Connect with us

Kuliner

Pernah Galau Pas Beli Buah Duku apa Buah Langsat ?, Ternyata Ini Perbedaannya

Published

on

Ada buah duku,langsat,kokosan,menteng dan banyak lagi sebutan untuk buah kecil yang pada bulan Maret-Mei biasanya sedang musim-musimnya. Kalau berbicara tampilan buah buah duku yang berasal dari ordo Meliaceae yang sangat rapat kekerabatanya ini sekilas memang sulit untuk dibedakan. Tapi ada manfaatnya juga jika tahu dan bisa membedakan mana buah duku dan mana buah langsat walaupun terlihat sama tapi jika diperhatikan lagi ternyata ada beberapa perbedaannya.

  1. Dari Kulit Buah
    Secara kasat mata buah langsat ini memiliki kulit buah yang cantik,halus dan warna kuning terang, seperti istilah cewek dengan kulit kuning langsat itu mempesona, akan tetapi si buah duku memiliki warna kulit yang kuning pucat ,agak kasar dan juga tebal.
  1. Ketebalan Kulit
    Kulit langsat lebih tipis karena memiliki tekstur halus, sedangan duku kulitnya lebih tebal sehingga jika kamu menekan buahnya dan terlihat tebal pastilah itu si buah duku.
  1. Tekstur Buah
    Dari sisi tekstur dading buah, buah langsat lebih berair sehingga perlu di emut di mulut saja nanti akan lumer di lidah, sedangkan buah duku memiliki daging tebal dan lebih kenyal saat dikunyah.
  1. Dari Harga
    kalau harga duku lebih mahal dari pada buah langsat, karena duku lebih populer di kalangan masyarakat diantaranya adalah Duku Palembang, Duku Condet, Duku Papongan, Duku Karangkajen, Duku Padang dan beberapa jenis duku dari berbagai daerah.

Buah adalah makanan sehat yang rendah kalori dan lemak sehingga banyak ahli gizi menganjurkan mengkonsumsi buah dalam makanan masyarakat. Namun, mengkonsumsi terlalu banyak buah juga bisa berdampak negatif. USA Departemen Pertanian merekomendasikan porsi ideal buah untuk dimakan adalah dua cangkir sehari. Salah satu efek negatif dari konsumsi buah yang berlebihan adalah kenaikan kadar trigliserida. Trigliserida adalah senyawa kimia yang berpotensi menyebabkan penyakit jantung.

Komentar
Continue Reading

Hobi

Menikmati Liburan Khas Korea di Chingu Cafe Jogja

Published

on

Kabar gembira buat kamu penggemar kuliner khas negeri ginseng Korea, kamu tak perlu jauh-jauh terbang kesana untuk sekedar menikmatinya. Karena sekarang sudah hadir tempat kuliner khas Korea yang dikemas dengan nuansanya yang super mirip, serasa lagi di markasnya Blackpink pokoknya!

Adalah Chingu Cafe yang terletak di Yogyakarta tepatnya di Jalan Kaliurang km 5,6 (samping Waroeng Steak Jakal). Setelah sukses dan hits di Bandung, kini Chingu Cafe melebarkan sayap ke Kota Gudeg. Ketika masuk ke Chingu Cafe, kamu akan menjumpai suasana khas Korea lengkap dengan spot foto, sewa hanbok, juga kuliner khas Korea. Untuk pilihan menu juga super komplit mulai dari BBQ, dessert, Jjajangmyeon, Kimbab, Kimchi dan masih banyak lagi. Tentunya menu-menu tersebut disajikan dengan harga terjangkau, hanya berkisar 30-99ribu !

Berikut beberapa spot si Chingu Cafe Jogja

 

img: instagram @cahyaroma

 

img: instagram @mizslialiu

 

img: instagram @voilajogja

 

img: instagram @voilajogja

Bagaimana, sudah siap mengisi feed instagram kamu dengan foto-foto di Chingu Cafe ? Cusss~

Komentar
Continue Reading

Kuliner

Cara Mudah Membuat Mi Instan Semakin Lezat dan Menyehatkan

Published

on

By

Musim hujan sudah mulai melanda beberapa wilayah di Indonesia. Salah satu hal yang identik dengan hujan adalah kenangan mi instan. Bisa dibayangkan betapa nikmatnya makan mi instan di saat cuaca sedang hujan.

