Connect with us

Hits Banget

Sekelumit Nostalgia Tentang Tabloid Bola yang Kini Tutup Usia

Published

on

Hari ini, Jumat 26/10/2018 menjadi hari bersejarah bagi Tabloid Bola. Setelah beredar selama 34 tahun menemani para pecinta sepakbola, kini tabloid yang bernaung di bawah Kompas Gramedia grup itu telah tutup. Edisi terakhirnya terbit hari ini dengan berita utamanya “TERIMA KASIH”.

Tabloid Bola pertama kali terbit pada tanggal 03 Maret 1984. Saat itu mungkin kamu belum lahir. Tetapi kamu yang sedang tumbuh dewasa di medio 2000an pasti sangat akrab dengan tabloid yang satu ini. Meski sejak era digital kamu (dan saya) sudah tak terlalu mengikuti perkembangan Tabloid Bola, tapi tak ada salahnya kalau kita mengenang kembali masa-masa indah bersama Tabloid Bola.

  1. Di jaman itu, informasi terlengkap tentang sepak bola hanya bisa dilihat di Tabloid Bola

images: 4.bp.blogspot.com

Di jaman media cetak masih menguasai pasar pemberitaan, Tabloid Bola menjadi tabloid yang mengkhususkan diri membahas tentang sepakbola. Mulai dari jadwal pertandingan, hasil pertandingan, sejarah, profil, analisis dan berbagai pembahasan seru lainnya. Emang sih di setiap koran yang terbit selalu ada rubrik yang membahas sepakbola, namun tetap saja itu tak selengkap Tabloid Bola.

2. Selasa pagi dan Jumat pagi adalah waktu yang ditunggu untuk edisi terbaru

images: bolasport.com

Biasanya Tabloid Bola yang terbit Jumat pagi akan membahas hasil Liga Champions, Piala UEFA (Liga Eropa) dan prediksi liga-liga di Eropa yang tayang setiap akhir pekan. Sedangkan edisi Selasa pagi adalah kebalikannya, membahas hasil liga-liga di Eropa dan prediksi Liga Champions serta Piala UEFA. Jadi di dua hari penting tersebut, wajib hukumnya untuk berkunjung ke loper koran terdekat. Tujuannya jelas, hanya sekedar membolak balik tabloid tersebut tanpa membelinya. Wajar sih waktu itu masih sekolah dan uang saku pas-pasan.

3. Menyisihkan uang untuk Tabloid Bola edisi poster

images: 4.bp.blogspot.com

Memajang poster tim dan pemain idola di kamar adalah hal yang sangat keren saat itu. Jadi ketika Tabloid Bola mengeluarkan edisi poster yang memang khusus berisi poster saja, sudah menjadi kewajiban untuk membelinya. Harganya biasanya lebih mahal. Kalau yang edisi biasa seharga 4000an, maka edisi poster ini harganya bisa mencapai 20ribuan. Untungnya pihak Tabloid Bola sudah mengumumkan jauh-jauh hari sebelum terbit, jadi bisa nabung dulu untuk bisa membelinya. Uangnya dari mana? Nyisihin uang jajan lah, darimana lagi coba.

4. Jadi bahan untuk membully

images: ruber.id

Tidak ada yang lebih seru daripada berdebat soal sepakbola di sekolahan. Medio 2000an adalah kejayaan Manchester United dan Seri A. Beberapa temanmu pasti adalah penggemar Juventus, MU, Lazio atau Inter Milan. Mungkin saat ini dari mereka, hanya penggemar Juventus saja yang masih menyatakan kesetiaannya. Nah untuk dapat materi yang ampuh agar bisa membully lawan, hanya dari Tabloid Bola kita bisa menemukan bahannya. Berbeda dari berita di televisi yang hanya numpang lewat, cetakan dari Tabloid Bola bisa kita abadikan. Contohnya seperti kekalahan Italia dari Prancis di final Piala Eropa 2000. Tinggal potong headlinenya, lalu tempel di mading sekolah dan fix! luka pendukung Italia abadi setidaknya untuk seminggu ke depan.

5. Bukti nyata kalau kamu penggemar bola

images: antaranews.com

Belum lengkap rasanya kalau pecinta bola tapi tak pernah punya atau minimal membaca Tabloid Bola. Saat jam istirahat sekolah tiba, membaca Tabloid Bola sambil memperbincangkan tentang hasil pertandingan semalam adalah sesuatu yang keren pada zamannya. Itu menjadi pelengkap bahwa kamu adalah penggemar sepakbola sejati.

6. Menjadi sumber inspirasi dan sarana imajinasi

images: student.unud.ac.id

Masa-masa SMP bisa jadi merupakan masa penuh fantasi. Kamu yang dulu pernah bercita-cita menjadi pemain sepakbola pasti pernah bermimpi untuk dipajang fotonya di halaman depan Tabloid Bola. Apalagi Tabloid Bola juga sering mengangkat profil pemain bintang yang tadinya seorang gelandangan berubah menjadi kaya raya karena sepakbola. Beberapa mimpi tersebut ada yang menjadi kenyataan, namun sebagian besar kandas di tengah jalan. Yah tak perlu dibahas lah penyebabnya apa, sebab banyak faktor yang mempengaruhinya.

