Connect with us

Hits Banget

Puasa Sebentar Lagi, Simak Beberapa Tradisi Unik Dalam Menyambut Bulan Ramadhan yang Layak Untuk Dilestarikan

Published

on

Kurang dari seminggu lagi umat muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan suci Ramadhan. Kedatangan bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini tentu saja sangat dinantikan oleh umat muslim. Begitu juga di negara kita, Indonesia. Di negara yang terkenal memiliki banyak adat dan budaya ini memiliki berbagai tradisi unik untuk menyambut datangnya bulan ramadhan.

Sebagai anak-anak muda penerus generasi bangsa, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk terus melestarikan tradisi-tradisi itu. Bukan apa-apa, seiring semakin majunya zaman dan perubahan pola pikir manusia, terkadang hal-hal seperti tradisi tadi dilupakan karena dianggap sesuatu yang berlebihan. Beberapa lagi menganggap bahwa tradisi itu bukan merupakan bagian dari budaya islam, jadi lebih baik ditinggalkan.

Lantas apa saja tradisi-tradisi dalam menyambut bulan ramadhan itu? Dilansir dari berbagai sumber berikut ini kami berikan beberapa diantaranya.

  1. Meugang-Aceh

images: kompasiana.com

Tradisi meugang ini berasal dari provinsi yang berada di ujung paling barat Indonesia, yaitu Nanggroe Aceh Darussalam. Dalam tradisi ini masyarakat Aceh akan berkumpul bersama keluarganya untuk menyantap olahan daging kerbau ataupun daging sapi. Biasanya tradisi ini berlangsung satu atau dua hari menjelang bulan puasa. Gedung-gedung perkantoran dan sekolah akan sepi karena kebanyakan orang akan menyerbu pasar-pasar untuk membeli daging.

Meski hal itu membuat harga daging melonjak, namun tetap tak menghalangi niatan warga Aceh untuk melakukan meugang. Pada hari meugang setiap keluarga diwajibkan untuk tinggal dirumah. Berkumpul bersama untuk menikmati makanan olahan daging tersebut. Setidaknya sampai menu sahur hari pertama puasa, menu yang tersedia di rumah adalah olahan daging sapi atau kerbau dengan bumbu rempah-rempah khas Aceh.

2. Balimau-Sumatera Barat

images: seruji.co.id

Tradisi menyambut bulan ramadhan ala masyarakat Sumatera Barat ini merupakan tradisi penyucian diri menjelang bulan ramadhan. Dulu masyarakat minang menggunakan air yang dicampur dengan limau (jeruk) untuk mandi pada satu hari menjelang puasa. Hal itu mereka lakukan di pemandian pribadi dengan makna konotatif sarana penyucian diri ketika hendak memasuki bulan suci.

Namun saat ini tradisi tersebut sudah agak bergeser karena dilakukan bersama-sama di pemandian umum. Hanya saja tetap dipisahkan antara laki-laki dan perempuan untuk mencegah terjadinya kemaksiatan.

3. Ngikis-Ciamis

images: http://www.baraknews.com

Tradisi Ngikis ini berasal dari wilayah Ciamis, Jawa Barat. Biasanya dilakukan pada hari senin atau kamis pada minggu terakhir bulan Sya’ban dalam kalender Hijriyah. Secara umum tradisi ini merupakan ikrar bersama untuk tidak melakukan perbuatan tidak terpuji selama bulan ramadhan. Saat pelaksanaan tradisi ngikis, pagar situs bersejarah Ciung Wanara akan diganti. Air dari seluruh mata air di Ciamis juga akan disatukan. Lantunan shalawat serta doa akan menggema saat berlangsungnya tradisi ini.

4. Apeman-Jawa Tengah

images: republika.co.id

Dilihat dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau tradisi ini ada kaitannya dengan kue apem. Kue apem merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras, memiliki makna filosofis sebagai simbol permohonan maaf atas kesalahan yang dilakukan sehingga dapat melakukan ibadah puasa dengan khusyu. Menjelang puasa biasanya warga akan saling mengirimkan kue apem ke tetangga sebagai simbol atas permohonan maaf mereka.

5. Padusan-Yogyakarta

images: cdns.klimg.com

Padusan adalah tradisi menyambut bulan ramadhan dengan cara mandi di sumber air, pantai ataupun sungai. Biasanya dilakukan pada sore hari di hari terakhir menjelang bulan ramadhan. Masyarakat akan berbondong-bondong ke sumber air tadi untuk mandi bersama-sama sebagai sarana penyucian diri.

6. Dugderan-Semarang

images: http://cdn2.tstatic.net

Tradisi yang rutin diadakan setiap tahun ini berlangsung selama kurang lebih satu minggu menjelang bulan ramadhan. Dugderan merupakan karnaval atau pesta rakyat dalam menyambut bulan ramadhan di kota Semarang. Tabuh bedug dan tari-tari tradisional turut serta memeriahkan acara ini.

