak setiap pekerja yang sewajarnya harus diambil. Sekeras apapun kamu bekerja, se loyal apapun kamu dengan kantormu, se total apapun dedikasimu terhadap pekerjaan, kamu harus tetap mengambil cuti. Ketebalan kantong dan perkembangan karir memang penting, tapi kewarasan jiwamu akan jauh lebih penting.

Apalagi ketika kamu sudah merasakan 5 hal berikut ini, itu tandanya kamu harus sesegera mungkin mengajukan cuti kepada atasanmu.

  1. Sering mengeluh 

images: qerja.com

Walaupun kamu bekerja sesuai dengan passionmu, tetap saja itu tak akan menghindarkanmu dari kejenuhan. Jenuh itu adalah sifat yang manusiawi. Dan ketika jenuh melanda, maka mengeluh adalah akibat pertamanya.

“Duh kok kerjaannya banyak gini yaa.”

“Haduh, ini belum beres, udah dateng lagi kerjaan dari si bos.”

“Jan*cok, emangnya saya mesin, suruh lembur tiap hari.”

Nah, ketika kamu hampir setiap hari seperti itu, alangkah baiknya segara menghadap si bos untuk mengajukan cuti. Sebab kalau dipaksakan, bukannya beres tapi pekerjaanmu malah akan menjadi kacau.

2. Sering insomnia

images: okeinfo.net

Beban kerja berlebih di kantor akan berefek ke pola tidurmu. Alih-alih bisa tidur cepat, kamu justru bisa dilanda insomnia lantaran terlalu stress memikirkan beban kerja yang tak ada habisnya.

3. Mulai kehilangan semangat kerja

images: staticflickr.com

Disaat libur akhir pekan tak memulihkan semangat kerjamu, itu adalah tanda-tanda alam yang akan mengarahkanmu untuk segera membuat pengajuan cuti. Perusahaan memberikan libur di akhir pekan agar karyawannya bisa refreshing. Tapi kalau waktu refreshingmu itu ternyata belum mampu membuatmu fresh, maka kamu butuh tambahan hari untuk berlibur.

4. Sering meributkan hal-hal kecil

images: popular-world.com

Tak selamanya perusahaan memberikan pekerjaan berat sama kamu. Ada kalanya hal-hal ringan seperti fotokopi, membuatkan kopi, ataupun membersihkan ruangan akan kamu terima meskipun itu bukanlah job desc kamu. Saat kejenuhan sudah melanda, hal sesepele itu bisa kamu ributkan. Jika sudah begitu, maka sebaiknya kamu segera CUTI! Daripada kamu harus ribut tiap hari karena permasalahan sepele.

5. Mulai hobi memantau akun-akun liburan

images: travelingyuk.com

Ada ribuan akun instagram yang berisikan foto-foto orang liburan. Kalau saat waktu senggang kamu sering menjelajahi akun-akun itu, berarti tanpa sadar kamu menginginkan hal serupa dengan yang diposting akun tersebut. Ya, kamu ingin segera liburan! Alam bawah sadarmu sedang iri dengan mereka yang sedang berada di tempat-tempat indah dan melengkapinya dengan caption yang membuatmu teringat akan makna hidup.

 

 

Komentar

Karir

Resmi Dibuka 11 November 2019! Inilah Daftar Formasi Lengkap Rekruitmen CPNS 2019

Published

on

By

Setelah sempat mundur karena adanya pergantian menteri di Kementerian PAN-RB, akhirnya jadwal penerimaan CPNS 2019 secara resmi telah ditetapkan akan dibuka mulai tanggal 11 November 2019 mendatang. Pengumuman itu disampaikan oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo lewat Pengumuman No: B/1069 /M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah.

Sama seperti pada rekrutmen tahun sebelumnya, pendaftaran rekrutmen CPNS tahun ini juga dilakukan pada website SSCASN BKN (sscasn.bkn.go.id). Satu orang pelamar hanya boleh mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian/lembaga/pemda. Jadi tidak ada ceritanya seorang pelamar akan diterima di dua instansi sekaligus.

Selain akan membingungkan, hal tersebut juga berpotensi menimbulkan iri hati dan dengki bagi mereka yang tidak lolos. Sehingga panitia menetapkan bahwa satu pelamar hanya bisa mengisi satu formasi jabatan dan satu instansi saja sebagai tempat yang dituju untuk menggantungkan masa depannya.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada rekrutmen CPNS 2019 juga tetap akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang telah terbukti menekan angka kecurangan dan percaloan. Rencananya, SKD akan dilakukan pada Februari 2020 dan dilanjutkan dengan Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) pada Maret 2020.