Setidaknya itulah beberapa hal yang membuat kita akan bernostalgia dengan Tabloid Bola. Sebenarnya Tabloid Bola tidak sepenuhnya mati, hanya saja mereka reinkarnasi dalam bentuk digital ke bolasport.com. Perkara pembahasannya masih bagus dalam wujud cetak atau digital itu tergantung perspektif masing-masing. Namun yang pasti kenangan tentang masa-masa indah bersama Tabloid Bola tak akan pernah mati.

 

 

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Gubernur Ridwan Kamil Merilis 3 Aplikasi Penunjang Pariwisata di Jawa Barat

Published

on

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil lagi-lagi mengembangkan berbagai inovasi canggih dalam rangka memajukan pariwisata Jawa Barat. Kali ini Ridwan Kamil meluncurkan tiga aplikasi digital untuk menunjang pariwisata di tanah sunda.

Tiga aplikasi digital tersebut adalah sebagai berikut

  1. Gurilaps

    img: gurilaps.com

    Gurilaps adalah inovasi Pemprov Jabar via BUMD Jaswita yang dapat digunakan wisatawan untuk membooking paket wisata petualangan/ adventure di gunung, udara, rimba, laut, pantai dan sungai, yang sudah dikurasi dan terpercaya.

    Tanpa harus antri beli tiket kamu sudah bisa memilah dan memilih paket wisata mana yang akan kamu kunjungi lengkap dengan fasilitas dan daftar harganya. Gurilaps bisa diunduh secara gratis di play store dan kalau pengen lihat-lihat dulu bisa ke situsnya di https://www.gurilaps.com/

  2. Smartfishing

    img: global sources

    Smartfishing merupakan karya karya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat. Aplikasi ini khusus untuk orang yang suka dengan kegiatan memancing. Dengan menggunakan teknologi satelit, para nelayan dapat mencari ikan melalui aplikasi android. Aplikasi ini mempunyai daya pindai panas yang bisa membantu mencari lokasi ikan di lautan. Jadi nantinya nelayan akan makin canggih karena dia bisa pergi tanpa mengira-ngira (posisi) ikan.

    Wih, keren ya!

  3. Situs Wonderfulwestjava.com

Sementara itu situs Wonderfulwestjava.com dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat. Lewat situs ini diharapkan mempermudah aktivitas wisata masyarakat dan wisatawan di Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa pengembangan berbagai inovasi canggih ini menjadi bagian dari program kerja 100 hari Gubernur Jawa Barat 2018-2023. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini memiliki ambisi untuk menjadikan parisiwata sebagai lokomotif pembangunan provinsi Jawa Barat.

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Mengintip Monumen Kapsul Waktu yang Telah Diresmikan Oleh Presiden Jokowi

Published

on

Monumen Kapsul Waktu telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Jum’at (16/112018) di Merauke, Papua. Sekilas bentuknya mirip dengan logo Avengers, maka tak jarang orang menyebutnya sebagai “Markas Avengers”.

Lalu, apa itu Monumen Kapsul Waktu ? 

Monumen Kapsul Waktu merupakan bangunan tugu di atas lahan seluas 2,5 hektare dengan pintu yang mewakili suku asli Merauke yakni Malind, Muyu, Mandobo, Mappi dan Auyu, sebagai penjaga tugu. Di dalam monumen terdapat relief mengenai perjalanan RI, Pancasila, serta kebudayaan Papua. Sementara 1,5 hektare arealnya dijadikan alun-alun. Monumen Kapsul waktu memiliki lebar 17 meter, tinggi delapan meter dan panjang 15 meter dan terletak di dekat Bandara Mopah Merauke, Papua.

Berikut penampakan Monumen Kapsul Waktu

img: liputan6

Apa fungsi Monumen Ini ?

Berawal dari Ekspedisi Kapsul Waktu pada 2015 silam, anak-anak Indonesia melakukan pejalanan sejauh 24.089 kilometer dari Sabang hingga Merauke. Ekspedisi yang digelar di 43 kota di 34 provinsi tersebut menyimpan impian anak-anak Indonesia di 34 provinsi yang disimpan dalam sebuah kapsul.

