Connect with us

Hobi

Resep Praktis Membuat Mie Goreng Aceh Di Rumah

Published

on

Begitu luasnya Kepulauan Indonesia menjadikan negara ini kaya akan berbagai macam kuliner. Dari Aceh sampai Papua mempunyai sajian makanan khas yang tentunya unik dan menggugah selera. Dan salah satu kuliner nusantara yang terkenal akan kelezatannya adalah Mie Aceh, sajian berbahan dasar mie yang begitu kaya akan bumbu rempah. Bagaimana cara membuatnya ?

Berikut resepnya

img: bekasi.transjakarta.id

Bahan-bahan:

– 400 gram mi basah/kuning
– 150 gram daging kambing/sapi, potong dadu
– 750 ml kaldu sapi
– 150 gram udang basah
– 1 buah tomat, potong dadu
– 4 siung bawang putih
– 3 siung bawang merah
– 1 sdt cuka
– 2 sdm kecap manis
– 1 batang daun bawang
– 60 gram tauge
– 100 gram kol
– 1 sdm seledri
– 2 sdt garam.
– 3 sdm makan minyak goreng.

Bumbu halus:

– 5 buah bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 4 buah cabai merah
– 1 sdt jinten
– 4 butir kapulaga
– 1/2 sdm bubuk kunyit
– 1 sdt lada butir

Pelengkap:

– Kerupuk Udang
– Acar mentimun

img: craftlog

Cara membuat:

– Siapkan wajan dan panaskan sedikit minyak. Tumis bawang merah, bawang putih, dan bumbu halus lainnya hingga baunya harum.
– Masukkan daging kambing/sapi. Masak hingga berubah warna. Baru kemudian masukkan udang dan tomat. Aduk hingga rata.
– Masukkan kaldu, seledri, daun bawang, garam, dan cuka.
– Masukkan kol dan tauge. Aduk hingga rata. Lalu masukkan mie dan kecap manis.
– Aduk semuanya hingga mie matang sempurna.

Dan voillaaa !! Mi aceh sudah siap disajikan di atas piring. Selamat mencoba, ya!

Komentar
Continue Reading

Hobi

Negara-Negara Kecil Di Dunia, Cuma Seluas Kecamatan!

Published

on

Beruntunglah kita yang tinggal di Negara Indonesia, negara yang luas dan kaya akan keanekaragaman hayati serta adat budaya. Karena di dunia ini, tidak semua negara mempunyai wilayah yang luas. Beberapa diantaranya hanya seluas kecamatan atau bahkan landasan pacu pesawat! Nah berikut 5 negara terkecil di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Yuk simak!

  1. Vatikan.

    img: ilmupengetahuanumum.com

    img: agolf.xyz

    Berada di dalam Kota Roma, Vatikan memiliki nama resmi negara Kota Vatikan. Negara yang dikelilingi tembok ini merupakan negara terkecil didunia dengan populasi sebanyak 842 jiwa penduduk di area 0,44 km persegi, atau hanya 1/3 luas kebun Binatan Ragunan!

  2. Monako.

    img: oocities.org

    img: kumparan.com

    Selain Vatikan, negara kecil lainnya adalah Monako yang hanya memiliki luas 2 km persegi atau setara dengan panjang landasan pacu sebuah pesawat. Dengan luas yang hanya sepanjang landasan pacu, Monako menjadi negara terkecil kedua di dunia. Namun, ibarat ‘kecil-kecil cabe rawit’, negara yang berbatasan dengan Negara Perancis ini menjadi rumah bagi jutawan dan banyak milyader dunia lho!

  3. Nauru.

    img: merdeka.com

    Terletak di sebelah timur Pulau Papua, negara yang merdeka pada tahun 1968 ini memiliki luas daratan 21 km persegi. Namun meskipun hanya memiliki luas wilayah sepanjang Tol Cikampek, Negara Nauru memiliki penduduk lebih dari 10ribu jiwa.

  4. Tuvalu

    img: jpnn.com

    Terletak di antara Hawaii dan Australia, Tuvalu yang hanya mempunyai luas sebesar 26 kilometer persegi ini merupakan negara terkecil keempat di dunia. Populasi penduduknya sekitar 10ribu jiwa dengan pekerjaan rata-rata sebagai nelayan dan pemilik laguna.

  5. San Marino

    img: kumparan.com

    Republik San Marino merupakan negara terkecil kelima di dunia dan di kelilingin oleh negara Italia. Dengan luas daratan yang hanya 61 kilometer persegi, San Marino dihuni oleh 33.562 penduduk. Namun meskipun negara kecil, San Marino pernah menjadi tuan rumah ajang balap motor dunia MotoGP lho!

Itulah lima negara terkecil di dunia, adakah keinginan untuk tinggal di salah satunya ?

Komentar
Continue Reading

Fotografi

Harga dan Spesifikasi Canon EOS M6 Mark II, Mirrorless Ciamik Untuk Hasil Foto Cantik

Published

on

By

Datascript yang menjadi distributor resmi Canon untuk Indonesia baru saja meluncurkan produk terbarunya yakni Canon EOS M6 Mark II. Kamera berbodi minimalis tapi berkemampuan luar biasa. Sangat cocok untuk kamu yang hobi traveling karena desainnya yang ringkas.