7. Suro’ Baca-Sulawesi Selatan

images: 3.bp.blogspot.com

Tradisi Sura’Baca merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan masyarakat suku Bugis dalam menyambut bulan puasa. Biasa dilakukan H-7 sampai H-1 bulan ramadhan. Dalam tradisi ini masyarakat akan berkumpul lalu dipersiapkan berbagai jenis makanan. Setelah berkumpul, maka akan dilakukan doa bersama yang dipimpin oleh seorang ulama atau yang tertua. Doa beserta lantunan ayat-ayat Al-Quran tersebut ditujukan kepada para leluhur. Setelah itu barulah dapat menikmati hidangan yang disediakan.

Itulah beberapa tradisi unik menjelang berlangsungnya bulan ramadhan. Meskipun dalam agama tak ada aturan baku mengenai tradisi itu, setidaknya kita sebagai generasi muda tetaplah melestarikannya agar budaya kita senantiasa terjaga.

Komentar
Continue Reading

Artis

Potret Kebersamaan Ratna Sarumpaet dan Atiqah Hasiholan

Published

on

Tokoh wanita Ratna Sarumpaet dikenal sebagai seorang aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) sejak masih belia tepatnya pada era Order Baru. Hingga sekarang, wanita kelahiran Tapanuli Utara, 16 Juli 1949 ini masih aktif menyuarakan berbagai perlawanan tentang HAM, kekerasan terhadap perempuan, hingga penindasan terhadap rakyat. Suaranya yang berani dan lantang pun kerap mendapat kecaman dari berbagai pihak, seperti aksinya yang memprotes Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang sering menertibkan pemukiman warga ketika masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Sebelum dikenal sebagai aktivis, Ratna sebetulnya telah aktif di dunia seni peran sejak lulus dari bangku SMA. Melalui sastrawan WS Rendra, Ratna belajar tentang dunia teater hingga karya demi karya ia pentaskan di panggung teater. Salah satu karyanya yang palingg terkenal adalah “Marsinah” dimana ia menulis berdasarkan peristiwa terbunuhnya buruh wanita saat itu. Atas karyanya tersebut, ia mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari berbagai pihak dan dikenal sebagai seorang pejuang Hak Asasi Manusia.

Dalam hal kehidupan pribadinya, Ratna menikah dengan seorang pria bernama Ahmad Fahmy Alhady dan memeluk agama Islam. Walaupun berakhir dengan perceraian, namun Ratna telah dikaruniai empat orang anak salah satunya artis cantik Atiqah Hasiholan.

Berikut beberapa potret keharmonisan Ratna Sarumpaet dengan Atiqah Hasiholan

  1. Potret menggemaskan Atiqah Hasiholan ketika masih kanak-kanak bersama sang ibunda, Ratna Sarumpaet.

    www.instagram.com/rsarumpaet

  2. Foto 8 tahun silam ketika Persiapan Film “Jamila & Sang Presiden” karya Ratna Sarumpaet yang diperankan oleh sang putri Atiqah Hasiholan.

    www.instagram.com/rsarumpaet

  3. Ratna Sarumpaet ketika menemani Atiqah melahirkan Salma, buah cintanya dengan aktor tampan Rio Dewanto.

    www.instagram.com/atiqahhasiholan

  4. Kebersamaan Ratna Sarumpaet dengan anak, menantu, serta Salma cucu yang menggemaskan.

    www.instagram.com/rsarumpaet

  5. Ratna Sarumpaet ketika latihan Lenong Rumpi sekitar tahun 1980. Selain sebagai aktivis wanita, Ratna juga dikenal sebagai pemain teater, sutradara, penulis naskah, juga seniman. Karya-karya yang dihasilkan pun juga tak sedikit lho!

    www.instagram.com/rsarumpaet

  6. Aktif menyuarakan pendapatnya baik di dalam maupun luar negeri, seperti gambar berikut ketika Ratna berada di Berlin tahun 1998.

    www.instagram.com/rsarumpaet

  7. Keberanian Ratna dalam menyuarakan protes terhadap pemerintah era Orde Baru menyebabkan wanita ini ditangkap dan dipenjara selama tujuh puluh hari. Dilansir dari id.wikipedia.ogDia dituding telah menyebarkan kebencian dan menghadiri pertemuan politik “anti-revolusioner”.

    www.instagram.com/rsarumpaet

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Berbagai Inovasi Keren Gubernur Ridwan Kamil Untuk Jawa Barat