Mi instan yang yang banyak dicari tentu saja mi rebus. Bukan bermaksud menyepelekan mi goreng, hanya saja kurang syahdu rasanya menikmati cuaca hujan tanpa menyantap hidangan hangat yang berkuah. Berasa aneh kan kalau mi goreng disajikan dengan kuah?

Sayangnya banyak diantara kita yang memasak mi rebus dengan kreasi yang monoton. Paling banyak cuma menambahkan telur, irisan cabe, dan sawi saja. Padahal ada beberapa cara yang bisa membuat olahan mi instan rebus tersebut jadi lebih lezat bahkan menyehatkan.

  1. Tambahkan berbagai macam sayuran

images:img-global.cpcdn.com

Jangan hanya terfokus pada sawi saja karena ada banyak sayuran di dunia ini. Kamu bisa menambahkan menambahkan irisan sayuran segar seperti daun bawang, tauge, brokoli, edamame, bayam, atau bahkan pok choy. Tidak hanya memperlezat cita rasanya, menambahkan sayuran pada olahan mi instan juga akan bermanfaat bagi kesehatan.

2. Tambahkan telur mentah

images: awsimages.detik.net.id

Mungkin cara ini terkesan aneh, tetapi patut kamu coba. Setelah mi instan dan bumbu tercampur sempurna, kamu bisa menambahkan telur mentah ke dalamnya. Tutup dan biarkan selama kurang lebih 1 menit. Kamu akan melihat hasil dan merasakan sensasi yang berbeda dibandingkan saat mengolahnya dengan cara klasik.

3.  Tambahkan keju

images: global.cpcdn.com

Makanan yang sering muncul di kartun Tom and Jerry ini juga bisa kamu gunakan untuk menambah kelezatan mi instan yang kamu buat. Lelehan dari keju akan memberikan sensasi gurih pada kuah mi instan. Kandungan gizi yang ada di dalam mi instan juga bertambah.

4.  Tambahkan bumbu pelengkap

images: 2.bp.blogspot.com

Ada banyak bumbu yang bisa digunakan sebagai bumbu pelengkap. Salah satu contohnya adalah sambel. Kalau kamu orang yang suka pedas, kamu bisa menambahkan sambel kesukaan kamu kedalam olahan mi instan. Tapi jangan over juga jika tak ingin menghabiskan waktumu di kamar mandi karena sakit perut setelah makan mi pedas.

5. Tambahkan bakso atau irisan hati

images: vemale.com

Cara ini sebenarnya cukup klasik, namun jarang dipraktekkan. Padahal mi instan yang kamu buat akan menjadi lebih nikmat serta mengenyangkan perut jika kamu tambahkan irisan bakso ataupun hati. Bukan hati kamu yang diiris mantan kekasih lho yaa!!!

 

 

 

Komentar
Continue Reading

Hobi

Resep Olahan Tempe Kekinian yang Bikin Kamu Gak Bosan

Published

on

Sebagai salah satu makanan khas nusantara, keberadaan tempe harus terus dilestarikan. Caranya sih sederhana, kamu cukup sering mengkonsumsinya saja. Dengan begitu eksistensi tempe tak akan tergerus dengan kemajuan zaman, khususnya di bidang kuliner.

Selama ini tempe sering kita temui dalam wujud gorengan. Terkadang ada juga yang mencampurnya di sayur lodeh, hanya saja kuantitasnya tak sebanyak di gorengan. Banyaknya penjual gorengan di pinggir jalan semakin memudahkan kita yang ingin makan tempe.

Akan tetapi pernahkah kamu merasa bosan dengan olahan tempe dalam bentuk gorengan yang tampilannya itu-itu saja? Biar kamu gak bosan, coba deh praktekin beberapa resep dibawah ini.

