Bola, Olahraga

Selamat Datang (Kembali) di La Liga, Thibaut Courtois!

images: epimg.net

Sejak kepergian Iker Casillas tahun 2015 lalu, Real Madrid bisa dibilang kehilangan sosok yang berpengaruh di bawah mistar gawang. Bukan bermaksud merendahkan Keylor Navas, akan tetapi kiper Kosta Rika itu levelnya terlalu jauh dari Casillas. Maka tidak mengherankan ketika Madrid saat itu langsung melakukan perburuan kiper baru.

David de Gea, Donnaruma, Allison Becker dan Kepa adalah beberapa nama yang pernah dikaitkan dengan Madrid. Bahkan khusus untuk Donnaruma, saga transfernya ke Madrid awal musim lalu sempat membuat dirinya dilempari tumpukan dollar palsu oleh para pendukung AC Milan.

Kini setelah 3 tahun berlalu pasca kepergian Casillas, Madrid akhirnya mendapatkan penjaga gawang baru. Thibaut Courtois berhasil didatangkan dari Chelsea dengan mahar 35 juta euro dan akan menjalani kontrak selama 6 tahun. Kepindahan itu juga menandai kembalinya Courtouis ke kota Madrid. Hanya saja ia menyeberang ke Real Madrid, bukan ke klub yang ikut berperan membesarkan namanya yaitu Atletico Madrid.

Courtois mengawali karir sepakbolanya bersama RC Genk pada tahun 2008. Ia turut berperan penting bagi klub tersebut dalam meraih gelar juara Liga Belgia 2010-2011. Talenta hebatnya membuat Chelsea merekrutnya pada bulan Juni 2011. Belum sempat bermain untuk the blues, ia langsung dipinjamkan ke Atletico Madrid selama satu musim. Pada akhirnya proses peminjaman ini terus diperpanjang sampai tahun 2014.

Peter Cech kala itu masih dalam puncak performanya di Chelsea. Peminjaman di Atletico justru berbuah manis. Ia turut berjasa dalam 3 gelar mayor yang diraih Atletico selama tahun 2012 sampai 2014. Tahun 2012 ia mempersembahkan Liga Eropa. Kemudian satu tahun setelah itu giliran Copa del Rey yang dibawa pulang ke Vicente Calderon. Puncaknya adalah gelar juara La Liga 2013-2014.

Chelsea pun akhirnya memulangkan Courtouis. Ia menggeser posisi Cech sebagai kiper utama Chelsea. Hingga akhirnya Cech lebih memilih untuk pindah ke Arsenal. Bersama Chelsea Courtouis merasakan gelar juara Piala Liga 2015, Liga Inggris 2015 dan 2017, lalu yang terakhir adalah Piala FA 2018.

Piala Dunia 2018 merupakan puncak kesuksesan Courtois bersama timnas Belgia. Penampilan apiknya berhasil membawa Belgia menempati posisi peringkat 3. Gelar golden glove pun didapatkannya. Ia menjadi penjaga gawang terbaik Piala Dunia 2018.

Harga 35 juta euro bisa dikatakan harga “obral” untuk pemain sekelas Courtouis. Itu terjadi karena kontraknya sudah akan habis tahun depan dan dirinya enggan untuk memperpanjang. Daripada Chelsea melepasnya secara cuma-cuma tahun depan, pihak manajemen klub pun akhirnya mengijinkan Courtois untuk hengkang ke Real Madrid.

 

Comments

comments