Inspirasi, Style

Selain Batik, Ini Dia Pesona 6 Kain Tradisional Asli Indonesia yang Tak Kalah Menawan. Cocok Nih Dijadikan Oleh-oleh !

Selama ini kain tradisional Indonesia yang paling terkenal adalah batik. Bahkan batik sudah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada 2009 silam. Namun, apakah Indonesia hanya memiliki kain batik saja sebagai kain identitas bangsa? ternyata tidak lho! ada lebih dari 30 kain tradisional yang mewakili tiap daerah di Indonesia dan semuanya memiliki keunikan tersendiri. Apa sajakah itu ? Berikut beberapa cuplikan kain khas tanah air yang patut kita banggakan

  1. Kerawang Gayo (Aceh). Kerawang Gayo adalah kerajinan Bordir masyarakat Gayo, Aceh Tengah.
    kain kerawang gayo via id.pinterest.com
  2. Ulos Batak Toba (Sumatera Utara). Ulos pada awalnya merupakan simbol sosial masyarakat Sumatera Utara, karena pada zaman dahulu ulos dipakai seorang perempuan untuk menunjukkan bahwa yang bersangkutan adalah seorang putri (gadis perawan).
    kain ulos batak via id.pinterest.com
  3. Songket Palembang (Sumatera Selatan). Merupakan sulaman benang emas yang menyelimuti kain tenun dengan bahan nan lembut, membuat wanita tampil percaya diri dan memiliki daya tarik yang khas.
    kain songket palembang via id.pinterest.com
  4. Kain Cual (Bangka Belitung). Cual merupakan kain tenun khas Bangka yang berarti “celupan benang pada proses awal”. Saat ini, motif kain cual yang diaplikasikan dalam bentuk batik dapat ditemui dengan mudah di Kampung Petenun Kota Muntok Kabupaten Bangka Barat dan di Selindung Kota Pangkalpinang.
    kain cual via id.pinterest.com
  5. Lurik (Yogyakarta). Kain lurik merupakan kain tenun yang memiliki motif garis-garis searah panjang kain. Kata lurik diambil dari bahasa jawa “lorek” yang berarti lajur atau garis. Kain lurik sendiri memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta.
    kain lurik via id.pinterest.com
  6. Endek (Bali). Kain endek ditenun dengan menggunakan teknik ikat, sehingga sering juga disebut tenun ikat dari Bali.Jenis kain ini memiliki beberapa keunikan dimana memiliki berbagai motif unik dari yang sakral hingga yang mencerminkan nuansa alam.
    kain endek via id.pinterest.com

    Jadi, sekarang tak hanya makanan saja kan yang bisa dijadikan buah tangan ketika sedang menikmati pesona daerah di tanah air ? Kain-kain tradisional di atas pun bisa dijadikan inspirasi !

Comments

comments