Published

on

Siapa yang tak kenal Ridwan Kamil, mantan Wali Kota Bandung yang kini menjadi Gubernur Jawa Barat. Pria yang cukup aktif di sosial media tersebut terkenal dengan berbagai inovasi keren ketika memimpin Kota Bandung. Sebut saja Taman Alun-alun Bandung, Taman Jomblo, Cihampelas Skywalk, Taman Film, dan masih banyak lagi. Kini setelah terpilih untuk mempimpin Jawa Barat, Gubernur sekaligus arsitek ini kembali mengeluarkan gagasan kerennya untuk mendesain ulang Jawa Barat. Berikut selengkapnya

  1. Desain ulang dan revitalisasi Kali Malang, Bekasi.

    www.instagram.com/ridwankamil

    Dilansir dari instagram pribadi @ridwankamil, pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengungkapkan revitalisasi Kali Malang di Bekasi sudah mulai di lakukan. Ia berharap bahwa Kali Malang nantinya akan sekeren Sungai Cheyonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. Setelah direvitalisasi, harapannya Kali Malang akan menjadi destinasi wisata lokal bagi warga Bekasi. Setidaknya untuk berakhir pekan bersama keluarga dan juga dimanfaatkan untuk kegiatan seperti wedding garden.

    www.instagram.com/ridwankamil

  2. Teknologi Road Barrier untuk mengurangi kemacetan

    Inovasi keren selanjutnya adalah teknologi Road Barrier untuk mengurangi kecelakaan di jalan raya yang berliku dan melewati jurang. Road Barrier merupakan teknologi pagar pembatas jurang bersilinder putar. Pagar ini memiliki tabung silinder yang bisa berputar, ia mengubah energi tabrakan linear menjadi energi rotasi sehingga mobil menjadi melipir kesamping ketimbang terus ke depan. Sementara teknologi ini adalah buatan Korea Selatan. Keren deh Kang Emil!

  3. Jalur Kereta Api Ke Pangandaran, Kawah Putih, dan Jatinangor

    www.instagram.com/ridwankamil

    Masih dari bidang transportasi, kali ini Ridwan Kamil mengagendakan akselerasi 4 jalur baru rel kereta api untuk jawa Barat: 1. Jakarta-Bandung-Pangandaran, 2. Bandung-Ciwidey, 3. Bekasi-Bandung-Garut, 4. Bandung-Rancaekek-Jati Nangor-Tanjung Sari Sumedang. RK menambahkan, Jawa Barat harus seperti Eropa dimana urat nadi ekonomi dan transportasinya mayoritas berbasis kereta api. Jadi, bagi Sahabat Spaneng yang berada di Jakarta/Bandung tak perlu bingung lagi jika ingin berwisata ke Pangandaran ataupun ke Kawah Putih.

  4. Desain ulang alun-alun di seluruh kota/kabupaten Jawa Barat

    www.instagram.com/ridwankamil

    Ridwan Kamil terkenal akan gagasannya tentang mendesain sebuah kota, terbukti desain alun-alun bandung yang keren kini menjadi kebanggan masyarakat kota kembang tersebut. Setelah menjadi Gubernur, RK mewacanakan setiap Alun-alun di seluruh kota/kabupaten Jawa Barat akan di desain ulang dan mendapat hibah dari Pemprov . Masing-masing kawasan tersebut akan didesain ulang untuk menjadi tempat keren, minimal seperti Alun-alun Kota Bandung. Karena Alun-alun adalah wajah utama sebuah kota.

Nah itu dia beberapa gagasan keren Ridwan Kamil yang begitu kreatif, wah nggak sabar ya melihat wajah baru Jawa Barat!

Komentar
Continue Reading

Hiburan

Aksi Lucu Wapres Jusuf Kalla Saat Joget Tik-tok Bersama Cucu

Published

on

Aplikasi Tik-tok rupanya masih berada di atas angin, masih banyak penggunanya yang asyik memanfaatkan aplikasi ini untuk menghibur ketika waktu senggang. Tak terkecuali dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Beberapa waktu lalu diketahui JK berjoget bersama sang cucu dalam sebuah postingan video tik-tok. Video tersebut seketika langsung viral dan menjadi perbincangan warganet.

Mulanya mantan Ketua Umum Golkar tersebut berjalan di luar kamar sang cucu, kemudian JK mendengar ada suara musik dari dalam kamar dan mendapati cucunya tersebut sedang berjoget tik-tok. Bukannya marah, JK justru spontan ikut berjoget bersama cucu karena musiknya memang cocok untuk berjoget.

Menurut Husain, juru bicara Wapres Jusuf Kalla cucu JK tersebut diketahui bernama Jamila. Jamila merekam video tik-toknya melalui kamera ponsel miliknya yang diletakkan di atas rak. Husain menambahkan bahwa memang pak JK gemar mendengarkan musik

Berikut video selengkapnya

Setelah video berdurasi 20 detik tersebut diunggah oleh Husain, seketika berbagai komentar dari warganet langsung membanjiri kolom instagramnya. Husain menambahkan bahwa joget pak JK tersebut bernama “Joget JK”

 

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.