Hobi, Piknik

Pulau Baer, Kepingan Surga di Maluku Tenggara yang Menjadi Idola Turis Mancanegara

source images instagram @keiislands_indonesia

Membicarakan tentang keindahan Indonesia seolah-olah memang tidak ada habisnya. Negeri yang mendapat julukan zamrud di khatulistiwa ini menyimpan sejuta keindahan yang terkadang membuat orang rela pergi jauh untuk mengunjunginya. Salah satu keindahan itu terletak di Pulau Baer, salah satu pulau di gugusan Kepulauan Kei di Maluku Tenggara.

Selama ini kamu pasti sudah banyak tahu tentang eksotisme Raja Ampat di Papua. Sebuah destinasi wisata yang dianggap sebagai kepingan surga yang jatuh di tanah Papua. Namun ternyata kepingan surga itu juga jauh di Maluku Tenggara. Yah, Kepulauan Kei yang posisinya berada di sebelah barat Pulau Papua ini memiliki keindahan yang tak kalah menakjukan dari Raja Ampat.

Pada awalnya Pulau Baer ini merupakan pulau kosong yang tak berpenghuni. Hingga pada suatu ketika komunitas dokter PTT yang sedang bertugas di Maluku Tenggara menemukannya lalu mengeksplore keindahan pulau tersebut.

Setiap kegiatan yang mereka lakukan di Pulau Baer, langsung diunggah ke media sosial sehingga menjadi viral. Terutama untuk aktivitas diving. Olahraga menyelam itu menjadi yang paling favorit untuk dilakukan di Kepulauan Kei.

Laut yang biru serta pasir yang putih membuat kawasan Kepulauan Kei menjadi sangat eksotis. Selain itu banyaknya ikan-ikan kecil dan fauna bawah laut lain juga semakin mendukung perairan Kei untuk dijadikan spot diving. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan ombak, karena ombak di perairan Kei tidak terlalu besar dan relatif tenang.

source images instagram @keiislands_indonesia
source images instagram @keiislands_indonesia

Pulau Baer sendiri juga menawarkan keindahan lain, yaitu banyaknya anggrek liar di pulau itu. Banyak yang datang kesana untuk melihat bunga anggrek liar asli Maluku. Sayangnya beberapa wisatawan juga mengambil bunga itu untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan yang mengakibatkan populasi bunga anggrek liar menjadi berkurang.

Selain anggrek masih ada juga keunikan lain dari Pulau Baer, yakni burung endemis Maluku. Beberapa komunitas pecinta burung juga pernah mengunjungi pulau ini. Selama ini Maluku memang terkenal dengan burung-burung endemisnya yang bagus dan menjadi buruan para penggemar burung.

source images instagram @keiislands_indonesia
source images instagram @keiislands_indonesia

Untuk menuju ke pulau ini, kamu bisa terbang dulu ke kota Ambon, lalu dilanjutkan dengan penerbangan menuju Tual di Maluku Tenggara atau melalui rute laut dengan kapal. Dari Tual kamu akan langsung melanjutkan perjalanan menuju Pulau Baer dengan speedboat. Biaya sewanya kurang lebih 700.000 rupiah dengan daya angkut 6 sampai 10 orang dalam satu kapalnya. Selain Baer, kamu juga bisa mampir ke pulau-pulau indah di sekitarnya seperti Pulau Adranan.

Dalam paket wisata itu, kamu nanti akan menyaksikan pasir putih, lautan biru, dinding pegunungan berbatu dipinggir laut, danau air asin, air terjun serta berbagai keindahan flora fauna Maluku Tenggara. Rasa lelah menempuh perjalanan jauh akan tertebus dengan keindahan yang tersajikan. Bahkan turis-turis asal Italia, Belanda dan Amerika Serikat saja sampai rela jauh-jauh datang ke Maluku Tenggara untuk menikmati keindahan Kei.

source images idntimes.com

Jadi kapan ada rencana terbang ke Maluku Tenggara? Kalau belum punya cukup modal harap bersabar yaa, karena backpacker modal dengkul itu terlalu jauh kalau ingin sampai ke Maluku Tenggara.

Comments

comments