Kamu yang gagal di CPNS 2018 masih ingat kan bagaimana membingungkannya soal-soal di test ini??? Semoga tim pembuat soalnya tak seperti tahun lalu yaa..

Dilansir dari detik.com (28/10/2019), berikut susunan lengkap formasi CPNS 2019. Selamat memilah dan memilih. Semoga tepat dan akurat.

Komentar
Continue Reading

Karir

Efek Pergantian Menteri, Pengumuman Pendaftaran Seleksi CPNS 2019 Mundur

Published

on

By

Sobat pencari kerja idaman calon mertua dimanapun kalian berada, ada baiknya bagi kalian untuk beli stok kesabaran di toko terdekat. Pengumuman pendaftaran seleksi CPNS 2019 yang seharusnya dilakukan hari ini batal terlaksana.

Hal itu merupakan efek dari adanya pergantian menteri di Kementerian PAN-RB. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan mengatakan pengumuman seleksi kemungkinan diundur.

“Nampaknya begitu. Belum ada pengumuman dari Pak Menpan RB,” kata Ridwan yang dilansir dari detik.com (25/06/2019).

Meskipun demikian, Ridwan juga menyampaikan bahwa Bulan Oktober ini masih ada satu minggu lagi. Jadi kalaupun mundur, pengumuman pendaftaran seleksi CPNS 2019 ada kemungkinan masih tetap di bulan Oktober. Panitia seleksi tampaknya perlu koordinasi terlebih dahulu dengan MenPAN-RB yang baru.

Kejadian semacam ini juga terjadi dalam seleksi CPNS 2018 lalu. Adanya pergantian menteri di Kementerian PAN-RB membuat jadwal penerimaan CPNS 2018 diundur. Walaupun begitu, dengan segala suka dukanya, seleksi CPNS 2018 akhirnya dapat terlaksana juga dengan menyisakan kalian yang belum berhasil dan masih menabur harap di seleksi tahun ini.

Mau diundur satu hari, satu minggu, ataupun satu bulan, sebenarnya hal itu bukan suatu penghalang. Anggap saja itu sebagai ujian pertama dalam seleksi CPNS tahun ini. Ya itu, ujian kesabaran. Lagian sebelum ujian tertulis dimulai, ujian kesabaran kalian masih akan terus berlanjut dengan susahnya login ke situs BKN.

Tapi tentunya kita semua berharap hal seperti itu tak terulang lagi tahun ini. Ketikkan amin di kolom komentar…..

Komentar
Continue Reading

Karir

Pendaftaran Dibuka 25 Oktober, Waktu Pelaksanaan Tes CPNS 2019 Masih Belum Pasti

Published

on

By

Kabar gembira datang bagi para pencari kerja. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tak lama lagi akan segera dibuka. Ini akan menjadi seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) kedua tahun ini setelah sebelumnya diselenggarakan tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap I pada 23-24 Februari kemarin.

Berita ini jelas menjadi kabar yang menyejukkan, khususnya buat kamu yang tahun kemarin gagal lolos dalam seleksi CPNS 2018. Penantian dan kesabaranmu tak lama lagi akan terbayar.

Hanya saja, mengenai waktu pelaksanaan tesnya sampai saat ini masih belum bisa dipastikan. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dirinya masih harus membicarakan itu bersama pihak terkait lainnya.

Walaupun demikian, beliau juga menyatakan bahwa hal ini sama sekali tak terkait dengan proses pelantikan presiden pada tanggal 20 Oktober mendatang. Menteri baru dan program perekrutan ini tidak saling terkait lantaran sudah menjadi program pemerintah.

Sementara itu MenPAN-RB Syafruddin  menginformasikan bahwa penerimaan CPNS 2019 bakal menerima kurang lebih 100 ribu formasi. Dari 100 ribu formasi tersebut, kebanyakan merupakan tenaga pendidikan dan kesehatan.

Daripada penasaran dengan waktu pelaksanaan tes, ada baiknya waktu yang ada kamu gunakan untuk mempersiapkan segala administrasi yang diperlukan untuk pendaftaran nanti. Jadi tidak kebingungan saat mengisi form pendaftaran.

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu berlatih soal ujian CPNS. Soal-soal semacam itu bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko-toko buku ataupun internet. Banyak berlatih akan membuat kemungkinanmu untuk lolos seleksi semakin besar.

Komentar
Continue Reading

Trending