Inspirasi, Motivasi

Masih Takut Untuk Memulai Usaha Baru?,Coba Baca 6 Hal Ini Dulu

Di zaman yang semakin berkembang dengan dukungan teknologi dan kebutuhan masyarakat. Banyak orang berlomba lomba untuk mengadu keuntungan di bidang bisnis tidak hanya dalam bidang barang , bidang jasa pun banyak dicoba untuk dijadikan bisnis yang menarik serta menguntungkan.

Berbagai peluang bisnis baru ternyata bisa memicu semangat para kaum milenial untuk mencoba dunia bisnis mulai dari menjual barang pernak pernik kebutuhan anak masa kini , jasa fotografi hingga jasa vendor pengantin mereka lakoni.

Apakah kamu juga pernah berfikir untuk menjadi seorang pelaku bisnis? Atau kamu masih bingung untuk memulai atau masih sebatas bayang- bayang saja. Ada beberapa yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin memulai atau merintis bisnis kamu.

  1. Lakukan Penelitian Untuk melihat Besarnya Peluang
    Image Unsplah. com/Juliette Leufke

Ini merupakan bagian awal dari sebuah bisnis, jangan grusa grusuh alias keburu nafsu ingin memiliki bisnis sendiri, kamu harus melakukan survei atau penelitian tentang seberapa besar peluangmu untuk bisnis barumu, apakah merupakan jenis bisnis bertahan lama atau hanya sebatas bisnis sementara.

  1. Menghitung Modal
    Image Unsplah. com/ Juliette Leufke

Membuat sebuah bisnis tidak bisa lepas dari yang namanya modal kan, jika kamu belum memiliki modal yang cukup untuk mendirikan sebuah bisnis jangan dipaksakan untuk mendirikan sendiri, kamu bisa mengajak teman,saudara atau orang orang terdekat kamu untuk mendirikan bisnis tersebut dengan metode patungan. Akan tetapi kamu juga harus benar benar belajar tentang pembagian hasil dari usaha kalian yang dibangun secara bersama-sama.

  1. Mepelajari Hukum dan Peraturan dalan Berbisnis
    Image Unsplah. com/ @helloquence

Jika kamu memiliki bisnis atau usaha sendiri tentunya kamu akan berhubungan dengan orang lain kan, mulai dari perjanjian hingga hutang piutang, oleh karena itu kamu harus belajar seluk beluk hukum maupun peraturan-peraturan yang sifatnya mengikat dan menguntungkan satu sama lain. Kamu harus benar benar paham untuk menghindari pihak pihak yang sengaja ingin merugikan atau menjatuhkan bisnis kamu

  1. Melengkapi Pesaing
    Image Unsplah. com/ Isaiah Ransom

Tidak sedikit orang yang memulai bisnis karena melihat orang lain sukses kan dan terinspirasi untuk menjadi seperti dia walaupun dengan produk atau jasa yang hampir sama. Maka dari itu kamu harus benar benar menentukan pilihan, kamu akan muncul dengan sesuatu yang sudah ada tapi dimodifikasi atau memang muncul dengan ide bisnis yang benar benar baru.

  1. Lokasi
    Image Unsplah. com/ sethdoylee

Kamu mau merintis usaha berbasis online memang boleh boleh saja. Akan tetapi tidak ada salahnya kamu juga memiliki toko secara fisik. Meskipun sekarang jamanya sudah onile akan tetapi masih ada pelangan yang sering pengen ketoko dan melihat lihat langsung barang jualan kamu. Nah pemilihan lokasi toko juga sangat diperlukan agar pelanggan tidak kesulitan untuk mencari toko kamu.

  1. Jangan Pernah takut Gagal
    Image Unsplah. com/ Mubariz Mehdizadeh

Gagal, tidak laku,rugi, lelah itu menjadi bayang-bayang yang menakutkan untuk memulai usaha baru, buanglah jauh-jauh bayang bayang itu lebih baik belajar ke orang yang sudah sukses dalam bidangnya. Jika kamu hanya takut dan takut orang lain yang punya ide usaha seperti kamu mereka akan melangkah semakin jauh sedangkan kamu masih saja duduk dan berfikir tentang kegagalan itu. Niat dan berusaha sungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil yang seimbang dengan usaha yang sudah kamu lakukan, dan ingat sebuah pepatah
“Lebih Baik Gagal Tapi Pernah mencoba, Daripada Tidak Sama Sekali”.

Comments

comments