Ditenagai prosesor gambar DIGIC 8, kamera ini juga didukung oleh  sensor CMOS APS-C yang mampu menghasilkan gambar beresolusi tinggi hingga 32,5MP. Dengan begitu kualitas gambar yang dihasilkan akan tajam dan detail sehingga siap dicetak untuk ukuran besar.

Bisa dibilang kamera ini mengkombinasikan keringkasan dan kualitas tinggi ala kamera DSLR. Canon menawarkan autofokus dengan 5.481-titik yang memberikan fleksibilitas untuk menentukan fokus, sesuai dengan preferensi pengguna dengan mencakup 100 persen vertikal dan 88 persen pada area horizontal.

Ditambah lagi dengan kecepatan pemotretan secara kontinu hingga 14 frames per second (fps) dengan akurasi fokus tinggi di setiap jepretannya. Jika ingin mendapatkan FPS lebih banyak lagi, kamu bisa beralih ke modus RAW Burst yang dapat mencapai 30 fps.

Selain itu, kamera ini juga cukup baik meskipun digunakan pada malam hari yang memiliki intensitas cahaya rendah. Hal itu dikarenakan kamera ini memiliki AF kamera yang dapat bekerja hingga pencahayaan EV-5 sehingga pencarian fokus pada subjek tetap cepat dan akurat. Jadi jangan khawatir yaa, wajahmu akan tetap kelihatan bagus meski dipotret dikeremangan malam.

Sebaliknya, pada kondisi pencahayaan kuat dan menyilaukan, pihak Canon sudah mengantisipasinya dengan melengkapi Canon EOS M6 Mark II dengan penggunaan Electronic Viewfinder EVF-DC2 yang akan sangat membantu ketika memotret dengan pencahayaan kuat dan menyilaukan, atau menimbulkan cahaya pada layar LCD.

Sementara itu untuk masalah pengambilan video, Canon EOS M6 Mark II juga tak perlu diragukan. Terdapat opsi perekaman 4K tanpa crop yang memberikan keleluasan untuk mengambil gambar secara utuh dari lensa yang digunakan. Kamu juga akan dimudahkan untuk mengambil adegan slow-motion dengan perekaman 120p/100p (kualitas full high definition/FHD).

Video yang dihasilkan pun akan lebih tajam dan detail. Yang lebih menyenangkan lagi adalah kamera ini sudah dilengkapi dengan koneksi nirkabel sehingga hasil jepretan kamera bisa langsung diunggah ke sosial media melalui smartphone. Kamu bahkan bisa mengambil gambar dari kamera EOS M6 Mark II melalui smartphone dengan memakai aplikasi Canon Camera Connect.

Kamera ini dibanderol dengan harga Rp 13.750.000 untuk body saja, sedangkan untuk kit dengan lensa 15-45mm dibanderol Rp 15.350.000, dan Rp. 20.275.000 untuk kit dengan lensa 18-150mm.

 

Komentar
Continue Reading

Hobi

Bocoran Harga dan Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R

Published

on

By

Jaremu nek ra ninja, koe ora cintaaaaa….

Itulah penggalan lagu “Kimcil Kepolen” yang dibawakan oleh NDX AKA, grup musik asal Kota Jogja yang istimewah. Lagu yang mengisahkan bagaimana gampangnya motor Kawasaki Ninja membuat orang berpaling hati.

Dalam pameran Tokyo Motor Show 2019, Kawasaki meluncurkan produksi terbarunya yakni Kawasaki Ninja ZX-25R. Sepeda motor ini merupakan varian lanjutan dari Kawasaki Ninja yang saat ini sudah menguasai banyak jalanan di Indonesia.

Sekilas, motor ini hampir sama dengan Kawasaki Ninja. Tapi kalau diperhatikan secara mendetail, maka akan tampak sejumlah perbedaan. Seperti shockbreaker depan yang sudah menggunakan upside down merek Showa. Motor ini juga telah menggunakan rangka Delta-Box, bukan lagi rangka tubular seperti Ninja 250 biasa.

Knalpotnya juga tak lagi menyamping melainkan sudah under-belly atau di bawah, dan sistem pengeremannya pun sudah menganut kaliper radial monoblok. Kuda besi ini juga menggunakan mesin bertipe DOHC 250 cc 4 silinder, berpendingin cairan, 16 katup. Mesin seperti ini biasa digunakan di moge Kawasaki lainnya, yakni Ninja 650.

Sistem pengeremannya pun sudah menggunakan sistem Antilock Breaking System suapaya lebih aman dan tak mudah tergelincir. Dengan fitur semacam itu, wajar jika motor ini akan terlihat sangat gagah dan elegan.

Lantas berapa harga Kawasaki Ninja ZX-25R? Sampai saat ini belum diketahui secara pasti berapa harga yang dibanderol pihak Kawasaki. Namun melihat harga Kawasaki Ninja saja yang berkisar 60-70 jutaan, bisa dipastikan harga sepeda motor ini akan lebih mahal dari itu.

Jadi buat kamu yang ada niatan untuk menikung pacar teman, mending nabung dulu. Ketika sepeda motor ini sudah diluncurkan ke Indonesia, kamu bisa langsung membelinya sehingga bisa kamu gunakan untuk mbribik.

Komentar
Continue Reading

Trending