View this post on Instagram

Nun di ujung timur Indonesia, tersimpan tujuh mimpi besar anak-anak Indonesia dalam kapsul-kapsul yang ditanam di Monumen Kapsul Waktu. Lokasinya di Merauke, Papua, tak jauh dari Bandara Mopah yang dapat dilihat saat pesawat mendarat. Saya meresmikan Monumen Kapsul Waktu itu, pagi ini, bersama anak-anak Merauke yang meletakkan kapsul-kapsul itu ke dalam cangkang di puncak monumen. Tujuh mimpi anak-anak muda Indonesia 2015-2085 itu dikumpulkan selama Ekspedisi Kapsul Waktu sejak 22 September 2015. Ekspedisi ini digelar di 43 kota di 34 provinsi sejauh 24.089 kilometer dari Sabang sampai Merauke. Di setiap provinsi, anak-anak muda menuliskan keinginannya dalam 70 tahun ke depan, yang kemudian disimpan permanen di monumen, sehingga kelak di tahun 2085 dibuka oleh penerus kita. Monumen Kapsul Waktu sendiri berupa bangunan tugu di atas lahan seluas 2,5 hektare dengan pintu yang mewakili suku asli Merauke yakni Malind, Muyu, Mandobo, Mappi dan Auyu, sebagai penjaga tugu. Di dalam monumen terdapat relief mengenai perjalanan RI, Pancasila, serta kebudayaan Papua. Sementara 1,5 hektare arealnya jadi alun-alun. Dari ketinggian, bentuknya seperti logo raksasa Avengers. Monumen ini memiliki jiwa dan semangat yang sama dengan para Avangers. Para Avengers bukan hanya punya mimpi besar, tapi melakukan tindakan yang besar untuk melindungi orang banyak, melindungi orang yang lemah. Selain menjadi ruang terbuka publik dan lokasi wisata bagi masyarakat Merauke, Monumen Kapsul Waktu mudah-mudahan bisa membangkitkan pertumbuhan ekonomi lokal.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Di setiap provinsi, anak-anak muda menuliskan keinginannya dalam 70 tahun ke depan, yang kemudian disimpan permanen di monumen, sehingga kelak di tahun 2085 dibuka oleh para penerus bangsa.

Dan berikut tujuh mimpi yang dituliskan anak-anak muda dalam kapsul waktu, yaitu:

1. SDM Indonesia kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.
2. Masyarakat Indonesia menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius, dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.
3. Indonesia sebagai pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia.
4. Masyarakat dan aparatur pemerintah kita bebas dari perilaku korupsi.
5. Membangun infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia.
6. Indonesia sebagai negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia-Pasifik.
7. Indonesia sebagai barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Nah, tujuh kapsul mimpi tersebut kini telah diletakkan di dalam cangkang di puncak monumen oleh Presiden Jokowi bersama anak-anak Merauke. Adapun ide pembangunan monumen untuk menyimpan kapsul waktu ini berasal dari Presiden Jokowi pada HUT-70 Kemerdekaan Indonesia tahun 2015 silam.

Karena dilihat dari ketinggian bentuknya mirip logo Avengers, Jokowi berharap monumen ini memiliki jiwa dan semangat yang sama dengan para Avangers. Para Avengers bukan hanya punya mimpi besar, tapi melakukan tindakan yang besar untuk melindungi orang banyak, melindungi orang yang lemah.

Selain menjadi ruang terbuka publik dan lokasi wisata bagi masyarakat Merauke, harapannya Monumen Kapsul Waktu bisa membangkitkan pertumbuhan ekonomi lokal.

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Begini Penampakan Kartu Nikah yang Begitu Simpel dan Praktis

Published

on

Kementerian Agama Republik Indonesia dalam waktu dekat akan segera meluncurkan kartu nikah sebagai pendamping buku nikah. Kartu nikah bagi warga yang baru menikah rencananya akan diterbitkan pada akhir November mendatang. Sedangkan untuk masyarakat yang telah menikah diharapkan mendaftarkan diri untuk bisa mendapatkan kartu nikah tanpa mencabut buku nikah yang telah dimiliki. Inovasi ini tentu adalah kabar yang menggembirakan melihat selama ini buku nikah yang merupakan dokumen bukti telah menikah kurang praktis untuk bisa dibawa kemana-mana.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fakta tentang kartu nikah yang akan segera diterbitkan

  1. Kini pasangan yang telah menikah tak hanya mendapatkan buku nikah namun juga kartu nikah yang berukuran sama dengan KTP atau kartu ATM

    img: sulawesita.com

  2. Dengan diluncurkannya kartu nikah, maka pasangan suami istri tak perlu repot-repot lagi membawa buku nikah ketika akan bepergian atau menginap di hotel

    img: bitcoin news

  3. Data-data didalamnya pun juga lengkap, yakni mencakup nama pasangan nikah, nomor akta nikah, nomor perforasi buku nikah, NIK, tanggal, dan tempat akad nikah

    img: fajar indonesia network

  4. Selain itu di Kartu Nikah juga terdapat kode QR, dimana jika discan menggunakan alat scanner akan terbaca data-data suami istri yang langsung terhubung ke Web SIMKAH (Sistem Informasi Manajemen Nikah)
  5. Untuk masalah keamanan, kartu nikah didesain dengan fitur pengaman yang canggih sehingga tidak dapat dipalsukan

Bagaimana, canggih bukan ? Semoga yang belum menikah segera menika ya, biar bisa tau rasanya punya akrtu nikah, hehe.

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.