Kuliner

Pernah Galau Pas Beli Buah Duku apa Buah Langsat ?, Ternyata Ini Perbedaannya

Ada buah duku,langsat,kokosan,menteng dan banyak lagi sebutan untuk buah kecil yang pada bulan Maret-Mei biasanya sedang musim-musimnya. Kalau berbicara tampilan buah buah duku yang berasal dari ordo Meliaceae yang sangat rapat kekerabatanya ini sekilas memang sulit untuk dibedakan. Tapi ada manfaatnya juga jika tahu dan bisa membedakan mana buah duku dan mana buah langsat walaupun terlihat sama tapi jika diperhatikan lagi ternyata ada beberapa perbedaannya.

  1. Dari Kulit Buah
    Secara kasat mata buah langsat ini memiliki kulit buah yang cantik,halus dan warna kuning terang, seperti istilah cewek dengan kulit kuning langsat itu mempesona, akan tetapi si buah duku memiliki warna kulit yang kuning pucat ,agak kasar dan juga tebal.
  1. Ketebalan Kulit
    Kulit langsat lebih tipis karena memiliki tekstur halus, sedangan duku kulitnya lebih tebal sehingga jika kamu menekan buahnya dan terlihat tebal pastilah itu si buah duku.
  1. Tekstur Buah
    Dari sisi tekstur dading buah, buah langsat lebih berair sehingga perlu di emut di mulut saja nanti akan lumer di lidah, sedangkan buah duku memiliki daging tebal dan lebih kenyal saat dikunyah.
  1. Dari Harga
    kalau harga duku lebih mahal dari pada buah langsat, karena duku lebih populer di kalangan masyarakat diantaranya adalah Duku Palembang, Duku Condet, Duku Papongan, Duku Karangkajen, Duku Padang dan beberapa jenis duku dari berbagai daerah.

Buah adalah makanan sehat yang rendah kalori dan lemak sehingga banyak ahli gizi menganjurkan mengkonsumsi buah dalam makanan masyarakat. Namun, mengkonsumsi terlalu banyak buah juga bisa berdampak negatif. USA Departemen Pertanian merekomendasikan porsi ideal buah untuk dimakan adalah dua cangkir sehari. Salah satu efek negatif dari konsumsi buah yang berlebihan adalah kenaikan kadar trigliserida. Trigliserida adalah senyawa kimia yang berpotensi menyebabkan penyakit jantung.

Comments

comments