  1. Burger Tempe Crispy

images: resepmembuatkue.com

Sebuah kombinasi olahan makanan nusantara dan Eropa. Buat kamu yang punya budget pas-pasan tapi ingin merasakan burger, maka membuat burger tempe crispy adalah solusinya

Bahan-bahan:

  • 2 buah roti burger
  • 250 gram tempe
  • 1 bungkus tepung bumbu
  • 2 bungkus tepung crispy
  • 1 buah tomat
  • daun selada secukupnya
  • mentimun secukupnya
  • saus sambal atau mayonaise secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Kukus tempe.
  2. Masukkan 4 sendok makan tepung bumbu ke dalam wadah dan campur dengan air secukupnya.
  3. Setelah dikukus, hancurkan tempe dan campur dengan tepung bumbu.
  4. Bentuk tempe menyerupai daging.
  5. Masukkan tempe ke dalam adonan basah tepung krispi.
  6. Lumuri lagi dengan adonan kering tepung crispy.
  7. Goreng hingga kuning kecoklatan.
  8. Letakkan roti burger bagian bawah. Olesi dengan saus sambal atau mayonaise secukupnya.
  9. Letakkan selada, tomat, mentimun secara bertumpuk di atas roti.
  10. Kemudian letakkan tempe crispy di atas sayuran.
  11. Tutup dengan roti burger bagian atas.
  12. Burger tempe crispy siap untuk dinikmati.

2. Steak Tempe

images: http://resephariini.com

Masih berlaku untuk kamu yang berbudget pas-pasan ataupun vegetarian. Steak tempe yang bentuknya sangat mirip dengan steak daging ini bisa menjadi jalan keluarnya.

Bahan-bahan:

  • 2 bungkus (400 gram) tempe
  • 1 butir bawang bombay, cincang
  • 2 sendok makan tepung bumbu
  • 1 bungkus tepung panir
  • 50 ml freshmilk
  • 1 butir putih telur

Langkah-langkah:

  1. Kukus tempe selama 10 menit, angkat dan lumatkan.
  2. Campur dengan semua bahan lalu aduk rata.
  3. Bentuk atau cetak sesuai selera, padatkan, lalu goreng hingga kecokelatan.
  4. Hidangkan dengan tampilan seperti di restoran-restoran ataupun rumah makan.
  5. Steak tempe sudah siap untuk dinikmati.

3. Tempe Goreng Keju

images: dapurbunda.com

Keju yang biasanya menjadi pelengkap roti ataupun kue ternyata bisa juga dipadukan dengan tempe. Tak perlu diragukan lagi tentang kadar gizi kombinasi makanan Indonesia dan Eropa itu.

Bahan-bahan:

  • 150 gram tempe, iris tipis jadi 12 bagian, lalu kukus
  • 2 lembar keju lembaran, potong jadi 6 bagian
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 50 ml air
  • garam secukupnya
  • 1 butir telur
  • tepung panir dan minyak untuk menggoreng secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Rendam tempe ke dalam larutan air, garam dan bawang putih hingga meresap. Angkat, kemudian selipkan irisan keju di setiap dua irisan tempe lalu masing-masing digulingkan ke tepung panir.
  2. Celupkan ke dalam kocokan telur dan garam lalu gulingkan lagi ke tepung panir. Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  3. Hidangkan dan nikmati ketika masih hangat.
  4. Ditemani teh, kopi ataupun susu akan semakin nikmat.

Nah cukup mudah kan? Sebenernya masih banyak lagi kreasi olahan tempe kekinian yang bikin kamu gak bosan dengan olahan yang itu-itu saja. Akan tetapi ada baiknya kamu coba dulu 3 cara diatas. Kalau masih bosan juga, mungkin kamu sebaiknya jangan makan tempe dulu selama beberapa bulan, niscaya akan tumbuh rasa kangen sehingga kamu ingin memakannya lagi.

 

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.